Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Paling Ampuh

Sponsors Link

Siapa yang tidak kesal dengan masalah ketombe? Setiap orang yang memiliki kulit kepala berketombe pasti akan merasa kesal. Kulit kepala berketombe sering membuat tingkat kepercayaan diri menurun. Ketombe berlebih akan membuat noda putih pada rambut sehingga hal tersebut sering dianggap sebagai masalah yang serius pada kulit kepala. Sayangnya, menghilangkan ketombe bukanlah perkara mudah. Terkadang jenis sampo yang sesuai sekalipun belum mampu menuntaskan masalah yang satu ini. (Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Ketombe , Manfaat Avokad untuk Perawatan Rambut)

ads

Ketombe merupakan pengelupasan kulit mati yang berlebih pada kulit kepala. Sebenarnya proses pengelupasan sel-sel kulit mati pada kulit kepala tersebut adalah sesuatu yang normal. Namun, jika jumlahnya berlebih tentu akan menimbulkan noda putih pada rambut dan menyebabkan rasa percaya diri menurun. Sebagian orang memang tidak mengalami kulit kepala berketombe secara terus-menerus. Namun, ada beberapa orang yang memiliki jenis kulit kepala yang berminyak dan memicu ketombe yang terus-menerus. Ketombe biasanya juga akan menyebabkan kulit kepala terasa gatal. Sayangnya, menggaruk kulit kepala yang berketombe justru akan semakin meningkatkan pengelupasan sel kulit mati sehingga jumlah ketombe juga semakin meningkat. (Baca Juga: Penyebab Kulit Kepala Gatal , Cara Menghilangkan Ketombe Di Kulit Kepala)

Hal-hal yang Memicu Ketombe

Ketombe memang sering menurunkan rasa percaya diri. Selain membuat penampilan tidak menarik, ketombe yang muncul secara terus-menerus bisa menyebabkan permasalahan rambut yang lain, seperti rambut rontok serta rambut kering. Ketombe terjadi karena adanya pengelupasan sel-sel kulit mati pada kulit kepala dalam jumlah yang terlalu banyak. Adapun beberapa hal yang dapat memicu munculnya ketombe adalah sebagai berikut. (Baca Juga: Penyebab Rambut Rontok Parah , Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering)

1. Jenis Kulit Kepala

Setiap orang memiliki permasalahan yang berbeda-beda pada rambut mereka. Ada yang memiliki masalah rambut kusam, berminyak, berketombe, dan lain sebagainya. Hal tersebut sekaligus menunjukkan bahwa setiap orang memiliki jenis kulit kepala yang berbeda satu sama lain. Kondisi inilah yang sebaiknya mengharuskan seseorang untuk melakukan konsultasi dengan ahli perawatan rambut untuk mengetahui jenis kulit kepala yang dimiliki. Jika kulit kepala Anda berketombe, tentu ahli perawatan rambut bisa memberikan saran terbaik untuk mengatasi hal tersebut. (Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Berminyak)

2. Mengikat Rambut Setelah Keramas

Setelah keramas biarkan rambut Anda tergerai agar rambut dan juga kulit kepala memperoleh sirkulasi udara yang cukup. Mengikatrambut setelah keramas bisa memicu munculnya ketombe pada kulit kepala. Selain itu, mengikat rambut setelah keramas juga bisa memicu permasalahan rambut lainnya, salah satunya adalah kerontokan rambut. (Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Bercabang)

3. Kepanasan

Anda mungkin adalah seseorang yang memiliki aktivitas di bawah sinar matahari. Jika ya, maka Anda harus bersiap-siap untuk memiliki ketombe. Rambut dan kulit kepala yang kepanasan akan meningkatkan jumlah sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Selain paparan sinar matahari terlalu lama, terlalu sering menggunakan alat catokan rambut, sering menggunakan alat pengering rambut, dan juga terlalu lama memakai topi juga bisa meningkatkan suhu kulit kepala dan rambut. Akibatnya, ketombe akan lebih cepat muncul karena kurangnya sirkulasi udara pada rambut. (Baca Juga: Manfaat Menggunakan Catok Rambut)

