16 Cara Menghaluskan Rambut secara Alami

Sponsored Links

Rambut yang kasar adalah sebuah masalah khususnya bagi para wanita, apalagi kalau ditambah juga dengan kondisinya yang begitu kering. Apabila ingin rambut lebih halus dan sehat, ada beberapa cara menghaluskan rambut secara alami yang bisa dilihat di bawah ini. Selain menjadi lebih halus, Anda dapat menutrisi dan menjaga kesehatan rambut dengan bahan-bahan sebagai berikut.

(Baca juga: cara merawat rambut agar lembut)

1. Mayones

Untuk rambut yang lebih halus, asam amino di dalam mayones, beserta juga dengan protein dan antioksidannya akan merawat rambut dengan baik. Selain menjadi lebih lembut, rambut juga bakal lebih kuat dan bercahaya.

  • Caranya: Siapkan 1-1/2 cangkir mayones yang full-fat, lalu aplikasikan ke rambut yang baru saja Anda keramasi dan masih dalam keadaan lembab. Tutup kepala dan rambut dengan shower cap selama kira-kira ½ jam saja. Keramasi kembali rambut Anda menggunakan air dingin dan sampo ringan. Seminggu 1 kali saja akan cukup memberikan hasil efektif pada rambut Anda.

2. Bir

Bila ingin rambut lebih halus secara alami, bir pun dapat Anda jadikan sebagai tonik rambut. Ingat bahwa di dalam bir ada kandungan protein yang membantu memperbaiki kutikula rambut. Nutrisi penuh bakal diberikan oleh bahan ini yang tak hanya melembutkan tapi juga membuatnya berkilau.

  • Caranya: Keramasi dulu rambut Anda sebelum kemudian Anda menggunakan bir untuk diterapkan ke akar hingga ujung rambut. Pijat-pijat juga kulit kepala sambil memberikan tonik ini dengan gerakan melingkar. Bilaslah apabila sudah melakukan prosedur perawatan ini selama 5 menit. 2 minggu sekali saja sudah lebih dari cukup untuk menjaga kelembutan rambut Anda.

(Baca juga: cara merawat rambut kering)

3. Alpukat

Mungkin Anda sudah tak asing lagi dengan manfaat alpukat untuk rambut rontok, tapi kali ini Anda bisa menggunakannya untuk memperoleh khasiat yang lain. Mengandung nutrisi tinggi, rambut akan selalu sehat dan lembut.

  • Caranya: Gunakan alpukat matang 1 buah saja yang bisa dihancurkan dan dicampur bersama minyak zaitun extra virgin 2 sendok makan. Aplikasikan ke rambut yang basah atau lembab dari akar hingga ujung. Tunggu 30 menit sambil menutupnya dengan shower cap. Jangan lupa keramasi rambut setelahnya hingga bersih.
  • Alternatif: Campurkanlah lumatan alpukat matang dengan hasil lumatan pisang matang secukupnya. Tambahkan minyak almond sedikit atau ½ sendok makan untuk membuat adonan pasta. Pasta ini dapat Anda langsung terapkan ke kulit kepala sambil juga meratakannya ke seluruh bagian rambut. Pakailah shower cap dan tunggu 30 menit, baru kemudian Anda menggunakan air hangat untuk membilasnya atau mengeramasinya.

4. Minyak Kelapa

Bahan alami lainnya yang pasti Anda juga gampang temui dan gunakan adalah minyak kelapa di mana minyak ini tak hanya melembutkan tapi juga menutrisi dengan baik. Pastikan bahwa yang Anda beli adalah minyak kelapa organik atau mentah supaya rambut rusak dapat diperbaiki dan rambut kering kembali lembab.

  • Caranya: Hangatkan lebih dulu minyak kelapa yang sudah Anda siapkan sebelum Anda oles dari akar sampai ujung rambut. Jangan lupa juga untuk memberikan pijatan lembut selama mengoleskannya selama beberapa menit. Tutup rambut Anda memakai shower cap atau handuk biasa paling tidak ½ jam. Keramasi rambut setelah 30 menit berlalu.

(Baca juga: cara merawat rambut kering)

5. Gelatin

Bahan lainnya yang bakal secara alami melembutkan rambut adalah gelatin. Bahan satu ini tak hanya akan memberikan efek halus namun juga membuat rambut lebih berkilau. Karena memiliki protein hidrolisis, maka gelatin sangat efektif dalam menjaga dan memperbaiki rambut rusak.

  • Caranya: Sediakan gelatin sebanyak sesendok makan dan larutkan pada secangkir air hangat. Tambahkan pula sesendok teh cuka sari apel ke dalamnya berikut minyak esensial lavender beberapa tetes saja. Setelah dicampur rata, aplikasikan ramuan ini ke kulit kepala maupun rambut Anda. Tunggulah sekitar 10 menit sebelum akhirnya Anda bisa membersihkan dengan menggunakan air hangat. Cukup sekali seminggu, asalkan rutin Anda akan memperoleh hasil luar biasa.

