Sponsors Link

9 Manfaat Conditioner Bagi Rambut

Sponsors Link

Seperti manusia, rambut juga membutuhkan makanan agar tetap indah dan sehat. Kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi demi kesehatan dan kecantikan rambut kita. Dengan kata lain, kecantikan alami dapat dipengaruhi oleh apa saja yang kita makan sehari-hari. Tidak hanya perawatan dalam, tetapi juga perawatan luar supaya rambut indah dan sehat juga sangat penting. Salah satunya yaitu dengan menggunakan conditioner rambut yang tepat. Oleh karena itu, artikel ini akan menguraikan hal-hal penting berkaitan dengan conditioner rambut, termasuk di dalamnya manfaat conditioner rambut dan tips memilih conditioner rambut.

ads

Salah satu alasan pentingnya penggunaan conditioner rambut yaitu banyaknya manfaat yang didapat sebagai perawatan rambut kita. Dari banyaknya manfaat tersebut, ada beberapa manfaat penting yang akan kita peroleh. Beberapa manfaat conditioner untuk rambut tersebut diantaranya :

1. Pengganti Minyak Alami Rambut

Kandungan deterjen dalam shampo memang befungsi membersihkan segala kotoran tetapi minyak alami pada rambut pun ikut hilang. Conditioner berperan menggantikan banyaknya minyak alami yang hilang akibat penggunaan shampo. Minyak alami yang digantikan oleh conditioner memiliki kadar yang rendah yang berfungsi melindungi tiap helai rambut. Tentunya, ini akan mencegah terjadinya kekeringan pada rambut setelah keramas.

2. Pengatur Kutikula Rambut agar Lebih Indah dan Rapi

Baik rambut maupun kuku terbuat dari unsur yang sama. Kalau diperbesar dengan menggunakan mikroskop, setiap helai rambut tersusun dari kutikula yang berbentuk seperti sisik ikan dengan susunan yang rapi. Kutikula rambut tersebut akan mencuat sehingga tidak rapi akibat penggunaan shampo berbahan kimia. Hal ini akan mengakibatkan tekstur rambut terasa kusam dan kasar. Dengan menggunakan conditioner, kutikula rambut akan tersusun rapi kembali. Hasilnya, rambut anda akan menjadi semakin lembut serta mudah diatur .

3. Pengembang dan Pelindung Rambut

Beberapa kondisioner dibuat tidak hanya agar rambut nampak berkilau, tetap memberikan volume agar rambut menjadi lebih mengembang. Di samping itu, beberapa merek kondisioner yang beredar saat ini menambahkan formula yang berfungsi memberikan perlindungan menyeluruh dari terpaan sinar matahari dan panas peralatan rambut, serta dari bahaya radikal bebas.

4. Penambah Kilau Rambut

Jika ingin memiliki rambut yang indah nan berkilau, conditioner bisa menjadi solusinya. Kandungan conditioner telah diformulasikan untuk membuat rambut basah, hitam dan berkilau. Di samping itu, kilau yang dihasilkan tampak lebih lama daripada hanya menggunakan shampo tanpa conditioner.

5. Pencegah Kerusakan Rambut

Banyak sekali faktor yang bisa membuat rambut rusak di antaranya sinar matahari, polusi, terlalu sering mencatok dan mengikat rambut. Dibutuhkan perawatan yang baik untuk mejaganya tetap sehat meskipun anda tetap beraktivitas di luar. Conditioner berperan penting untuk merawat kesehatan rambut anda dengan menyuplai protein dan nutrisi pada rambut setiap kali anda berurusan dengan sinar matahari, polusi dan sebagainya. Untuk mencegah kerusakan rambut anda secara alami cobalah juga dengan manfaat pepaya untuk rambut.

