Sponsors Link

20 Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut – Rontok, Beruban dan Ketombe

Sponsored Links

Jeruk nipis terkenal asam rasanya namun manis manfaatnya khususnya untuk kesehatan dan keindahan rambut. Di dalam air jeruk nipis terdapat senyawa kimia yang sangat berkhasiat untuk kesehatan rambut pria maupun wanita. Sebelum anda memahami apa manfaat nyata dari kebaikan jeruk nipis untuk kesehatan rambut, terlebih dahulu anda harus mengetahui nutrisi dan senyawa aktif yang terkandung didalamnya.

Inilah kandungan senyawa kimia yang aktif dan efektif mampu memperbaiki dan meningkatkan kesehatan rambut anda :

  • Synephrine, Asam sitrat, Damar, Belerang, zat besi, Asam sitrun, Glikosida, Kalsium, Lemak tak jenuh ganda
  • Bentukan dari asam amino yang mencakup triptofan dan lisin
  • Mengandung minyak atsiri yang mencakup lasetat,  Aktilal dehid,  Gerani,  lasetat linali, kadinen, Felandren.

Jeruk nipis juga memiliki kandungan nutrisi yang kaya manfaat untuk mewujudkan kondisi rambutmu agar selalu berada pada kondisi terbaiknya, diantaranya :

  • Kalsium 34 mg
  • Karbohidrat 11,7 gram
  • Protein 0.11 gram
  • Lemak tak jenuh 0.1 gram
  • Fosfor 23 mg
  • Vitamin C 27,3 mg
  • Vitamin B1 0,05 mg
  • Mineral murni 0,5 gram
  • Asam askorbat 50 mg
  • Zat besi 0,4 mg
  • Energi keseluruhan sekitar 50 kal.

Inilah manfaat jeruk nipis untuk rambut yang sehat pada pria dan wanita

1. Membersihkan kulit kepala

Air jeruk nipis mengandung anti bakteri maka dari itu dapat membersihkan kulit kepala karena dapat mengangkat segala jenis bakteri penyebab gatal gatal, kulit bersisik, mengangkat kotoran yang bercampur debu dan keringat dan dapat mengurangi sebum berlebih pada permukaan kulit kepala.

2. Menghilangkan ketombe

Air jeruk nipis mengandung tingkat keasaman yang kuat, sehingga mampu membersihkan ketombe membandel agar tidak datang kembali. Air jeruk mampu melembabkan kulit kepal secara alami agar kepala senantiasa terhindar dari kekeringan yang nantinya bisa menimbulkan gatal gatal.

3. Memperkuat akar rambut

Nutrisi yang ada pada jeruk nipis dapat memperkuat akar rambut dari dalam dan memberikan banyak oksigen dan nutrisi agar kekuatannya selalu terjaga dengan baik di dalam cuaca apapun. Mampu menghalau efek buruk dari sinar matahari langsung.

4. Membuat rambut lebih berkilau

Minyak atsiri yang ada didalam jeruk nipis mampu melindungi setiap helai rambut dari paparan sinar matahari dan radikal bebas yang merusak kilau alaminya. Minyak atsiri mampu membuat rambut lebih berkilau dan bercahaya sehingga membuat tampilan wajah semakin terlihat bersih.

5. Agar rambut cepat mengalami perpanjangan

Setiap manusia umumnya mempunyai  rambut dengan kecepatan memanjang sekitar 1 sampai 2 sentimeter setiap bulannya. Namun air jeruk nipis dapat mempercepat panjang rambut pria ataupun wanita lebih dari 2 sentimeter dalam satu bulan.

6. Dapat menyingkirkan zat kimia hasil proses pengritingan rambut

Air jeruk nipis bersifat asam yang mampu meluruhkan zat kimia berbahaya yang terdapat pada cairan untuk pengeritingan rambut. Air jeruk nipis juga mampu mengikat zat kimia pengeritingan dan menggerusnya sampai benar-benar memecahkan zat kimia tersebut.

7. Mencegah kerontokan

Nutrisi yang ada pada jeruk nipis dapat memperkuat setiap helai rambut agar tidak mudah patah dan rontok yang berlebihan. Rambut yang mudah rontok adalah indikasi jika rambut kurang mendapat asupan nutrisi yang memadai.

