24 Cara Merawat Rambut Kering dan Rontok Secara Alami

Sponsored Links

Rambut kering akan kelihatan begitu tak menarik, dan para wanita akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan rambut sehat dan cantik. Untuk rambut kering dan kusam, rambut pun akan mudah rapuh dan rusak yang diakibatkan oleh efek jahat sinar matahari. Bahkan dari produk perawatan rambut dengan bahan kimia tinggi yang Anda pakai sehari-hari juga bisa membuat rambut super kering.

Blow dry dan juga efek polusi ketika Anda berada di luar rumah pun bisa menjadikan rambut sangat kering. Untuk rambut yang rusak, kering dan bahkan kasar, Anda bisa mencari cara merawat rambut kering yang alami dan aman. Terapkan beberapa langkah yang direkomendasikan kali ini supaya rambut terjaga kesehatan dan kelembutannya.

(Baca juga: cara merawat rambut keriting)

1. Menyisir Rambut secara Benar

Rambut perlu disisir dengan rutin dan cara yang benar. Rambut yang kering bisa juga dikarenakan jarangnya disisir sehingga tampak begitu kasar dan berantakan. Untuk meratakannya, Anda perlu merapikannya serutin mungkin. Apabila misal takut rontok, Anda dapat menyisir rambut dengan sisir berjenis gigi lebar.

2. Mencuci Rambut secara Teratur

Mengeramasi rambut secara rutin tak hanya akan membantu rambut berminyak supaya tak lagi berminyak, tapi juga menolong tipe rambut kering agar selalu sehat dan lembab. Asalkan menggunakan sampo yang tepat, tentunya tak ada masalah dalam merawat rambut Anda yang kering.

(Baca juga: cara merawat rambut rontok dan kering)

3. Memilih Sampo dan Kondisioner yang Tepat

Pilihlah sampo yang benar-benar sesuai untuk jenis rambut kering, yang tidak akan membuatnya semakin kering dan rusak. Pilih juga kondisioner untuk rambut kering yang tepat supaya rambut akan selalu lembab dan terjaga kelembutannya. Mungkin ada dari Anda yang tak begitu sering memakai kondisioner, padahal manfaat conditioner rambut sangat besar.

Untuk rambut kering, biasanya hal ini terjadi karena minyak alami rambut tak terproduksi secara banyak atau sedang terhambat. Oleh karena itu, kondisioner diperlukan untuk mengganti minyak alami yang rambut produksi tersebut. Rambut juga akan menjadi lebih terproteksi, indah dan rapi serta tidak mengembang.

4. Tidak Menggosok Rambut

Banyak pasti dari Anda yang sering menggosok rambut terlalu keras dan kasar, terutama sehabis keramas. Gesekan yang terlalu kasar dan keras itulah yang mampu menyebabkan rambut rusak dan kering. Jadi, hindari kegiatan seperti ini dan bila ingin mengeringkannya, cukup dengan ditekan-tekan ke rambut secara lembut; menggosok pun perlu secara perlahan.

5. Menggunakan Cuka Sari Apel

Tak banyak yang tahu kalau cuka sari apel selain bisa mengatasi masalah penyakit darah tinggi, jantung dan kolesterol juga bisa menangani masalah rambut kering. Rambut yang rusak dan kasar dapat diatasi asalkan dengan cara yang benar ketika menggunakan bahan alami ini.

  • Caranya: Sediakan setengah cangkir cuka sari apel bersama dengan minyak gandum sebanyak 1 sendok makan dan air putih 2 cangkir. Campurkan seluruh bahan tersebut, lalu campuran ini bisa dioles langsung ke rambut Anda yang dalam keadaan basah. Setelah Anda selesai keramas, dan tunggulah kira-kira 10 menit. Cucilah rambut dengan air biasa hingga bersih dan lanjutkan dengan menggunakan kondisioner supaya aroma menyengatnya bisa berkurang.

(Baca juga: manfaat pisang untuk rambut)

sponsored links

6. Memakai Pisang

Pisang adalah buah yang tak hanya menutrisi tubuh Anda dan menyehatkannya, tapi juga sangat baik untuk dijadikan solusi bagi rambut kering. Bahkan rambut kering yang sudah rusak serta bercabang juga bisa diatasi. Tingginya kadar air dan kalium pada pisang mampu meningkatkan elastisitas dan kelembutan rambut juga.

