Sponsors Link

22 Cara Mengurangi Rambut Rontok Berlebih dan Parah

Sponsors Link

Tidak ada yang lebih menarik daripada rambut tebal, hitam dan berkilau alami. Itu akan menjadi nilai tambah bagi penampilan kita dan semua perhatian akan tertuju pada rambut kita. Hampir semua orang memimpikan rambut yang indah dan menjadi andalan dalam berpenampilan. Apalagi bagi orang Asia, yang memandang rambut hitam dan tebal sebagai ukuran dari kecantikan wanita dan kegagahan kaum pria.

ads

Sayangnya semua itu akan mustahil didapatkan apabila kita mengalami masalah rambut rontok, yang juga sudah menjadi masalah yang dimiliki kebanyakan orang. Ada lebih dari 100 ribu helai rambut di kepala kita, dan sangat normal apabila jumlah kerontokan perharinya mencapai 80-100 helai. Jika rambut rontok lebih dari jumlah itu, sudah merupakan hal yang bisa mengancam keindahan rambut Anda.

Tanda Kerontokan Rambut

Tentunya tidak mungkin kita menghitung setiap helai rambut yang rontok. Yang bisa dilakukan hanya dengan mengamati setiap hari bagaimana tampaknya kerontokan rambut Anda, apakah jika dikumpulkan ketika mandi, keramas atau menyisir tampaknya lebih banyak daripada hari – hari sebelumnya. Jika tampak lebih banyak dan disertai penipisan rambut, maka Anda harus waspada. Artinya sudah waktunya mengambil tindakan untuk merawat rambut yang rontok ini. Sebelumnya kita harus mengenali dulu tanda – tanda kerontokan rambut yang harus diwaspadai:

  • Penipisan Rambut
  • Terdapat Pitak atau lingkaran tempat rambut rontok
  • Rambut mulai berjatuhan
  • Garis rambut melebar atau mundur ke belakang
  • Banyak rambut yang rontok ketika mandi
  • Rambut mudah berjatuhan hanya dengan gerakan sederhana seperti mengusap kepala
  • Banyak rambut rontok di bantal
  • Banyak rambut rontok di handuk

Penyebab Rambut Rontok

Rambut yang rontok pasti ada penyebabnya. Bagaimana dan mengapa, inilah antara lain yang membuat rambut mudah rontok:

  • Keturunan

Kerontokan rambut pada usia muda yang mengarah kepada kebotakan seringkali disebabkan oleh faktor keturunan. Ada hormon tertentu yang menyebabkan dimulainya fase rambut rontok. Hal ini terutama terlihat pada kaum pria, dan menjadi penyebab rambut rontok pada pria yang terbesar. Biasanya, hal ini akan dimulai sejak saat pubertas, dan menjadi semakin rontok bahkan botak saat berusia 30 tahunan. Jika memiliki kakek atau ayah yang juga mengalami kebotakan maka kemungkinan besar akan diturunkan kepada anak lelakinya.

  • Perubahan Hormon

Ditandai dengan folikel rambut yang semakin sensitif, melemahnya akar rambut yang menyebabkan helai – helai rambut mulai berjatuhan. Perubahan hormonal ini bisa berupa menstruasi, menopause, pubertas, pemakaian alat KB, penyakit, atau pengaruh obat yang digunakan untuk mengobati penyakit tertentu.

  • Kehamilan

Kebanyakan wanita selama kehamilannya mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, kelelahan, dan ketidak seimbangan hormon. Keadaan ini akan menyebabkan folikel rambut semakin sensitif, juga menyebabkan keringnya kulit kepala. Semua itu bisa menyebabkan kerontokkan rambut.

  • Kelelahan Fisik dan Mental

Stress akan menyebabkan rasa lelah yang berkepanjangan, rasa tidak sehat terus menerus, hilang berat badan secara drastis yang bisa menyebabkan folikel rambut kekurangan cairan sehingga menjadi lemah dan menyebabkan rambut rontok.

  • Infeksi Kulit Kepala

Jamur, bakteri dan infeksi menular seperti psoriasis, seborrhea dermatitis dan lainnya di kulit kepala bisa melemahkan akar rambut dan menyebabkan penipisan rambut, patah, dan rontok.

  • Alopecia Areata

Yaitu nama penyakit autoimun yang mempunyai efek kepada folikel rambut. Penyebabnya bisa jadi karena kelelahan atau stres walaupun belum bisa dipastikan. Pada penyakit ini terjadi kebotakan sebagian. Kebanyakan penderitanya adalah kaum pria.

  • Pengobatan

Obat – obatan yang dikonsumsi atau perawatan yang dijalani untuk menyembuhkan suatu penyakit yang diderita bisa menyebabkan kerontokan rambut yang cukup parah, seperti midalnya kemoterapi, pengobatan dengan steroid, obat untuk sakit jantung, typhoid, obat depresi, dan lain – lain.

