Sponsors Link

16 Cara Merawat Rambut Keriting dan Kering

Sponsored Links

Wanita yang memiliki rambut keriting biasanya memerlukan perawatan rambut yang lebih ekstra ketimbang jenis rambut lainnya. Karena perawatan rambut keriting tidak semudah merawat rambut pada umumnya. Jika kita salah dalam perawatan rambut keriting, maka rambut akan menjadi terlihat kering dan juga lebih mengembang. Hal ini tentu saja mengganggu penampilan kita.

Selain masalah rambut menjadi kering dan mengembang, masalah lainnya yang sering kali dialami oleh orang yang memiliki rambut keriting adalah tekstur rambut yang sulit diatur dan rambut terlihat kusut terutama saat bangun tidur atau terkena tiupan angin. Maka tak heran kalau banyak wanita yang berusaha meluruskan rambutnya yang keriting agar rambut terlihat lurus terurai dan mudah diatur.

Perawatan rambut keriting agar menjadi lurus merupakan salah satu jenis perawatan rambut di salon kecantikan yang biasanya dilakukan dengan cara rebonding. Anda pun juga melakukan perawatan sendiri di rumah dengan alat pencatok rambut. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, walaupun Anda mempunyai rambut keriting tapi dengan perawatan yang tepat dan melakukan beberapa kebiasaan yang baik untuk rambut keriting, maka rambut Anda akan dapat tampil menawan juga.

Berikut ini cara-cara yang dapat Anda terapkan untuk cara merawat rambut keriting agar tidak kering dan terlihat mengembang :

1. Menjaga kelembaban alami rambut

Kelembaban alami kulit harus selalu dijaga agar rambut keriting tidak mudah kering dan kusut. Biasanya penggunaan sampo berbahan kimia terlalu sering dapat menyebabkan berkurangnya kelembaban alami kulit. Maka untuk menghindarinya, cobalah sekali-kali Anda mencoba cara mengatasi rambut kering secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami sebagai pembersih dan pencuci rambut Anda. Seperti gunakan baking soda untuk menghilangkan ketombe sebagai pengganti sampo. Atau menggunakan perasan jeruk nipis atau lemon sebagai pelembut alami rambut. Sebab manfaat jeruk nipis untuk rambut adalah juga untuk mengatasi rambut kering, kusam dan membuat rambut mudah diatur.

2.Lakukan pengeringan rambut secara alami.

Pemakaian hair dryer untuk mengeringkan rambut keriting setelah keramas dapat membuat rambut semakin tampak mengembang. Bahkan pemakaian hair dryer yang terlalu sering juga membuat rambut menjadi rusak, seperti rambut bisa bercabang dan rambut menjadi kering. Oleh karena itu setelah keramas, sebaiknya Anda membungkus rambut dengan handuk hingga air di rambut meresap ke handuk. Lalu keringkan rambut Anda secara alami dengan cara dikipas-kipas atau diangin-anginkan atau dibiarkan kering secara alami. Dengan cara ini rambut keriting Anda akan lebih mudah diatur.

3.Gunakan sisir yang bergigi jarang.

Saat menyisir rambut keriting Anda, gunakan sisir yang bergigi jarang terutama saat dalam kondisi kering. Bahkan Anda lebih baik menyisir cukup dengan menggunakan jari-jari saja sebagai pengganti sisir.

 4.Gunakan sampo berbahan ringan.

Hindari sampo yang berbahan keras karena hanya akan membuat rambut keriting Anda menjadi lebih cepat kering. Sebaiknya Anda juga menggunakan sampo yang dikhususkan untuk rambut keriting agar penataan rambut jadi lebih mudah.

5.Gunakan kondisioner yang berprotein.

Gunakan kondisioner yang kaya akan protein untuk rambut. Sebab manfaat conditioner rambut untuk rambut keriting adalah rambut menjadi mudah dirapikan, mudah ditata dan menjadikan rambut keriting terlihat lebih bersinar. Tidak hanya kondisioner yang kaya akan protein, tetapi pilih kondisioner yang juga dikhususkan buat rambut keriting dan tidak berbahan terlalu keras sama seperti saat penggunaan samponya. Setelah keramas dengan sampo, gunakan kondisioner. Agar hasil rambut keriting Anda lebih halus, saat menggunakan kondisioner biarkan dahulu meresap di rambut selama 5 menit. Baru kemudian rambut dibilas hingga bersih.

