Sponsors Link

18 Cara Menghilangkan Ketombe Di Kulit Kepala Secara Alami

Sponsors Link

Masalah klasik yang berhubungan dengan rambut selain rontok adalah ketombe. Sering bukan, ketika menyentuh kepala, menggaruk atau menggerakkan rambut, ada butiran – butiran kecil putih yang berjatuhan ke pundak. Itulah ketombe yang rontok dari kulit kepala kita. Jika diamati lebih dekat menggunakan cermin, ketombe akan tampak seperti kerak berwarna putih yang menempel di kulit kepala dan akan lepas bila dikorek atau digaruk.

ads

Ketombe ini tidak perlu dipertanyakan lagi, pasti merusak penampilan kita dan menjadi penyebab kulit kepala gatal dan bentol. Sebabnya karena membuat rambut tampak kotor, begitu juga busana yang kita kenakan terutama bagian pundak. Bahkan pada kasus yang parah, ketombe ini bisa saja jatuh ke makanan kita. Belum lagi membuat orang lain terganggu dan menganggap kita tidak tahu kebersihan. Padahal, siapa tahu kita sudah melakukan usaha untuk menghilangkannya, namun belum berhasil juga.

Penyebab Ketombe

Supaya usaha untuk membasmi ketombe bisa membuahkan hasil, hal yang terlebih dulu dilakukan yaitu menentukan penyebabnya. Ketombe bisa terjadi karena banyak sebab seperti berikut ini:

  • Dermatitis Seboroik – yaitu penyakit yang biasa terjadi pada area kulit tubuh yang berminyak, seperti kulit kepala, dada, punggung, dan wajah. Jika terjadi pada kulit kepala, maka penyakit ini akan menyebabkan kulit kepala yang bersisik, gatal dan berketombe.
  • Suhu Panas – Penggunaan hair dryer, alat catok, atau sering kepanasan di bawah terik matahari juga bisa menjadi penyebab ketombe, karena kulit kepala akan cenderung kering dan bersisik jika sering terkena suhu yang panas.
  • Kulit Kepala Yang Kurang Bersih – Cara keramas yang kurang benar atau jarang keramas sehingga kulit kepala tidak benar – benar bersih juga dapat memicu timbulnya ketombe di kulit kepala. Kerak yang terbentuk dari sisa kotoran dan sampo akan menetap di kulit kepala.
  • Makanan – Kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B dapat menjadi penyebab ketombe, karena kurangnya nutrisi ke kulit kepala.
  • Lembab – Keadaan kulit kepala yang lembab karena sering menggunakan penutup kepala seperti kerudung, topi, atau helm dan lainnya bisa memancing timbulnya jamur di kulit kepala, yang akan mengarah kepada munculnya ketombe.
  • Stres – Orang yang sedang mengalami stres akan mengalami juga perubahan hormon dalam tubuh. Perubahan hormon ini dapat juga menjadi penyebab timbulnya ketombe.
  • Produk Rambut Yang Tidak Cocok – Pemakaian produk perawatan rambut yang kurang cocok dengan kondisi kulit kepala dapat mempengaruhi faktor timbulnya ketombe.
  • Sisir Rambut Yang Kotor – Perlunya memperhatikan kebersihan sisir rambut agar bisa mencegah ketombe pada kulit kepala, karena kotoran pada sisir bisa berpindah ke kulit kepala.

Perawatan Alami Untuk Ketombe

Ketombe penyebab rambut gatal yang bertambah parah bisa menyebabkan masalah rambut lainnya, seperti rambut rontok dan kering. Bahkan bisa berkembang menjadi penyakit kulit kepala yang lebih serius. Untuk cara menghilangkan ketombe, bisa dilakukan dengan beberapa perawatan alami ini:

1. Cuka Apel

Manfaat cuka apel untuk rambut dapat membasmi jamur di kulit kepala karena mempunyai sifat anti bakteri dan anti fungus. Cara memakainya yaitu siapkan setengah cangkir air hangat campur setengah cangkir cuka apel. Kemudian gunakan ke rambut terutama kulit kepala, biarkan selama sekitar 15-20 menit. Bilaslah dengan air biasa.