(Baca juga : cara mencegah rambut rontokcara mengatasi rambut rontok)

Sponsors Link

8. Mencegah ujung rambut bercabang

Nutrisi yang ada pada jeruk nipis mampu memberikan asupan gizi pada ujung rambut agar terhindar dari dehidrasi, kekeringan dan kekusaman. Vitamin, asam amino dan kalsium yang ada pada jeruk nipis mampu mengatasi ujung rambut agar tetap padat dan tidak mudah membelah diri.

9. Merangsang pertumbuhan rambut pada anak anak

Banyak ibu yang mendambakan putra putrinya memiliki rambut yang tebal, hitam dan berkilau, hanya air jeruk nipis yang mampu mewujudkannya. Olesi air jeruk nipis pada kepala anak lalu lakukan gerakan memijat perlahan selama 10 menit. jika teratur dan rajin melakukannya maka dalam tiga bulan rambut anak akan tumbuh lebat dan berkilau.

10. Mencegah tumbuhnya uban pada usia dini

Asam amino, vitamin dan minyak atsiri dapat dapat merawat dan mempertahankan pigmentasi rambut agar tidak mudah memudar. Menjadi uban saat usia seseorang belum memasuki usia 30an.

11. Dapat mencegah munculnya kutu rambut

Kutu pada rambut seseorang dapat berpindah tempat pada rambut seseorang yang sebelumnya tidak mempunyai kutu. Jika kutu telah menetap maka akan melepaskan telur telurnya untuk menjadi kutu baru. Untuk mencegah penularan kutu dari rambut seseorang maka rajin mengolesi air jeruk nipis pada rambut anda. Efek rasa asamnya sangat tidak disukai kutu rambut karena bagi para kutu rasa asam pada jeruk nipis terasa panas.

12.  Melancarkan sirkulasi darah sekitar kepala

Memijat kepala dengan menggunakan air jeruk nipis dapat melancarkan peredaran darah disekitar kepala. Kepala akan terhindar dari sakit kepala dan membuat pertumbuhan rambut tetap normal dan mengurangi dehidrasi pada kulit kepala yang hanya membuat rambut mudah rontok dan sulit bernafas dengan baik.

13. Dapat menyingkirkan zat kimia hasil dari proses pengecatan rambut

Nutrisi pada jeruk nipis mampu memudarkan dan menghilangkan zat kimia hasil pengecatan yang masih menempel pada batang rambut. Rambut akan terlihat kembali berkilau.

14. Mencegah rambut kering dan kusam

Rambut yang kusam dan kering adalah indikasi bahwa rambut sedang dalam keadaan rusak dan perlu segera mendapat perawatan untuk mengembalikan kilau dan kesehatannya. Air jeruk nipis mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan rambut kusam dan kering. Jika dilakukan secara rutin  yaitu dengan cara mengolesi air jeruk nipis yang telah dicampur daging lidah buaya yang telah dihaluskan ke seluruh bagian batang rambut hingga ujungnya.

15. Menutrisi kutikula rambut

Vitamin C dan asam amino yang ada pada air jeruk nipis dapat memberikan nutrisi yang memadai pada kutikula rambut agar senantiasa tejaga kelembaban dan keelastisan rambut. Rambut akan mampu beradaptasi dengan kondisi cuaca yang berubah ubah dan mampu mengendalikan radikal bebas akan tidak merusak kekuatan rambut khususnya pada bagian batangnya.

16. Meluruskan rambut

Bagi seseorang yang memiliki jenis rambut ikal air jeruk nipis dapat menjadi solusi paling aman untuk meluruskan rambut. Namun harus teratur dan disiplin melakukan pengolesan air jeruk nipis yang telah dicampur dengan minyak zaitun. Lakukan pemijatan kulit kepala selama kira kira 10 menit lalu diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

17. Mencegah kebotakan

Banyak orang pantas dan cocok dengan tampilan kepala botak tetapi jika memiliki rambut seseorang tersebut akan terlihat 3 kali lebih menarik. Untuk mencegah kebotakan yang parah bagi para pria hendaknya menggunakan air jeruk nipis yang telah dicampur air gingseng untuk olesan di kulit kepala dan lakukan pemijatan perlahan, lakukan dengan teratur setiap hari.

18. Mencegah kerak pada kulit

Kulit kepala yang permukaannya  kasar akibat penumpukan kotoran yang bercampur keringat jika jarang dibersihkan akan menimbulkan kerak dan akan semakin menebal. Jika ketika keramas tidak melakukan penggosokan dengan menggunakan air jeruk nipis. penimbunan kerak pada kulit kepala dapat mengganggu pertumbuhan dan perpanjangan rambut secara normal.

