Sponsors Link

8 Manfaat Ampas Kopi Untuk Rambut

Sponsors Link

Nama kopi berasal dari bahasa Arab yaitu qahwah yang mempunyai arti kekuatan, karena awalnya kopi digunakan sebagai minuman yang bisa memberi energi tinggi bagi peminumnya. Minuman yang dihasilkan dari seduhan biji kopi yang telah disangrai dan digiling ini sudah sangat dikenal umum bahkan mendunia. Banyak orang yang menyukai minuman berwarna hitam ini untuk menghangatkan tubuh dan terutama untuk membuat kita tetap terjaga karena mengandung kafein di dalamnya. Kopi dipercaya mengandung banyak antioksidan selain kandungan fruit acid, asam organik , lemak, alkaloid, mineral, potasium , magnesium dan besi. Semakin hitam warnanya, maka kandungan antioksidannya semakin tinggi. Bila diminum dalam jumlah yang tepat dan wajar, kopi bisa menurunkan resiko penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan penyakit kardiovaskuler.

ads

Ampas kopi adalah residu yang tertinggal dalam pembuatan minuman kopi. Biasanya setelah meminum kopi, ampasnya akan dibuang begitu saja. Namun ternyata tidak hanya ada manfaat kopi untuk rambut, tetapi ampas kopi juga memiliki manfaat yang besar bagi perawatan rambut, karena itu, mulai sekarang jangan buang ampas kopi Anda. Berikut ini adalah manfaat – manfaat yang bisa didapatkan dari perawatan rambut yang berasal dari ampas kopi:

1. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Sedikit yang mengetahui bahwa kafein mampu menstimulasi pertumbuhan rambut. Manfaat ampas kopi untuk rambut yang diaplikasikan ke kulit kepala hingga merata akan membantu kandungan kafeinnya merangsang akar rambut untuk pertumbuhan yang lebih cepat. Buatlah secangkir kopi atau secukupnya untuk ukuran panjang rambut Anda. Tunggu hingga dingin kemudian gunakan untuk keramas. Siramkan cairan kopi ke kepala dan seluruh rambut, kemudian gosokkan ampasnya ke kulit kepala sambil dipijat. Bilas dan cuci setelahnya. Untuk merangsang pertumbuhan rambut pada anak – anak, manfaat jeruk nipis untuk rambut bisa dicoba.

2. Mengkilapkan Rambut

Tidak hanya ingin hitam, tetapi pasti Anda ingin mempunyai rambut yang mengkilap, mempunyai sinar alami yang sehat. Ampas kopi juga bisa dibuat sebagai masker rambut. Bahan – bahan yang diperlukan adalah seperti di bawah ini:

  • 3 sendok makan ampas kopi
  • Conditioner favorit Anda (gunakan secukupnya untuk mengentalkan)
  • Setengah jeruk lemon
  • 2 butir telur

Campur semuanya hingga rata, lalu pakailah mulai dari seluruh kulit kepala dan rambut. Bungkus dengan handuk atau penutup kepala. Perawatan ini dilakukan sebelum tidur agar efeknya lebih meresap ke rambut. Cuci rambut keesokan harinya, jangan lupa menggosoknya hingga bersih. Disarankan mencucinya dua kali agar bau amis telur bisa hilang. Anda juga dapat merasakan manfaat telur untuk rambut yaitu antara lain melenyapkan ketombe, gatal, dan lain – lain, serta mencoba manfaat air beras untuk rambut.

Sponsors Link

3. Menghitamkan Rambut

Sebagai orang Asia, rambut yang berwarna hitam legam dan berkilau alami adalah yang dianggap indah dan diinginkan setiap orang. Bila Anda merasa warna rambut Anda agak kusam dan kurang berkilau, perawatan dengan ampas kopi bisa dicoba. Anda bisa  mencampur satu sendok makan ampas kopi dengan dua sendok makan kuning telur, tambahkan air hangat, rum dan minyak sayur secukupnya saja. Aplikasikan pada seluruh rambut dan kulit kepala, kemudian bersihkan dan bilas seperti biasa. Itulah cara menghitamkan rambut yang cepat dan mudah dilakukan, kapan saja dan dilakukan di rumah sendiri. Untuk menghambat pertumbuhan rambut putih atau uban, anda bisa mencoba manfaat teh hijau untuk rambut.

