Sponsors Link

20 Cara Menyuburkan Rambut Secara Alami dan Aman

Sponsored Links

Rambut tipis dan sedikit atau rambut yang rontok memang menjadi masalah karena kebotakan adalah akibatnya. Masalah rambut semacam ini dapat dialami oleh siapa saja, baik muda maupun tua, baik wanita ataupun pria. Menyuburkan rambut pada zaman modern dan canggih seperti ini memang terbilang mudah karena ada banyak alat-alat keren, tapi yang alami selalu boleh menjadi nomor 1.

Memang menggunakan teknologi canggih yang sudah ada pada dasarnya jelas memberikan efek instan, tapi cara alami jelas tetap bisa dipertimbangkan. Tidak usah membayar mahal hanya untuk memakai alat mahal karena pada dasarnya ada cara menyuburkan rambut secara alami yang bakal Anda sukai. Karena alat canggih bisa berisiko tinggi, Anda bisa menggunakan cara-cara di bawah ini.

(Baca juga: cara mengatasi rambut agar tidak rontok)

1. Menggunakan Bayam

Bayam yang penuh dengan kandungan vitamin dan mineral adalah jenis sayur sehat yang tak hanya baik bagi kesehatan tubuh. Sayuran satu ini baik dikonsumsi maupun dijadikan masker rambut. Bahan alami satu ini juga baik untuk membuat rambut tumbuh lebih banyak dan subur.

  • Caranya: Sediakan bayam sebanyak segenggaman tangan saja yang kemudian bisa Anda tumbuk sampai halus. Campurkan dengan air matang setengah cangkir saja beserta madu sesendok makan. Setelah jadi, bisa Anda peras dulu dan saringlah. Ramuan tersebut bisa diminum sehari 3 kali untuk menyuburkan rambut dari dalam.

2. Memakai Madu

Madu murni mengandung banyak vitamin dan mineral, meliputi kalsium, vitamin E, vitamin C, serta vitamin A. Nutrisi yang terkandung di dalam madu inilah yang mampu menjadi pendukung pertumbuhan rambut. Apapun yang menghambat pertumbuhan rambut sehingga menjadi tipis dan sedikit, Anda selalu bisa mengandalkan madu.

  • Caranya: Pertama-tama tentunya Anda perlu menyediakan madu asli atau madu murni di mana madu inilah yang bisa Anda pakai untuk dioleskan ke rambut. Oles sampai merata ke seluruh bagian rambut, diamkan sekitar 20-30 menit. Anda bisa melakukan metode perawatan ini sebelum mandi supaya bila sudah setengah jam bisa langsung Anda keramasi sampai bersih.

(Baca juga: manfaat madu untuk rambut bayi)

3. Memanfaatkan Lidah Buaya

Tentunya manfaat aloe vera untuk rambut sudah terbukti amat besar sehingga dari zaman dulu hingga sekarang, lidah buaya menjadi andalan. Zat besi, kalsium, niasin, vitamin A, protein serta vitamin C ada di dalam lidah buaya. Semua nutrisi tersebut tentunya diperlukan oleh rambut demi mengatasi rambut rontok dan tipis.

Niasin memainkan perannya sebagai peningkat peredaran darah ke kulit kepala sehingga proses pertumbuhan rambut dapat terstimulasi. Sementara vitamin C memiliki peran dalam memberikan proteksi terhadap rambut dari serangan kekeringan serta radikal bebas. Vitamin A juga berperan penting dalam membuat rambut terstimulasi tumbuh lebih banyak dan tidak rontok.

  • Caranya: Selalu ambil gelnya yang kemudian bisa Anda oles ke seluruh bagian rambut sampai merata. Tunggulah sekitar 30 menit sebelum akhirnya Anda boleh mengeramasinya karena supaya segala nutrisi dapat memiliki waktu penyerapan sempurna. Bila Anda memakainya secara teratur, tentu Anda bakal memperoleh manfaat besar untuk pertumbuhan rambut yang makin lebat.

4. Memakai Minyak Kemiri

Bahan lainnya lagi yang bakal secara alami menumbuhkan rambut Anda sampai benar-benar subur adalah minyak kemiri. Hasil ekstraksi kemiri alami adalah minyak kemiri ini dan ekstraksinya pun diketahui memakai proses yang alami, aman dan tradisional. Nutrisi di dalamnya pun cukup beragam, mulai dari folat, vitamin, kalsium, fosfor, kalium, serta magnesium.