19. Meringankan rambut dan kepala

Nutrisi yang ada pada manfaat jeruk nipis untuk rambut, mampu membersihkan segala kotoran yang melekat pada rambut dan kulit kepala. Sehingga rambut terasa sangat ringan dan kepala terasa lega dan terhindar dari keluhan sakit kepala dan leher pun teras ringan. ini akibat dari rajinnya melakukan pemijatan perlahan pada kulit kepala dengan menggunakan air jeruk nipis.

20. Menjadikana rambut mudah di atur

Nutrisi yang ada pada jeruk nipis dapat membuat kondisi rambut semakin berkilau, lurus dan mudah untuk diatur. Rambut yang mudah ditata akan memberikan inspirasi pemiliknya untuk membuat gaya dan tatanan rambut yang lebih kreatif dan unik.

Cara Pembuatan Masker Jeruk Nipis

Pada dasarnya jeruk nipis dapat merawat kesehatan rambut secara tunggal dan tidak memerlukan bahan herbal lagi sebagai penggabungan atau pencampuran didalam melakukan perawatan rambut. Tahukah anda bahwa air jeruk nipis akan menjadi 3 kali lebih kuat dan makin manjur dalam merawat kesehatan rambut, jika digabungkan dengan beberapa bahan herbal berikut ini :

  • Jeruk nipis + Ginseng

Gingseng direbus dan ambil airnya lalu campurkan dengan air jeruk nipis dengan perbandingan sama yaitu 1:1. kedua abahan herbal ini dapat mencegah kebotakan dan mempercepat pertumbuhan rambut pada seseorang yang memiliki rambut sulit panjang.

  • Jeruk nipis + Minyak zaitun

Minyak zaitun yang dicampur dengan air jeruk nipis dapat meluruskan rambut yang bergelombnag akibat terlalu sering diikat atau pernah mendapat proses pengeritingan. ramuan sederhana ini mammpu pula meluruskan rambut ikal asli namun jika dilakukan dengan sangar disiplin dan yeratur yaitu membasuh rambut dengan cmpuran minyak zaitun dan jeruk nipis pad semua bagian batang rambut.

  • Jeruk nipis + Seledri

sponsored links
Seledri yang dihaluskan lalu dicampukan dengan air jeruk nipis dapat menhjadi masker rambut yang ampuh untuk mewujudkan rambut indah, sehat dan mempertahankan kekuatan ramnbut dari kar hingga ujung rambutnya. ramuan kaya nutrisi ini dapat menjadi masker rambut harian yang sebelumnya harus dilakukan pemijatan perlahan selama 10 menit lalu diamkan selama 20 menit sambil rambut dibungkus dengan kain atau handuk yang sebelumnya telah direndam dalam air hangat.

  • Jeruk nipis + Pare

Pare dihaluskan lalu campurkan dengan jeruk nipis lalu aduklah hingga menyerupai bubur yang berwarna hijau. ramuan ini dapat dijadikan masker rambut agar kondisi rambut terjaga kelembaban dan meningkatkan kesuburannya serta mencegah kerontokan dalam jumlah banyak. Pare dapat mencegah segala bentuk bakteri dan jamur untuk tidak nangkring dipermukaan kulit kepala.

  • Jeruk nipis + minyak kemiri

Jeruk nipis yang dipadukan dengan beberapa tetes minyak kemiri akan membuat kekuatan rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut serta menyuburkan rambut pada seseorang yang rambutnya sering mengalami proses pengecatan atau pengeritingan.

  • Jeruk nipis + daun waru

Rebusaan daun waru yang dicampur air jeruk nipis dapat menjadi penyubur ranbut dan mampu memperbaiki kerusakan rambut akibat paparan sinar matahari eerta karena pemakaian zat kimia pada proses hasil pengecatan, proses pelurusan dan pengeritingan. ramujan sederhana ini juga ampuh untuk menghilangkan kelelahan rambut akibat pemakaian zat kimia.

  • Jeruk nipis + teh hijau

Agar rambut tidak mudah rontok dan patah serta terhindar dari masalah kebotakan maka pakailah ramuan penggabungan antara air jeruk nipis dan teh hijau untuk mendapatkan rambut yang lebat, tidak mudah rontok dan terhindar dari berbagai masalah seputar rambut rusak.

  • Jeruk nipis + air kelapa hijau

Perpaduan antara air kelapa hijau dan air jeruk nipis dapat membuat rambutb menjadi halus dan lurus, serta terjaga kelembaban alaminya walauoun berada dibawah sinar matahari. jadikan ramuan unik ini untuk pemkaiaan creambath seminggu sekali .

