Sponsors Link

20 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk Nipis Paling Ampuh

Sponsors Link

Ketombe, salah satu masalah pada rambut yang sangat mengganggu. Butiran putihnya yang berjatuhan saat kita menggeraikan rambut sama sekali tidak membawa nilai lebih pada penampilan, bahkan justru memperburuk. Belum lagi rasa gatalnya yang terkadang membuat tangan tidak bisa tahan untuk menggaruk. Ketombe memang menjadi penyebab kepala gatal dan bentol dan penyebab rambut gatal. Punya rambut berketombe memang benar – benar menurunkan tingkat percaya diri bagi pria atau wanita.

ads

Penyebab Ketombe

Sebenarnya kenapa ya ketombe terus menjadi masalah rambut yang cukup mengganggu? Ketombe biasanya muncul jika kondisi kulit kepala dalam keadaan lembab, kotor, kering atau berminyak. Penyebab keadaan kulit kepala yang demikian biasanya karena beberapa hal berikut ini:

  • Jarang Keramas
  • Infeksi Bakteri
  • Infeksi Jamur
  • Senang Makan Makanan Berminyak
  • Sampo Yang Tidak Cocok
  • Kulit Kepala Sering Berkeringat
  • Sering Memakai Topi
  • Stres
  • Gaya Hidup tidak Sehat
  • Mengikat Rambut Saat Basah
  • Keramas Yang Kurang Bersih
  • Cuaca
  • Sisir Rambut Yang Kotor
  • Produk Rambut Yang Tidak Cocok
  • Alergi
  • Hormon

Mengapa Jeruk Nipis?

Manfaat jeruk nipis untuk rambut adalah sebagai cara menghilangkan ketombe dengan mudah dan cepat. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa jeruk nipis sangat berkhasiat untuk menyingkirkan ketombe:

  • Mengandung zat anti bakteri yang bisa mengatasi ketombe yang disebabkan karena jamur.
  • Mengandung vitamin C dan asam sitrat yang dapat membasmi ketombe.
  • Jeruk nipis dapat melembabkan kulit kepala dan meluruhkan sel kulit mati.
  • Dapat menghilangkan rasa lengket pada kulit kepala.
  • Kandungan asamnya bisa menyeimbangkan tingkat PH pada kulit kepala.
  • Bisa mengurangi iritasi pada kulit kepala dan juga mengurangi gatal.
  • Mengandung anti oksidan dan vitamin yang essential untuk kesehatan rambut serta kulit kepala.
  • Mencuci rambut dengan jeruk nipis bisa menghilangkan sisa  – sisa sabun, sampo, dan residu bahan kimia yang tertinggal.

Perawatan Ketombe Dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis berguna untuk perawatan rambut yang berketombe sebagai bahan untuk membuat hair mask. Manfaat hair mask untuk rambut berketombe didapat dengan menggabungkan jeruk nipis dan beberapa bahan alami lainnya, yaitu:

1. Jeruk Nipis Untuk Keramas

Bilasan terakhir saat keramas dengan menggunakan air perasan jeruk nipis akan memberikan hasil yang sangat baik. Cukup dengan mencampurkan air jeruk nipis ke dalam air bilasan rambut terakhir dan biarkan meresap ke kulit kepala. Perawatan yang simpel ini efektif untuk mengembalikan kelembaban alami rambut dan kulit kepala kita. Asam pada jeruk nipis akan membantu mengelupas sel kulit mati di kulit kepala dan dengan demikian melenyapkan ketombe.

2. Jeruk Nipis dan Minyak Kelapa

ads
Hangatkan empat sendok makan minyak kelapa, dan campurkan dua sendok makan perasan jeruk nipis sampai merata. Kemudian pakailah di kulit kepala sambil dipijat, diamkan sekitar 15 menit. Setelah itu cuci rambut dengan sampo yang ringan. Lakukan perawatan ini paling sedikit 3 kali seminggu bisa membantu menjaga tingkat PH yang ideal di kulit kepala dan cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis. Tambahkan dua sendok makan minyak kastor untuk hasil yang lebih baik. Selain itu, ada manfaat VCO untuk rambut bayi dan manfaat minyak kelapa untuk alis.

3. Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun

Campur dua sendok makan minyak zaitun dan dua sendok makan air perasan jeruk nipis. Hangatkan campuran ini sedikit dan gunakan ke kulit kepala dan rambut Anda. Pijat lembut dengan ujung jari dan biarkan 30 menit agar meresap kedalam kulit kepala. Lalu cuci dengan air bersih yang dingin. Minyak zaitun bisa menjadi pelembab untuk kulit kering dan kusam. Ada pula manfaat minyak zaitun untuk rambut anak.

4.  Jeruk Nipis dan Minyak Almond

Manfaat almond untuk rambut didapat dari minyaknya. Minyak yang diekstrak dari biji almond ini juga mempunyai manfaat yang bagus untuk menyingkirkan ketombe. Campur dengan perasan jeruk nipis secukupnya dalam jumlah yang sama, hangatkan sedikit lalu pakai di kulit kepala dan rambut. Pijat dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 20 menit. Cuci dengan sampo sesudahnya.

5. Jeruk Nipis dan Cuka Apel

Manfaat cuka apel untuk rambut bisa membasmi jamur dan membersihkan sel kulit mati di kulit kepala dan mencegah gatal dan kekeringan. Siapkan campuran dua sendok makan cuka apel dengan satu sendok makan perasan jeruk nipis. Pakai di seluruh kepala dan rambut memakai kapas. Biarkan selama setengah jam agar meresap lalu cuci dengan sampo. Jika ingin, Anda bisa memakainya semalaman. Lakukan perawatan ini tiga atau empat kali seminggu untuk hasil yang terbaik.

6. Jeruk Nipis dan Yogurt

Plain yogurt atau yogurt tawar adalah salah satu bahan yang bagus untuk membantu menghilangkan ketombe. Campur dengan air jeruk nipis secukupnya dan pakai di rambut selama setengah jam sebelum dicuci. Masker dengan kedua bahan ini juga bisa menjadi cara mengatasi kulit keriput di wajah secara alami.

7. Jeruk Nipis dan Multani Mitti

Multani Mitti atau Fuller’s Earth adalah produk masker wajah atau clay dari India. Disini multani mitti telah banyak dijual di toko kosmetik besar. Campur dua sendok makan multani mitti dan satu sendok makan air jeruk nipis sampai menjadi pasta yang lembut. Lakukan perawatan ini sekali seminggu.

8. Jeruk Nipis dan Madu

Manfaat madu untuk rambut dan manfaat madu untuk rambut bayi mempunyai khasiat membersihkan rambut. Campur dua sendok teh perasan jeruk nipis dan lima sendok teh, tambahkan air sedikit dan aduk sampai rata. Pakai campuran ini di rambut dan diamkan sekitar 15-20 menit lalu bilas dengan sampo.

9. Jeruk Nipis dan Lidah Buaya

Manfaat aloe vera untuk rambut mengandung anti bakteri dan anti jamur yang bisa membasmi ketombe. Ambil gel lidah buaya yang masih segar dan campur dengan air jeruk nipis dan pakai di kulit kepala serta rambut, jika campuran ini berbau kurang sedap, bisa ditambahkan sedikit minyak zaitun atau yogurt sebanyak satu sendok teh. Lidah buaya juga bisa menjadi salah satu cara meluruskan rambut secara alami. Perlu diperhatikan, hindari menggunakan campuran ini terlalu sering, karena bisa membuat warna rambut menjadi merah.

10. Jeruk Nipis dan Bubuk Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat antibiotik yang bisa membasmi bakteri di kulit kepala. Campurkan dua sendok makan bubuk bawang putih dan satu sendok makan air jeruk nipis menjadi pasta. Oleskan ke rambut dan kulit kepala secara merata sambil dipijat perlahan. Biarkan selama setengah jam, lalu cuci dengan sampo herbal dan air dingin, ulangi secara teratur untuk mengurangi ketombe.

11. Jeruk Nipis, Jahe dan Minyak Zaitun

Jahe mampunyai khasiat anti bakteri dan anti inflamasi atau peradangan sedangkan minyak zaitun memperkuat dan menutrisi rambut serta kulit kepala. Campuran ini tidak hanya membasmi ketombe tetapi juga mencegahnya timbul kembali. Caranya, peras akar jahe dan ambil sarinya. Kemudian campurkan dalam jumlah yang sama dengan minyak zaitun dan air jeruk nipis sampai rata. Pakaikan di kulit kepala sambil dipijat pelan – pelan, diamkan 30-45 menit sebelum dicuci dengan air.