6.Hindari produk rambut beralkohol.

sponsored links
Walaupun ada manfaat alkohol untuk rambut, tetapi produk khusus rambut yang mengandung alkohol bisa mengakibatkan rambut keriting akan menjadi lebih sulit diatur. Jadi sebaiknya Anda menggunakan produk sampo, kondisioner maupun hair spray yang bebas dari kandungan alkohol.

7. Gunakan air berkarbonasi.

Air berkarbonasi mempunyai tingkat pH yang rendah, sehingga hal ini bisa menguraangi rambut Anda dari kusut. Jadi setelah Anda keramas, bilaslah rambut Anda dengan menggunakan air berkarbonasi.

8. Tata rambut dengan cara disanggul atau simpul atas.

Saat akan beraktivitas tentunya Anda ingin agar rambut keriting Anda terlihat lebih rapi dilihat. Maka kalau Anda adalah wanita yang sibuk atau tidak banyak waktu untuk merawat rambut keriting, cobalah untuk menatanya dengan cara disanggul atau dibuat satu simpul ke atas. Dengan menata rambut seperti ini akan membuat rambut keriting Anda tidak mudah berantakan dan penampilan Anda terlihat lebih kasual.

9. Jangan mengacak rambut

Kebiasaan mengacak-acak rambut akan membuat rambut Anda jadi terlihat berantakan dan tidak menarik dilihat. Maka hindari kebiasaan mengacak rambut ini. Tapi justru gunakan jari-jari Anda untuk menata rambut keriting Anda.

10. Lindungi rambut menggunakan penutup  kepala

Saat sedang berenang, sebaiknya Anda menggunakan topi renang khusus untuk melindungi rambut dari cairan desinfektan yang terdapat di air kolam renang. Cairan ini berfungsi untuk mematikan kuman-kuman di dalam air kolam renang. Tetapi ada efek buruk cairan ini pada rambut, yaitu dapat membuat rambut menjadi kering. Selain itu jangan lupa untuk melindungi rambut Anda dari paparan  siar matahari saat melakukan aktivitas di luar rumah. Sebab pengaruh sinar UV dapat membuat rambut Anda menjadi kering. Karena itu gunakan topi, penutup dari kain ataupun payung terutama saat beraktivitas di luar pada siang hari.

11. Batasi penggunaan blow dry

Saat menggunakan blow dry sebaiknya menggunakan fitur diffuser, sehingga dapat membatasi jumlah panasnya. Dan saat memakai blow dry, arahkan hanya pada akar rambut saja. Jadi Anda masih bisa menata rambut tanpa harus mengeringkan bagian batang rambutnya. Sebab pemakaian blow dry ini dapat membuat rambut keriting Anda menjadi kering.

12. Rapikan rambut

Potong atau rapikan rambut keriting Anda setiap 8-10 minggu agar rambut tetap terjaga penampilannya. Rambut juga terlihat lebih rapid an kusut bila rambut keriting Anda rajin dirapikan atau dipotong dan menghilangkan kesan mengembang hingga kusut.

13. Perhatikan pola makan

Rambut juga memerlukan gizi yang baik agar rambut tumbuh sehat, indah dan berkilau. Begitu pula dengan rambut Anda yang keriting memerlukan gizi yang baik juga. Oleh karena itu penuhilah menu Anda sehari-hari dengan makanan yang kaya vitamin, mineral dan protein yang baik untuk menjaga kesehatan rambut dan menjaga rambut tetap terjaga kelembabannya. Jangan lupa juga untuk minum air putih minimal 8 gelas setiap hari. Sama halnya dengan kulit tubuh, kepala pun memerlukan cairan agar agar rambut tidak kering.