Untuk kesehatan dan kesuburan rambut, Anda memerlukan asam folat di mana nutrisi inilah yang mendukung pertumbuhan rambut agar lebih terstimulasi. Pertumbuhan sel dan jaringan pada rambut dan kulit kepala bakal dirangsang dengan sempurna. Inilah yang kemudian juga ikut mencegah gangguan kerontokan dan masalah rambut tipis.

  • Caranya: Sediakan minyak kemiri secukupnya yang bisa diambil beberapa tetes saja, lalu oles ke seluruh rambut sambil dipijat-pijat agar meningkatkan daya serapnya. Setelah memijat secara perlahan sampai seluruhnya rata, tunggulah dulu beberapa menit sebelum Anda mengeramasi rambut. Dalam seminggu, alangkah disarankan untuk menggunakan minyak kemiri ini sebanyak 3 kali dan lakukan sejam sebelum keramas.

(Baca juga: cara membuat minyak kemiri untuk rambut botak)

sponsored links

5. Menggunakan Minyak Zaitun

Selain minyak kemiri, Anda juga jelas bisa mengandalkan minyak zaitun sebagai penyubur rambut alami. Karena mengandung polifenol, kalium, zat besi, hingga kalsium, minyak zaitun kerap dianggap sebagai bahan makanan menyehatkan. Tapi yang perlu Anda tahu bahwa kesehatan dan kecantikan rambut lebat dapat dipromosikan oleh kandungan-kandungannya.

Seperti halnya polifenol, kandungan satu ini bersifat antioksidan di mana zat inilah yang bakal memberikan proteksi terhadap rambut dari polusi penyebab rambut kering dan rusak. Minyak zaitun ekstrak virgin adalah jenis minyak zaitun yang lebih dibutuhkan oleh Anda yang ingin cara menyuburkan rambut, jadi jangan salah pilih ketika membelinya.

  • Caranya: Hangatkan lebih dulu minyak zaitun ekstrak virgin yang sudah Anda dapatkan karena yang dibutuhkan adalah yang hangat. Setelah itu, oleskan secara merata ke seluruh rambut dan aplikasikan sambil menyisir rambut supaya bisa menyeluruh. Tinggalkan dulu beberapa menit, kemudian Anda boleh membilas atau mengeramasinya sampai bersih. Lakukan setiap hari supaya rambut bisa cepat tumbuh subur.

6. Memanfaatkan Kulit Apel

Buah apel adalah buah sehat yang tentunya bagus untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Tak hanya itu, kesehatan rambut pun juga bakal ikut terangsang sempurna yang membuat rambut tumbuh subur. Tapi bukan buah apelnya yang Anda butuhkan, melainkan kulitnya karena manfaat kulit apel untuk rambut pun cukup besar.

  • Caranya: Setelah mengupas kulit apel, kalau biasanya kulitnya Anda buang, kali ini dapat Anda sisihkan. Kulit apel tersebut kemudian dapat Anda haluskan terlebih dulu sebelum dioles merata ke seluruh bagian rambut. Tunggulah sekitar 15 menit sebelum akhirnya bisa Anda bersihkan dengan membilas memakai air hangat atau dingin.

(Baca juga: manfaat buah apel untuk kesehatan rambut)

7. Memakai Bawang Merah

Bila bawang merah biasanya digunakan sebagai bumbu untuk memasak dan Anda biasa memakannya untuk mendapatkan khasiatnya, kali ini berbeda. Demi suburnya rambut, Anda bisa juga memanfaatkan bawang merah dengan meramunya lebih dulu. Bahkan untuk masalah kerontokan rambut, bawang merah mampu mencegah masalah tersebut menjadi lebih serius.

  • Caranya: Sediakan bawang merah secukupnya yang kemudian bisa Anda makan langsung, atau diblender lebih dulu. Bila memilih memblendernya, jangan lupa untuk menambahkan minyak kelapa. Campuran tersebutlah yang kemudian Anda gunakan dengan cara mengoleskan ke kulit kepala sambil memberi pijatan. Kalau sudah lewat sekitar 40 menit, bilaslah atau keramasi supaya aroma bawang merah hilang.

8. Memanfaatkan Seledri

Supaya beberapa masakan menjadi lebih komplit dan terasa sedapnya, seledri kerap digunakan sebagai penyedap. Namun ternyata seledri ini pun sama efektifnya dengan bawang merah di mana mampu menyuburkan rambut. Cara ini pun cukup terjangkau karena bahan mudah didapat dan harganya pun tak seberapa.