2. Baking Soda

Baking soda bisa menjadi cara menghilangkan bekas luka. Tetapi bukan hanya itu saja manfaatnya. Cara menghilangkan ketombe di kulit kepala dengan baking soda ternyata juga manjur mematikan jamur atau bakteri di kepala yang menjadi penyebab ketombe. Caranya siapkan satu sendok baking soda dengan setengah gelas air. Gunakan untuk keramas setelah sebelumnya dikocok terlebih dulu. Setelah keramas mungkin rambut akan terasa sedikit kering, namun tidak akan lama. Sebaiknya gunakan ramuan baking soda ini 2 kali seminggu saja.

ads

3. Daun Neem

Daun neem atau daun intaran di Indonesia adalah salah satu daun yang digunakan untuk bumbu khas India. Mempunyai kandungan anti inflamasi, daun ini bisa meredakan radang pada kulit kepala yang gatal dan berketombe. Caranya dengan merebus daun neem sebanyak 40 lembar dan satu liter air. Didihkan air lebih dulu kemudian masukkan daunnya. Biarkan semalaman, lalu besoknya bilaslah rambut dengan air rebusan ini. Bisa digunakan dua sampai tiga kali seminggu. Daun lainnya yang bermanfaat bagi rambut yaitu daun waru. Manfaat daun waru untuk rambut bisa mengatasi rontok, menyuburkan, dan juga mengatasi ketombe.

4. Tea Tree Oil

Tambahkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam sampo yang biasa dipakai. Lakukan tes alergi lebih dulu sebelum mencoba perawatan dengan minyak pohon teh ini. Oleskan sedikit ke belakang telinga, tunggu sampai keesokan harinya. Lalu amati jika tidak ada tanda alergi seperti gatal, kemerahan atau bentol, maka minyak ini aman digunakan.

5. Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya atau aloe vera untuk rambut tidak perlu dipertanyakan lagi. Bahan alami yang satu ini sering sekali digunakan segabai bahan perawatan rambut. Manfaat aloe vera untuk rambut antara lain untuk mengatasi ketombe yang mengganggu. Oleskan secukupnya gel lidah buaya ke kulit kepala, biarkan sekitar setengah jam sebelum dikeramas.

6. Lemon

Manfaat lemon untuk rambut dalam perawatan ketombe sangat baik. Gunakan air perasan lemon secukupnya kepada kulit kepala. Biarkan dulu selama 20-25 menit agar meresap. Lalu cuci rambut sampai bersih, jika perlu gunakan sampo untuk keramas juga.

7. Garam

Manfaat garam untuk rambut berketombe juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan. Campurkan garam secukupnya dengan air dalam mangkuk, lalu gunakan campuran itu ke kulit kepala. Gosokkan butiran – butiran garam di kulit kepala selama sekitar 20 menit dengan perlahan. Kemudian keramas seperti biasa. Garam ini berfungsi sebagai bahan scrub untuk mengelupas sel kulit mati dan kotoran di kulit kepala.

8. Minyak Kelapa

Teteskan secukupnya minyak kelapa murni atau Extra Virgin Coconut Oil ke kulit kepala sebelum keramas. Biarkan selama sekitar satu jam, kemudian cuci rambut dengan sampo. Bisa juga menggunakan sampo herbal yang berbahan minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa untuk alis juga bisa anda coba. Bau alaminya akan membuat rambut tetap wangi.

9. Biji fenugreek

Fenugreek, biasa disebut dengan klabat atau methi digunakan untuk obat – obatan herbal dan juga rempah. Cara menggunakannya yaitu rendam biji fenugreek semalaman,lalu haluskan pagi harinya dan pakai 20-30 menit. Tutup kepala dengan handuk yang dibasahi air hangat, kemudian bilas seperti biasa.

10. Minyak Almond

Kacang yang biasa terdapat di dalam coklat batangan ini juga mempunyai khasiat baik bagi perawatan rambut. Manfaat almond untuk rambut adalah dengan menggunakan minyak yang dihasilkan dari biji almond. Balurkan setelah keramas sambil dipijat selama 5 menit, kemudian tutup kepala dengan shower cap selama 30 menit lalu bersihkan dengan air bersih.

11. Kuning Telur

Cara menghilangkan ketombe di kulit kepala bisa juga menggunakan manfaat telur untuk rambut, yaitu bagian kuningnya. Ambil satu atau dua kuning telur dan kocok. Pakai secara merata ke kulit kepala yang kering. Tutup kepala dengan shower cap. Biarkan selama satu jam, kemudian keramas dengan sampo. Mungkin perlu melakukan dua kali keramas untuk menghilangkan bau telur dari kepala. Selain untuk rambut, gunakan juga manfaat kuning telur untuk wajah.

