Sponsors Link
     Sponsors Link

13 Cara Menumbuhkan Jambang Secara Alami

Sponsored Links

Banyak anggapan kalau pria berjambang akan terlihat lebih macho atau keren bagi kaum wanita. Tetapi tidak semua pria yang mudah memanjangkan jambangnya, khususnya pria Indonesia tidak seperti pria asal Arab yang kebanyakan mempunyai jambang yang panjang dan lebat. Sebenarnya lebat atau tidaknya pertumbuhan jambang ini tergantung dari masalah hormon dan genetik seseorang. Jadi ada orang pertumbuhan jambangnya cepat, ada juga yang sulit sekali menumbuhkannya.

Untuk pria yang sulit menumbuhkan jambang, seringkali menggunakan salep atau obat berbahan kimia yang dioleskan di area tempat tumbuhnya jambang. Tetapi bahan-bahan kimia mempunyai efek samping yang dapat berpengaruh pada kulit dan tubuh, apalagi bila digunakan dalam jangka waktu yang lama dan bila memiliki kulit yang sensitif.  Maka untuk lebih amannya, lebih baik menggunakan cara-cara yang alami untuk menumbuhkan jambang.

Berikut ini cara menumbuhkan jambang secara alami :

1. Minyak kemiri

Minyak kemiri sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk menyuburkan rambut. Sebab minyak kemiri mengandung asam palmitat dan asam strearat yang merupakan jenis senyawa asam lemak jenuh yang dapat merangsang hormon androgen. Hormon ini diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Minyak kemiri juga ampuh untuk menumbuhkan rambut yang botak dan salah satu cara menebalkan alis dengan kemiri. Sehingga bila ingin menumbuhkan jambang, Anda dapat menggunakan minyak kemiri.

Cara membuat minyak kemiri untuk rambut botak bisa diterapkan juga untuk cara menumbuhkan jambang. Berikut ini cara membuat minyak kemiri dan cara menggunakannya untuk menumbuhkan jambang :

  • Ambil beberapa biji kemiri lalu dibakar atau disangrai (digoreng tanpa minyak) hingga kemiri terlihat hangus.
  • Lalu tumbuk kemiri hingga halus.
  • Setelah kemiri halus peras kemiri dengan jari hingga keluar minyaknya.
  • Minyak yang keluar dari kemiri itulah yang dapat Anda gunakan untuk menumbuhkan jambang.
  • Caranya dengan mengoleskan minyak kemiri di bagian kulit yang ingin ditumbuhi jambang.
  • Lalu diamkan selama 30 menit.
  • Kemudian bilas dengan air hingga bersih.
  • Lakukan perawatan ini 2 kali sehari selama 2 minggu.

Kalau Anda tidak sempat membuat minyak kemiri sendiri, saat ini minyak kemiri sudah banyak di jual di pasaran. Sehingga Anda dapat membelinya di toko dan langsung mengaplikasikannya ke area kulit yang ingin ditumbuhi jambang.

Bila dilakukan rutin maka jambang dapat terlihat tumbuh lebat. Minyak kemiri tidak hanya dapat mempercepat pertumbuhan rambut, tapi dapat juga dipakai sebagai cara melembutkan rambut kasar secara alami.

2. Mentega

Selama ini kita mengenal mentega sebagai bahan makanan yang biasanya digunakan sebagai olesan roti atau sebagai bahan untuk membuat kue.  Tetapi siapa sangka mentega juga bisa dipakai untuk perawatan kecantikan, seperti manfaat mentega untuk alis mata dan wajah serta sebagai salah satu cara menghaluskan telapak tangan. Mentega juga dapat dipakai untuk menumbuhkan berbagai macam rambut di tubuh, termasuk untuk menumbuhkan jambang.

Cara memakai mentega untuk menumbuhkan jambang mudah saja yaitu :

  • Ambil mentega secukupnya, lalu oleskan pada area kulit wajah yang ingin ditumbuhi jambang.
  • Diamkan selama 1-2 jam agar mentega meresap ke dalam kulit.
  • Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.
  • Lakukan perawatan ini setiap kali setelah mandi atau sebelum tidur.
  • Agar mendapatkan hasil yang maksimal gunakan pemakaian mentega ini selama dua minggu secara rutin.
sponsored links

3. Telur udang

Bahan alami lainnya yang bisa dipakai untuk menumbuhkan jambang adalah dengan menggunakan telur udang. Sebaiknya pakailah telur udang yang masih menempel di udangnya.