12. Jeruk Nipis dan Baking Soda

Perasan jeruk nipis segar dan baking soda dicampur menjadi pasta. Pakai di seluruh kulit kepala. Biarkan selama beberapa menit sampai kulit kepala terasa agak gatal, lalu bilas dengan cuka apel sebagai kondisioner. Lakukan secara teratur.

13. Jeruk Nipis dan Telur

Manfaat telur untuk rambut yaitu mengandung protein dan nutrisi yang melembabkan kulit kepala dan mencegah gatal serta radang. Caranya kocok satu telur dan air jeruk nipis sampai rata, pakai di rambut selama 15-20 menit, bilas rambut dengan air kemudian keramas menggunakan sampo.

Sponsors Link

14. Jeruk Nipis dan Tomat

Tomat dapat memperbaiki peredaran darah di rambut dan mencegah ketombe. Siapkan campuran dua sendok makan air perasan jeruk nipis dan satu cangkir jus tomat, pakai di kulit kepala dan rambut. Biarkan selama beberapa menit dan bersihkan dengan sampo serta kondisioner. Ulangi pemakaiannya secara teratur. Selain manfaat tomat untuk rambut berketombe ini, ada juga manfaat tomat untuk alis dan manfaat tomat untuk wajah.

15. Jeruk Nipis dan Gula

Tambahkan gula ke dalam satu sendok makan air jeruk nipis. Pakai di kulit kepala dan rambut, kemudian biarkan rambut terkena udara luar selama sekitar 5 atau 6 jam. Setelah itu cuci rambut. Gula juga dapat menjadi campuran untuk cara mengatasi kulit mengelupas di tangan dan cara menghilangkan bulu di wajah.

16. Jeruk Nipis dan Mentimun

Manfaat timun untuk rambut bisa membersihkan rambut dan mengatasi masalah rambut tanpa efek samping. Caranya, kupas satu buah mentimun dan jeruk nipis. Hancurkan menggunakan blender sampai menjadi seperti pasta. Kemudian pakai di rambut dan cuci setelahnya, gunakan secara teratur. Sebagai masker, manfaat timun untuk wajah juga berguna untuk membersihkan, mengurangi noda dan mengatasi bengkak pada mata.

17. Jeruk Nipis, Santan dan Yogurt

Kombinasi ketiga bahan ini tidak saja membasmi bakteri dan ketombe tapi juga membantu rangsangan pada pertumbuhan rambut. Bahannya setengah cangkir santan segar, dua sendok makan yogurt dan beberapa sendok air jeruk nipis, campur sampai merata dan gunakan pada rambut serta kulit kepala. Tutup kepala dengan shower cap dan biarkan selama 30-45 menit, cuci rambut dengan sampo, ulangi dua kali seminggu.

18. Jeruk Nipis dan Minyak Cendana

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis bisa dikombinasikan antara jeruk nipis dan minyak cendana. Pakaikan ke kulit kepala dan rambut sambil dipijat lembut. Diamkan selama satu jam, kemudian keramas.

19. Jeruk Nipis dan Kulit Jeruk

Campurkan kulit jeruk yang sudah dikeringkan dan irisan jeruk nipis dengan blender, lalu pakai di kulit kepala. Diamkan selama 20-30 menit dan bilas sesudahnya.

20. Jeruk Nipis dan Biji Fenugreek

Campur satu sendok makan biji fenugreek dan air jeruk nipis sampai membentuk pasta, lalu balurkan ke kulit kepala serta seluruh rambut. Biarkan selama 20-30 menit, cuci dengan air. Lakukan perawatan ini secara teratur.

Sangat banyak manfaat jeruk nipis untuk membantu Anda menyingkirkan ketombe yang mengganggu. Banyaknya pilihan kombinasi masker rambut jeruk nipis membuat Anda leluasa untuk menentukan formula mana yang akan dipakai. Hanya saja, sebelum memakai setiap ramuan pastikan Anda telah melakukan tes alergi terlebih dulu terhadap bahan yang akan dipakai.

Tes alergi berguna agar hasilnya benar – benar sesuai dengan yang diinginkan dan tidak menimbulkan efek samping, dan juga gunakan bahan – bahan seperlunya saja, jangan sampai berlebihan. Sebelum melakukan perawatan, perhatikan dulu apakah ada luka di kulit kepala, karena masker rambut tidakboleh digunakan pada kulit yang luka. Juga pastikan penyebab ketombe jika bisa dengan tepat, agar tidak salah memilih perawatan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Wednesday 24th, August 2016 / 04:24 Oleh :
Kategori : Rambut