6. Pelembab Kulit Kepala

Sesuai namanya, conditioner disebut sebagai pelembab rambut karena fungsinya memberikan kelembaban, tidak hanya pada rambut tetapi juga pada kulit kepala. Jika kulit anda kelembabannya terjaga dan tidak kering, beberapa masalah rambut seperti ketombe dan rambut rusak dapat diatasi.

Sponsors Link

7. Pencegah Rambut Kusut

Rambut kusut merupakan masalah serius bagi sebagian besar dari kita karena membuat tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Untuk mencegahnya, conditioner bisa dimanfaatkan karena sifatnya yang dapat melumasi rambut serta merapikannya. Selain penggunaan produk conditioner untuk pencegahan rambut kusut, cobalah membaca manfaat pisang untuk rambut.

8. Pencegah Kerontokan Rambut

Rambut yang tak terawat cenderung kering dan kekurangan nutrisi. Akibatnya, akar rambut menjadi lemah sehingga rentann terjadinya kerontokan. Dengan adanya vitamin E, minyak esensial ataupun protein yang terkandung dalam conditioner, rambut menjadi lebih kuat dan kerontokan dapat dicegah. Ini sangat baik untuk mencegah kebotakan jika digunakan dalam jangka panjang. Jika rambut anda sudah mengalami kerontokan dan hampir botak, anda bisa memanfaatkan minyak kemiri yang mana cara cara membuat minyak kemiri sangat mudah.

9. Penjaga Elastisitas Rambut

Rambut yang elastis sangat mudah diatur dan disisir, baik dengan jari maupun dengan sisir. Rambut yang demikian tentu merupakan rambut sehat karena mendapatkan asupan nutrisi rambut yang baik. Disini, conditioner berfungsi memenuhi kebutuhan rambut terhadap suplai nutrisi sehingga rambut akan tetap elastis.

Setidaknya, itulah beberapa manfaat yang akan anda dapatkan dari penggunaan conditioner. Dengan begitu, kondisioner menjadi kebutuhan dasar yang harus terpenuhi untuk menjaga penampilan anda. Jika anda ingin mencoba conditioner alami cobalah dengan manfaat masker alpukat untuk rambut.

Tips Memilih Conditioner yang Baik

Conditioner tersedia dalam banyak varian dari berbagai merk dan komposisi, misalnya saja conditioner dari buah-buahan. Akan tetapi, anda harus jeli dalam memilih jenis conditioner terbaik untuk rambut anda.Tidak semua rambut berkebutuhan sama yang mana terdapat juga jenis rambut berkebutuhan khusus. Jadi, langkah-langkah dasar yang perlu anda tempuh dalam memilih conditioner yaitu:

  • Mengenali jenis rambut untuk disesuaikan dengan kondisioner yang akan anda pakai.
  • Memastikan bahwa anda tidak alergi terhadap produk kondisioner.

Pemilihan Conditioner Berdasarkan Jenis Rambut

Berikut adalah beberapa jenis kondisioner yang tepat berdasarkan jenis rambut yang anda miliki.

  • Rambut jenis keriting, yang mana jenis ini cocok dengan conditioner berbahan minyak. Alasannya, dengan adanya kandungan minyak di dalamnya, rambut anda tidak akan nampak terlalu keriting.
  • Rambut kering, yang mana jenis ini juga memerlukan conditioner berbahan minyak agar rambut Nampak lebih halus.
  • Rambut berminyak, yang mana jenis ini mengharuskan anda memilih conditioner yang bersifat melembabkan. Salah satu contoh pelembab yang dimaksud yaitu pelembab yang memiliki kandungan panthenol yang dapa tmembuat ketebalan rambut anda bertambah setiap harinya.
  • Rambut berwarna, yang mana jenis ini memerlukan perhatian khusus. Gunakan conditioner khusus untuk rambut berwarna agar rambut anda tidak kehilangan kelembaban dan tidak mudah patah. Di samping itu, anda perlu membaca bahaya cat rambut jika hendak mewarnai rambut.