Cara menggunakan telur udang untuk menumbuhkan jambang adalah :

  • Ambil telur udang yang menempel di udang mentah.
  • Gunakan kain atau kapas untuk mengambil air dari telur udang itu.
  • Lalu oleskan air dari telur udang tadi ke daerah wajah yang ingin ditumbuhi jambang.
  • Diamkan selama 4 jam hingga meresap.
  • Setelah itu bilas dengan air hingga bersih
  • Lakukan cara ini 1x sehari dan minimal 4 jam sebelum tidur.

Cara ini cukup efektif untuk menumbuhkan jambang bila dilakukan secara rutin. Tetapi penggunaan telur udang meninggalkan bau yang amis. Karena itu setelah pemakaian telur udang Anda juga bisa membilasnya dengan sabun juga untuk menghilangkan bau amis di wajah. Dan sebaiknya Anda lakukan hal ini saat hari libur.

4. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang kaya manfaat, seperti manfaat lidah buaya untuk kecantikan, manfaat lidah buaya untuk kulit, dan manfaat lidah buaya untuk kulit wajah kering dan berjerawat. Selain itu lidah buaya juga berkhasiat untuk menumbuhkan dan menebalkan rambut. Sehingga tak heran kalau banyak produk-produk perawatan rambut yang menggunakan bahan lidah buaya di dalamnya. Sehingga untuk menumbuhkan jambang, Anda pun dapat mencoba menggunakan lidah buaya ini.

Cara menggunakan lidah buaya ini adalah :

  • Ambil lidah buaya secukupnya lalu belah bagian tengahnya dengan pisau.
  • Akan terlihat bagian dalamnya berupa lendir.
  • Gunakan bagian lendir lidah buaya itu untuk mengoles ke bagian wajah yang ingin ditumbuhi jambang.
  • Diamkan lendir selama 1-2 jam hingga mengering.
  • Kemudian bilas dengan air hingga bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan rutin setiap hari selama 2 minggu.

5. Minyak urang aring

Seperti halnya dengan lidah buaya, urang aring juga banyak digunakan sebagai bahan pembuat produk-produk perawatan rambut. Seperti manfaat urang aring untuk rambut rontok, uban dan kering dan manfaat urang aring untuk perawatan alis. Maka tak ada salahnya Anda pun menggunakannya untuk menumbuhkan jambang. Anda pun tidak perlu repot membuat minyak urang aring dari daun urang aring, karena saat ini minyak urang aring sudah banyak di jual di pasaran.

Cara menggunakan minyak urang aring untuk cara menumbuhkan jambang yaitu :

  • Oleskan minyak urang aring di bagian wajah yang ingin ditumbuhi jambang secara merata.
  • Diamkan 30 menit agar meresap.
  • Lalu bilas hingga bersih.
  • Gunakan minyak urang aring secara rutin agar tampak hasilnya dalam waktu 2 minggu.

6. Minyak amla

Amla merupakan tanaman sejenis gooseberry. Sedangkan minyak amla dibuat dengan cara memasukkan potongan amla kering ke dalam minyak kelapa yang mendidih. Minyak amla biasa digunakan sebagai tonik penyubur rambut, sehingga dapat Anda juga dapat mengaplikasikannya untuk menumbuhkan jambang.

Cara menggunakan minyak amla untuk menumbuhkan jambang yaitu :

  • Cukup dengan mengoleskan minyak amla setelah mencukur.
  • Lakukan pemijatan lembut agar meresap
  • Diamkan selama 15-20 menit.
  • Lalu bilas dengan air dingin.

7. Minyak tarantula

Mendengar nama tarantula mungkin Anda sudah merasa takut. Tapi sebenarnya penggunaan minyak tarantula ini ternyata justru merupakan cara yang paling cepat menumbuhkan jambang dibanding minyak-minyak lainnya. Anda bisa mendapatkan minyak tarantula ini di toko obat tertentu.

Cara menggunakannya :

  • Cukup dengan mengoleskan minyak tarantula ke daerah wajah yang ingin ditumbuhi jambang.
  • Lalu diamkan selama 30 menit.
  • Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.
  • Lakukan sekali sehari sebelum tidur.
  • Bila dilakukan rutin maka dalam waktu 5 hari Anda akan melihat pertumbuhan jambang.