  • Caranya: Sediakan daun seledri sekitar 10 lembar yang kemudian Anda bisa cuci sampai bersih lebih dulu. Setelah dicuci, Anda boleh langsung menumbuknya dan pastikan hasilnya sampai benar-benar lembut. Jika tak ingin ribet, blender saja hingga halus dan aplikasikan ke rambut maupun kulit kepala secara menyeluruh. Tunggu kira-kira 1 jam sebelum membilasnya bersih.

(Baca juga: manfaat seledri untuk rambut)

9. Memakai Santan

Bahan ini pun biasanya untuk memasak atau membuat minuman dan tak banyak yang tahu bahwa santan pun berguna sebagai penyubur rambut. Rambut tak hanya bakal dibuat lebih subur karena Anda juga mampu menggunakan bahan ini demi rambut yang lebih bercahaya dan menawan.

  • Caranya: Sederhana sekali, Anda tinggal menyediakan santan yang sekiranya cukup untuk banyaknya rambut Anda. Santan tersebut dapat Anda langsung terapkan ke kulit kepala maupun seluruh bagian rambut. Tapi setelah itu jangan lupa pakai penutup rambut atau gunakan handuk saja yang dalam keadaan hangat. 15 menit berlalu, Anda dapat menggunakan air dingin untuk proses membilas.

10. Menggunakan Jeruk Lemon dan Minyak Kelapa

Sama efektifnya dengan bahan-bahan alami lain yang sudah disebutkan, kombinasi antara minyak kelapa dengan jeruk lemon adalah salah satu yang terbaik. Demi rambut subur, sehat dan berkilau, kedua bahan ini dapat membantu Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan secara alami.

  • Caranya: Sediakan jeruk lemon 1 buah saja, berikut juga minyak kelapa 1 sendok makan. Campurkan sampai rata kedua bahan tersebut, barulah terapkan pada kulit kepala dan rambut. Pijat-pijat juga supaya nutrisi dapat teresap ke dalam kulit kepala Anda. Biarkan dulu selama setengah jam supaya penyerapan terjadi sempurna, barulah bilas sampai bersih dengan air.

(Baca juga: jenis perawatan rambut di salon)

11. Memanfaatkan Telur

Selain bisa dikukus dan digoreng, telur adalah bahan alami yang juga aman dalam menyuburkan rambut. Pertumbuhan rambut bakal lebih sehat dan banyak dengan menggunakan masker rambut dari telur. Bahkan rusaknya rambut yang sudah mulai parah juga dapat Anda atasi menggunakan telur karena vitamin dan proteinnya begitu tinggi.

  • Caranya: Siapkan telur 2 butir yang bisa Anda kocok sampai menjadi sangat lembut, bersama dengan minyak zaitun ekstrak virgin 2 sendok makan. Campurkan kedua bahan dan kombinasi ini bisa langsung Anda terapkan pada setiap bagian rambut sampai menyeluruh dan tak tersisa. Tutup kepala sesudahnya sampai 30 menit barulah dibilas dan dikeramasi.

12. Menggunakan Pisang

Anda pasti sudah tahu begitu besarnya manfaat pisang untuk rambut, baik itu rambut kering atau rambut rontok, segala masalah dapat teratasi. Tentu sebagai salah satu buah penuh nutrisi, pisang bakal mampu memenuhi nutrisi yang kurang pada rambut serta kulit kepala Anda.

Seperti yang Anda sudah tahu, pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi di mana ini tak hanya baik untuk tubuh, tapi juga bakal mengembalikan elastisitas natural dari setiap helai rambut Anda. Akar rambut juga bakal dibuat lebih kuat oleh zat nutrisi tersebut sehingga Anda tak akan menyesal memilih bahan ini.

Bukan hanya kalium, vitamin C, A dan E-nya pun terbilang sangat tinggi sehingga ada elemen-elemen menguntungkan yang ditawarkan kepada rambut dan kulit kepala Anda. Kandungan air serta minyak alami yang ada pada pisang juga berfungsi melembabkan rambut. Rambut yang lembab artinya dalam keadaan yang sehat, jadi Anda memerlukan perawatan dengan bahan satu ini.

  • Caranya: Sediakan pisang 2 buah, bersama dengan minyak kelapa 1 sendok makan, susu kelapa 2 sendok makan, serta madu asli organik sebanyak 2 sendok makan. Campur semua bahan dan blenderlah hingga menjadi pasta halus. Aplikasikan secara menyeluruh ke kulit kepala dan rambut, lalu setelah 40 menit bisa Anda bilas dengan air hangat sampai bersih.

