Sponsors Link

5 Manfaat Avokad untuk Perawatan Rambut

Sponsored Links

Jika kita mendengar kata ‘avokad’, yang terbayang di benak kita yaitu buah yang lezat dan kaya vitamin. Hanya dengan melihatnya saja, bisa jadi kita akan tergoda untuk menyantapnya baik secara langsung maupun dalam bentuk jus. Akan tetapi, tahukah anda jika avokad itu lebih dari sekedar yang anda bayangkan? Buah ini dipenuhi nutrisi yang sangat penting bagi tubuh seperti vitamin, mineral, dan protein. Semua kandungan tersebut sangat baik bagi kesehatan rambut dan tubuh sehingga sangat disarankan bagi anda untuk memanfaatkannya.

Mengetahui betapa berharganya buah avokad bagi rambut, tentu ini akan menjadi solusi yang sehat dan alami dalam perawatan rambut anda. Anda tidak perlu bersusah payah untuk memanjakan diri anda ke salon secara berkala karena bisa jadi itu hanya akan menghabiskan waktu dan uang anda. Mulai saat ini, mulailah untuk beralih ke perawatan rambut alami dengan menggunakan manfaat avokad untuk rambut anda. (Baca juga: manfaat masker kuning telur)

Berikut ini ada beberapa manfaat avokad untuk rambut anda yang mana anda tidak boleh mengabaikannya.

1. Sebagai Pelembab Alami

Jika anda memiliki masalah rambut kering, mungkin ini adalah salah satu cobaan untuk anda. Bukan berarti bahwa anda harus terus membiarkannya kering karena bisa jadi rambut anda akan rusak. Yang perlu anda lakukan ialah merubah pola hidup anda dengan memberinya perawatan alami dari buah avokad. Buah ini merupakan buah yang paling dibutuhkan berkaitan dengan perawatan rambut serta kulit kepala anda dimana kandungan alaminya telah terbuki efektif dalam merawat rambut kering. Dalam hal ini buah avokad dapat anda sulap menjadi pelembab/conditioner alami rambut kering anda yang kurang perawatan.

Buah avokad mengandung minyak alami yang tidak perlu lagi diragukan keampuhannya dalam melembabkan kulit kepala hingga rambut anda.Hal ini sangat penting untuk diperhatikan dan diaplikasikan ke rambut anda agar nantinya tidak berujung pada permasalahan rambut yang lebih serius seperti kerontokan rambut. Yang anda butuhkan disini hanyalah satu buah avokad saja untuk dibuat menjadi masker anda. Adapun cara-cara pembuatannya yaitu:

  • Lumatkan buah avokad (dagingnya saja) hingga benar-benar lembut.
  • Lumuri seluruh rambut hingga bagian kulit kepala anda dengan masker yang telah lembut tadi selama 15 hingga 30 menit.
  • Bersihkan masker avokad hingga benar-benar bersih tanpa meninggalkan sisa.
  • Keramas dengan menggunakan shampo untuk lebih memastikan sisa-sisa avokad telah meninggalkan rambut anda.
  • Pakailah conditioner untuk menambah kelembaban rambut anda.

(Baca juga: manfaat air beras untuk rambut)

2. Untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Jika anda menginginkan sebuah cara alami untuk merawat rambut serta kulit kepala anda, jangan pernah ragu untuk menggunakan buah avokad. Jika dibandingkan dengan buah-buah lainnya, buah avokad merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan yang paling lengkap. Kandungan mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya bekerja secara alami dalam perawatan kesehatan rambut anda dari berbagai ancaman seperti polusi, radikal bebas serta hal-hal buruk lainnya yang dapat merusak rambut.

sponsored links

Adapun cara pembuatan dan pemakaiannya cukup gampang sebagaimana berikut ini:

  • Tumbuk daging buah avokad hingga benar benar hancur atau blender secukupnya saja.
  • Ratakan daging buah yang telah hancur di seluruh permukaan rambut dan kulit kepala.
  • Biarkan sari-sarinya meresap ke dalam pori-pori rambut dan kulit kepala dalam beberapa saat.
  • Bilas dengan air hingga bersih.
  • Mandi sebagaimana biasanya dan keramaslah.
  • Janga lupa menggunakan conditioner setelah keramas.
  • Bilas conditioner hingga benar-benar bersih.

