3 Manfaat Cuka Apel untuk Rambut – Kering – Kusam – Berketombe

Sponsored Links

Kebanyakan orang di Indonesia memang lebih sering mengkonsumsi apel dalam bentuk buah atau dibuat menjadi jus. Namun, tahukah anda bahwa apel juga bida diolah menjadi cuka? Ya, cuka apel merupakan salah satu jenis olahan dari buah apel. Lain halnya dengan cuka pada umumnya yang tidak kaya akan nutrisi, cuka apel memiliki mineral dan nutrisi yang relatif lengkap dan baik bagi kesehatan tubuh. Adapun beberapa kandungan nutrisi dalam cuka apel meliputi asam amino, kalium (potasium), magnesium, kalsium, vitamin, beta karoten, zat asam, enzim, dan pektin.

Berbagai kandungan nutrisi yang ada dalam cuka apel sangat baik untuk kesehatan tubuh. Seperti beta karoten, sangat baik untuk mencegah penyakit kanker karena merupakan salah satu antioksidan alami. Kandungan kalsium dalam cuka apel juga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jika cuka pada umumnya dapat menimbulkan gangguan pencernaan, maka lain halnya dengan cuka apel. Cuka apel justru baik untuk sistem pencernaan karena mengandung enzim dan pektin yang akan meningkatkan kelancaran proses pencernaan. Jika jenis cuka yang lain akan menyebabkan asam di tubuh kita, maka lain halnya dengan cuka apel. Cuka apel mengandung berbagai zat yang justru akan membentuk zat basa dalam tubuh kita, dengan kata lain, cuka apel akan membantu menjaga keseimbangan asam-basa dalam tubuh kita.

Manfaat Cuka Apel untuk Rambut

Cuka apel memang kaya akan manfaat, terutama untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Namun, manfaat cuka asam ternyata bukan hanya untuk bagian dalam tubuh kita saja. Ternyata cuka apel bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut. Jadi bagi Anda yang memiliki masalah dengan rambut seperti rambut kusam, rontok, atau ketombe maka Anda wajib membaca resep cuka apel untuk kesehatan rambut berikut ini :

1. Menghilangkan Ketombe

Apakah kulit kepala Anda berketombe meskipun sudah rajin membersihkannya? Jika ya, maka Anda dapat menggunakan ramuan yang terbuat dari cuka apel untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala Anda. Ketombe pada dasarnya terbentuk karena adanya kototran atau karena kulit kepala Anda sensitif. Bagi ANda yang berketombe, ada baiknya Anda selalu memperhatikan kebersihan kulit kepala dan memanfaatkan cuka apel untuk menghilangkan ketombe, Caranya:

Sponsors Link

  • Cucilah rambut Anda dengan sampo yang relatif ringan.
  • Campurkan cuka apel dengan air hangat dengan perbandingan antara air dan cuka apel sebanyak 1:2. Anda juga bisa menambahkan minyak esensial seperti harum lavender, rosemary, atau lainnya untuk memberikan bau wangi pada rambut.
  • Anda bisa menuangkan langsung ramuan tersebut ke kulit kepala Anda atau memanfaatkan botol spray untuk menyemprotkan ramuan tersebut ke kepala Anda. Lakukan pula pemijatan agar kepala lebih rileks.
  • Diamkan ramuan cuka apel tersebut selama sekitar 15 menit, lalu Anda bisa membilasnya dengan mencuci rambut menggunakan sampo yang ringan dengan pH seimbang.
  • Gunakan ramuan tersebut setidaknya seminggu sekali agar ketombe segera hilang dari kepala Anda.

2. Mencegah Rambut Menjadi Kusam

Akibat kulit kepala yang tidak bersih, kulit kepala akan mudah berketombe dan rambut menjadi kusam. Rambut kusam bisa jadi karena pH di kulit kepala kita tidak seimbang. Selain itu, paparan sinar matahari yang terlalu berlebih juga akan menyebabkan rambut menjadi kering dan kusam. Jika Anda memiliki masalah rambut kusam, maka Anda bisa mengoleskan cuka apel ke bagian rambut Anda. Cuka apel akan melindungi rambut dari paparan sinar matahari sehingga rambut tidak menjadi kusam.

3. Mencegah Kerontokan Rambut

Rambut rontok bisa jadi adalah dampak dari kulit kepala yang tidak sehat dan kondisi kulit kepala dengan pH yang tidak seimbang. Kerontokan rambut yang parah bisa berakibat pada kebotakan. Sudah tentu Anda tidak menginginkan hal tersebut, terutama bagi para wanita, rambut adalah mahkota alami sehingga harus terjaga kesehatannya. Selain kulit kepala yang tidak bersih, kerontokan rambut bisa disebabkan:

  • rambut kekurangan vitamin dan nutrisi
  • rambut jarang dirawat dan dibersihkan
  • kondisi emosional seperti stres
  • sedang dalam keadaan hamil
  • faktor genetik/keturunan
  • sedang sakit atau pengaruh pengobatan
  • sering mengeringkan rambut dengan hair driyer dan sering melakukan pengecatan

Beberapa hal di atas dapat menigkatkan resiko kerontokan rambut bahkan tidak jarang dapat menimbulkan kebotakan. Untuk itu, upaya pencegahan perlu dilakukan. Anda bisa menggunakan cuka apel untuk mengurangi kerontokan. Cuka apel mengandung alpha hydroxy asam, yaitu bahan alami yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Bahan alami tersebut juga dipercaya mampu sel-sel kulit mati yang menyumbat folikel rambut menghambat pertumbuhan rambut.

sponsored links

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cuka apel juga memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan kondisi pH, dengan kata lain kulit kepala yang diolesi dengan cuka apel akan memiliki kondisi pH yang normal. Untuk mencegah kerontokan rambut, anda dapat mencampurkan 1 cangkir cuka apel dengan 1,5 cangkir air kemudian menggunakan campuran bahan tersebut untuk keramas. Saat keramas, Anda bisa memijat kepala Anda agar terasa lebih rileks dan peredaran darah di area kulit kepala menjadi lebih lancar.

Manfaat Cuka Apel Bagi Tubuh

Selain berbagai manfaat cuka apel untuk rambut seperti yang telah disebutkan di atas, cuka apel masih memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita, di antaranya:

  • membersihkan berbagai racun dari pembuluh darah kita sehingga berbagai penyakit pembuluh darah seperti hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung kororner dapat dicegah
  • kandungan kalium dalam cuka apel akan membantu memecah purin yang mengendap di area persendian kita, sehingga penyakit rematik dan asam urat dapat disembuhkan
  • kemampuan cuka apel untuk membersihkan berbagai racun dari dalam tubuh akan membantu kinerja hati, paru-paru, kulit, dan ginjal dalam proses metabolisme
  • cuka asam juga memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar gula dalam darah sehingga dapat mencegah penyakit diabetes
  • meskipun cuka apel asam, namun cuka apel justru baik untuk penderita maag. Cuka apel dapat membantu proses penyembuhan penyakit maag

Demikian beberapa penjelasan mengenai pemanfaatan cuka apel untuk menjaga kesehatan rambut. Selain melakukan perawatan dengan cuka apel, tentu Anda juga harus rutin membersihkan rambut Anda dan melakukan perawatan agar rambut terhindar dari kerusakan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 25th, February 2016 / 05:31 Oleh :
Kategori : Rambut