Sponsors Link

23 Cara Merawat Rambut Agar Tidak Kering dan Mengembang

Sponsors Link

Rambut dikatakan dalam kondisi kering apabila tidak mengandung cukup kelembaban untuk mempertahankan tekstur dan kilau yang normal. Rambut terdiri dari tiga lapisan. Lapisan terluar rambut dimaksudkan untuk melindungi lapisan di bagian dalamnya, maka ketika lapisan luar rambut rusak, rambut akan terlihat kusam serta kering. Folikel rambut terhubung dengan kelenjar sebaceous yang memproduksi minyak untuk helai rambut. Maka jika produksi minyak pada kulit kepala tidak lancar, Anda akan mengalami kekeringan pada rambut.

ads

Ada dua penyebab rambut kering yang mendasar. Pertama, tidak ada cukup kelembaban karena tidak ada minyak alami yang diproduksi untuk melembabkan rambut. Terjadinya kekurangan kelembaban pada rambut ini bisa terjadi karena faktor keturunan atau penyebab utama kedua, karena sesuatu yang terjadi seiring waktu, misalnya proses penuaan dan aktivitas sehari – hari yang menyebabkan kutikula rambut rusak. Rambut menjadi kering apabila minyak alami rambut menghilang karena berbagai aktivitas, misalnya terkena sinar matahari, berenang di air yang mengandung klorin, terlalu banyak menggunakan hair dryer, dan berbagai produk rambut.

Pencegahan Rambut Menjadi Kering

Rambut kering bisa menjadi masalah yang dialami pria atau wanita dari segala golongan usia.  Masalah rambut kering bukanlah sesuatu yang sulit diatasi, walaupun rambut yang kering beresiko terlihat mengembang dan sulit sekali diatur. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah rambut menjadi kering dan mengembang:

1. Gunakan pelindung rambut

Sebelum menata rambut dengan menggunakan panas tinggi, sebaiknya Anda memberi serum pelindung rambut terlebih dulu. Terkadang penataan rambut menggunakan panas tinggi tidak bisa dihindari, karena itu harus dilakukan upaya ekstra untuk melindunginya dan merawatnya agar tidak menjadi kering dan rusak.

2. Gunakan penata rambut ionic

Alat penata rambut berbahan ion didasarkan pada fakta bahwa ada ion negatif dan positif yang terdapat pada semua substansi, dan ketika dalam keadaan basah maka rambut banyak diisi dengan ion positif. Alat penata rambut ionic mengisi rambut dengan ion negatif yang memungkinkan molekul air menembus jauh ke dalam rambut. Dengan demikian rambut akan kembali terhidrasi. Sehingga bisa juga menjadi cara merawat rambut kering.

3. Gunakan temperatur rendah

Beberapa alat penata rambut yang berkualitas memiliki alat pengukur panas. Sebagai contoh, alat pengering atau penata rambut bisa mengeluarkan panas melebihi air mendidih. Bayangkan bagaimana jadinya jika setiap hari Anda menggunakan panas maksimal ketika menata rambut. Turunkan temperatur alat penata rambut Anda agar lebih aman untuk rambut kering.

4. Istirahatkan rambut Anda

Sesekali Anda juga perlu menghindari alat penata rambut. Cobalah bereksperimen dengan berbagai model rambut yang beragam seperti kepang, twist, sanggul chignon, dan lain – lain. Semua gaya rambut itu tidak memerlukan penataan dengan alat yang menggunakan panas tinggi. Gunakan juga vitamin rambut kering yang dapat menjadi cara mengatasi rambut kering.

5. Gunakan sampo yang menghidrasi 

Ada banyak sampo yang berada di pasaran, namun untuk mencegah rambut menjadi kering Anda bisa memilih sampo yang khusus ditujukan untuk hal tersebut. Carilah sampo yang mengandung formula ‘moisturizing’ atau ‘hydrating’ atau ‘replenishing’. Hindari sampo yang mengandung sulfat dan alkohol. Walaupun kedua bahan itu sangat efektif untuk membersihkan rambut, namun akan membuat rambut yang cenderung kering menjadi semakin kering. Carilah sampo yang berlaber bebas sulfat atau bebas alkohol. Bisa juga mencoba menggunakan sampo bayi, karena formula yang dibuat untuk bayi biasanya ringan dan tidak menyebabkan rambut rusak.

ads

6. Atur waktu keramas

Manfaat cuci rambut setiap hari mungkin berguna bagi orang – orang yang mengalami rambut yang sangat kotor, namun jika rambut Anda cenderung kering, maka keramas setiap hari akan membuat kondisi rambut semakin buruk. Cobalah untuk keramas setiap beberapa hari sekali untuk mempertahankan minyak alami rambut. Sesekali anda juga bisa menggunakan dry shampoo jika merasa rambut sudah mulai berminyak. Ada manfaat susu untuk rambut yang berguna pada kering dan kasar yang juga bisa Anda coba.

