10 Cara Merawat Rambut Sambung Extension

Sponsored Links

Hair extension atau rambut sintetis atau rambut asli tambahan yang dilekatkan pada rambut asli dengan cara tertentu telah menjadi tren hingga beberapa tahun belakangan ini. Sebenarnya jika ditelusuri melalui sejarah, hair extension sudah ada sejak beratus tahun silam. Namun penggunaan hair extension menjadi sangat populer ketika banyak selebriti dan tokoh penting dunia juga menggunakannya. Hingga kini, masih banyak orang memanfaatkan teknologi tersebut untuk mendapatkan tampilan rambut yang diinginkan. Memiliki rambut yang indah merupakan cara menjaga penampilan diri wanita. Maka dari itu tidak sedikit wanita yang rela mengeluarkan biaya untuk mendapatkan tampilan rambut yang cantik, salah satunya penggunaan hair extension.

Jenis Rambut Extension

Hair extension menjadi pilihan sebagian wanita yang menginginkan rambut panjang daripada harus mencari cara merawat rambut agar cepat panjang. Sebelum melihat lebih jauh cara merawat hair extension, anda perlu mengetahui bahwa ada dua jenis cara pemasangan hair extension yang biasanya digunakan.

  • Cara pertama adalah dengan clip on. Dengan cara ini, rambut tambahan bisa dipasang dan dilepas dengan mudah. Biasanya menawarkan harga lebih murah karena menggunakan rambut sintetis.
  • Cara kedua adalah dengan fusion extension. Cara inilah yang lebih mahal karena menggunakan rambut asli orang lain, lebih rumit pengerjaannya, namun dengan hasil yang lebih awet.

Memakai hair extension memang memerlukan perawatan yang lebih. Nah, jika anda memang memutuskan untuk memakai hair extension, setidaknya anda harus mengetahui cara untuk merawat rambut tambahan anda agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan. Selain itu, anda juga akan terhindar dari bahaya hair extension. Untuk menambah wawasan, mari kita simak beberapa cara merawat rambut extension yang akan dijelaskan di bawah ini!

1. Perhatikan cara menyisir rambut anda

Menyisir rambut yang dipasangi hair extension tidaklah semudah menyisir rambut pada umumnya. Paling tidak anda harus menyediakan dua jenis sisir yang berbeda untuk rambut anda. Gunakan sisir sasak untuk rambut asli dan sisir biasa untuk rambut extension. Jangan menyisir ketika rambut dalam keadaan basah. Sisir kedua bagian rambut hanya dengan satu arah agar tidak kusut. Jika anda salah menyisir, hair extension dapat menjadi penyebab rambut keriting. Ketika menyisir, usahakan jangan sampai mengenai sambungan antara rambut asli dan rambut tambahan karena bisa menyebabkan kerusakan.

2. Perhatikan cara anda keramas

Ketika memakai hair extension, anda tidak bisa merasakan manfaat cuci rambut setiap hari. Anda tidak bisa sembarangan dengan jadwal keramas ketika menggunakan rambut tambahan ini. Keramaslah secara teratur 3 kali seminggu dengan menggunakan sampo berbahan ringan. Jangan mengucek rambut terlalu keras. Juga jangan keramas dengan cara menundukkan kepala. Usahakan untuk tidak pernah menggunakan air panas, justru gunakan air dingin. Jika ada, sediakanlah sampo yang memberikan efek sejuk pada kulit kepala agar kepala anda terasa lebih nyaman meski dengan adanya hair extension.

sponsored links

3. Perhatikan penggunaan conditioner

Jika anda adalah orang yang selalu menggunakan conditioner setelah keramas sebagai cara melembutkan rambut, perhatikanlah penggunaannya sehingga tidak merusak rambut tambahan anda. Gunakan conditioner hanya pada ujung rambut saja, jangan sampai mengenai perekat rambut tambahan karena dapat menghilangkan daya rekatnya. Jika daya rekat hair extension anda bermasalah, bisa-bisa mereka akan rontok kapan saja. Tentu hal ini akan membuat anda malu.

4. Perhatikan cara mengeringkan rambut

Terbiasa dengan mengeringkan rambut menggunakan handuk? Mungkin cara ini memang dipandang lebih aman. Tapi jangan sampai anda mengeringkan rambut dengan mengusap-usap rambut menggunakan handuk. Anda juga tidak disarankan untuk memakai hair dryer terlalu dekat dengan bagian sambungan rambut karena dapat merusak perekatnya. Cara pengeringan yang salah dapat menjadi penyebab kerusakan pada rambut.

5. Perhatikan penataan rambut

Mungkin sesekali anda ingin mengecat, meluruskan atau justru mengeriting rambut anda. Jika anda sedang menggunakan hair extension, jangan sembarangan melakukan penataan rambut. Pada dasarnya penataan rambut anda harus dilakukan secara terpisah. Jadi jika anda ingin menata rambut seperti yang telah disebutkan sebelumnya, anda harus melepas hair extension anda terlebih dahulu.  Jika anda ingin meluruskan rambut, sebaiknya gunakan cara meluruskan rambut secara alami agar lebih aman dan terhindar dari bahaya rebonding rambut.

6. Ikatlah rambut saat akan tidur

Mengikat rambut saat tidur memang sebenarnya memberikan efek yang tidak baik bagi peredaran darah. Namun di sisi lain, rambut yang tergerai ketika tidur akan membuatnya kusut ketika anda bangun. Terlebih dengan adanya hair extension. Solusinya, ikatlah rambut secara kendur dengan tujuan agar tidak menjadi kusut di pagi hari. Jika hair extension anda kusut, ini akan membuat penampilan anda terkesan tidak rapi dan berantakan. Merapikan kembali hair extension tidaklah semudah merapikan rambut asli. Anda akan memerlukan proses yang lama dan rumit sehingga dapat menghabiskan waktu. Bahkan anda harus ke salon untuk mengatasinya.

Sponsors Link

7. Lakukan pengecekan rutin

Jika anda menggunakan hair extension, anda akan lebih rajin untuk mengunjungi salon langganan. Rambut ekstensi yang permanen bisa tahan dalam kurun waktu 3 hingga 8 bulan. Namun pastikan untuk selalu melakukan pengecekan paling tidak setiap 1 bulan sekali. Merawat hair extension merupakan salah satu jenis perawatan rambut di salon. Pastikan bahwa anda memilih salon yang tepat dan memang terpercaya memiliki kemampuan baik dalam merawat rambut tambahan maupun rambut asli anda.

8. Gunakan vitamin rambut

Vitamin rambut bisa didapatkan ketika anda melakukan keramas atau creambath. Namun hal ini tidak cukup ketika anda memakai hair extension. Rambut anda tetap memerlukan vitamin. Anda bisa memakai vitamin yang memiliki fungsi menguatkan akar rambut agar tidak rontok karena terbebani oleh hair extension. Rambut yang sehat sekalipun tetap memerlukan vitamin yang lebih ketika anda memutuskan untuk memasang hair extension.

9. Gunakan penutup kepala jika anda harus berenang

Mungkin ada beberapa di antara anda yang memiliki hobi berenang atau sesekali pergi berenang. Jika anda memakai hair extension, pastikan bahwa selama berenang, rambut anda terlindungi dari air kolam. Terlebih jika hair extension anda adalah jenis permanen. Kegiatan selama berenang tanpa menggunakan tutup kepala bisa menyebabkan rambut anda kusut.

10. Jangan terlalu sering terpapar sinar matahari

Sinar matahari dapat memberikan efek buruk berupa UVA dan UVB yang dapat merusak keindahan rambut anda. Ditambah dengan radikal bebas yang bisa anda dapatkan di mana saja, terutama di udara terbuka, anda bisa mengalami kerusakan rambut yang tidak diinginkan. Jika anda harus berkegiatan di luar ruangan, pastikan untuk lebih sering menutup kepala dengan topi atau menggunakan payung agar rambut anda terlindungi.

Itulah 10 cara merawat hair extension yang bisa menjadi pilihan anda. Memilih untuk memakai hair extension memang keputusan yang besar. Anda harus memahami risiko dan cara perawatannya dengan baik agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan. Sekian informasi kali ini. Semoga bermanfaat!

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 24th, May 2016 / 16:46 Oleh :
Kategori : Rambut