12 Manfaat Buah Mengkudu untuk Rambut dan Kulit

Tanaman yang banyak tumbuh di daerah Asia Tenggara dan Australasia ini disebut Morinda citrifolia, atau yang bahasa Inggrisnya adalah noni dan lebih kita kenal dengan mengkudu. Tanaman inilah asal dari jus noni atau jus mengkudu. Ia juga dikenal sebagai Indian mulberry atau aal dalam bahasa India. Harusnya Anda mengetahui keberadaan buah mengkudu ini karena jusnya kerap digunakan sebagai pengobatan. Namun kami akan membahasnya sepintas sebelum memasuki topik utama yaitu manfaat mengkudu untuk rambut.

Sejarah Buah Mengkudu

Tanaman ini sebenarnya merupakan bagian dari famili tumbuhan kopi, buahnya sendiri memiliki permukaan yang tidak rata dan berwarna kuning keputihan. Buah ini juga kerap disebut sebagai “kado dari Pele” karena berasal dari area yang dilalui oleh lava gunung berapi. Orang Hawaii kuno percaya bahwa Kilauea adalah rumah bagi Pele, Dewi Vulkanik. Penduduk lokal amat menghargai setiap letusan gunung berapi yang terjadi dan menganggapnya sebagai hadiah dari Pele.

Jadi apakah sebenarnya yang membuat buah mengkudu terkenal? Bagi kaum Polynesia yang hidup lebih dari 2000 tahun lalu, seluruh bagian buah mengkudu dapat dimanfaatkan. Mereka meyakini bahwa buah mengkudu memiliki manfaat bagi kesehatan karena kemampuan analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi.

Sejak sekitar dua dekade lalu pun jus mengkudu mulai dikomersilkan di seluruh bagian dunia karena diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain dalam bentuk jus, buah mengkudu juga dijual dalam bentuk kapsul. Dalam dosis kecil saja ia dapat memberi manfaat bagi kesehatan dengan meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca juga: manfaat alkohol untuk perawatan rambut – manfaat hair mask untuk rambut

Selain untuk kesehatan, ternyata buah mengkudu juga bermanfaat bagi kecantikan. Dan tidak hanya kecantikan kulit, namun bagi kecantikan rambut pula. Anda belum tahu banyak mengenai hal ini? Simak terus artikel ini dan temukan jawabannya.

Manfaat Buah Mengkudu untuk Rambut

1. Baik untuk kulit kepala

Kandungan buah mengkudu baik untuk kondisi kulit kepala yang mungkin terdapat masalah, seperti eksim dan cacing pita. Untuk mendapatkan rambut yang baik, Anda bisa pula menggunakannya pada kulit kepala, cukup dengan mengoleskan jus mengkudu pada bagian kulit kepala yang mengalami masalah, biarkan selama 15 menit, lantas bilas kepala hingga bersih.

Baca juga: penyebab kulit kepala gatal dan bentol – manfaat cuci rambut setiap hari – cara merawat rambut agar cepat panjang

2. Melawan rambut rontok dan kebotakan

Ada beberapa alasan yang menyebabkan rambut rontok pada usia tertentu, mulai dari keturunan, nutrisi yang buruk, hingga masalah pada kulit kepala. Kandungan pada buah mengkudu yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang mengalami kerontokan rambut atau kebotakan. Vitamin dan mineral yang terdapat di dalam buah mengkudu akan meningkatkan sirkulasi, sehingga berujung pada kesehatan rambut dan kulit kepala. Meminum jus buah mengkudu dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, terutama bagi Anda yang mengalami kebotakan dini. Banyak pula pasien kanker yang direkomendasikan untuk mengonsumsi jus mengkudu agar menyehatkan kembali folikel rambut setelah menjalani kemoterapi.