4. Menguatkan Akar dan Batang Rambut

Rambut berjatuhan dari kulit kepala bukan hanya karena kerontokan saja. Akar yang tidak kuat serta kondisi batang rambut yang lemah juga menyebabkan rambut mudah patah. Keadaan ini menyulitkan untuk menata rambut, karena tarikan sedikit sudah bisa membuat rambut patah dan rusak. Menggunakan ampas kopi sangat baik untuk memperbaiki kondisi rambut yang seperti ini. Tidak hanya ampas kopi, manfaat timun untuk rambut dan manfaat teh untuk rambut juga sangat baik menguatkan akar serta batang rambut agar tidak mudah patah. Salah satu bahaya smoothing rambut yaitu bisa pula menyebabkan kerapuhan rambut karena pemakaiannya mengandung bahan kimia.

5. Melembutkan Rambut

Rambut yang kasar dan kering seringkali menyulitkan untuk disisir dan ditata. Manfaat conditioner rambut dapat mengatasi masalah berkurangnya kelembaban kulit kepala, yang dapat menyebabkan masalah rambut yang kasar dan kering. Cara melembutkan rambut dengan ampas kopi bisa membantu mengembalikan kondisi rambut. Ampas kopi juga bisa menjadi cara mengatasi rambut kering. Cobalah mencampurkan ampas kopi dengan conditioner favorit Anda,  aplikasikan ke seluruh bagian rambut lalu diamkan beberapa saat sebelum dibilas. Gunakan juga manfaat susu untuk rambut sebagai cara menutrisi rambut Anda.

6. Membersihkan Rambut

Ampas kopi bisa membersihkan rambut melalui kulit kepala. Digunakan sebagai bahan scrub, ampas kopi dioleskan ke seluruh kulit kepala sambil dipijat – pijat perlahan. Setelah itu bilas dengan air dan sampo bila perlu. Kotoran yang tertinggal di kulit kepala akan luruh bersama pijatan ampas kopi ini. Manfaat lemon untuk rambut juga dapat memberikan hasil yang sama dengan ampas kopi, yaitu sebagai scrub kulit kepala. Rambut yang bersih dari segala macam kotoran juga merupakan salah satu manfaat cuci rambut setiap hari.

Sponsors Link

7. Mengatasi Rambut Rontok

Bila rambut terus menerus rontok tentu membuat cemas siapapun yang mengalaminya. Rambut rontok karena akar rambut lemah dan tidak bisa mempertahankan batang rambut di kulit kepala. Penyebabnya sangat banyak mulai dari faktor genetis, kekurangan nutrisi pada kulit kepala, sampai kerusakan rambut karena bahan kimia yang biasa terjadi akibat perawatan di salon, bahaya cat rambut, dan banyak lagi. Salah satu cara mencegah rambut rontok parah dan cara mengatasi rambut rontok yang sudah berlebihan yaitu bisa dengan menggunakan manfaat ampas kopi untuk rambut, sebelum kerontokan ini mengarah kepada kebotakan.

Kafein dalam kopi bisa menghambat produksi DHT (dihidrotestosteron) yang merupakan penyebab malnutrisi pada rambut. Kelebihan DHT ini lambat laun akan menyebabkan penipisan pada rambut. Untuk perawatan alami lainnya, anda juga bisa menggunakan manfaat urang aring untuk rambut rontok dan manfaat alpukat untuk rambut rontok.

8. Mengatasi Ketombe

Ketombe yaitu pengelupasan kulit mati yang sangat berlebihan di kulit kepala. Sel kulit mati yang mengelupas di kulit kepala masih disebut normal apabila mengelupas dalam jumlah sedikit. Jika mengelupas dalam jumlah banyak, bisa jadi ketombe ini merupakan gejala dari penyakit pada kulit kepala seperti seborrhoeic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur bahkan kutu rambut.

Bisa juga terjadi karena penumpukan sebum atau minyak di kulit kepala yang bisa timbul karena makanan yang tidak sehat, sering tidur larut, atau pemakaian sampo yang tidak cocok. Pemakaian ampas kopi di kulit kepala secara teratur sebelum keramas dapat membantu membasmi ketombe pada kulit kepala, sama halnya dengan mempraktekkan cara menghilangkan ketombe  menggunakan manfaat garam untuk rambut berketombe.

Nah, sangat sederhana bukan perawatan dengan ampas kopi ini. Jika Anda sendiri bukan seorang pengonsumsi kopi, hal itu tidak akan menjadi penghalang untuk mencoba perawatan ini. Sebab, kopi adalah minuman universal yang banyak disukai orang. Dalam setiap rumah pasti ada menyimpan persediaan kopi, dan juga kopi tersedia di setiap toko atau warung kecil sekalipun. Hal yang sangat memudahkan apabila Anda ingin membuat kopi untuk dijadikan perawatan rambut.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Monday 27th, June 2016 / 05:37 Oleh :
Kategori : Rambut