  • Hipertiroid

Ketidak seimbangan hormon kelenjar tiroid selain bisa menyebabkan rambut rontok juga bisa menyebabkan kelainan fisik lainnya. Rambut rontok yang disebabkan oleh hipertiroid bisa disembuhkan dengan metode pengobatan tertentu.

  • Penataan Rambut

Keramas berlebihan, mengecat, terlalu sering menata rambut dengan hair dryer atau alat catok, sering menggunakan bahan kimia di rambut dapat menjadi penyebab dari kerontokan rambut karena rambut menjadi rusak dan lemah akarnya.

  • Kekurangan Nutrisi

Diet yang berlebihan bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi, dan itu akan berakibat buruk bagi kondisi rambut. Nutrisi yang diperlukan oleh akar rambut tidak sampai ke kulit kepala, maka hal itu akan mengganggu pertumbuhan rambut.

Sponsors Link

Cara Mengurangi Kerontokan

Rambut rontok bisa diatasi dengan perlahan – lahan dan tidak bisa sekaligus hilang. Cara mengatasinya agar berkurang harus melalui tahapan tertentu, seperti berikut:

1. Teliti Penyebabnya.

Cari tahu dulu masalahnya dan penyebab sebenarnya seperti yang telah disebutkan di atas. Jika tahu masalahnya, langkah berikut untuk mengatasinya akan lebih mudah dan Anda akan tahu bagaimana cara mengatasi rambut rontok.

2. Lihat Kerusakan

Untuk mengetahui cara mengatasi rambut rontok dan kering, coba teliti di bagian mana rambut paling parah mengalami kerontokan. Temukan daerah dimana penipisan rambut paling terlihat, dan amati keadaan kulit kepala di sekitarnya.

3. Berapa Banyak

Cobalah mengamati seberapa banyak rambut rontok pada saat menyisir, keramas, mandi atau setelah bangun tidur, dan apakah jumlah itu bertambah atau tidak setiap kalinya.

4. Faktor Medis

Periksa apakah ada kondisi fisik atau medis lain yang menyebabkan rambut rontok dengan dokter Anda, karena bisa saja rambut bermasalah karena kondisi kesehatan juga terganggu.

5. Cara Menyisir

Sebaiknya tidak menyisir rambut saat masih basah karena akan menyebabkan rambut mudah patah. Gunakan sisir bergigi jarang untuk mengurai kekusutan dan sisir biasa untuk merapikan rambut.

6. Cara Mengeringkan

Ketika mengeringkan rambut sehabis keramas, jangan menggosok rambut terlalu kasar dengan handuk. Gunakan handuk dengan lembut untuk menghilangkan air pada rambut.

7. Bersihkan Sisir

Bersihkan sisir Anda setiap minggu. Jika diamati dengan seksama, sisir akan menjadi kotor seiring setiap penggunaan dan bisa mengandung bakteri yang dapat menginfeksi kulit kepala. Jadi harus dibersihkan dengan air, sabun dan sikat, bisa Anda lakukan sambil mandi.

8. Hot Oil Treatment

Lakukan perawatan dengan Hot Oil Treatment untuk cara mengurangi rambut rontok. Banyak minyak nabati yang bisa digunakan, diantaranya:

Pijat dengan lembut kulit kepala Anda menggunakan minyak yang telah dipanaskan. Lakukan setiap dua kali seminggu. Perawatan ini bisa menstimulasi sirkulasi darah di kepala yang akan tetap membuat folikel rambut aktif. Selain itu juga akan menutrisi rambut dan memperkuatnya.

9. Sampo

Ganti sampo yang bebas sulfat, bebas silikon dan paraben agar kulit kepala tidak semakin terkontaminasi dengan bahan kimia, yang akan membuat rambut semakin rusak dan mudah rontok. Ada bahaya kandungan paraben pada kosmetik yang bisa menyumbangkan kerusakan pada rambut.

10. Frekuensi Keramas

Cuci rambut paling tidak setiap tiga hari sekali untuk membersihkan semua kotoran, debu, bakteri dan minyak dari rambut. Gunakan sampo yang berbahan ringan atau herbal jika perlu.

11. Penataan Rambut

Jangan menjadikan rambut Anda sebagai objek percobaan berbagai gaya penataan rambut yang berlebihan, seperti perawatan dengan bahan kimia, blow dry, pelurusan rambut, sambung rambut dan banyak lagi. Mencoba jenis perawatan rambut di salon boleh saja, namun jangan sampai keterusan menyiksa rambut dengan berbagai macam eksperimen yang pada akhirnya malah akan merusak rambut.