(Baca juga: cara mengatasi rambut lepek)

13. Memakai Gooseberry India

Gooseberry India memang tak banyak yang tahu karena bahan ini meski alami tentu masih jarang terdengar. Hanya saja, sebagai solusi rambut rontok memang bahan ini betul-betul luar biasa. Sifat antioksidan serta kandungan vitamin C di dalamnya amat tinggi sehingga bakal menutrisi rambut secara sempurna.

Pertumbuhan rambut yang lambat bisa jadi yang menyebabkan rambut Anda menjadi tipis dan tampak sangat sedikit. Gooseberry adalah bahan yang tepat untuk membuat rambut Anda tumbuh secara cepat. Anda juga perlu tahu bahwa gooseberry memiliki kemampuan dalam melawan segala bakteri di bagian kulit kepala dan membasmi radikal bebas.

  • Caranya: Sediakan goosberry yang masih segar dan dalam keadaan yang sudah mengering. Tak lupa juga sediakan jus lemon serta minyak kelapa. Anda bisa campur semuanya dan blender hingga teksturnya begitu lembut seperti pasta atau minuman jus. Barulah Anda oles merata ke seluruh kulit kepala dan rambut, tinggalkan sekitar setengah jam sebelum mengeramasinya.

14. Menggunakan Minyak Jarak

Tentu sudah cukup banyak orang yang mengetahui dan bahkan mencoba serta meyakini khasiat besar akan minyak jarak. Minyak jarak begitu kental tapi manfaatnya sangat efektif dalam cara menyuburkan rambut. Baik itu rambut yang memang tipis atau mudah rontok, segala masalah tersebut bisa diatasi hanya dengan memakai minyak jarak ini.

  • Caranya: Ambil beberapa tetes minyak jarak, atau sesuaikan dengan panjang pendeknya rambut Anda. Minyak yang sudah ada di tangan bisa langsung Anda terapkan ke kulit kepala sekaligus seluruh bagian rambut. Pijat-pijatlah bagian kepala Anda secara perlahan dan perhatikan setiap areanya supaya terkena minyak ini. 1 jam berlalu, basuh dan keramasi rambut Anda.

(Baca juga: cara merawat rambut agar lurus)

15. Memakai Minyak Almond

Cukup besar dan efektif manfaat almond untuk rambut, tapi yang Anda butuhkan demi menyuburkan rambut adalah minyak almond. Sama seperti minyak jarak, minyak kemiri, bahkan juga minyak zaitun, efeknya sangat besar dalam membantu menumbuhkan rambut lebih cepat dan lebih banyak.

  • Caranya: Ambil minyak almond secukupnya, tergantung dari seberapa tebal rambut Anda dan seberapa panjang juga. Hangatkan terlebih dulu dan setelah itu Anda siap untuk mengoleskannya ke kulit kepala maupun seluruh area rambut. Anda juga bisa mencampurkan minyak almond dengan minyak lainnya seperti minyak zaitun dan minyak kelapa. Tunggu 1 jam barulah Anda boleh basuh dan keramasi rambut Anda.

16. Memanfaatkan Minyak Kelapa

Sama seperti jenis minyak lainnya yang sudah disebutkan dan direkomendasikan sebelumnya, minyak kelapa pun memiliki khasiat luar biasa sebagai penyubur rambut. Bila sebelumnya Anda menemukan cara di mana minyak kelapa harus dicampur dengan jeruk lemon, sebetulnya minyak kelapa sendiri pun sudah begitu efektif.

  • Caranya: Sediakan minyak kelapa yang bisa dihangatkan lebih dulu karena dijamin bakal lebih efektif ketika digunakan. Ambil secukupnya yang kemudian diterapkan pada kulit kepala sambil memberi pijatan lembut dan lanjutkan untuk meratakannya ke seluruh rambut. Seperti cara-cara sebelumnya, tunggu 1 jam kira-kira sebelum Anda bisa membilas atau mengeramasinya.

(Baca juga: manfaat minyak kelapa untuk alis)

17. Mengelola Stres

Anda perlu tahu bahwa rambut bisa dengan mudah rontok dikarenakan faktor stres. Selain menjadikan mudah rontok, stres menjadi salah satu penyebab rambut beruban, jadi pastikan bahwa Anda mengetahui penyebab Anda stres dan kelola stres tersebut dengan baik. Diyakini bahwa stres mampu membuat siklus rambut normal menjadi terganggu.

sponsored links

Jadi bila Anda menginginkan rambut tumbuh lebih banyak alias subur, Anda memang perlu tahu bagaimana meminimalkan stres. Bila ingin jauh-jauh dari rasa stres yang berlebihan, Anda dapat melakukan latihan pernapasan, olahraga, ataupun meditasi. Masih ada juga teknik pengelolaan stres lainnya yang bisa Anda coba, seperti tidur siang bila memungkinkan.