  • Cara 1: Sediakan pisang matang 1 buah untuk kemudian bisa Anda hancurkan sampai halus, lalu langsung gunakan dengan mengoleskannya ke rambut dari akar hingga ke ujungnya. Tunggu selama 1 jam sebelum dibasuh menggunakan air hangat. Untuk hasil memuaskan, perawatan bisa dilakukan sekali seminggu.
  • Cara 2: Anda juga bisa mencampurkan sebuah pisang yang dilumatkan dengan sesendok makan minyak almond serta madu sebanyak 2 sendok makan. Jadikan masker rambut juga dengan diaplikasikan ke rambut selama setengah jam. Barulah Anda bisa membasuh rambut menggunakan air hangat. Sekali seminggu saja sudah cukup untuk mendapatkan rambut lembut dan berkilau.

7. Menggunakan Cuka

Cuka adalah salah satu bahan yang juga dapat Anda manfaatkan untuk membuat rambut kering Anda teratasi secara sempurna. Residu dari sampo yang Anda gunakan ketika keramas dapat tertinggal pada rambut serta kulit kepala. Itu termasuk penyebab mengapa rambut menjadi mudah kering.

  • Cara 1: Demi membuat pH kulit kepala kembali dan mencegah ketombe juga, sediakan cuka ½ cangkir dan air secangkir saja. Solusi ini yang Anda butuhkan untuk membasuh rambut Anda setelah mengeramasinya. Tinggalkan kira-kira 10 menit dan Anda bisa membilas dengan air sampai bersih. Perawatan ini hanya dianjurkan untuk Anda lakukan sekali seminggu saja.
  • Cara 2: Sediakan 1 ½ cangkir cuka dengan 2 cangkir air, lalu oles ke rambut Anda setiap sehabis keramas sambil memijat-mijatnya. Perawatan dengan bahan ini bisa Anda gunakan seminggu sekali saja untuk hasil paling maksimal. Anda boleh memilih untuk menggunakan cuka biasa ini atau perawatan dengan cuka sari apel yang manfaatnya sama besar.

8. Memakai Lidah Buaya

Sudah dipercaya sejak dulu bahwa manfaat aloe vera untuk rambut begitu besar. Pada lidah buaya, ada kandungan mineral, vitamin, dan asam amino yang akan dapat memberikan khasiat bagi rambut rusak dan kering Anda.

  • Cara 1: Sediakan gel lidah buaya 1 ½ cangkir saja plus juga bubuk fenugreek beserta minyak jarak 2 sendok teh masing-masing untuk dicampurkan bersama-sama, tak ketinggalan dengan bubuk kemangi juga 1 sendok teh. Setelah tercampur rata, Anda bisa menerapkannya langsung ke kulit kepala serta rambut, dan tutup dengan shower cap hingga semalaman. Melakukan seminggu 1 kali saja akan terlihat hasilnya dalam 2 bulan.
  • Cara 2: Anda juga dapat menambahkan pasta kembang sepatu yang kental sebanyak 2 sendok teh pada gel lidah buaya sebanyak ½ cangkir. Campuran ini dapat dimanfaatkan sebagai kondisioner yang bakal mampu membantu rambut kering menjadi lembab kembali dan bertekstur lembut. Bahkan rambut Anda akan tampil lebih berkilau.

(Baca juga: cara alami menebalkan rambut)

9. Memanfaatkan Minyak Wijen

Minyak wijen sangat kaya dengan sifat emoliennya yang sangat mampu menjadi solusi terbaik bagi rambut yang kering. Segala lapisan rambut yang rusak bakal dapat terlindungi oleh nutrisi ini. Berkandungan tinggi akan anti inflamasi, antivirus dan antibakteri, menjadikan minyak wijen sangat terpercaya dalam mencegah rontoknya rambut juga.

  • Cara 1: Cobalah untuk mencampurkan minyak wijen 1 sendok makan dengan jus lemon dan jus bit yang juga disiapkan dengan takaran yang sama. Campuran itulah yang bisa Anda aplikaskan ke kulit kepala Anda sampai merata. Diamkan selama semalaman dan baru Anda cuci rambut Anda esok paginya. 1 minggu 1 kali adalah yang paling dianjurkan.
  • Cara 2: Alternatifnya, Anda bisa mencoba mencampurkan minyak wijen 3 sendok teh dengan beberapa jahe parut secukupnya. Setelah tercampur, Anda bisa terapkan ke kulit kepala sambil memijat-mijatnya hingga 10 menit. Tutuplah rambut dengan handuk yang hangat; baru sesudah 15 menit Anda dapat mengeramasinya. Ini juga disarankan untuk dilakukan sekali seminggu.