12. Model Rambut

Hindari menata rambut dengan model kuncir kuda, kepang, atau yang menggunakan karet rambut yang ketat setiap hari, karena akan menjadi penyebab kerusakan pada rambut. Tidak apa jika sesekali menggunakan gaya rambut tersebut, namun di hari lainnya biarkan rambut bernapas dan mendapatkan oksigen yang cukup untuk proses pertumbuhannya.

13. Nutrisi

Minum jus buah – buahan alami untuk memberi nutrisi dan vitamin pada tubuh. Tidak perlu menambahkan gula atau pemanis lainnya ke dalam jus agar tidak mengurangi khasiat alaminya. Memberi nutrisi kepada tubuh akan membantu melawan kondisi rambut rontok dengan tubuh yang kuat.

14. Sayangi Tubuh Anda

Jangan lakukan diet ekstrim. Diet yang dilakukan tanpa perhitungan matang akan merusak kondisi tubuh dan menyebabkan kita mengalami malnutrisi, dehidrasi dan kurang gizi sehingga fungsi tubuh tidak berjalan sebagaimana mestinya. Jika fungsi tubuh terganggu, maka semua aktivitas tubuh pun akan mengalami gangguan, termasuk pertumbuhan rambut.

ads

15. Back To Nature

Kembalilah pada perawatan rambut yang menggunakan bahan alami, karena bahan alami sangat baik efeknya dan tidak akan beresiko merusak rambut apabila digunakan dengan jumlah atau takaran yang sesuai. Misalnya manfaat ginseng untuk rambut, dan manfaat daun waru untuk rambut yang bisa merawat rambut rontok.

16. Atasi Masalah Kulit Kepala

Hilangkan ketombe dan berbagai infeksi kulit kepala lainnya dengan pengobatan yang cocok. Cara menghilangkan ketombe bisa dengan menggunakan jeruk nipis, lidah buaya, fenugreek, dan banyak lagi.

17. Kelola Stress 

Kelola stress dengan mempelajari yoga dan beragam teknik meditasi untuk memberi efek santai bagi tubuh sehingga pikiran pun menjadi rileks, tidak tegang. Tubuh yang rileks sebagai cara mencegah rambut rontok parah.

18. Makanan Sehat

Jangan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak atau gula. Makanan yang banyak mengandung zat besi, vitamin A, B, C, E dan asam lemak omega 3 dan protein sangat baik untuk dikonsumsi. Efeknya akan memberi nutrisi pada rambut, melembabkan, sehingga membuat kulit kepala lebih sehat, menghilangkan rambut bercabang dan rontok, juga menguatkan rambut. Semua itu terkandung pada wortel, gandum, sauran hijau, buah, kacang – kacangan, kerang, ikan, keju, telur, yogurt dan banyak lagi.

19. Olah Raga

Manfaat olah raga untuk kecantikan sangat besar, karena olah raga membuat tubuh kita menjadi sehat dan segar. Olah raga membuat peredaran darah di tubuh menjadi lancar, termasuk peredaran darah di kulit kepala yang berfungsi untuk mengantarkan nutrisi ke akar rambut.

20. Terapi Laser

Cara mengatasi rambut agar tidak rontok dengan teknik modern Terapi Laser atau Low Level Laser Therapy adalah perawatan medis untuk masalah rambut rontok yang bertujuan menangani masalah rambut rontok, penipisan rambut dan menstimulasi pertumbuhan rambut. Sebaiknya dilakukan dengan bantuan ahli yang sudah profesional di bidangnya.

21. Hair spa

Perawatan rambut ini bisa dilakukan di salon dengan berbagai macam produk yang ditujukan untuk mengobati masalah rambut dan cara merawat rambut rontok dan kering. Pilihlah salon yang cukup profesional untuk melakukan hair spa ini, karena dalam prosesnya ada kegiatan memijat kulit kepala. Pemijatan ini jika dilakukan oleh orang yang kurang menguasainya malah akan berakibat pada kerontokan rambut.

22. Masker Rambut

Manfaat hair mask pada rambut adalah memberikan efek deep conditioning yang bisa menutrisi rambut hingga ke akarnya. Manfaat pisang untuk rambut dan manfaat urang aring untuk rambut adalah sebagai bahan untuk masker rambut yang bisa mengatasi dan cara mengurangi rambut rontok.

Apabila sudah mencoba cara – cara diatas dan rambut masih saja rontok, mungkin penyebabnya adalah masalah yang lebih serius daripada sekedar memerlukan perawatan rambut sederhana. Konsultasikan ke dokter ahli untuk mengetahui penyebab sebenarnya dari rambut yang rontok agar segera bisa diatasi dengan baik dan tuntas.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 05th, September 2016 / 03:53 Oleh :
Kategori : Rambut