7. Gunakan conditioner setelah keramas

Cara mudah untuk merawat rambut agar tidak kering adalah dengan menggunakan manfaat conditioner untuk rambut setiap selesai keramas. Conditioner memang dimaksudkan untuk memberi kelembaban pada rambut, akan tetapi pilihlah kondisioner yang diformulasikan khusus untuk rambut kering. Oleskan kondisioner khusus di bagiang tengah sampai ke ujung rambut, dimana kondisi rambut paling mudah mengalami kekeringan. Selain itu conditioner juga dapat menjadi cara melembutkan rambut yang kering dan kasar.

8. Gunakan deep conditioner

Menggunakan deep conditioner setiap beberapa minggu sekali juga dapat membantu merawat rambut agar tidak kering dan mengembang. Deep conditioner mengandung bahan alami seperti minyak akan tetapi ada pula yang mengandung protein dan polimer yang membantu menghidrasi rambut. Sebelum keramas, oleskan deep conditioner ke rambut Anda menggunakan tangan untuk memastikan kondisioner menutupi seluruh bagian rambut Anda. Biarkan selama sekitar lima belas menit lalu bilas. Deepconditioner juga bisa menjadi cara merawat rambut bercabang dan kering.

9. Gunakan masker rambut alami

Masker rambut bekerja hampir sama efektifnya dengan deep conditioner sebagai perawatan rambut agar tidak kering dan mengembang. Masker ini digunakan untuk memberikan lapisan pada rambut selama beberapa waktu, sehingga dapat memberikan efek melembabkan serta memberikan nutrisi kepada rambut. Masker rambut dapat dibuat dari berbagai bahan alami seperti manfaat pisang untuk rambut, manfaat buah alpukat untuk rambut, manfaat putih telur untuk rambut dan lainnya.

10. Keringkan rambut dengan lembut

Daripada menggosok rambut dengan kuat menggunakan handuk atau langsung menggunakan hair dryer dengan tujuan agar rambut segera kering, sebaiknya peras air dari rambut Anda dan biarkan kering secara alami. Mengeringkan rambut menggunakan handuk dengan kasar dapat merusak lapisan terluar rambut.

11. Potong rambut

Memotong rambut secara teratur dapat menjadi cara merawat rambut agar tidak kering, karena ujung rambut merupakan area yang paling mudah menjadi kering dan rusak. Jagalah rambut Anda tetap sehat dengan memotong ujung rambut setiap beberapa bulan sekali. Memotong ujung rambut dua atau tiga senti akan membantu rambut tampak lebih sehat, mengurangi rambut yang bercabang dan mengurangi bagian rambut yang rusak.

12. Bersihkan rambut dari bahan kimia

Ketika habis berenang di kolam yang mengandung klorin atau di air laut yang mengandung garam, segeralah cuci rambut Anda dan jangan biarkan zat – zat ini meresap ke dalam rambut, karena akan cepat membuat rambut menjadi kering. Cara lain dengan mengenakan tutup kepala saat berenang sehingga rambut Anda tidak akan terekspos pada bahan – bahan ini.

13. Lindungi Rambut

Ketika akan melakukan aktivitas di luar rumah terutama jika matahari sedang bersinar terik, gunakan tabir surya untuk rambut. Tabir surya untuk rambut berguna untuk melindungi rambut sehingga panas matahari yang mengandung sinar UV tidak merusak rambut Anda. Selain itu Anda bisa menggunakan scarf atau topi untuk melindungi rambut dari terik matahari.

14. Pertahankan diet seimbang

Diet disini bukanlah hal yang biasa dilakukan untuk menurunkan berat badan, akan tetapi lebih kepada menjaga asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh Anda tetap sehat dan mengandung banyak vitamin serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sebab dengan begitu kondisi rambut pun juga akan terjaga dari dalam tubuh. Makanan seperti sayuran hijau, buah, ikan, dan gandum mengandung nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

15. Konsumsi Vitamin B

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B memiliki manfaat untuk menguatkan rambut dan merawat rambut agar tidak kering dan mengembang. Kacang – kacangan, pisang dan telur banyak mengandung vitamin B.