10. Memakai Bir

Bir sebagai salah satu minuman beralkohol memang tidaklah baik untuk dikonsumsi terlalu banyak. Bagaimanapun, minuman beralkohol dapat menjadi sumber banyak penyakit, terutama kerusakan saraf. Tapi bir juga dapat digunakan untuk perawatan rambut kering dari luar dan bisa langsung dicoba.

  • Caranya: Karena bir dapat menjadi kondisioner alami yang baik untuk rambut, tak ada salahnya Anda mengeramasi rambut, lalu sedikit bir dapat disemprotkan ke rambut Anda setelah keramas. Kemudian biarkan rambut mengering sendiri, dan Anda akan melihat sendiri bagaimana hasilnya nanti. Atau, semprotkan bir ke rambut sebelum Anda menatanya, dijamin protein di dalam bir akan mendukung perbaikan kerusakan kutikula rambut dan memeliharanya untuk selalu sehat dan lembut.

Membiarkan rambut Anda kering dengan sendirinya tanpa dikeringkan tanpa metode blow-dry akan lebih ampuh. Aroma bir tidak akan menempel seperti yang Anda kira apabila rambut diangin-anginkan dengan tidak menggunakan alat pengering rambut apapun yang berisiko merusak rambut.

(Baca juga: cara mengatasi rambut mengembang)

11. Menggunakan Mayones

Bahan selanjutnya yang dapat Anda pakai adalah mayones yang biasanya Anda nikmati bersama dengan roti atau daging. Untuk perawatan sendiri di rumah supaya rambut tak kering lagi, protein dari mayones inilah yang bakal menjadikan rambut mengkilap dan makin lembut secara alami.

  • Caranya: Sediakan mayones full-fat sebanyak 1 cangkir, lalu larutan kental ini bisa Anda terapkan pada rambut Anda yang sedang dalam keadaan basah. Tak lupa juga oles ke kulit kepala sampai merata sambil memberikan pijatan lembut agar nutrisinya teresap sempurna. Tutup rambut dan kepala menggunakan shower cap kurang lebih 1 jam sebelum membilasnya menggunakan air hangat dan dikeramasi seperti biasa. 1 minggu 1 kali adalah waktu perawatan terbaik.

12. Memakai Alpukat

Berkandungan tinggi akan protein, vitamin A, vitamin E, dan juga lemak jenuh, alpukat ini tak hanya menyehatkan tubuh saja. Rambut yang kering juga dapat memperoleh nutrisi dari perawatan menggunakan bahan satu ini. Selain menjadi lembab, rambut juga akan lebih kuat sehingga tak akan gampang rontok.

  • Cara 1: Manfaat buah alpukat untuk rambut bisa dibuktikan dengan melumatkan 1 buah alpukat matang. Campurkan bersama dengan sesendok teh minyak jojoba sesendok teh untuk membentuk pasta. Pasta ini yang Anda terapkan ke rambut yang barusan dikeramasi dari akar sampai ujung. Tutup menggunakan shower cap dan setelah 30 menit bisa dikeramasi lagi dengan air hangat. 2 kali dalam seminggu adalah perawatan yang dianjurkan.
  • Cara 2: Satu lagi cara perawatan menggunakan alpukat, yakni melumatkannya hingga halus, dan tambahkan dengan minyak zaitun secukupnya. Setelah konsistensinya kental dan lembut, Anda bisa menerapkannya ke rambut setelah rambut dikeramasi, tunggu 30 menit, bilas rambut Anda 1 kali seminggu.

(Baca juga: jenis perawatan rambut di salon)

13. Memanfaatkan Pisang dan Alpukat

Seperti yang Anda sudah tahu bahwa pisang dan alpukat dapat Anda pakai sendiri-sendiri untuk perawatan rambut kering Anda. Tapi sebetulnya pisang dan alpukat dapat dikombinasikan untuk menjaga kelembaban alami rambut Anda.

  • Caranya: Sediakan pisang matang 1 buah saja berikut juga alpukat matang 2 buah. Dagingnya bisa Anda ambil yang kemudian dapat Anda campur bersama dengan pisang sampai akhirnya berubah menjadi bubur atau pasta. Pasta ini bisa Anda pakai sebagai masker rambut dan keramasi rambut setelah lewat dari 20 menit. Perawatan rutin lebih dianjurkan.

14. Menggunakan Telur

Telur adalah bahan yang alami dan ampuh dalam merawat kesehatan rambut, khususnya rambut kering. Dengan kandungan protein serta lesitin yang tinggi, rambut tak hanya dibantu untuk menjadi lebih lembab, berkilau dan lembut, namun juga lebih kuat serta sehat. Kerontokan rambut juga tak akan menjadi masalah lagi.

  • Cara 1: Siapkan 1 putih telur dan kocok bersama dengan air hangat sebanyak 2 sendok makan. Campuran ini yang Anda perlu oleskan ke rambut Anda yang dalam keadaan basah bersama dengan kulit kepala. Pijat-pijatlah menggunakan ujung jari Anda dengan gerakan melingkar selama 15 menit sebelum akhirnya boleh Anda keramasi dengan air dingin.
  • Cara 2: Untuk cara alternatifnya, Anda bisa mencampurkan 2 telur bersama dengan sesendok makan madu dan 2 sendok makan minyak zaitun. Campuran ini bisa Anda oles langsung ke rambut Anda yang basah serta pada kulit kepala secara merata. Setelah itu, tutup kepala Anda menggunakan shower cap kira-kira setengah jam, lalu cucilah rambut seperti biasa.

15. Memakai Minyak Zaitun

Banyak orang mengetahui akan manfaat minyak zaitun untuk rambut anak, padahal sebenarnya untuk rambut orang dewasa yang kering dan rusak pun juga minyak zaitun sangat membantu. Kandungan sifat antioksidan serta vitamin E-nya sangat tinggi sehingga bisa memberi kelembaban serta menyehatkan rambut serta kulit kepala.

  • Caranya: Hangatkan lebih dulu minyak zaitun yang Anda punya dan ambil sebanyak yang Anda butuhkan tergantung pada panjang pendek rambut. Minyak zaitun hangat ini kemudian dapat Anda oles secara menyeluruh ke kulit kepala serta rambut Anda sambil dipijat ringan selama 10 menit. Lalu, tutup rambut menggunakan handuk hangat semalaman atau setidaknya setengah jam sebelum dibilas bersih atau dikeramasi. Melakukan metide perawatan ini 1 minggu sekali akan menutrisi rambut serta kulit kepala.

(Baca juga: cara merawat rambut bercabang)

16. Menggunakan Madu

Gunakan madu murni untuk mengatasi masalah rambut kering Anda karena madu memang mengandung banyak sekali nutrisi baik. Dengan madu, rambut dan juga kulit kepala Anda bakal menjadi senantiasa lembab, sehat, berkilau dan lembut.

  • Cara 1: Sediakan madu setengah cangkir saja yang kemudian bisa Anda aplikasikan pada rambut Anda yang basah. Pijat-pijat bagian kulit kepala Anda dan tutuplah dengan shower cap selama setengah jam. Gunakan air hangat untuk membilas dan lakukan perawatan ini seminggu 2 kali demi hasil memuaskan.
  • Cara 2: Alternatifnya, Anda juga bisa mencampurkan 2 sendok madu dengan 4 sendok makan minyak zaitun serta 2 sendok makan gliserin. Penggunaan lebih disarankan setelah keramas karena fungsi dari larutan alami ini adalah sebagai kondisioner. Anda bisa memakai cara ini kapanpun ketika rambut begitu kering.

17. Memanfaatkan Air Beras dan Madu

Air beras juga bisa menjadi bahan utama demi merawat rambut Anda yang kering. Ditambah madu yang begitu tinggi nutrisinya, Anda pasti akan dapat merasakan manfaatnya. Air beras yang biasanya dapat menghilangkan flek-flek hitam ini kini bisa Anda andalkan sebagai solusi rambut rusak dan super kering.

  • Caranya: Sediakan air beras sebanyak 1 cangkir yang kemudian bisa ditambah dengan madu 2 sendok teh saja. Aduk-aduklah kedua bahan ini sampai tercampur rata, lalu aplikasikan ke rambut Anda sekitar 15 menit saja maksimalnya. Sesudah itu Anda bisa membilas atau mencuci rambut sampai bersih. Pemakaian rutin cara ini akan memberikan hasil memuaskan.

18. Menggunakan Minyak Sayur dan Madu

Bila di rumah Anda tersedia minyak sayur, Anda bisa memanfaatkannya dengan mengombinasikan bersama dengan madu. Seperti yang sudah disebutkan, madu sangat bernutrisi sehingga akan mampu melembabkan sekaligus menyehatkan rabut kering Anda. Namun minyak sayur tak kalah bermanfaat bagi rambut Anda.

  • Caranya: Sediakan minyak sayur sebanyak 2 sendok makan dan juga madu 2 sendok makan. Aduk-aduklah hingga bentuknya pasta yang halus dan lengket. Pasta ini yang Anda dapat aplikasikan ke rambut Anda sebagai masker, lalu tutup dengan shower cap supaya tidak menodai baju dan bagian kulit Anda yang lain. Bilas dan keramasi setelah 15 menit.

