21 Cara Merawat Rambut Mengembang Menjadi Lurus Secara Alami

Rambut mengembang bukanlah sesuatu yang bisa kita hindari dengan mudah dan tentunya bukan suatu ciri yang disukai para wanita, karena pada umumnya orang beranggapan bahwa rambut memang seharusnya tampak rapi dan jatuh dengan indah. Memiliki rambut yang berkilau, lembut dan lurus adalah impian yang dimiliki hampir setiap wanita di dunia dan rambut yang mengembang serta sulit diatur adalah masalah yang ingin disingkirkan. Banyak wanita selalu bergulat dengan masalah rambut yang mengembang dan repot dengan memikirkan trik – trik agar rambut bisa dijinakkan.

Pada dasarnya kondisi rambut setiap orang berbeda – beda, sehingga akan sulit apabila ingin menyamai persis rambut orang lain yang kita inginkan. Namun pada masa sekarang ini, tidak penting apakah Anda memiliki rambut yang mengembang dari lahir ataupun karena masalah perawatan rambut yang membuat rambut menjadi sulit diatur. Banyak tips – tips yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut mengembang dengan berbagai produk atau cara yang akan membuat rambut Anda tampak lurus.

Tips Membersihkan Rambut

Penataan rambut tentunya dimulai dari rutinitas membersihkan rambut yang benar. Kita harus menyesuaikan ritual pembersihan rambut dengan karakter rambut kita sendiri. Cara membersihkan rambut yang tepat jika Anda memiliki rambut mengembang yaitu:

1.Cuci Lebih Jarang

Kulit kepala memproduksi minyak alami yang akan menyediakan kelembaban bagi rambut. Ketika Anda mencuci rambut, minyak ini akan tercuci habis juga dan meninggalkan rambut menjadi kering. Manfaat cuci rambut setiap hari tentunya tidak bisa diterapkan karena akan membuat hal semacam ini terjadi pada rambut Anda yang sudah kering. Semua orang pastinya menyukai kulit kepala dan rambut yang bersih. Untuk itu  cuci rambut Anda hanya dengan air pada waktu – waktu tertentu dan gunakan sampo untuk keramas pada waktu lain, misalnya setiap dua atau tiga hari sekali.

2.Gunakan Sampo Untuk Rambut Kering

Setiap kali mencuci rambut, cara merawat rambut agar tidak kering yaitu menggunakan sampo yang melembabkan atau kondisioner yang mempunyai bahan khusus untuk melembutkan rambut, yaitu sampo yang cocok untuk rambut kering. Gunakan kondisioner dari akar hingga ke ujung rambut, biarkan sekitar dua menit lalu bilas. Jika rambut Anda tipis, gunakan kondisioner hanya dari tengah rambut ke ujungnya agar tidak membuatnya semakin tampak tipis. Anda juga perlu menghindari sampo yang diklaim dapat membuat rambut bervolume, karena akan membuat rambut makin mengembang. Carilah sampo yang mengandung silikon seperti dimethicone yang dapat mengunci kelembaban dan melembutkan rambut.

3.Bilas Dengan Air Dingin

Air dingin mengunci kutikula rambut, dengan demikian mencegah helaian rambut dari kehilangan kelembaban yang penting dan menciptakan tampilan yang lebih rapi. Apabila Anda mandi dengan shower hangat atau panas, cara mengatasi rambut mengembang bisa dilakukan dengan membilas rambut dengan air dingin saja.

4.Keringkan Dengan Lembut

Hindari memeras atau memelintir rambut saat mengeringkan. Cara yang benar untuk mengeringkan rambut dan cara merawat rambut mengembang adalah dengan handuk yang lembut. Handuk berbahan kasar dapat merusak kutikula dan menyebabkan rambut mengembang. Cobalah mengeringkan rambut dengan mengeringkannya secara lembut menggunakan handuk lembut, jangan menggosok rambut dengan kasar.

5.Keringkan Rambut Segera

Semakin cepat rambut mengering, semakin cepat juga kutikula rambut akan melemas sehingga tidak akan mengembang. Anda dapat menggunakan blow dryer dengan suhu rendah untuk mengeringkan rambut. Pengering bekerja untuk mengurangi rambut mengembang dengan mengempeskan kutikula. Pastikan rambut benar – benar kering, karena pelembab yang tertinggal dapat membuat rambut mengembang nantinya.