14. Memakai cuka sari apel

Cuka sari apel biasa dipakai untuk menambah rasa asam pada makanan. Tetapi khasiatnya untuk kesehatan sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Bahkan tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, cuka sari apel juga bermanfaat untuk kecantikan kulit dan rambut. Seperti manfaat cuka apel untuk rambut yang kering, kusam dan berketombe. Sebab cuka sari apel memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi, sehingga bisa dipakai untuk merapikan rambut keriting. Cara menggunakannya :

  • Setelah selesai keramas dengan sampo biasa, balurkan cuka sari apel ke rambut Anda secara merata.
  • Bila aroma cuka sari apel begitu menyengat, Anda dapat menambahkan air biasa dahulu sebelum diterapkan pada rambut.
  • Diamkan meresap di rambut selama 30 detik.
  • Lalu bersihkan rambut Anda menggunakan air dingin.
  • Setelah itu lanjutkan dengan menggunakan kondisioner seperti biasa.

15. Memakai minyak hangat yang alami.

Cara merawat rambut keriting yang lainnya adalah dengan menggunakan minyak hangat di rambut dari bahan yang alami. Minyak ini akan membuat suhunya terasa nyaman di kulit, sehingga dapat membuat rambut kering, rusak dan tidak sehat menjadi halus dan mengkilap kembali. Bahkan dengan memakai minyak dari bahan-bahan alami akan membantu melembabkan rambut dan aman bagi rambut terhindar dari bahan-bahan kimia.

Minyak alami yang dimaksud adalah minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond, minyak jarak, ataupun minyak bunga mawar. Minyak zaitun banyak dipakai untuk kesehatan rambut, seperti manfaat minyak zaitun untuk rambut anak. Bahkan untuk kecantikan wajah dapat dipakai sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun. Begitu pula dengan manfaat almond untuk rambut yang juga biasa dipakai untuk perawatan rambut.

Cara menggunakan minyak alami di rambut adalah :

  • Hangatkan minyak di dalam panci selama 2 hingga 4 menit.
  • Lalu biarkan hingga panasnya turun.
  • Untuk lebih merapikan serat rambut, Anda dapat menambahkan madu hangat ke dalam ramuan tersebut.
  • Setelah itu oleskan minyak hangat di kulit kepala Anda dengan memberikaan pijatan lembut dari akar sampai ke ujung rmbut.
  • Bungkus kepala Anda dengan handuk agar ramuan minyak meresap dan tidak menetes.
  • Diamkan selama 1 jam.
  • Kemudian keramas seperti biasa dengan sampo dan diakhiri dengan kondisioner.

sponsored links

16. Menggunakan creambath alami.

Rambut keriting yang cenderung mudah berantakan dan terlihat kaku, dapat diatasi dengan melakukan creambath dari bahan yang alami.  Cara melembutkan rambut dengan memilih creambath dari bahan alami, seperti santan kelapa dan lidah buaya atau aloe vera. Salah satu manfaat aloe vera untuk rambut agar rambut menjadi lembab dan halus. Cara pemakaiannya mudah saja :

  • Cuci rambut dengan sampo biasa terlebih dahulu.
  • Kemudian keringkan dengan handuk sebentar.
  • Saat kondisi rambut yang lembab ini oleskan santan kelapa atau daging lidah buaya ke seluruh bagian rambut Anda.
  • Setelah ramuan merata, tutup rambut dengan handuk atau shower cap yang sebelumnya sudah dicelupkan ke dalam air hangat.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Kemudian bilas dengan air bersih tanpa menggunakan sampo lagi.
  • Setelah di-creambath secara alami ini, Anda akan mendapatkan rambut keriting Anda menjadi lebih halus, lembut dan mudah diatur.

Lidah buaya tidak hanya dipakai untuk rambut saja, tetapi manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit, wajah dan tubuh. 

Itulah beberapa cara yang patut Anda terapkan untuk merawat rambut keriting Anda agar tidak kering dan tidak mengembang atau kusut. Sehingga dengan melakukan cara-cara di atas rambut keriting Anda pun dapat terlihat rapi serta mudah di atur.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 15th, August 2016 / 08:16 Oleh :
Kategori : Rambut