(Baca juga: cara melembutkan rambut)

19. Memakai Yogurt dan Telur

Yogurt tak hanya akan menutrisi tubuh Anda, tapi yogurt juga sangat pas dijadikan bahan perawatan rambut kering. Mengombinasikan antara yogurt dengan telur adalah keputusan yang tepat dan ini adalah ramuan masker rambut yang sangat bermanfaat untuk membuat rambut Anda lebih lembab dan sehat.

  • Caranya: Sediakan 2 butir telur yang kemudian bisa dikocok di dalam sebuah wadah dengan ukuran sedang. Setelah dikocok, tambahkan yogurt sebanyak 2 sendok makan dan aduk-aduklah sampai terbentuk pasta dengan tekstur lembut. Oleskan pasta ini ke kulit kepala dan rambut Anda sambil diberi pijatan; bilas atau keramasi setelah 20 menit.

sponsored links

20. Hot Oil Treatment

Apapun penyebab rambut kering Anda, silakan untuk mencoba perawatan dengan hot oil atau minyak panas/hangat. Ini termasuk perawatan paling baik untuk rambut Anda yang kering supaya kelembabannya kembali dan bakal senantiasa halus. Dengan rambut lebih lembut, Anda juga akan lebih gampang dalam menatanya.

  • Caranya: Siapkan minyak kelapa, minyak jojoba, minyak almond, dan minyak zaitun masing-masing 2 sendok makan ke sebuah wadah (biasanya mangkuk berukuran sedang). Hangatlah terlebih dulu tapi bukan berarti harus panas karena nanti akan memicu kerusakan kulit kepala. Setelah hangatnya suam-suam kuku, oleskan minyak ke rambut dan kulit kepala sambil dipijat, barulah ditutup dengan handuk. Keramasilah setelah kira-kira Anda diamkan 30 menit.

21. Memakai Jus Lemon dan Madu

Untuk rambut kering yang bermasalah dan rusak, Anda dapat mengombinasikan jus lemon bersama dengan madu. Lemon adalah bahan yang baik dan efektif sebagai solusi rambut kering dan kasar Anda.

  • Caranya: Sediakan jus lemon 2 sendok makan beserta madu dengan takaran yang sama. Campurkan kedua bahan hingga rata dan jadikanlah sebagai masker rambut. Anda perlu menunggu masker ini selama 40 menit pada rambut dan kulit kepala Anda. Tutuplah dengan shower cap atau handuk biasa agar masker tak menodai baju atau kulit Anda. Bilas atau keramasi rambut sesudah waktu yang disarankan tersebut.

(Baca juga: cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis)

22. Menggunakan Perasan Jeruk Nipis

Hampir sama efektifnya dengan buah alpukat, air perasan jeruk nipis akan cara merawat rambut kering Anda supaya tidak kasar dan rusak lagi. Gampang dijumpai dan dibeli di mana-mana, Anda bisa melakukan perawatan rambut rutin yang terjangkau dengan bahan ini.

  • Caranya: Sediakan 2-3 buah jeruk nipis atau disesuaikan dengan panjang pendek rambut Anda. Ambil airnya dengan memerasnya, lalu oleskan ke rambut Anda secara menyeluruh sambil memijat. Bilas dengan air hingga benar-benar bersih sesudah setengah jam. Melakukan perawatan dengan jeruk nipis secara teratur akan memberikan hasil seperti yang Anda dambakan.

23. Memenuhi Asupan Vitamin B

Secara alami, Anda dapat mengatasi masalah rambut kering dengan mengonsumsi makanan berkandungan vitamin B tinggi. Selain menjadi solusi rambut kering, vitamin B bakal menguatkan rambut. Jadi jangan ragu untuk mulai memasukkan telur, pisang dan kacang-kacangan ke dalam menu sehari-hari Anda.

24. Menghindari Produk atau Alat Penata Rambut

Alat pengering atau penata rambut serta produk-produk yang mendukung penataan rambut sebaiknya dihindari. Batasi pemakaiannya bila belum benar-benar bisa menghindarinya. Karena faktor-faktor tersebut dapat memicu kekeringan pada rambut. Penataan rambut berlebihan juga tidaklah disarankan apabila Anda serius ingin mengatasi rambut kering.

(Baca juga: cara mengatasi rambut kering)

Demikianlah cara merawat rambut kering Anda secara alami dan efektif. Cobalah langkah-langkah yang sudah direkomendasikan tersebut dan sayangi rambut Anda dengan menjaga kesehatannya dan memenuhi nutrisinya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 11th, September 2016 / 14:31 Oleh :
Kategori : Rambut