6. Yogurt

Selain sehat dikonsumsi dan sangat baik untuk pencernaan, yogurt adalah bahan makanan yang juga bagus untuk melembutkan rambut. Supaya rambut halus dan berkilau, pakailah seminggu sekali untuk perawatan. Asam laktatnya yang tinggi, berikut sifat antijamur dan antibakterinya bakal melindungi kulit kepala dari kuman dan infeksi.

  • Caranya: Sebelum memulai, Anda perlu menyisir rambut lebih dulu dengan sisir yang giginya lebar-lebar. Gunakan sisir model ini untuk meratakan yogurt ke seluruh rambut, barulah Anda boleh menutupnya dengan shower cap selama ½ jam. Keramasilah sesudah itu dan pakai kondisioner seperti biasa.

(Baca juga: cara merawat rambut panjang)

sponsored links

7. Madu

Madu murni adalah yang paling baik ketika Anda hendak merawat kulit kepala dan rambut, bukan madu yang campuran. Selain menghaluskan, madu bertugas untuk menjaga kelembaban rambut sehingga mencegahnya menjadi terlalu kering dan kasar.

  • Caranya: Sediakan madu murni 2 sendok makan saja beserta air hangat 2 cangkir. Keduanya bisa dicampurkan rata pada sebuah botol semprot. Setiap kali sesudah keramas, larutan ini perlu Anda semprotkan ke rambut sambil dipijat lembut bagian kulit kepalanya. Tunggu 15 menit, bilas kembali rambut Anda menggunakan air hangat. Perawatan ini lebih dianjurkan dilakukan sekali seminggu saja.

8. Minyak Jarak

Selain menjadi cara meluruskan rambut ikal, minyak jarak ini adalah bahan alami yang pas digunakan bagi yang ingin menghaluskan rambut. Jadikan minyak ini sebagai kondisioner alami untuk rambut yang lembih lembab juga.

  • Caranya: Siapkan ½ cangkir minyak jarak yang sudah dihangatkan lebih dulu, lalu aplikasikan ke rambut serta kulit kepala sampai rata sambil memberi pijatan. Rambut Anda juga perlu disisir lembut sebelum kemudian ditutup menggunakan handuk hangat selama ½ jam. 30 menit berlalu, Anda dapat mengeramasi rambut dan setelah kering Anda dapat menatanya seperti biasa.

(Baca juga: cara merawat rambut agar tidak mengembang)

9. Minyak Gandum

Bahan lainnya yang sama ampuhnya dengan yang sudah direkomendasikan sebelumnya adalah minyak gandum. Solusi satu ini tak hanya bakal menghaluskan rambut, tapi juga bakal memperbaiki kerusakan rambut serta menutrisinya.

  • Caranya: Sediakan minyak gandum sebanyak 1 sendok makan saja yang kemudian dapat Anda campurkan bersama cuka sari apel ½ cangkir bersama dengan air 2 cangkir. Campuran ini dapat Anda Anda aplikasikan ke rambut sesudah keramas. Tak perlu khawatir soal bau cuka karena biasanya setelah 15 menit baunya akan hilang dengan sendirinya.

10. Pisang dan Madu

Campuran atau kombinasi antara pisang dan madu tak hanya berguna untuk membuat rambut lebih lurus saja. Keduanya terbukti mengandung segudang nutrisi yang bakal mampu memberikan nutrisi pada rambut serta menghaluskannya tanpa efek samping.

  • Caranya: Keramasi rambut lebih dulu, barulah setelahnya Anda hancurkan dan haluskan pisang secukupnya. Ketika sudah dalam keadaan lumat, campurkan dengan sesendok makan madu murni agar membentuk pasta. Jadikan pasta ini sebagai masker rambut, lalu tunggu sekitar 20 menit sebelum Anda dapat membilas atau mengeramasi rambut.

(Baca juga: cara melembutkan rambut)

11. Minyak Zaitun

Jenis minyak satu ini sudah tak usah diragukan lagi segala khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh, kulit dan rambut. Untuk menghaluskan rambut pun minyak ini betul-betul luar biasa efektif.

  • Caranya: Minyak zaitun dapat digunakan sebagai campuran bahan lainnya, tapi Anda juga dapat langsung mengambil beberapa tetes dan mengaplikasikannya ke rambut sampai menyeluruh. Tunggulah kira-kira 30 menit sebelum akhirnya Anda bisa mengeramasinya menggunakan sampo ringan.

12. Air Jeruk Lemon atau Jeruk Nipis

Dalam melembutkan rambut, air jeruk lemon sangat ampuh juga untuk Anda pakai. Ini semua berkat adanya kandungan vitamin C tinggi di dalam buah jeruk tersebut sehingga sangat bisa diandalkan ketika Anda hendak merawat keindahan dan kesehatan rambut.

  • Caranya: Siapkan jeruk lemon atau jeruk nipis secukupnya, lalu peraslah untuk mendapatkan air sarinya. Air perasan ini dapat Anda campur bersama air biasa kemudian bilaslah rambut Anda setiap sehabis keramas. Tunggu beberapa saat sebelum Anda menggunakan air bersih untuk membasuh rambut hingga bersih. Dijamin rambut tak hanya halus tapi juga lebih bercahaya.

(Baca juga: cara merawat rambut agar lurus)

13. Kemiri

Mungkin kemiri ini lebih dikenal sebagai bahan penghitam dan penyubur rambut. Tapi jangan salah, kemiri pun dapat Anda manfaatkan sebagai penghalus rambut alami.

  • Caranya: Pakailah minyak kemiri dengan mengoles langsung ke rambut secara merata. Berikan pijatan lembut pada kulit kepala juga supaya kandungan baik kemiri dapat terserap sempurna ke dalamnya. Setelah beberapa menit, Anda dapat membasuh rambut dengan air bersih. Selain rambut menjadi lebih halus, rambut juga bakal lembih lembab, tebal dan hitam sehingga meningkatkan juga kualitas penampilan Anda.

sponsored links

14. Lidah Buaya

Tampaknya manfaat aloe vera untuk rambut sudah tak usah dipertanyakan lagi karena lidah buaya sangat oke untuk menyuburkan, melembabkan sekaligus melembutkan rambut. Berkandungan vitamin dan antioksidan, lidah buaya ini akan secara efektif menutrisi dan menyehatkan rambut Anda.

  • Caranya: Ambil gel lidah buaya yang kemudian dicampur bersama minyak kelapa sebanyak 2 sendok makan dan juga yogurt 3 sendok makan. Setelah pasta terbentuk dari campuran ini, aplikasikan secara langsung ke rambut yang dalam keadaan basah atau lembab. Tunggu 30 menit sebelum Anda membasuh menggunakan air hangat. Gunakan seminggu beberapa kali atau setiap sehabis keramas supaya hasilnya maksimal.

(Baca juga: jenis perawatan rambut di salon)

15. Cuka Sari Apel

Menjadikan cuka sari apel sebagai kondisioner alami akan mampu menghaluskan rambut serta melembabkan dan membuatnya berkilau. Bila rambut Anda tampak kacau, kusam, kering dan kasar, Anda bisa membutanya lebih sehat dengan perawatan menggunakan cuka sari apel.

  • Caranya: Sediakan cuka sari apel bersama dengan air di mana takarannya bisa Anda samakan. Setiap sesudah keramas, Anda dapat menggunakan larutan ini dengan mengaplikasikan langsung ke rambut dan memijat-mijat bagian kulit kepala. Gunakan air dingin untuk membasuhnya nanti setelah beberapa menit berlalu supaya nutrisi yang dibutuhkan dari cuka sari apel dapat terserap sempurna.
  • Alternatif: Secangkir jus lemon dapat Anda jadikan kombinasi yang tepat untuk cuka sari apel sebanyak 2 sendok teh. Kedua bahan dapat diaduk rata di dalam secangkir air biasa lalu gunakanlah untuk membilas rambut setiap sehabis keramas. Baik cara pertama maupun kedua hanya dianjurkan untuk digunakan seminggu sekali saja.

16. Telur

Bahan ini tentu sangat gampang didapat karena Anda dapat membelinya di pasar tradisional maupun supermarket untuk persediaan selama di rumah. Selain dapat dikonsumsi, manfaat telur untuk rambut cukup banyak di mana salah satunya adalah untuk menghaluskan dan menyehatkan rambut.

  • Caranya: Ambil 2 butir telur di mana keduanya bisa Anda kocok hingga berbusa, kemudian tambah dengan minyak almond serta ½ cangkir yogurt. Campuran yang sudah rata dapat Anda aplikasikan ke kulit kepala dan seluruh bagian rambut. Gunakan shower cap sebagai penutup rambut selama kurang lebih ½ jam, baru setelah itu Anda keramasi.
  • Alternatif: Siapkan 1 putih telur untuk dicampur bersama minyak zaitun dan madu secukupnya hingga akhirnya terbentuk pasta. Pasta ini dapat Anda aplikasikan pada kulit kepala serta rambut yang masih dalam keadaan lembab sehabis dicuci. Tunggu 30 menit dengan menutup rambut dengan shower cap, lalu basuh rambut atau keramasi. Kedua cara ini hanya perlu dilakukan seminggu 1 kali saja.

(Baca juga: perawatan rambut rusak)

Demikianlah cara menghaluskan rambut dengan bahan-bahan alami yang pastinya aman dan efektif. Untuk menghaluskan rambut, rata-rata Anda tak perlu harus melakukan perawatan setiap hari, cukup seminggu atau 2 minggu sekali sudah cukup dan Anda dapat membuktikan hasilnya sendiri.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 21st, October 2016 / 18:29 Oleh :
Kategori : Rambut