Sponsors Link

6 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Rambut

Sponsors Link

Apel memiliki berbagai jenis. Ada yang berwarna merah, hijau, hijau kekuningan, dan merah kekuningan. Buah ini bisa ditemui di berbagai musim. Apel memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan merupakan nutrisi yang berguna untuk memperbaiki sel yang rusak dan memicu pertumbuhan sel baru. Oleh karena itu buah apel sangat bagus dikonsumsi. Namun tahukah anda jika ternyata buah apel juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan rambut? Ya, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa buah apel mampu menjaga rambut tetap dalam kondisi sehat. Apa saja manfaatnya? Mari kita simak ulasan berikut ini!

ads

1. Apel dapat cara mengatasi rambut rontok

Rambut rontok merupakan masalah yang menjengkelkan. Banyak orang menyerah untuk mengatasi masalah rambut rontok setelah mencoba berbagai cara namun tidak juga berhasil. Jika anda salah satunya, sudahkan anda menggunakan manfaat dari buah apel? Apel yang tidak dikupas mengandung procyanidin B-2 dan biotin. Senyawa alami ini berfungsi dalam mengikat protein sehingga dapat memicu pertumbuhan rambut. Terlebih lagi, apel dapat menguatkan akar rambut sehingga dapat cara mencegah rambut rontok parah.

Cara konsumsinya, anda bisa langsung memakan satu buah apel setiap hari. Jika anda bosan, buah apel tersebut juga bisa dibuat sebagai minuman berupa jus asalkan tanpa mengupas kulitnya. Ekstak biji apel juga menjadi nutrisi yang penting dalam merangsang pertumbuhan rambut. Ekstrak biji apel ini bisa anda temukan pada produk sampo.

2. Apel dapat mengatasi kulit kepala kering

Kesehatan kulit kepala adalah faktor yang menentukan kondisi rambut anda. Buah apel mengandung senyawa yang dapat melindungi kulit kepala dari efek buruk sinar matahari yang berupa UVB sehingga mampu menjaga kelembaban kulit kepala dan mencegahnya menjadi kering. Selain itu, debu, kotoran, dan radikal bebas dapat menjadi penyebab kulit kepala gatal dan bentol. Kulit kepala yang bermasalah dapat memicu terjadinya rambut rontok. Anda juga bisa mencoba perawatan rambut dengan cuka apel. Salah satu manfaat cuka apel untuk rambut adalah mengatasi kulit kepala kering.

3. Apel dapat mengatasi ketombe

Ketombe adalah masalah umum yang sering dihadapi. Terlebih ketika anda banyak berkegiatan di luar ruangan dengan terik matahari langsung mengenai kepala. Ketombe muncul karena kotoran yang tertinggal di kulit kepala, keramas yang tidak bersih, ataupun faktor stres. Buah apel memiliki kandungan serat bernama pyrus malus. Jenis serat ini dapat berfungsi sebagai penyeimbang kadar pH pada rambut dan membantu membersihkan kotoran dari kulit kepala sehingga anda bisa terbebas dari ketombe. Bagaimana cara menghilangkan ketombe dengan buah apel? Anda bisa langsung mengaplikasikan jus apel sebagai bilasan terakhir setelah anda melakukan keramas.

Sponsors Link

4. Apel merawat rambut panjang

Anda mencari cara merawat rambut agar cepat panjang? Rambut panjang yang indah sering menjadi impian banyak orang. Rambut terutama bagi wanita adalah penunjang penampilan paling utama. Jika anda ingin memiliki rambut panjang, mungkin anda harus melakukan perawatan lebih untuk mendapatkannya. Tapi terkadang kesibukan membuat kita lupa untuk merawat rambut. Biaya yang tidak sedikit juga sering kita habiskan untuk memberikan perawatan ekstra pada rambut kita.

Namun sudahkan anda menggunakan buah apel sebagai bahan untuk perawatan rambut anda? Kandungan dalam nutrisi buah apel mampu merawat rambut anda tetap sehat dan bebas dari berbagai masalah. Anda bisa mendapatkan manfaat hair mask dengan buah apel sebagai salah satu cara melembutkan rambut dan cara merawat rambut agar tidak bercabang sehingga rambut bebas masalah dan dapat tumbuh panjang dengan indah. Caranya? Gunakan kulit apel yang sudah diblender sebagai masker rambut anda. Manfaat kulit apel untuk perawatan rambut memang tidak diragukan lagi.