6. Malam Hari

Jika Anda mandi pada malam hari dan tidak ingin menggunakan pengering rambut, cobalah menyisir rambut Anda dan mengepangnya dengan rapat pada satu sisi sebagai cara merawat rambut agar tidak mengembang. Sebelum mengepang, biarkan rambut sedikit mengering. Diamkan rambut yang dikepang semalaman dan lepas kepangan keesokan harinya.

Tips Penataan Rambut

Proses penataan rambut juga tidak kalah pentingnya untuk memastikan bahwa rambut Anda tidak akan mengembang. Berikut ini adalah beberapa cara menata rambut untuk mengatasi rambut mengembang:

1.Gunakan Produk Rambut

Dengan banyaknya jenis produk perawatan rambut yang tersedia di pasaran, sekarang ada banyak pilihan untuk membantu menampilkan bentuk rambut alami Anda sementara menghalanginya untuk mengembang. Produk seperti gel, mousse, dan cream untuk rambut keriting semuanya mengandung bahan yang bernama polymer atau PVP Polymer di labelnya. Polymer melapisi rambut dan mengunci bentuk rambut agar tidak berubah. Jika rambut Anda tipis, lembut dan berombak maka paling baik menggunakan mousse yang tidak akan membuat rambut tampak berat. Sedangkan jika rambut Anda keriting dan kasar, gunakan produk berbahan gel atau krim.

2.Gunakan Sikat Rambut

Rambut yang benar – benar kering dapat ditata dengan menggunakan sikat rambut yang lembut untuk mengurangi penampilannya yang mengembang. Sikat yang tepat dapat membantu mengumpulkan minyak alami dari kulit kepala dan membantunya menyebar secara merata di seluruh rambut.

3.Gunakan Alat Catok

Mungkin hal ini akan terdengar berlawanan namun menggulung rambut dengan rapi menggunakan alat pengeriting ini akan menghilangkan helaian rambut yang terlepas sehingga menyatu dengan helaian lainnya. Hal ini sangat berguna apabila Anda tidak mempunyai banyak waktu. Pastikan untuk mengeringkan rambut terlebih dulu dan gunakan alat catok per bagian. Tentukan suhu rendah dan jangan terlalu lama menjepit rambut Anda. Jangan lupa untuk menggunakan serum pelindung panas untuk rambut sebelumnya, namun usahakan agar Anda tidak terlalu sering menggunakan alat dengan panas tinggi untuk menata rambut.

4.Gunakan Produk Bebas Alkohol

Kebanyakan produk rambut mempunyai kandungan alkohol yang tinggi, dan dapat menyebabkan kutikula rambut membesar. Cobalah meneliti isi kandungan setiap produk sebelum memakainya. Gunakan produk yang dikhususkan untuk mengatasi rambut mengembang, dan sisir bergigi jarang untuk menyebarkan produk secara merata pada rambut.

5.Hindari Produk Berbahan Paraben dan Sulfat

Paraben sering dihubungkan dengan kanker, dan sulfat adalah bahan yang keras, berupa bahan pembersih yang banyak ditemukan pada bahan pencuci yang ada di rumah tangga. Sulfat dapat menghilangkan minyak alami rambut hingga menjadi kering dan rapuh.

Perawatan Alami untuk Rambut Mengembang

Selain cara pembersihan dan penataan yang harus diikuti agar rambut Anda tidak mengembang, ada pula perawatan dengan menggunakan bahan alami agar rambut tampal lurus secara natural. Beberapa bahan yang dapat digunakan dalam cara membuat masker rambut alami yaitu:

1.Terapi Minyak Panas

Menggunakan minyak untuk memijat kulit kepala sebagai cara merawat rambut kering secara alami adalah cara yang bagus untuk memberi kelembaban mendalam pada rambut mengembang. Selain itu, juga dapat memperbaiki rambut rusak dan membuatnya tampak lebih lembut. Minyak zaitun  adalah minyak yang paling cocok untuk  digunakan, namun minyak almond, manfaat minyak kelapa untuk rambut atau manfaat vco untuk rambut juga sama baiknya. Cara menggunakan minyak panas yaitu:

  • Hangatkan minyak di panci , nyalakan kompor atau oven dan panaskan.
  • Ketika sudah agak mendingin, baru bisa digunakan untuk memijat kulit kepala.
  • Oleskan minyak pada kulit kepala serta rambut dan pijat perlahan.
  • Tutup kepala dengan shower cap dan biarkan selama setengah jam.
  • Cuci rambut dengan sampo.