Tips Penggunaan Conditioner yang Benar

ads
Setelah anda mendapatkan conditioner rambut yang seusai jenis rambut anda, hal yang tak kalah pentingnya untuk diperhatikan yaitu penggunaan conditioner secara tepat.Hal ini sangat krusial dalam perawatan rambut anda jika ingin mendapatkanh asil yang maksimal.Berikut telah kami rangkum beberapa langkah penggunaan kondisinor yang tepat.

  1. Sediakan kondisioner yang cocok untuk jenis rambut yang anda miliki.
  2. Siramlah rambut anda dengan air hangat agar pori-pori rambut anda terbuka.
  3. Gunakan shampoo yang tepat terlebih dahulu.
  4. Gunakan conditioner pada rambut anda dengan memulainya dari bagian ujung rambut. Alasannya, ujung rambut adalah bagian tertua rambut sehingga anda dapat lebih focus pada bagian tersebut untuk hasil yang lebih baik dan maksimal.
  5. Ratakan conditioner secara menyeluruh pada rambut anda.
  6. Diamkan selama 10 menit.
  7. Bilaslah dengan air dingin supaya pori-pori rambut anda kembali tertutup.

Selain itu, yang perlu anda perhatikan yaitu waktu penggunaan conditioner yang tepat. Sebaiknya anda tidak menggunakan conditioner setiap hari. Frekuensi ideal penggunaan kondisioner yaitu 2 kali seminggu setelah shampoan. Bagi anda yang tidak ingin terlalu ribet dan lebih memilih pergi ke salon untuk perawatan rambut, baca juga  jenis perawatan rambut di salon.

Tips Penggunaan Conditioner RambutAgar  Rambut Tidak Lepek

Penggunaan conditioner yang tidak benar dapat mengakibatkan rambut lepek. Ada beberapa tips yang dapat anda coba, yang di antaranya:

  • Pilih Conditioner yang Sesuai dengan Rambut

Anda tidak boleh sembarangan memilih conditioner karena dapat membuat rambut anda menjadi lepek. Jika rambut anda berminyak pada bagian kepalaynya, gunakanlah krim conditioner yang agak cair. Alasannya, semakin pekat conditioner yang anda pakai, maka semakin banyak kandungan minyak di dalamnya. Akibatnya rambut akan menjad lepek dan lembek.

  • Gunakan Conditioner pada Setengah Bagian dari Rambut Anda

Ini merupakan solusi agar rambut anda tidak lepek karena rambut akan lepek jika kondisi kulit kepala terlalu lembab. Caranya yaitu dengan membuat posisi rambut seperti kuncir kuda, lalu beri jarak antara kulit kepala dan rambut. Usahakan agar kulit kepala tidak terkena conditioner karena dapat menyebabkan kulit kepala gatal dan rambut lepek.

  • Gunakan Sisir Bergerigi Jarang untuk Meratakan Conditioner di Rambut

Untuk meratakan conditioner ke seluruh bagian rambut, perlahan sisir rambut anda setelah penggunaan conditioner. Selain itu, sangat dianjurkan untuk menyisir tepat sebelum keramas supaya pemakaian shampoo dan conditioner dapat menjangkau seluruh bagian rambut.

  • Bilas Conditioner hingga Bersih

Pembilasan merupakan tahap akhir dalam penggunaan conditioner. Usahakan untuk membilas hingga bersih tanpa ada sisa-sisa conditioner di rambut.

Jika semua cara yang telah diuraikan di atas tidak maksimal, pakailah kondisioner tanpa membilasnya. Dengan demikian, rambut anda akan lebih sehat dan terlindungi dan pastinya tanpa lepek. Biasanya, penggunaan conditioner tanpa bilasan mempunyai kandungan yang memang lebih ringan. Ini akan cocok pada semua jenis rambut yang berminyak.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 30th, May 2016 / 04:27 Oleh :
Kategori : Rambut