Sponsors Link

19 Manfaat Almond Untuk Perawatan Rambut

Sponsored Links

Almond atau buah badam dihasilkan oleh pohon prunus dulcis. Tidak seperti buah prunus lainnya, buah badam mempunyai cangkang keras yang berisi biji yang dapat dimakan atau biasa disebut sebagai kacang. Kacang inilah yang dikenal dengan nama almond. Kata almond berasal dari bahasa Prancis lama, almanda atau alemande. Banyak ditemukan berasal dari Timur Tengah, Mediteranea atau Asia.

Kacang bernutrisi tinggi ini memiliki kandungan  vitamin, serat, asam folat, protein, asam lemak tak jenuh tunggal. Diantara jenis kacang lainnya, almond adalah yang paling lengkap kandungan nutrisinya. Kacang almond juga disebut termasuk dalam golongan superfood, yaitu makanan yang paling banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Berdasarkan beberapa penelitian, almond mempunyai manfaat bagi rambut baik dalam bentuk kacang maupun minyak almond.

Manfaat Kacang Almond

Kacang almond jika digunakan dengan benar sangat berkhasiat dalam proses perawatan rambut untuk meningkatkan kondisi  kesuburan dan kesehatan rambut.

1. Memelihara kesehatan kulit kepala.

Kandungan Vitamin D dan E diperlukan untuk membantu pertumbuhan rambut agar sehat dan kuat. Kacang almond ini bisa digunakan sebagai masker rambut.

(Baca juga: manfaat hair mask untuk rambut,)

2. Mencegah rambut rontok,

Umumnya pada kasus rambut rontok terjadi karena kekurangan unsur magnesium dalam tubuh. Kacang almond diketahui memiliki 25% kandungan magnesium yang dibutuhkan tubuh, cukup untuk membantu memperbaiki masalah kerontokan. Konsumsi 1/4 cangkir kacang almond secara teratur bisa memberi tubuh nutrisi yang diperlukan.

3. Kandungan proteinnya yang kaya bisa memperbaiki kerusakan rambut.

Kurangnya protein dapat mengganggu pertumbuhan rambut sehingga menyebabkan kerusakan seperti rambut bercabang atau pecah – pecah.

(Baca juga: cara mengatasi rambut kering, penyebab rambut bercabang )

4. Memperbaiki peredaran darah. Kacang almond juga mengandung sejumlah zat besi yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah serta oksigen ke seluruh tubuh, dengan demikian juga melancarkan darah ke kulit kepala yang akan merangsang pertumbuhan rambut.

Sponsors Link

5. Memberi kilau pada rambut sebagai kondisioner alami dengan menggunakannya sebagai masker rambut.

(Baca juga: cara melembutkan rambut)

6. Membersihkan kulit kepala

Kotoran yang mengendap atau mengelupas sel kulit mati pada kepala  bisa dibersihkan dengan cara menggunakannya sebagai scrub untuk kulit kepala.

(Baca juga: penyebab kulit kepala gatal dan bentol)

7. Mengatasi masalah ketombe,

Juga bisa mengatasi masalah ketombe dengan menggunakannya sebagai masker atau scrub pada kulit kepala.

8. Mencegah radikal bebas

Mencegah radikal bebas merusak kondisi rambut karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

9. Memberikan keharuman alami pada rambut

Jenis Minyak Almond

Pada umumnya biji almond dibagi menjadi dua kelas yaitu pahit dan manis, yang lalu diolah menjadi minyak almond. Minyak almond dibuat dari pengepresan almond mentah sehinga tidak menghilangkan khasiat alaminya. Dua jenis minyak almond yang dihasilkan yaitu :

  • Minyak almond pahit dari varian prunus dulcis amara dan berbunga warna pink rasanya kurang enak, juga berbahaya apabila dijadikan bahan konsumsi atau memasak. Semua itu karena almond mengandung sejumlah tertentu racun sehingga tidak bisa dikonsumsi, hanya bisa digunakan untuk keperluan eksternal dalam jumlah terbatas. Biasanya digunakan dalam keperluan pengobatan, dalam pengawasan dokter atau tenaga medis lain yang kompeten.
  • Minyak almond manis dari prunus dulcis amygdalus yang mempunyai bunga berwarna putih dibuat dari almond yang biasa kita konsumsi, biasanya digunakan sebagai campuran dalam kosmetik, perawatan kecantikan, dan beberapa keperluan kuliner.