Baca juga: cara mencegah rambut rontok parah –  manfaat jeruk nipis untuk rambut

3. Penyembuh ketombe dan kutu rambut

Jus mengkudu telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai pengobatan pada permukaan kulit untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit kepala, termasuk untuk kutu rambut dan ketombe. Gigitan kutu rambut sering memicu infeksi pada kulit kepala. Jus mengkudu yang memiliki kandungan antibakteri dan antivirus alami dapat melawan infeksi tersebut. Kulit kepala yang kering juga merupakan penyebab utama munculnya ketombe. Jus buah mengkudu dapat menjaga kondisi kulit kepala dengan meningkatkan sirkulasi peredaran darah pada kulit kepala.

Baca juga:  cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya – cara menghilangkan ketombe –  manfaat garam untuk rambut berketombe

4. Menghitamkan rambut

Anda bisa mendapatkan rambut yang hitam dengan menggunakan cat rambut berbahan dasar buah mengkudu yang dijual di pasaran. Banyak yang telah membuktikannya. Atau Anda bisa menggunakan campuran buah mengkudu dan beberapa lembar pandan yang telah direbus. Diamkan rebusan daun pandan tersebut semalaman dan campurkan dengan mengkudu, baru gunakan pada rambut Anda. Bersihkan setelah mendiamkannya pada rambut selama 10-15 menit.

Baca juga: Cara menghitamkan rambut secara alami – Cara menghitamkan rambut

Cara Membuat Jus Mengkudu

Cara yang akan kami paparkan merupakan cara tradisional dalam menyiapkan jus mengkudu adalah dengan menyimpannya dalam wadah tertutup dan membiarkannya mengalami fermentasi. Lantas tambahkan air agar pulp atau ampas buah terpisah. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat jus mengkudu dengan benar:

1. Sterilkan terlebih dahulu wadah toples (jar) besar yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan toples dari kaca atau plastik yang food grade dan isi dengan air panas bersabun. Biarkan selama 5 menit dan gosok toples dengan spons bersih. Sesuaikan ukuran toples dengan seberapa banyak buah mengkudu yang akan difermentasi.

2. Pilih buah mengkudu yang matang, yakni yang berwarna kuning keoranye-oranyean seperti madu. Pilih buah mengkudu yang tepat, sebelum warnanya berubah menjadi benar-benar putih.

3. Bilas buah mengkudu di bawah air mengalir untuk menyingkirkan segala macam kotoran dan debu yang menempel. Lantas keringkan buah tersebut di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Bila buah sudah terasa empuk, ia akan mulai mengeluarkan aroma tidak sedap. Inilah saat di mana buah sudah bisa mulai difermentasi.

4. Tempatkan buah mengkudu dalam toples yang telah disiapkan tadi dan tutup toplesnya rapat-rapat. Fungsi penutupan ini amat penting dalam proses fermentasi karena bila toples terbuka, isinya akan terkontaminasi. Toples yang digunakan pun harus cukup besar agar gas yang terbentuk selama proses fermentasi tidak menyebabkan tekanan yang membahayakan, sehingga masih dapat mengalir di tempat antara tutup dan toples.

5. Proses fermentasi dapat berlangsung selama 6-8 minggu dengan menempatkan toples di bawah sinar matahari. Dengan cara begini, jusnya akan keluar dari buah mengkudu secara alami. Jus tersebut akan berwarna kekuningan dan akan menggelap seiring dengan berjalannya waktu.

6. Langkah selanjutnya adalah menyingkirkan ampas buah mengkudu dan “sampah” campuran lainnya dengan menyaring jus menggunakan saringan pada toples lain yang juga telah disterilkan.

7. Anda bisa saja langsung meminum jus ini (unpasteurized juice). Ia akan cenderung tahan lama dan lebih aman. Tempatkan toples kedua berisi jus yang telah disaring ini pada wadah yang berisi air mendidih, tinggi air harus setara dengan penuhnya jus, namun jangan sampai setinggi mulut toples. Bila suhu air telah mencapai 80 derajat Celsius, biarkan jus mengkudu selama 30 menit.

8. Periksa kadar pH jus mengkudu dengan kertas litmus yang dapat Anda temukan di toko alat kesehatan. Jus mengkudu yang difermentasi dengan tepat tidak akan memiliki pH lebih tinggi dari 3,5. pH yang tinggi menandakan bahwa jus terkontaminasi.