2.Alpukat dan Minyak Zaitun

Masker rambut dengan campuran ini mempunyai manfaat melembabkan yang sangat baik. Minyak zaitun membantu melembutkan rambut dan mengatasi rambut bercabang, dan akan membuat rambut Anda lembut serta bersinar. Manfaat buah alpukat untuk rambut mengandung biotin yaitu vitamin yang akan memperkuat rambut, maka ada pula manfaaat alpukat untuk rambut rontok. Itu sebabnya manfaat masker alpukat untuk rambut sangat baik bagi rambut yang mengembang. Cara membuat masker alpukat dan minyak zaitun untuk rambut yaitu:

  • Hancurkan alpukat secukupnya dan tambahkan minyak zaitun ke dalamnya.
  • Campur hingga merata kedua bahan tersebut.
  • Gunakan masker rambut ini setelah keramas sambil dipijat.
  • Biarkan selama empat puluh lima menit.
  • Bilas rambut sampai bersih dan gunakan kondisioner untuk menghilangkan bau alpukat.
  • Gunakan masker dua kali seminggu untuk menghilangkan kekeringan yang akan membuat rambut mengembang.

3. Minyak Kelapa dan Minyak Moroccan

Kedua minyak ini adalah bahan yang baik untuk merawat rambut mengembang yang harus Anda coba. Ini adalah cara yang baik untuk membuat rambut mengembang tetap mudah diatur, lembut dan lembab. Minyak Moroccan atau manfaat minyak Argan untuk rambut dapat mempertahankan kelembutan rambut serta mengontrolnya agar tidak mengembang, sedangkan minyak kelapa mengurangi kehilangan protein yang diperlukan untuk mencegah rambut mengembang dan bercabang. Terapi ini juga dapat menjadi cara menguatkan akar rambut agar tidak rontok secara cepat. Cara menggunakan kedua minyak ini  yaitu:

  • Sebelum keramas, gunakan minyak ke kulit kepala dan gosok perlahan agar menyebar. Pijat kulit kepala selama lima menit. Oleskan minyak ke helaian rambut, tambahkan minyak jika perlu.Biarkan selama setengah jam sampai empat puluh lima menit dan cuci bersih dengan sampo.
  • Selama keramas, campur minyak dengan sampo Anda dalam jumlah yang sama yang diperlukan untuk digunakan mencuci rambut.

4. Pisang

Manfaat pisang untuk rambut sangat berguna berkat kemampuan melembabkannya. Menggunakan masker rambut dengan pisang dapat membantu menjinakkan rambut yang mengembang dan kusam. Cara membuatnya yaitu:

  • Hancurkan pisang matang menggunakan garpu sampai halus.
  • Tambahkan dua sendok makan minyak zaitun dan seperempat cup yogurt.
  • Oleskan masker ini ke rambut dan pijat kulit kepala.
  • Bungkus dengan shower cap lalu biarkan selama tiga puluh menit.
  • Bilas dengan sampo, lakukan sekali seminggu.

5.Mayones

Manfaat hair mask untuk rambut juga dapat diperoleh dari mayones. Mayones dapat menjadi cara menghaluskan rambut secara alami dan digunakan dalam cara merawat rambut berwarna. Rambut yang mengembang karena kelembaban udara dapat diatasi paling baik dengan menggunakan mayones, yang akan mengunci kelembaban pada rambut serta melembutkan rambut yang mengembang dan rapuh. Cara merawat rambut mengembang menjadi lurus dengan mayones yaitu:

  • Gunakan air hangat untuk membasahi rambut.
  • Ambil mayones secukupnya dan gosokkan pada rambut serta kulit kepala.
  • Bungkus rambut dengan shower cap
  • Biarkan selama tiga puluh menit
  • Cuci bersih dengan sampo.