18. Membalikkan Rambut ke Atas dan Bawah

Tak banyak yang tahu bahwa metode semacam ini, yakni dengan membalikkan rambut ke atas dan ke bawah adalah salah satu trik dalam membuat rambut tumbuh lebih cepat dan subur. Sebetulnya trik semacam ini sudah terbilang populer karena memang sangat efektif juga dalam menyuburkan rambut.

Caranya sangat mudah, setiap hari Anda hanya tinggal membalik kepala Anda dengan membungkuk dan membiarkan kepala menghadap ke bawah disertai rambut semuanya dikedepankan. Tahan selama 2-4 menit per harinya. Guna dari metode ini adalah untuk melancarkan sistem peredaran darah menuju ke kepala supaya otomatis pertumbuhan rambut lebih terstimulasi.

(Baca juga: penyebab kerusakan pada rambut)

19. Memijat Kulit Kepala

Memberikan pijatan pada kulit kepala Anda adalah salah satu cara ampuh dalam menstimulasi pertumbuhan rambut yang lambat maupun terhambat. Memijat bakal menjadi cara memromosikan aliran darah ke kepala. Itulah yang menjadikan folikel rambut terstimulasi untuk tumbuh menjadi lebih cepat serta lebih banyak.

Untuk memijat, Anda bisa menggunakan minyak-minyak esensial yang sudah disebutkan sebelumnya agar menjadi lebih manjur dan efektif. Pemijatan bisa dilakukan secara rutin atau setiap hari di mana setiap sesinya Anda bisa melakukan selama 5 menit. Setelah 5 menit berlalu, barulah Anda boleh membilas rambut Anda. Tanpa minyak pun Anda bisa melakukan pemijatan ketika sedang senggang.

20. Diet Sehat dan Seimbang

Konsumsi makanan sembarangan, apalagi yang tidak ada nutrisinya jelas tak hanya tak baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga berisiko bagi pertumbuhan rambut. Diet tinggi mineral, protein dan vitamin adalah suatu hal yang penting. Makanan-makanan dengan tinggi selenium, magnesium, tembaga, zinc, zat besi, serta vitamin E, C, A dan B perlu Anda konsumsi setiap hari.

Rambut bisa tumbuh lebih cepat dan subur dengan memenuhi asupan vitamin B kompleks. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan menu-menu makanan seperti biji-bijian, telur, daging ayam, keju, yogurt, susu, gandum, alpukat, jeruk, peterseli, kubis, brokoli, bayam, paprika, salmon, serta alfalfa ke dalam diet Anda. Jus sayuran dan buah segar dapat juga Anda konsumsi, yakni jus jeruk, selada, bit, maupun wortel.

Makanan-makanan dengan kandungan asam lemak omega-3 tinggi juga jangan ketinggalan untuk dinikmati sehari-hari. Kandungan tersebut sangat baik dalam mendukung pertumbuhan rambut dan usahakan agar Anda tidak kekurangan gizi. Rambut bisa terpengaruh pertumbuhannya menjadi negatif akibat dari nutrisi tubuh yang kurang.

Usahakan supaya zinc dan vitamin E tetap Anda penuhi secara cukup karena bila kekurangan keduanya maka bisa membuat pertumbuhan rambut berkurang. Rambut yang makin menipis dan rontok bisa juga dikarenakan kurang asupan nutrisi tersebut. Jadi, mulai sekarang jangan ragu untuk berdiet sehat dan seimbang.

(Baca juga: manfaat conditioner rambut)

Itulah berbagai cara menyuburkan rambut yang bisa Anda pertimbangkan untuk dilakukan di rumah. Daripada menggunakan produk-produk berbahan kimia yang menjanjikan rambut tumbuh lebih banyak, cara menyuburkan secara alami jelas lebih aman. Risiko efek samping berbahaya pun lebih kecil sehingga Anda tak perlu takut rambut atau kulit kepala menjadi rusak.

Selama proses penyuburan rambut dengan cara-cara perawatan alami tersebut, sebaiknya Anda hindari memakai produk atau alat penata rambut. Lindungi rambut Anda agar khasiat dari segala bahan dan cara di atas dapat Anda peroleh.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 05th, September 2016 / 02:46 Oleh :
Kategori : Rambut