5. Apel dapat membuat rambut menjadi hitam berkilau

Selain dapat menyebabkan berbagai masalah rambut seperti kulit kepala kering dan ketombe, efek buruk sinar matahari adalah dapat menyebabkan warna rambut menjadi kusam dan tidak berkilau. Radikal bebas yang kita dapatkan dari kegiatan sehari-hari pun dapat menyumbang kekusaman pada rambut. Buah apel dapat memberikan perawatan pada rambut sehingga anda bisa mendapatkan kilau alaminya kembali. Cara menghitamkan rambut dengan buah apel adalah dengan menggunakan buah apel yang telah dihaluskan sebagai masker.

6. Apel mencegah dan menghilangkan uban

Uban bisa tumbuh pada usia kapan saja. Tidak hanya dimiliki oleh orang-orang berusia tua, namun generasi muda pun dapat memiliki uban di sela-sela rambut hitamnya. Hal ini pasti akan sangat mengganggu penampilan dan membuat kita menjadi tidak percaya diri. Berbagai faktor dapat menjadi penyebab tumbuhnya uban. Selain bisa berasal dari keturunan, faktor tersebut antara lain kesehatan kulit kepala, kekurangan gizi, dan stres. Cobalah untuk mengatasi uban yang tumbuh di sela-sela rambut hitam anda dengan menggunakan buah apel yang telah dihancurkan. Kandungan polifenol dalam buah apel mampu meningkatkan kesehatan rambut dan memberikan warna yang hitam berkilau.

Manfaat Buah Apel untuk Kecantikan Lainnya

Selain memberikan berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan rambut, buah apel juga memberikan banyak manfaat dalam kehidupan kita. Apel mengandung berbagai nutrisi yang baik. Buah yang memiliki nama latin malicus domestica ini, tidak memberikan efek samping meski dikonsumsi dalam jumlah yang banyak sekalipun. Jadi bagi anda yang sangat menyukai apel, anda bisa tetap aman mengkonsumsinya. Lalu apa saja manfaat lain dari buah apel?

Sponsors Link

1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Selain aromanya yang khas, buah ini memiliki banyak kandungan air sehingga memberikan efek yang menyegarkan. Banyak olahan yang bisa dihasilkan dari bahan utama buah apel. Olahan tersebut di antaranya: sirup, manisan, selai, cuka apel, dan pai. Kandungan antioksidan buah apel berupa senyawa flavonoid, polifenol, dan vitamin C. Oleh karena itu buah apel dapat melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus. Kandungan lain yang sangat bermanfaat adalah vitamin A berupa beta-karoten yang berfungsi menurunkan kolesterol dan mampu melawan pertumbuhan sel kanker. Selain itu apel berperan dalam mencegah beberapa penyakit seperti asma, alzeimer, katarak, dan wasir.

2. Memutihkan gigi

Gigi yang putih dapat menunjang kepercayaan diri anda. Namun faktor makanan dan gaya hidup seperti merokok atau meminum kopi sering menjadi penyebab gigi menjadi berubah warna kekuningan. Ternyata, buah apel mampu membuat gigi anda menjadi lebih putih kembali. Bagaimana caranya? Saat mengunyah apel, buah ini menjadi berfungsi seperti sikat gigi. Cuka apel juga bisa menjadi pilihan yang bisa anda gunakan untuk memutihkan gigi. Jika anda secara rutin menggunakan apel sebagai pemutih gigi, mendapatkan gigi yang putih bukanlah hal yang mustahil.

3. Menurunkan berat badan

Anda ingin memiliki berat badan yang ideal? Konsumsilah satu buah apel per hari. Apel, terutama apel hijau memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga tidak akan menabah berat badan anda. Sebaliknya, anda tidak akan merasa lapar setelah mengonsumsi buah apel karena kandungan seratnya yang tinggi. Buah apel dapat digunakan sebagai menu sarapan dalam diet anda.

4. Perawatan wajah

Buah apel memiliki berbagai manfaat dalam merawat wajah anda. Anda memiliki masalah dengan jerawat, kulit kusam karena sinar matahari, noda hitam, dan kerutan? Gunakanlah masker berbahan dasar buah apel sebagai solusinya. Buah apel mampu menghilangkan jerawat, membersihkan pori-pori kulit, mengangkat sel kulit mati, melembabkan kulit, mencerahkan, dan menghilangkan kerutan pada wajah.

Kini anda sudah memahami berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari buah apel. Apel yang segar dapat menujang kecantikan anda baik pada segi wajah,  rambut, kulit hingga kecantikan dari dalam karena tubuh yang sehat dan ideal. Mulai sekarang janganlah ragu untuk memasukkan buah apel dalam menu makanan sehari-hari anda. Sekian info kali ini dan semoga memberikan manfaat.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 18th, May 2016 / 12:05 Oleh :
Kategori : Rambut