14 Manfaat Lemon Untuk Rambut Dan Kulit Kepala

Buah lemon selama ini memang dikenal sebagai buah yang memiliki segudang khasiat. Sejenis jeruk yang berwarna kuning terang ini, banyak dipakai sebagai bahan penyedap makanan dan penyegar dalam minuman.  Rasanya yang sedikit asam, banyak airnya dan menyegarkan ini memang banyak mengandung vitamin C yang tinggi yaitu 88% dari 100 gram lemon, sehingga sangat baik untuk kesehatan. Selain  itu lemon juga mengandung klasium, sodium, protein, serat, antioksidan, vitamin B6 dan magnesium. Sehingga saat ini buah lemon banyak dikenal dipakai dalam program diet untuk menjaga berat badan.

Tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, lemon pun banyak dipakai untuk produk-produk kecantikan kulit tubuh, wajah dan rambut. Anda pasti banyak menemukan produk-produk kecantikan yang berbahan lemon, seperti sabun mandi, sampo, sabun muka, body lotion, dan masih banyak lagi. Tapi penggunaan buah lemon juga bisa diaplikasikan secara langsung untuk kesehatan rambut. Kalau Anda mau menjaga kesehatan rambut secara alami dengan menggunakan lemon, Anda bisa simak yang berikut ini :

  1. Lemon dapat menguatkan akar rambut.

Rambut yang sehat ditentukan oleh kekuatan akar rambutnya. Lemon dipercaya dapat memperkuat akar rambut sehingga tidak mudah rontok. Caranya, peras lemon di dalam wadah lalu masukkan sebutir telur. Campurkan keduanya sampai rata. Setelah itu oleskan pada rambut sampai merata. Tutup rambut dengan shower cap selama satu jam agar meresap ke kulit kepala. Setelah itu baru dibilas dengan sampo.

  1. Lemon dapat mengatasi rambut rontok.

Campuran air lemon dan kelapa berkhasiat dapat mengatasi rambut rontok. Kalau Anda bermasalah dengan rambut yang sering rontok, ada baiknya mencoba ramuan ini. Sebab rambut yang rontok bila dibiarkan bisa menyebabkan kebotakan. Setelah keramas, oleskan campuran air lemon dan minyak kelapa ke rambut. Lalu diamkan 15 menit, dan bilas dengan air. Campuran lemon dan minyak kelapa ini berfungsi sebagai kondisioner alami. (Baca juga : manfaat pepaya untuk rambutmanfaat alpukat untuk rambut rontok)

  1. Lemon dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

Kalau Anda mempunyai rambut yang tipis, campuran lemon, minyak zaitun dan minyak kelapa dipercaya bisa membantu mempercapat pertumbuhan rambut. Caranya dengan mencampur ketiga bahan tersebut, lalu gunakan di rambut Anda sambil dipijat-pijat. Tutup dengan shower cap dan biarkan selama satu jam. Setelah itu bilas dengan sampo. Campuran ketiga bahan tersebut juga akan membuat rambut Anda menjadi tebal dan berkilau. (Baca juga : manfaat urang aring untuk rambutcara membuat minyak kemiri untuk rambut botak)

  1. Lemon dapat melebatkan rambut.

Kalau Anda menginginkan rambut yang tebal dan berkilau, Anda juga bisa mencoba campuran air lemon dan air kelapa. Setelah campuran ini disapukan di rambut Anda, bilas dengan air tanpa memakai sampo lagi. (Baca juga : manfaat alkohol untuk rambut)

  1. Lemon dapat membuat rambut lurus dan berkilau.

Rambut yang indah berkilau pastinya menjadi dambaan setiap wanita. Tapi kalau Anda memiliki rambut yang kering dan kusam tidak perlu khawatir. Hal ini bisa diatasi dengan air lemon yang dicampur dengan yoghurt. Campurkan kedua ramuan itu dan bilas dengan air. Kedua ramuan itu dapat digunakan sebagai kondisioner alami untuk mendpatkan rambut yang berkilau alami juga. (Baca juga : cara meluruskan rambut secara alamimanfaat anggur untuk rambut)

  1. Lemon dapat menghilangkan ketombe.

Rambut yang berketombe sering menjadi masalah yang mengganggu penampilan kita. Maka untuk membantu menghilangkan ketombe di rambut, Anda dapat menggunakan air lemon. Hanya dengan  memakai air perasan lemon ke rambut sambil dipijat-pijat agar meresap ke kulit kepala. Bila dilakukan secara rutin maka permasalahan ketombe bisa hilang. (Baca juga : manfaat ginseng untuk rambut)

  1. Lemon dapat mengatasi rambut lepek dan berminyak.

Lemon dapat menyerap kelebihan minyak di rambut sehingga tidak lepek lagi. Dengan mengaplikasikan air lemon di rambut dapat mengurangi kelebihan minyak pada kulit kepala, sehingga rambut bisa indah mengembang.

  1. Lemon dapat mengatasi rambut bercabang.

Rambut yang bercabang sering kali dialami oleh rambut yang panjang. Hal ini tentu mengganggu keindahan rambut Anda. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba air lemon yang dicampur dengan minyak zaitun. Balurkan campuran ini di rambut Anda secara rutin agar rambut kembali normal tidak bercabang lagi. (Baca juga : manfaat masker alpukat untuk rambutpenyebab rambut bercabang)

  1. Lemon dapat menghilangkan bau rambut.

Aroma yang tidak sedap kadang muncul pada rambut yang berminyak, berkeringat, ataupun terlalu lama terpapar sinar matahari. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa membuat air semprotan dari lemon. Caranya,peras lemon kemudian masukkan airnya ke dalam semprotan. Lalu semprotkan air lemon itu ke rambut secara langsung sehingga rambut Anda menjadi harum dan segar.

  1. Lemon dapat menghilangkan kulit mati di kulit kepala.

Kulit mati yang ada di kulit kepala seringkali sulit untuk dihilangkan. Kulit mati inilah yang dapat menimbulkan ketombe dan gatal-gatal di kulit kepala. Untuk itu gunakan lemon dengan cara mengirisnya menjadi beberapa bagian. Taruh irisan-irisan lemon tadi di kulit kepala, tahan selama 5 menit. Setelah itu bilas rambut Anda. Maka kulit mati di kulit kepala akan lepas dengan sendirinya karena lemon.

  1. Lemon dapat digunakan untuk bleaching

Buat Anda yang suka mewarnai rambut sendiri, maka proses bleaching harus Anda lakukan untuk menghilangkan pigmen warna alami rambut Anda. Bleaching rambut dapat dilakukan dengan menggunakan air lemon yang dioleskan di rambut.

  1. Lemon dapat membasmi kutu rambut.

Bila rambut terserang kutu rambut bisa berakibat aktivitas kita menjadi terganggu,sebab kutu bisa menimbulkan gatal-gatal. Asam sitrat yang terdapat di dalam lemon inilah yang bisa menghilangkan kutu di rambut. Peraslah lemon yang dicampur dengan cuka lalu dioleskan pada rambut secara merata. Lemon juga dapat menetralisir bau cuka. Tutup dengan shower cap agar kutu tidak kabur dan mati di dalamnya. Diamkan selama 30 menit, lalu keramas dengan sampo. (Baca juga : manfaat mengkudu untuk rambutcara menghilangkan kutu rambut dan telurnya)

  1. Lemon dapat digunakan sebagai kondisioner alami.

Setelah keramas dengan sampo, agar rambut halus dan lembut kita biasanya menggunakan kondisioner. Tapi kalau Anda ingin kondisioner dari bahan yang alami, Anda dapat menggunakan air lemon yang dicampur dengan air kelapa. Gunakan campuran ini setelah keramas dengan sampo. Lalu bilas rambut hingga bersih. (Baca juga : cara melembutkan rambutmanfaat kulit apel untuk rambut)

  1. Lemon dapat mengatasi infeksi di kulit kepala.

Kulit kepala yang terkena infeksi akan membuat perih. Infeksi bisa diakibatkan karena gatal yng digaruk terlalu keras sehingga menyebabkan luka di kulit kepala. Agar tidak menyebabkan luka yang semakin parah, gunakan air lemon untuk mengobatinya. Air lemon yang dioleskan di kulit kepala dapat membersihkan kulit kepala dari infeksi. (Baca juga : penyebab kulit kepala gatal dan bentol)

Efek Samping Minum Lemon

Apabila Anda ingin menjaga kesehatan rambut dari dalam tubuh, bisa dengan rajin minum lemon. Tidak hanya untuk rambut, lemon selama ini memang sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh. Sehingga lemon banyak diminum sebagai asupan setiap hari. Tetapi minum lemon ternyata ada efek sampingnya buat tubuh, yaitu :

  1. Asam yang tinggi di lemon dapat mempengaruhi gigi sehingga gigi yang putih menjadi terlihat kusam.
  2. Minum lemon yang terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan perut. Sehingga untuk menetralisirnya dengan minum banyak air putih.
  3. Lemon banyak menyerap zat besi di dalam tubuh sehingga dapat mengakibatkan keracunan, diare ataupun mual.
  4. Lemon dapat mengakibatkan alergi pada orang yang sensitif. Alergi ini bisa meliputi migren dan alergi kulit.
  5. Minum lemon terlalu banyak tidak baik untuk wanita hamil karena akan menyebabkan mulas di masa akhir kehamilan yang dapat memperburuk keadaan.
  6. Orang dengan masalah ginjal dan kandung empedu lebih baik menghindari minum lemon ini. Karena lemon dapat memperburuk keadaan ginjal di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari perawatan rambut, maka gunakan lemon untuk rambut secara rutin. Tetapi diimbangin juga dengan menjaga kesehatan dari dalam tubuh dengan minum air perasan lemon ini. Tetapi bila mengalami efek samping dari mengkonsumsi lemon ini sebaiknya di kurangi penggunaannya.