4. Sisa Sampo

Selain beberapa faktor di atas, ketombe juga bisa disebabkan karena adanya sisa sampo di kulit kepala. Dengan kata lain, noda putih pada rambut tidak selalu berupa sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Bisa jadi, noda putih yang Anda pikir adalah ketombe adalah sisa sampo yang menempel pada kulit kepala dan rambut. Hal tersebut sangat mungkin terjadi jika Anda tidak membilas rambut Anda sampai bersih ketika keramas. (Baca Juga: Jenis Perawatan Rambut di Salon)

ads

5. Faktor Nutrisi

Asupan nutrisi juga bisa menjadi salah satu pemicu munculnya ketombe. Kekurangan asupan nutrisi seperti zat besi dan vitamin B akan menyebabkan kesehatan kulit tidak terjaga, termasuk kesehatan kulit kepala. Akibatnya, sel-sel kulit mati pada kulit kepala lebih mudah muncul. (Baca Juga: Cara Menyuburkan Rambut)

6. Stres

Anda pasti tidak akan mengira bahwa stres juga bisa memicu munculnya ketombe. Stres bisa menyebabkan aliran darah tidak lancar sehingga suplai darah ke kepala juga tidak lancar. Akibatnya, suplai nutrisi yang dibawa oleh darah ke bagian kulit kepala menjadi tidak optimal. Jika hal tersebut terjadi, sel-sel pada kulit kepala akan kekurangan nutrisi sehingga muncullah sel-sel kulit mati yang menyebabkan munculnya ketombe. (Baca Juga: Penyebab Kulit Sensitif)

7. Terlalu Sering Keramas

Terlalu sering keramas juga bisa menyebabkan ketombe lebih cepat muncul. Alasannya, sampo yang Anda gunakan tentu mengandung beberapa jenis bahan kimia. Jika kulit kepala terlalu sering terkena paparan bahan kimia maka sel-sel yang ada pada kulit kepala akan lebih cepat rusak dan mati.  Karena itulah, terlalu sering keramas justru berakibat buruk pada kesehatan rambut. Selain menyebabkan ketombe, terlalu sering keramas juga akan mengikis melanin rambut sehingga rambut lebih mudah beruban dan terlihat kusam. (Baca Juga: Penyebab Rambut Bercabang dan Rusak)

8. Cuaca

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika rambut dan kulit kepala kepanasan, ketombe akan lebih mudah muncul. Kepala dan rambut yang kepanasan juga bisa disebabkan oleh cuaca yang terlalu panas. Kondisi ini juga sering dipicu ketika seseorang melakukan aktivitas yang terlalu lama di bawah sinar matahari. (Baca Juga: Manfaat Lemon Untuk Rambut)

9. Pemakaian Produk Perawatan Rambut

Memakai produk perawatan rambut tentu tidak ada salahnya. Namun, pemakaian yang terlalu sering justru bisa memicu masalah pada kulit kepala, salah satunya adalah ketombe. Pemakaian produk perawatan rambut seperti tonik, kondisioner, dan lain sebagainya dapat memicu paparan bahan kimia pada kulit kepala dalam jangka waktu yang terlalu sering. Hal itulah yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan menyebabkan ketombe. (Baca Juga: Manfaat Conditioner Rambut)

10. Penggunaan Sisir yang Tidak Bersih

Pastikan Anda menyisir rambut menggunakan sisir yang bersih. Sisir yang kotor bisa menyebabkan infeksi kuman pada kulit kepala dan menyebabkan munculnya ketombe. Selain itu, pastikan sisir yang Anda pakai tidak dipakai orang lain yang memiliki ketombe. Jika sisir yang Anda pakai ternyata mengandung ketombe dari orang lain, bisa jadi Anda juga akan tertular ketombe tersebut. (Baca Juga: Cara Perawatan Rambut Smoothing)

11. Psoriasis

Psoriasis adalah sejenis penyakit autoimun yang menyebabkan kulit menjadi bersisik dan tidak rata. Seseorang yang memiliki penyakit psoriasis berpotensi memiliki kulit bersisik, termasuk pada kulit kepalanya sehingga kulit kepala akan mudah terkelupas menjadi ketombe. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik)

12. Kulit Kepala Terlalu Berminyak

Kebanyakan orang berpikir bahwa ketombe lebih mudah muncul pada kulit kepala yang kering. Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Seseorang yang memiliki jenis kulit kepala berminyak memiliki resiko untuk memiliki banyak ketombe. Alasannya, kulit kepala berminyak akan lebih mudah mengikat berbagai jenis kotoran dan menyebabkan penumpukan kotoran pada kulit kepala. Penumpukan kotoran itulah yang memicu munculnya ketombe. Kondisi tersebut akan semakin parah ketika rambut jarang dicuci. (Baca Juga: Penyebab Rambut Berminyak)

13. Jamur

Pada dasarnya, setiap orang memiliki jamur di kulit kepalanya. Jamur tersebut bernama Malassezia. Jamur tersebut memiliki peranan untuk mencerna minyak yang ada di kulit kepala. Jika jumlah jamur di kulit kepala tergolong normal maka kulit kepala tidak akan mengalami masalah yang serius. Namun, pada kondisi tertentu, jamur yang ada di kulit kepala tersebut meningkat secara drastis dan menyebabkan pergantian sel yang cepat. Kondisi itulah yang menyebabkan jumlah sel-sel kulit mati di kulit kepala meningkat dengan pesat dan menyebabkan ketombe. (Baca Juga: Penyebab Kulit Kepala Gatal Dan Bentol)

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya ketombe. Hampir setiap orang pernah mengalami masalah terhadap ketombe. Namun, Anda tidak perlu khawatir terhadap munculnya ketombe di kulit kepala. Anda bisa melakukan perawatan kulit kepala menggunakan beberapa metode berikut ini untuk mengatasi ketombe berlebih.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Untuk menghilangkan ketombe, Anda tidak perlu melakukan perawatan mahal dan terbilang merepotkan. Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Bahan yang dipakai untuk mengatasi ketombe juga mudah didapat di sekitar Anda. Selain mudah, beberapa metode perawatan berikut ini juga bisa meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala. Berikut beberapa metode alami untuk mengatasi masalah ketombe.

1. Jeruk Nipis

Cara pertama untuk menghilangkan ketombe menggunakan bahan alami adalah dengan memanfaatkan jeruk nipis. Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C yang efektif untuk mengatasi masalah ketombe dan juga kulit kepala berminyak. Jeruk nipis juga dipercaya mampu menambah kemilau alami rambut. Jadi, memanfaatkan jeruk nipis untuk mengatasi ketombe akan memberikan banyak manfaat lain bagi kesehatan rambut dan juga kulit kepala. Untuk mengatasi ketombe, Anda bisa memanfaatkan air perasan jeruk nipis. Oleskan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala dan juga rambut. Diamkan kurang lebih selama 30 menit kemudian bilas menggunakan air bersih. (Baca Juga:  Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk Nipis Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut)

2. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya ternyata tidak hanya sebagai perawatan kecantikan kulit saja. Lidah buaya juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah ketombe. Kandungan nutrisi dalam lidah buaya juga dipercaya mampu meningkatkan kesehatan rambut serta merangsang pertumbuhan rambut. Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah ketombe dan juga kerontokan rambut maka Anda bisa memanfaatkan lidah buaya untuk merawat rambut Anda. Untuk melakukan perawatan rambut menggunakan lidah buaya, Anda bisa membalurkan daging lidah buaya pada kulit kepala dan juga rambut Anda. Lakukan pijatan ringan pada kepala agar nutrisi lidah buaya meresap secara lebih optimal. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air bersih atau cuci rambut menggunakan sampo. (Baca Juga: Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan , Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit)

3. Cuka Apel

bahan alami selanjutnya yang berguna untuk mengatasi masalah ketombe adalah cuka apel. Cara ini memang tergolong masih asing bagi kebanyakan orang. Namun, khasiat cuka apel tidak perlu diragukan lagi. Cuka apel efektif untuk membersihkan sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Selain itu, cuka apel juga efektif untuk mengatasi jumlah jamur berlebih pada kulit kepala. Untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala menggunakan cuka apel, pertama Anda cukup mencampurkan setengah cangkir cuka apel dengan setengah cangkir air hangat. Balurkan campuran cuka apel dan air hangat tersebut pada rambut dan kulit kepala sebelum tidur. Bersihkan baluran cuka apel tersebut pada pagi hari ketika bangun tidur. (Baca Juga: Manfaat Cuka Untuk Rambut , Manfaat Cuka Apel untuk Rambut)