Manfaat minyak nabati lainnya, yaitu : manfaat minyak zaitun untuk rambut anak, manfaat minyak kelapa untuk alis

Manfaat Minyak Almond

Sweet almond oil atau minyak almond manis yang biasa digunakan sebagai minyak esensial untuk perawatan kecantikan kulit dan rambut. Beberapa kegunaan minyak almond manis bagi perawatan rambut yang digunakan untuk memijat kulit kepala seperti berikut ini :

  1. Sebagai pelapis pelindung rambut dari bahaya kekeringan, radikal bebas dari polusi dll.
  2. Komposisi kandungan lemak jenuh dan lemak tak jenuh tunggalnya memungkinkan meresap ke dalam rambut dan menutrisi dari dalam sehingga melembutkan dan memperkuat rambut. (Baca juga: cara menghitamkan rambut)
  3. Kaya akan kandungan Vitamin A yang berfungsi menjaga kesehatan sel – sel rambut sehingga dapat memperbaiki tekstur dan warna rambut, mencegah rambut dari bahaya kekeringan. (Baca juga: cara merawat rambut agar tidak bercabang)
  4. Mengandung Vitamin B6 yang membantu mencegah kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu juga membantu mengatasi ketombe. (Baca juga: cara merawat rambut agar cepat panjang, cara mengatasi rambut rontok, manfaat jeruk nipis untuk rambut)
  5. Juga mengandung Vitamin E yang kaya akan antioksidan bermanfaat melancarkan aliran darah dan nutrisi ke kulit kepala.
  6. Kandungan asam folat atau vitamin B9 membantu mengatasi masalah rambut rontok karena dapat merangsang pertumbuhan rambut melalui perbaikan fungsi sel dan pertumbuhan jaringan.
  7. Wangi alaminya memiliki efek menenangkan pada kulit kepala yang terlalu banyak menerima bahan kimia dari produk perawatan rambut. (Baca juga: bahaya cat rambut, bahaya smoothing rambut, bahaya rebonding rambut, cara merawat rambut rebonding agar awet)
  8. Mencegah rambut kusut,menata rambut keriting. (Baca juga: penyebab rambut keriting)
  9. Vitamin B3 atau Niacin mempunyai efek memperbaiki fungsi pembuluh darah ke seluruh tubuh, dengan demikian begitu pula peredaran darah di kulit kepala.
  10. Pelembab dan kondisioner alami bagi rambut yang mengalami masalah kekeringan.

sponsored links

Cara Merawat Rambut Dengan Almond

Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan untuk merawat rambut menggunakan kacang dan minyak almond, sebelumnya lebih baik basahi rambut Anda terlebih dulu dan perhatikan jenis rambut Anda. Jika rambut berminyak kurangi jumlah minyak yang digunakan.

  • Mengobati rambut bercabang: campur minyak almond,minyak jarak dan minyak zaitun dalam jumlah yang sama secukupnya lalu aplikasikan ke rambut, kemudian keramas dengan sampo. Lakukan 1 atau 2 kali seminggu.
  • Mengkilapkan rambut: tumbuk alpukat dan minyak almond secukupnya, gunakan sebagai masker rambut 30 menit sebelum dikeramas dengan sampo. (Baca juga: cara menghitamkan rambut secara alami)
  • Memanjangkan rambut: Oleskan minyak almond 1-2 kali seminggu untuk rambut lebih sehat dan panjang. Setelah itu bungkus dengan handuk hangat, baru dibersihkan dengan keramas. (Baca juga : manfaat air teh untuk rambut, manfaat alkohol untuk rambut, manfaat seledri untuk rambut)
  • Mengelupas sel kulit mati dan kotoran: Tumbuk kacang almond dan campurkan dengan minyak zaitun untuk scrub pada kulit kepala. (Baca juga; cara merawat rambut rontok dan kering)
  • Untuk memperbaiki kerusakan rambut caranya campur beberapa tetes minyak almond dan produk susu lalu pijatkan ke kulit kepala. (Baca juga: penyebab kerusakan pada rambut)
  • Mengatasi rambut kusut atau keriting: dalam keadaan kering, aplikasikan beberapa tetes minyak almond mulai dari pertengahan rambut hingga ke ujungnya. Sisir agar merata, lalu tata rambut sesuai keinginan.  Tidak disarankan untuk mengaplikasikannya terlalu dekat dengan akar rambut, karena bisa membuat rambut tampak sangat berminyak. (Baca juga: cara meluruskan rambut secara alami)

Sebelum membeli pastikan pada kemasannya tertulis minyak almond manis atau sweet almond oil. Beberapa produsen yang tidak mencantumkan perbedaannya pada kemasan, kemungkinan besar tidak tahu apa bedanya kedua jenis minyak almond.

Untuk Anda yang alergi kacang – kacangan, ingatlah bahwa almond dalam bentuk butir atau minyak juga masih termasuk dalam jenis ini. Jadi sebelumnya bisa Anda tes dulu dalam jumlah kecil untuk memastikan  bahwa alergi Anda tidak akan kambuh jika menggunakannya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Friday 13th, May 2016 / 03:57 Oleh :
Kategori : Rambut