(Baca juga: manfaat madu untuk kesehatan perawatan rambut)

3. Sebagai Solusi Rambut Bercabang

Rambut bercabang menjadi masalah rambut yang sering menghantui kebanyakan wanita. Karena kesalnya dengan masalah ini, biasanya mereka tanpa pikir panjang dalam mengatasinya seperti dengan cara memotong bagian ujung dari rambut yang bercabang tersebut. Meskipun sudah menjadi kebiasaan dalam kehidupan kita, langkah ini ternyata bukanlah langkah yang benar dalam mengatasinya. Biarpun rambut bercabang tersebut telah anda singkirkan dengan cara memotongnya, bisa dipastikan beberapa hari kemudian rambut akan bercabang kembali sebagaimana sebelumnya.

Sebenarmya anda tidak perlu panik dalam menghadapinya karena yang terpenting adalah bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi rambut bercabang tersebut agar tidak muncul lagi. Untuk itu gunakanlah buah avokad dimana buah ini mengandung minyak alami untuk perawatan rambut bercabang anda. Avokad berkhasiat memperbaiki kondisi ujung rambut serta menjaga kekuatan rambut agar tidak bercabang maupun rapuh. (Baca juga: manfaat almond untuk rambut)

4. Untuk Melebatkan Rambut

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan rambut dan kekuatan rambut yang dapat digunakan secara alami. Jika anda merasa rambut anda kurang lebat yang memungkinkan kulit kepala anda terlihat, cobalah untuk menggunakan avokad untuk mengatasinya. Kandungan nutrisi di dalam avokad bekerja dengan cara merangsang pertumbuhan rambut baru agar dapat memenuhi kepala anda dengan cepat. Tidak hanya itu, rambut-rambut lama yang mudah patah serta mudah rontok akibat rusak pun dapat tergantikan dengan rambut baru yang lebih segar dan sehat. (Baca juga: manfaat pisang untuk rambut)

Sponsors Link

5. Melindungi Rambut dari Sinar Matahari

Hidup di Negara tropis seperti Indonesia dapat memberikan masalah tersendiri bagi rambut karena intensitas sinar matahari yang tinggi. Jika sinar matahari tersebut terus menerus mengenai rambut, hal ini bisa menjadi kabar buruk bagi anda karena radiasinya yang berbahaya berpotensi menyebabkan kerusakan rambut. Meskipun sulit dihindari, alangkah baiknya anda untuk memberikan perlindungan khusus secara alami untuk rambut anda, salah satunya dengan menggunakan buah avokad. (Baca juga: manfaat mengkudu untuk perawatan rambut)

Resep Pembuatan Masker Avokad untuk Rambut

Sebelumnya anda telah mengetahui bagaimana cara-cara sederhana membuat masker avokad untuk rambut. Untuk lebih memaksimalkan khasiat dari buah tersebut, anda dapat mempertimbangkan resep berikut.

  • Tumbuk halus buah alpukat (1/2 saja untuk rambut pendek dan 1 buah untuk rambut panjang).
  • Tambahkan minyak zaitun sebanyak 1/ cangkir serta minyak almond sebanyak ¼ cangkir kemudian aduk hingga merata. Banyaknya minyak zaitun dan minyak almond dapat dilipatgandakan jika rambut anda panjang.
  • Basahi seluruh rambut anda jika akan memakai masker rambut. Caranya yaitu dengan melumuri rambut anda yang telah basah dengan menggunakan masker avokad buatan anda. Ratakan pada semua bagian rambut mulai dari kulit kepala sampai ujung rambut.
  • Biarkan masker tersebut bekerja dengan sendirinya selama sekitar 20 menit. Jika kulit kepala anda cenderung kering dan mengelupas anda dapat membantunya dengan pijatan lembut.
  • Setelah mencapai 20 menit, bersihkan lalu keramas dengan shampo dan pakailah conditioner setelahnya.

(Baca juga: manfaat cuka untuk rambut)

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Thursday 09th, June 2016 / 03:34 Oleh :
Kategori : Rambut