12. Pisang dan Cuka

Manfaat cuka untuk rambut bisa digabungkan dengan manfaat pisang untuk rambut sebagai cara mengatasi ketombe. Kupas satu buah pisang, hancurkan sampai lembut. Kemudian campurkan dengan dua cup cuka putih. Aduk sampai tercampur merata, kemudian gunakan di kulit kepala sambil dipijat selama 5-10 menit. Setelah pijat, biarkan selama 20 menit lagi lalu bilas sampai bersih.

13. Yogurt

Untuk perawatan kecantikan, yogurt dikenal sebagai cara mengatasi kulit wajah kering secara alami. Selain itu yogurt ternyata juga bisa digunakan untuk merawat kulit kepala yang berketombe. Cuci dan keringkan dulu rambut Anda, kemudian pakailah yogurt tawar ke kulit kepala sampat merata. Biarkan selama maksimal 15 menit. Bilas, kemudian cuci lagi rambut dengan sampo sedikit.

14. Kulit Jeruk

Kulit jeruk juga mengandung banyak vitamin C dan asam yang bisa mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala. Caranya, kupas beberapa kulit jeruk secukupnya, lalu campur dengan air jeruk lemon dengan cara diblender supaya halus. Pakailah di kulit kepala, biarkan selama 30 menit dan cuci rambut dengan sampo. Cobalah juga manfaat jeruk lemon untuk wajah berjerawat.

Sponsors Link

15. Apel

Manfaat buah apel untuk kesehatan rambut sangat baik untuk mengatasi ketombe yang membandel. Campurkan dua sendok makan jus apel dan dua sendok makan air. Kemudian pakailah di kulit kepala pada pagi hari sebelum mandi. Biarkan sekitar 15 menit, lalu keramas menggunakan sampo berbahan lembut. Pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak air ke dalam campurannya karena dapat mempengaruhi hasilnya. Selain buahnya, ada juga manfaat kulit apel untuk rambut.

16. Bawang Putih

Cara merawat kuku dengan bawang putih berguna untuk menghilangkan jamur dan kotoran yang sulit hilang di kuku jari. Bawang putih juga bisa digunakan untuk merawat rambut yang berketombe. Campurkan beberapa potong bawang putih yang sudag dihancurkan dengan satu sendok makan madu. Pakai di kulit kepala sambil dipijat sekitar 15 menit kemudian keramas seperti biasa. Bawang putih mengandung anti jamur yang efektif untuk membasmi jamur di kulit kepala.

17. Baby Oil

Minyak untuk bayi ini mempunyai manfaat untuk perawatan kecantikan. Misalnya, manfaat baby oil untuk alis. Selain alis, ada juga manfaatnya untuk rambut berketombe. Pakailah baby oil di kulit kepala secara menyeluruh. Tutup kepala dengan handuk atau shower cap dan biarkan semalaman. Cuci rambut dengan sampo anti ketombe keesokan paginya.

18. Obat Pencuci Mulut

Bukan hanya untuk berkumur saja, ternyata obat pencuci mulut mempunyai manfaat untuk mengatasi ketombe juga. Siapkan satu sendok makan pencuci mulut yang mengandung alkohol dan sembilan sendok makan air. Kemudian campur kedua bahan tersebut di mangkuk. Keramas dulu seperti biasa, lalu siramkan campuran tersebut ke rambut. Tidak perlu dibilas kembali. Kandungan anti jamur dalam cairan pencuci mulut bisa membantu membasmi bibit jamur yang tumbuh di kulit kepala.

Bagi Anda yang mempunyai masalah rambut berketombe yang tidak kunjung terselesaikan, beberapa perawatan di atas juga patut di coba. Selain itu usahakan melakukan perawatan dari dalam tubuh yang bermanfaat untuk memperbaiki nutrisi tubuh sehingga kulit pun bisa mendapat gizi yang baik. Menjaga makanan sehat dan gaya hidup yang sehat juga penting untuk mengatasi masalah ketombe pada rambut Anda.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Wednesday 14th, September 2016 / 04:00 Oleh :
Kategori : Rambut