Sponsors Link

7 Manfaat Aloe Vera Untuk Rambut Dan Cara Pemakaiannya

Sponsored Links

Aloe vera atau lidah buaya, bernama latin aloe barbadensis. Pada jaman mesir kuno, tanaman ini dikenal sebagai ‘tanaman keabadian’ dan merupakan salah satu benda yang dijasikan hadiah penguburan raja-raja mesir. Tumbuh liar di iklim tropis, merupakan salah satu tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai bahan baku industri kecantikan, makanan dan minuman kesehatan. Selain itu juga dikembangbiakkan sebagai tanaman hias. Beberapa isi dari kandungan aloe vera yaitu:

  • Protein
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Zinc
  • Vitamin C
  • Asam amino
  • Enzim-enzim dan Germanium

Industri kecantikan pada masa ini telah menggunakan manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan manfaat lidah buaya untuk kulit.  Lidah buaya antara lain digunakan dalam industri dan secara alami sebagai cara menghilangkan bekas luka dan sebagai cara menghilangkan keloid secara alami dan secara cepat. Selain itu juga sebagai penyembuh luka, obat untuk penyakit kulit, meredakan gatal di kulit, sebagai perawatan kulit  dan asupan vitamin harian yang dibutuhkan tubuh. Jenis tanaman lidah buaya yang biasa digunakan untuk pangan dan kosmetik adalah aloe barbadensis miller. Ada dua jenis cairan yang terdapat di dalam lidah buaya :

  • Cairan Bening – Yaitu cairan yang bentuknya seperti jeli dan tidak berwarna alias bening. Dalam cairan ini terkandung bahan anti bakteri dan anti jamur.
  • Cairan Eksudat – Yaitu cairan kekuningan dalam lidah buaya yang mengandung senyawa aloin yang berfungsi untuk melindungi lidah buaya dari panas dan sinar ultraviolet. Aloin ini dapat menyebabkan diare jika tidak sengaja termakan.

Apa saja manfaat lidah buaya yang dapat dimanfaatkan untuk rambut kita? Beberapa uraian di bawah ini menggambarkan manfaat yang diperoleh jika melakukan perawatan dengan lidah buaya.

1. Menghitamkan Rambut

Warna hitam bisa menghilang dari rambut dan membuatnya terlihat kemerahan apabila banyak terekspos cahaya matahari ataupun bahan kimia. Akibatnya rambut tidak terlihat indah. Untuk menghitamkan rambut kembali, bisa menggunakan lidah buaya sebagai masker rambut.

Caranya:

Ambil satu batang lidah buaya yang besar, potong dan kupas kulitnya kemudian ambil daging atau gel nya dan oleskan ke seluruh rambut serta kulit kepala. Kemudian bungkus dengan handuk hangat. Gunakan sebelum keramas dan bisa dilakukan setiap hari jika Anda mempunyai cukup waktu.

Sponsors Link

2. Memberi Kilau Pada Rambut

Rambut yang hitam saja tidak cukup, tetapi rambut juga harus menunjukkan kilau alaminya sehingga terlihat sangat sehat dan tidak kusam.

Caranya:

Keramas menggunakan campuran sampo buatan sendiri, yaitu mencampurkan lidah buaya dengan cuka apel dan madu. Gunakan secukupnya saja tiap bahan yang dibutuhkan, lalu campur merata sampai adonannya berbentuk menjadi pasta. Pakai campuran ini ke kulit kepala dan seluruh bagian rambut selama setengah jam lalu bisa dibilas dengan air.

3. Melembabkan dan Menghaluskan Rambut

Rambut yang terasa kasar juga merupakan salah satu masalah rambut. Keadaan rambut yang kasar bisa disebabkan karena rambut kering, kurangnya kelembaban pada rambut. Lidah buaya mempunyai manfaat conditioner rambut alami. Keadaan rambut yang kering bisa diatasi dengan lidah buaya yang memiliki sifat melembabkan sebagai cara mengatasi rambut kering secara alami. Rambut kering bisa jadi merupakan salah satu tanda dari bahaya rebonding rambut atau bahaya smoothing rambut.

Caranya menggunakan lidah buaya sebagai kondisioner:

  • Mengoleskan cairan dalam lidah buaya ke rambut. Ambil satu batang lidah buaya, potong dan kupas hingga terlihat cairan atau gel didalamnya. Oleskan cairan tersebut mulai dari akar rambut hingga ke ujung rambut beberapa lama sebelum keramas.
  • Secangkir lidah buaya di campur dengan dua sendok teh kembang sepatu dengan dihancurkan atau diblender agar tercampur merata. Pakai sebagai kondisioner alami sebagai salah satu cara melembutkan rambut.
  • Campur gel lidah buaya dengan seperempat cup minyak kelapa asli. Selain untuk rambut orang dewasa,  manfaat VCO untuk rambut bayi juga berguna untuk merawat rambutnya agar tumbuh sehat dan tebal.