9. Jus mengkudu melalui proses fermentasi ini dapat disimpan dalam suhu ruangan dalam waktu yang lama, namun menyimpannya dalam kulkas akan membuatnya lebih segar.

10. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, jus mengkudu cukup dikonsumsi dalam jumlah kecil (satu sloki) sebelum makan, atau pada saat perut kosong.

Baca juga: Penyebab rambut gatal – manfaat ampas kopi untuk rambut

Manfaat Lain untuk Kulit

Buah mengkudu juga memiliki efek positif bagi kulit Anda karena ia kaya akan vitamin C. Mengonsumsi jus buah mengkudu secara teratur setiap hari juga terbukti dapat mengatasi beberapa macam masalah kulit seperti jerawat, kulit kering, bahkan spot hitam pada kulit.

1. Antipenuaan

Antioksidan berupa vitamin C dan zat kimia alami lainnya yang terdapat pada buah mengkudu terbukti dapat menutrisi sel-sel, jaringan tisu serta organ, melawan radikal bebas, dan membalikkan efek dari proses penuaan dan polusi. Jus buah mengkudu juga mengandung selenium yang merupakan antioksidan penting, serta menemukan elemen yang menjaga elastisitas kulit, sehingga dapat menghambat proses penuaan.

2. Perawatan alami bagi jerawat

Buah mengkudu memiliki kandungan antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus yang baik. Ditambah antioksidan berupa vitamin C yang telah kami sebutkan sebelumnya, dapat membantu melawan radikal bebas yang memicu kerusakan oksidatif dan menyebabkan jerawat. Saat radikal bebas berhasil dijinakkan, jerawat juga akan sembuh. Peradangan dan kemerahan yang timbul akan mereda, serta komponen antibakteri dan antivirus dalam buah ini mencegah infeksi lebih lanjut. Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan buah mengkudu secara topikal pada kulit juga dapat mencegah muncul bekas atau spot hitam akibat jerawat pada wajah.

Baca juga: manfaat anggur untuk rambut – manfaat timun untuk rambut.

3. Antiperadangan

Kandungan antiinflamasi alias antiperadangan pada jus buah mengkudu membuatnya ampuh mengatasi beberapa kondisi kulit. Ia dapat mencegah alergi, mengatasi bintik-bintik merah dan gatal, reaksi alergi pada kulit dan masalah dermatologi lainnya dengan melakukan pengobatan pada level sel. Anda bahkan bisa menggunakan jus buah mengkudu secara topikal pada untuk mengatasi beberapa masalah kulit seperti herpes, luka bakar, atau kulit yang terbakar akibat sinar matahari (sunburn).

Meskipun jus buah mengkudu diklaim memiliki banyak nutrisi, produk-produk yang dijual secara komersil memiliki banyak varian dan tampilan yang berbeda. Buah mengkudu ini sejatinya tidak enak untuk dikonsumsi karena rasanya yang pahit, sehingga produk-produk yang dijual di pasaran pasti telah diberi pemanis buatan dan diproses sedemikian rupa agar rasanya sesuai dengan selera pasar. Ada yang dijual tanpa pemanis (unsweetened), diberi pemanis (sweetened), dicampur dengan jus anggur atau jenis jus berry lainnya, atau bahkan dalam bentuk bubuk yang dapat dicampur dengan air atau jus lainnya.

Hal tersebut tentu berimbas pada nilai nutrisi alami yang dikandung oleh buah tersebut. Pemanis buatan dan bahan pengawet dapat menahan efek buah mengkudu pada tubuh Anda atau bahkan membuatnya berlebihan. Bila Anda ingin merasakan manfaat asli buah mengkudu, baik rambut dan kulit, konsumsilah jus buah mengkudu dalam bentuk yang paling murni karena ia memiliki lebih banyak nutrisi alami yang tidak hilang saat diproses. Jus buah mengkudu merupakan salah satu rahasia yang dapat membuat Anda hidup lebih lama dan membuat Anda tampak lebih cantik.

Artikel terkait: