Sponsors Link

5 Cara Merawat Rambut Dengan Lidah Buaya

Sponsors Link

Rambut adalah bulu yang tumbuh di kepala yang berguna untuk melindungi kepala terhadap sinar matahari dan cuaca dingin.  Rambut berfungsi untuk memperindah penampilan seseorang. Kesehatan rambut sangat penting dijaga agar rambut tidak rusak dan rontok. Banyak masalah yang timbul jika rambut rusak, salah satunya adalah kebotakan. (lihat juga : Perawatan Rambut Rusak , Cara Merawat Rambut Agar Tidak Kering)

ads

Masalah yang berkenaan dengan kesehatan rambut dapat diatasi dengan berbagai perawatan.  Untuk merawat rambut tidaklah sulit dan rumit. Merawat rambut  membutuhkan ketelatenan untuk selalu menjaga dan memperlakukan rambut dengan baik. (Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun untuk Rambut )

Semua orang tentu mendambakan rambut yang sehat dan indah, berkulau dan gampang diatur. Rambut yang sehat mencerminkan kesehatan yang sehat juga karena semua itu bisa saling berkaitan. Rambut bisa menjadi indikasi kalau kesehatan seseorang itu sedang tidak bagus. Contohnya saja pada penderita kanker, rambut akan rontok dengan jumlah yang banyak dan bahkan bisa botak. (Baca Juga: Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Rambut Botak)

Masalah pada rambut bisa saja disebabkan oleh cara perawatan yang tidak tepat atau salah. Faktor lain penyebab rambut rusak adalah pola hidup yang tidak sehat. Makanan yang sehat dengan nutrisi yang seimbang serta air putih  yang tercukupi, akan mambuat rambut berkilau dan sehat. Oleh karena itu perawatan rambut akan sempurna jika dilakukan dari luar dan juga dari dalam.( baca juga : produk vitamin rambut kering)

Masalah Yang Timbul Pada Rambut

Banyak orang tidak sadar akan gaya hidup dan cara mereka memperlakukan rambut ternyata salah. Sehingga hal tersebut berakibat buruk pada rambut mereka.  Apa saja masalah yang kerap timbul pada rambut yang membuat kita tidak percaya diri dan tidak nyaman tersebut?, berikut penjelasannya :

  1. Rambut rontok

Rambut rontok menyebabkan masalah dimana-mana seperti:  di baju, di kamar mandi, bahkan saat kita sisiran di kamar banyak rambut yang bertebaran. Hal ini sangat mengganggu penampilan dan membuat rumah jadi kurang bersih akibat ada rambut dimana-mana.  Rambut rontok yang berkelanjutan dan dibiarkan akan membuat kebotakan permanen. artike terkait ( Akibat Rambut Rontok , Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok )

  1. Rambut bercabang

Masalah kedua yang sering terjadi pada rambut adalah bercabang. Hal ini membuat rambut terlihat kering dan gampang kusut. Rambut yang kusut membuat kita tampak tidak rapi dan susah ketika disisir. (Baca Juga: Penyebab Rambut Bercabang dan Rusak , Cara Mengatasi Rambut Bercabang)

  1. Rambut kering

Sama halnya seperti kulit kering maka rambut kering pun juga suatu masalah. Hal ini menandakan bahwa rambut anda tidak sehat dan rusak. Mungkin penggunaan shampo  yang tidak cocok atau kurangnya perawatan dari pemilik rambut tersebut. Selain itu, rambut kering  tanda kulit kepala yang kering. Masalah seperti ini bisa menimbulkan problem lain yaitu ketombe. Rambut yang berketombe sangat mengganggu dan terasa gatal.( baca juga : penyebab rambut kering dan cara mengatasinya )

  1. Lepek dan berminyak

Jika rambut kering menjadi masalah, maka rambut yang terlalu lepek dan berminyak juga merupakan masalah. Ini  menandakan produksi minyak yang berlebih pada kulit kepala. Kulit kepala yang berminyak bisa membuat debu dan kotoran gampang melekat dan akibatnya bisa membawa bakteri dan kuman. (Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Lepek , Perawatan Rambut Berwarna)

Sponsors Link

  1. Rambut kusam

Rambut yang sehat adalah rambut yang berkilau dan indah.  Jika rambut tampak kusam dan tidak bercahaya berarti rambut anda tidak sehat. Oleh karena itu anda harus menjaga dan merawat rambut anda agar tetap sehat dan indah. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kusam)

Cara Merawat Rambut Dengan Lidah Buaya

Perawatan menggunakan bahan alami memang lebih baik dibanding dengan menggunakan bahan kimia. Bahan alami memiliki efek samping  yang sangat sedikit dan mudah didapatkan.  Lingkungan tempat tinggal kita terdapat banyak sekali  tumbuhan yang berhasiat untuk merawat rambut. Salah satunya adalah Lidah Buaya.

Lidah buaya dalam bahasa latin dikenal dengan Aleo Vera. Tanaman ini sangat banyak ditemukan di daerah-daerah di  Indonesia.  Lidah buaya memang kaya manfaat, bisa digunakan untuk obat dan juga untuk bahan dasar produk kecantikan. Baca juga manfaat lain dari Lidah Buaya

Baca Juga:

Kini Lidah Buaya sudah sangat banyak diolah menjadi berbagai produk kecantikan. Sebut saja  lotion untuk kulit, vitamin rambut, vitamin untuk wajah dan juga untuk minuman atau manisan. Berikut ini ada beberapa manfaat Lidah buaya untuk rambut  dan cara menggunakannya :

1.Membuat rambut berkilau

Mungkin selama ini anda menggunakan kondisioner untuk membuat rambut anda berkilau dan lembut.  Kali ini agar lebih sehat anda bisa menggunakan bahan alami seperti Lidah Buaya caranya :

  • Ambil Lidah Buaya lalu belah daunnya dan ambil isi bagian dalamnya yang berbentuk gel
  • Ambil juga bunga kembang sepatu kira-kira 1 sendok teh lalu blender bersama Lidah Buaya
  • Oleskan pada rambut secara merata sambil dipijat
  • Lalu diamkan beberapa saat dan bilas dengan air atau bisa menggunakan shampo

(Baca Juga: Warna Rambut untuk Kulit Gelap , Merk Shampo untuk Rambut Keriting)

  1. Mencegah rambut kering

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, salah satu masalah pada rambut adalah rambut kering. Untuk itu anda bisa merawatnya dengan menggunakan extrak Lidah Buaya. Caranya adalah :

  • Ambil Lidah Buaya dan korek bagian tengahnya
  • Tambahkan 1 sendok tek Minyak Zaitun lalu aduk
  • Oleskan pada rambut anda secara merata dan diamkan selama 1 jam
  • Cuci rambut anda hingga bersih

anda juga bisa menggunakan cara lain seperti terdapat dalam artikel berikut :cara merawat rambut kering

  1. Mencegah rambut rontok

Untuk mencegah rambut rontok caranya sama seperti di atas yaitu  poin nomor dua. Langkah-langkahnya:

  • Ambil Lidah Buaya dan korek bagian tengahnya
  • Tambahkan 1 sendok tek Minyak Zaitun lalu aduk
  • Oleskan pada rambut anda secara merata dan diamkan selama 1 jam
  • Cuci rambut anda hingga bersih

(Baca Juga: Penyebab Rambut Rontok Parah , Cara Mengurangi Rambut Rontok)

Sponsors Link

  1. Mencegah ketombe datang lagi

Kepala yang berketombe sangat mengganggu sekali. Rambut akan terasa sangat gatal dan juga merusak penampilan.  Agar ketombe tidak datang lagi anda bisa menggunakan Lidah Buaya. Caranya adalah:

  • Ambil gel dari Lidah Buaya
  • Lalu campur dengan minyak pohon teh dan air mawar
  • Usapkan pada kulit kepala
  • Biarkan selama 1 jam
  • Lalu cuci rambut sampai bersih

Cara ini bisa dilakukan 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga:

  1. Membuat rambut  tidak lepek

Rambut lepek biasanya diakibatkan produksi minyak yang berlebih pada kulit kepala. Sehingga membuat rambut berminyak dan lepek.  Salah satu cara mengurangi minyak pada kulit kepala adalah dengan menggunakan Lidah Buaya.  Caranya sangat sederhana.

  • Ambil Lidah Buaya, kupas kulitnya dan biarkan bagian tengahnya
  • Oleskan pada rambut secara merata dari akar hingga seluruh rambut
  • Diamkan beberapa menit
  • Lalu bilas dengan air bersih

(Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Kusut ,  Tips Menebalkan Rambut)

Anda juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis. Karena jeruk nipis juga dikenal sangat baik untuk mengurangi minyak pada kulit.

baca juga :

Itulah  manfaat dari Lidah Buaya yang dapat mengatasi berbagai jenis masalah pada rambut. Cara ini cukup mudah dan murah sehingga anda tidak perlu pergi ke salon dan menghabiskan anggaran yang banyak untuk mendapatkan rambut indah dan sehat. Selamat mencoba.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 18th, December 2016 / 11:09 Oleh :
Kategori : Rambut