4. Mengatasi Ketombe

Bila rambut sudah rapi dan tertata, tentu sangat mengganggu apabila ketombe masih belum bisa disingkirkan. Ketombe merupakan salah satu penyebab kulit kepala gatal dan bentol, bila sepanjang hari kulit kepala terasa gatal dan ketombe berjatuhan, membuat rasa percaya diri berkurang. Agar bebas dari masalah, cara menghilangkan ketombe dengan cepat perlu dilakukan. Lidah buaya mengandung senyawa antrakuinon yang berfungsi sebagai anti bakteri. Ketombe dapat disebabkan karena serangan bakteri atau virus. Dengan perlindungan dari anti bakteri, tidak perlu khawatir kulit kepala akan mengalami masalah ketombe karena infeksi bakteri. Selain dari manfaat lidah buaya, manfaat garam untuk rambut berketombe dan manfaat cuka apel untuk rambut juga bisa dicoba.

Caranya menggunakan lidah buaya untuk mengatasi ketombe:

Campurkan gel dalam lidah buaya dengan beberapa tetes tea tree oil dan air mawar, lalu pakai di kulit kepala sejam sebelum keramas. Lakukan satu atau dua minggu sekali.

sponsored links

5. Mencegah Rambut Rontok

Tentunya kesal dan cemas ketika sedang keramas dan menyisir mendapati rambut kita ternyata rontok lumayan banyak, karena kerontokan rambut dapat mengarah kepada kebotakan jika tidak ditanggapi secara serius. Rambut rontok yang wajar jika hanya dalam jumlah sedikit. Kerontokan yang melebihi 100 helai sehari memang perlu diwaspadai. Rambut rontok banyak penyebabnya, antara lain karena terlalu sering terkena bahan kimia seperti mengecat rambut. Terlalu sering mengecat rambut dapat menimbulkan resiko bahaya cat rambut yang dapat merusak kondisi rambut kita. Bisa pula karena rambut sering melalui proses smoothing atau rebonding, maka dari itu kenali dulu bahaya smoothing rambut dan bahaya rebonding rambut sebelum memulai prosesnya.

Cara menggunakan lidah buaya untuk rambut rontok :

Ambil lidah buaya yang masih segar lalu kupas dan ambil daging buahnya, gosokkan gel tersebut ke kulit kepala dan seluruh rambut minimal satu jam sebelum keramas.

6. Mengatasi Rambut Berminyak

Rambut berminyak membuat sulit menata rambut sesuai yang kita inginkan. Minyak akan membuat rambut cepat lepek. Produk perawatan rambut yang digunakan terkadang malah membuat minyak di rambut makin berlebih. Fungsi astringent alami pada manfaat aloe vera untuk rambut, dapat mengatasi minyak berlebih. Cara memakainya yaitu bisa dengan menambahkan beberapa tetes jus lidah buaya pada sampo ketika akan dikeramas, atau dengan menggosokkan lidah buaya langsung pada akar rambut sampai ke ujung rambut sebelum keramas. Selain lidah buaya, manfaat lemon untuk rambut juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut berminyak.

7. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Salah satu khasiat yang paling penting dari tanaman lidah buaya yaitu untuk mendorong pertumbuhan rambut. Rambut yang tumbuh sehat dan normal sangat penting agar rambut kita tidak mengalami penipisan dini atau kebotakan, juga untuk menggantikan rambut yang rontok dengan pertumbuhan rambut baru. Akar rambut yang seat memungkinkan rambut tumbuh dengan baik.

Caranya:

Tambahkan satu sendok teh minyak zaitun ke dalam gel lidah buaya yang telah dihancurkan, aduk hingga tercampur lalu pakai di kulit kepala dan seluruh rambut sebelum keramas.

Perawatan dengan lidah buaya merupakan perawatan alami yang sangat murah biayanya dan mudah dilakukan, daripada menggunakan bahan kimia terus menerus untuk rambut Anda dengan mencoba bermacam – macam jenis perawatan rambut di salon, ada baiknya sesekali beralih mencari manfaat dari bahan – bahan alami yang ada di seputar lingkungan kita, seperti juga menggunakan manfaat almond untuk rambut, manfaat masker alpukat untuk rambut, dan manfaat pepaya untuk rambut.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 02nd, June 2016 / 06:40 Oleh :
Kategori : Rambut