6.Telur

Manfaat telur untuk rambut kaya akan protein dan merupakan salah satu cara populer untuk mengenyahkan rambut mengembang secara alami. Kandungan lemak sehatnya dapat digunakan bersama minyak zaitun yang dapat mengunci kelembaban pada rambut, sehingga dapat mencegah rambut menjadi kering. Anda bisa menggunakan manfaat putih telur untuk rambut saja atau menggunakan sebutir telur seluruhnya untuk membuat masker bagi perawatan rambut mengembang. Cara menggunakan telur untuk merawat rambut mengembang agar menjadi lurus yaitu:

  • Campur setengah cangkir minyak zaitun dan satu butir telur.
  • Oleskan ke rambut sambil dipijat perlahan agar menyebar. dengan rata pada kulit kepal.
  • Biarkan selama setengah jam agar menyerap.
  • Bilas dengan keramas secara seksama hingga baunya hilang dan beri kondisioner rambut Anda seperti biasa. Manfaat kondisioner rambut adalah untuk memelihara kelembaban rambut.

7. Air Berkarbonasi

Air berkarbonasi sangat berguna untuk menghilangkan rambut mengembang yang disebabkan oleh kelembaban udara, berkat kandungan PH yang rendah yang akan membuat kutikula rambut menjadi datar. Dengan demikian air berkarbonasi dapat mencegah kehilangan kelembaban dan memberikan rambut Anda penampilan yang lembut. Anda cukup membilas rambut menggunakan air berkarbonasi setelah mencucinya dengan sampo.

8.Madu

Madu adalah salah satu bahan alami yang sangat berkhasiat karena manfaat madu untuk rambut dapat menarik dan menyimpan molekul air yang akan tetap membuat rambut lembab dan sangat mudah diatur. Manfaat madu untuk perawatan rambut bayi juga bisa Anda coba untuk membantu pertumbuhan rambutnya semakin sehat. Cara menggunakan madu untuk merawat rambut mengembang menjadi lurus yaitu:

  • Campur satu sendok makan madu asli dengan air bersih, aduk sampai merata dan madu larut dalam air.
  • Tuang ke rambut Anda dalam keadaan rambut basah.
  • Cuci rambut dan tata seperti biasa. Pastikan rambut benar – benar bersih dari madu dan tidak ada sisa residu dari bahan yang baru digunakan.

9.Bir

Bahan lain untuk melawan rambut mengembang dengan efektif adalah bir yang dapat memulihkan kelembaban rambut dan menutrisi rambut dengan banyak mineral yang esensial  serta antioksidan. Bir akan menjadi cara merawat rambut mengembang menjadi lurus yang unik. Bir hitam akan memberikan hasil lebih baik. Cara menggunakannya yaitu:

  • Tuang bir ke rambut Anda secukupnya saja.
  • Biarkan beberapa menit agar menyerap ke dalam kulit kepala dan helaian rambut.
  • Bilas dengan air dingin.
  • Ulangi cara ini setiap dua minggu sekali.

10.Yogurt

Kandungan lactic acid dalam yogurt membantu membersihkan rambut, menghilangkan ketombe dan menghilangkan kulit kepala yang gatal, juga mendinginkan kulit. Cara menggunakan yogurt yaitu:

  • Kocok satu butir telur sampai kaku
  • Tambahkan dua sendok makan minyak zaitun dan setengah cangkir yogurt tawar. Ada pula manfaat minyak zaitun untuk alis.
  • Gunakan campuran ini pada rambut yang setengah basah dan biarkan selama lima belas menit.
  • Keramas dan beri kondisioner seperti biasa.

Keberhasilan untuk merawat rambut mengembang agar menjadi lurus tergantung kepada ketelatenan Anda menjalankan rutinitas yang diperlukan untuk membersihkan serta merawat rambut. Apabila perawatan yang dilakukan tidak menyeluruh, kemungkinan hasilnya pun tidak maksimal. Selain melalui cara – cara diatas, Anda juga bisa menjaga kondisi rambut melalui asupan makanan yang tepat. Mengonsumsi makanan yang tepat dan penuh gizi juga akan memberikan rambut Anda nutrisi yang dibutuhkan sehingga dapat tumbuh dengan sehat, juga menjaga setiap helainya agar tidak kusam dan mengembang atau bahkan mengalami ujung yang bercabang.