  • Jeruk nipis + madu

Perpaduan antara nutrisi yang ada apada jeruk nipis dan madu dapat menolong mengatasi ranbut yang rontok dan mudah patah akibat kehamilan dan masa persalinan atau akibat pernah mengalami penyakit yang parah yang merontokan rambut seperti penyakit tipes dan kanker. Jeruk nipis dan madu dapat digabungkan dan dijadikan masker rambut untuk mencegah dan mempertahanakan kekuatan alami rambut dari masalah kerontokan.

  • Jeruk nipis + alpukat

Perpaduan antara buah alpukat tua yang telah dihaluskan dan air jeruk nipis mampu merawat rambut kering dan rusak agar sehat kembali dan mendapatkan kilaunya kembali. jadikan kedua bahan bernutrisi ini untuk masker rambut atau untuk bahan creambath sehat yang juga bisa diberikan pada anak anak, agar kondisi rambutnya senantiasa sehat dan tidak kusam serta kering.

  • Jeruk nipis +  daun kembang sepatu

Haluskan daun kembang sepatu lalu ambillah lendirnya dan campurkan dengan air jeruk nipis, ramuan unik ini mampu  mencegah munculnya uban pada orang orang yang usianaya masih dibawah 20 tahunan. uban akan datang jika seseorang sering terkena stres, asupan gizi buruk, kelainan hormon, karena penyakit tertentu dan lain lain. untuk menghindari agar ubang tidak muncul poada usia produktif maka gunakan ramuan ini secara teratur dan konsisten.

Untuk perawatan rambut yang benar jangan gunakan air jeruk nipis dalam kondisi sebagai berikut :

  • Manfaat jeruk nipis untuk rambut tidak diberikan pada kulit kepala yang sedang terluka karena dapat menyebabkan rasa pedih dan iritasi
  • Jeruk nipis tidak digunakan sebagai masker atau pemijatan kulit kepala pada saat rambut habis di keramas. air jeruk nipis berguna untyk mengangkat kotoran dan bakteri yang bercampur dengan ketombe dan keringat. pada kulit kepala yang habis keramas maka kondisi kepala akan dalam keadaan stabil dan bersih. jangan sia siakan air jeruk nipis!
  • Jangan memberikan air jeruk nipis pada kepala balita usia dibawah 5 tahun, dikhawatirkan kulit kepala mereka yang masih dalam keadaan masih tipis, halus  dan sensitif dapat mudah mengalami iritasi.
  • Jangan langsung memberikan air jeruk nipis pada kepala yang seharian terpapar sinar matahari. tunggulah 1 jam setelahnya karena kulit kepala dan rambut yang lama terpapar matahari dapat terkejut karena belum berdaptasi pada kondisi suhu ruangan yang berbeda secara spontan dan akibatnya kulit kepala mudah teritasi.

Untuk perawatan rambut yang yang benar lakukan langkah langkah berikut:

  • Gunakan jeruk nipis untuk masker dan pemijatan kulit kepal pada saat kepala sedang mengalami ketidak nyamanan seperti saat tersearng sakit kepala sebelah atau kelelahan pada leher dan pegal otiot leher akibat posisi tidur yang salah.
  • Gunakan jeruk nipis pada saat 1/2 jam  ingin melakukan keramas karena disaat itulah kepala siap untuk dilakukan pembersihan terhadap shampoo dan siap menerima segala nutrisi yang ada pada air jeruk nipis.
  • Bagi yang kurang tidur dan terserang stres karena rutinitas kerja sehari hari  lakukan pemijatan dengan menggunakan air jeruk nipis selama 20 menit dan bilaslah dengan air hangat. stres dan rasa gelisah akan hilang setelah pemijatan selesai, ini akibat efek dari nutrisi yang ada pada air jeruk yang telah melancarkan peredaran darah dan menyegarkan pembuluh darah disekitar kepala dan leher.

Untuk perawatan rambut yang telah dilakukan menggunakan air jeruk nipis sebagai masker rambut atau creambath. Hendaknya diimbangi dengan meminum perasan air jeruk nipis yang telah dicampur dengan madu dan air yang hangat, agar manfaatnya bekerja ganda yaitu dari luar dan dalam. Anda akan memiliki rambut dalam keadaan normal sekaligus  kondisi tubuh yang lebih nyaman.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 17th, March 2016 / 09:22 Oleh :
Kategori : Rambut