8. Mencukur jambang

Sama halnya dengan rambut, bila makin sering dipotong maka rambut akan terlihat lebih lebat. Pada dasarnya kaum pria sebenarnya juga mempunyai jambang. Tetapi ada yang tipis atau berupa bulu-bulu halus, tapi ada juga yang terlihat tumbuh lebat. Maka bila Anda ingin agar jambang tumbuh lebih lebat, cobalah untuk sering-sering mencukur jambang, sehingga dapat merangsang pertumbuhan jambang lebih cepat.

9. Berolahraga

Tentu Anda bertanya-tanya apa hubungannya antara olahraga dengan jambang. Ternyata hal ini berhubungan dengan hormon testoteron. Pada dasarnya jambang bisa tumbuh dengan cepat pada kaum pria yang memiliki hormon testoteron yang tinggi. Untuk meningkatkan hormon testoteron ini caranya dengan banyak melakukan gerak badan seperti olahraga. Dengan semakin berkeringat saat berolahraga maka hormon testoteron pun juga akan meningkat, dan pertumbuhan jambang pun juga semakin cepat.

Selain itu manfaat olahraga untuk kecantikan kulit, rambut dan jerawat. Bahkan dengan olahraga secara rutin, sebagai salah satu cara merawat kulit agar tidak kusam dan kering. Jadi olahraga secara rutin tidak hanya untuk kesehatan dalam tubuh saja, tapi Anda mendapatkan banyak manfaat lainnya di luar tubuh.

sponsored links

 10. Hindarilah stress

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau stress dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Karena stress berhubungan dengan pikiran di otak dan menyebabkan pembuluh darah juga menyempit. Sehingga banyak penyakit yang ditimbulkan akibat stress ini. Hubungannya dengan jambang adalah akibat penyempitan pembuluh darah ini akan menyebabkan nutrisi yang dialirkan ke folikel rambut pun menjadi kurang, sehingga stress dapat menghambat pertumbuhan jambang juga. Jadi usahakan untuk menghindari stress dan selalu berpikir positif dalam menghadapi segala permasalahan.

11. Makan makanan yang kaya vitamin dan mineral

Makanan yang kaya akan vitamin dan mineral akan membantu asupan gizi di dalam tubuh, termasuk memberikan asupan di bagian folikel rambut seperti jambang. Maka masukkan menu sayuran dan buah-buahan dalam setiap menu harian Anda, agar jambang tumbuh lebih cepat dan Anda juga mendapatkan manfaat tubuh yang sehat.

Selain dikonsumsi, sayuran dan buah-buahan juga bermanfaat bagi kecantikan tubuh juga, seperti manfaat timun untuk wajah berjerawat, berminyak dan flek hitam, manfaat tomat untuk wajah agar halus, dan manfaat pisang untuk kulit tubuh dan wajah.

12. Konsumsi makanan yang mengandung protein

Untuk meningkatkan pertumbuhan jambang konsumsilah makanan yang kaya akan proteinnya. Karena rambut merupakan filamen protein, jadi semakin banyak protein di dalam tubuh maka akan merangsang pertumbuhan jambang. Maka jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, seperti ikan, daging, telur, tempe, tahu, kacang-kacangan dan susu kedelai. Bahkan ada manfaat susu kedelai untuk kulit wajah dan tubuh, sehingga tetap terjaga kelembabannya salah satu tips membuat kulit putih secara alami.

13. Pijatan wajah

Pijatan di wajah bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah di wajah. Hal ini tentu saja dapat juga merangsang pertumbuhan jambang di wajah. Pijat wajah juga dapat digunakan sebagai cara mencegah kerutan di wajah dan cara membuat muka tirus secara alami.

Maka lakukan pemijatan secara lembut di wajah terutama di bagian wajah yang ingin ditumbuhi jambang. Pijat denga gerakan arah memutar selama 10-15 menit 2 kali sehari. Anda juga bisa melakukan pemijatan wajah ini pada saat mengoleskan minyak untuk menumbuhkan rambut seperti yang telah dipaparkan di atas, seperti minyak kemiri, minyak amla dan sebagainya.

Itulah cara alami agar jambang Anda tumbuh lebat. Jadi selain mencoba salah satu ramuan tadi, Anda juga harus menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat dan makan makanan yang kaya vitamin, mineral dan berprotein tinggi.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 26th, September 2016 / 01:54 Oleh :
Kategori : Rambut