16. Hindari menyisir rambut basah

Gunakan sisir bergigi jarang untuk menguraikan rambut lembab Anda. Rambut akan lebih rapuh ketika basah, jadi menyikat rambut ketika basah akan meningkatkan resiko rambut patah atau rontok. Jika ingin menyikat rambut, lakukanlah saat rambut kering.

Sponsors Link

17. Keramas dengan air dingin

Air hangat atau panas akan membuat rambut mengalami kekeringan dengan cepat, karena air panas menghilangkan kelembaban dari rambut. Gunakan air dingin atau air biasa untuk keramas agar kelembaban rambut alami Anda tetap terjaga.

18. Pijat rambut dengan minyak alami

Gunakan minyak alami seperti yang didapat dari manfaat almond untuk rambut, manfaat minyak kelapa untuk rambut atau manfaat minyak zaitun untuk rambut anak. Teteskan secukupnya ke telapak tangan dan pijatkan sampai merata mulai akar sampai ujung rambut. Jika rambut Anda panjang, biarkan minyak selama dua atau tiga hari di rambut. Untuk rambut pendek, cukup sehari saja. Cuci rambut secara menyeluruh ketika membersihkan minyak dari rambut Anda.

19. Hindari menyikat rambut terlalu sering

Mungkin Anda mengira dengan menyikat rambut akan membuat rambut semakin lembut dan halus, namun kenyataannya sebaliknya. Terlalu sering menyikat rambut dapat menyebabkan batang rambut menipis dan menyebabkan rambut bercabang. Batasi waktu menyikat rambut dua kali sehari saja pada pagi dan malam hari.

20. Kurangi mengikat rambut

Bagi pemilik rambut panjang, terkadang memang lebih mudah untuk mengikat rambut ketika sedang beraktivitas agar tidak terganggu dengan rambut yang berantakan. Namun jika Anda mengikat terlalu kencang, hal itu justru akan membuat rambut kesulitan ‘bernafas’. Sebaiknya jepit rambut dengan menggunakan jepitan besar yang bisa menampung volume rambut Anda atau mengurai ikatan setiap beberapa saat.

Bahan Alami Untuk Rambut Kering

Selain langkah – langkah perawatan di atas yang bisa dicoba, Anda juga bisa merawat rambut agar tidak kering dengan beberapa bahan alami yang digunakan untuk manfaat hair mask untuk rambut seperti berikut ini:

1. Madu dan Lemon

Campurkan masing – masing dua sendok makan madu dan lemon, lalu setelah tercampur rata oleskan semuanya ke rambut. Diamkan selama setengah jam lebih, tutup rambut dengan handuk atau shower cap. Bilas rambut Anda dengan air biasa hingga bersih setelahnya. Ada juga manfaat madu untuk rambut bayi dan manfaat madu untuk rambut orang dewasa.

2. Alpukat

Ambil buah alpukat matang dan hancurkan sampai menjadi pasta halus. Oleskan ke rambut hingga seluruhnya tertutup oleh alpukat tersebut, biarkan sekitar dua puluh menit lalu bilas rambut dengan air biasa sampai bersih. Selain membantu merawat rambut agar tidak kering, ada manfaat alpukat untuk rambut rontok.

3. Cuka Apel

Dengan penggunaan yang tepat, manfaat cuka untuk rambut bisa didapatkan dari cuka apel. Campuran cuka apel sebanyak setengah cangkir dan satu sendok makan minyak gandum dan dua cangkir air putih bisa digunakan pada rambut setelah selesai keramas. Biarkan selama sepuluh menit dan bilas dengan air biasa sampai bersih.

Itulah sedikit langkah merawat rambut agar tidak kering dan mengembang yang bisa Anda lakukan, juga sedikit contoh dari ramuan yang dibuat dari bahan alami untuk memperbaiki kondisi rambut yang kering. Cara merawat rambut kering dan mengembang yang telah disebutkan diatas tentunya tidak sulit selama Anda bisa menghilangkan ketergantungan kepada obat kimia dan penggunaan alat penata rambut. Sedangkan untuk menggunakan bahan alami yang telah disebutkan, Anda bisa melakukannya di sela waktu luang.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 15th, December 2016 / 13:30 Oleh :
Kategori : Rambut