Sponsors Link

4. Garam

Mengatasi ketombe menggunakan garam mungkin masih awam bagi beberapa orang. Namun, cara ini terbukti efektif. Apalagi untuk memperoleh garam sudah tentu Anda tidak akan mengalami kesulitan. Garam sangat efektif untuk membunuh bakteri penyebab ketombe pada kulit kepala. Selain itu, garam juga terbukti mampu mempercepat proses pengelupasan sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Untuk mengatasi masalah ketombe, Anda bisa mengambil garam secukupnya kemudian menggosokkan garam tersebut pada kulit kepala secara perlahan. Diamkan selama 10 sampai 15 menit kemudian bilas menggunakan air bersih atau cuci menggunakan sampo. (Baca Juga: Manfaat Garam untuk Rambut Berketombe)

5. Minyak Kelapa

Khasiat minyak kelapa untuk meningkatkan kesehatan rambut memang sudah tidak diragukan lagi. Namun, pernahkah Anda memanfaatkan minyak kelapa untuk mengatasi permasalahan ketombe? Minyak kelapa kaya akan kandungan vitamin E yang efektif untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan juga mempercepat proses pengelupasan sel-sel kulit mati. Untuk mengatasi masalah ketombe, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala kemudian pijatlah kepala secara perlahan. Selanjutnya balut kepala Anda menggunakan handuk hangat dan diamkan selama 15 menit. Terakhir, bilas rambut dan kulit kepala menggunakan air bersih. (Baca Juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut)

6. Baking Soda

Bahan yang satu ini sering dimanfaatkan untuk membuat kue atau roti. Namun kali ini, baking soda akan kita manfaatkan untuk mengatasi masalah ketombe yang membandel. Untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala, Anda bisa menggosokkan baking soda secukupnya pada kulit kepala. Untuk meningkatkan aliran darah ke kulit kepala, Anda juga bisa melakukan pijatan ringan agar kepala terasa lebih rileks. Diamkan beberapa saat lalu bilas menggunakan air bersih. (Baca Juga: Perawatan Rambut Rusak)

7. Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah salah satu jenis minyak esensial yang sering digunakan dalam obat herbal atau salep aromaterapi. Tea tree oil ternyata juga bisa kita manfaatkan untuk mengatasi masalah ketombe. Minyak esensial ini bersifat mengatasi jamur berlebih pada kulit kepala sekaligus mengatasi rasa gatal berlebih akibat ketombe. Metode mengatasi ketombe menggunakan tea tree oil bisa Anda lakukan dengan mencampurkan satu sendok makan tea tree oil dengan satu cangkir air hangat. Masukkan campuran air hangat dan juga tea tree oil tersebut ke dalam wadah semprotan. Jika kedua bahan campuran itu benar-benar sudah tercampur sempurna maka langkah selanjutnya adalah menyemprotkan ramuan tersebut pada rambut dan juga kulit kepala Anda. Diamkan selama 10 sampai 15 menit kemudian bilas menggunakan air bersih. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Minyak Zaitun)

8. Bawang Merah

Untuk menghilangkan masalah ketombe, Anda bisa memilih salah satu dari beberapa jenis ramuan bawang merah berikut ini:

  • Bawang merah yang dihaluskan + minyak kelapa + minyak zaitun. Campuran ketiganya dioelskan pada kulit kepala dan didiamkan selama 1 jam. Setelah itu cuci rambut menggunakan sampo sampai bersih.
  • Bawang merah yang telah dihaluskan + madu. Campuran keduanya bisa Anda gunakan dua kali setiap minggu. Selain menghilangkan ketombe, kandungan nutrisi dalam madu juga dipercaya mampu meningkatkan kesehatan rambut.
  • Bawang merah yang telah dihaluskan + minyak esensial. Jenis minyak esensial yang bisa Anda gunakan adalah minyak zaitun atau tea tree oil. Campuran keduanya dioleskan pada kulit kapala dan juga rambut setiap kali sebelum keramas.

(Baca Juga: Manfaat Bawang Merah untuk Alis , Cara Merawat Kuku Dengan Bawang Putih)

Demikian beberapa jenis metode dan juga ramuan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah ketombe. Untuk mencegah ketombe kembali muncul, usahakan agar Anda selalu menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Biasanya, ketombe akan sangat mudah muncul ketika kulit kepala dan rambut kotor.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Friday 14th, October 2016 / 12:21 Oleh :
Kategori : Rambut