Sponsors Link

7 Manfaat Madu Untuk Perawatan Rambut Bayi

Sponsored Links

Madu menyimpan segudang manfaat bagi manusia, tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk kecantikan dan keindahan. Mulai dari kulit, bibir, hingga ujung rambut, semuanya dapat dipoles dengan madu karena kandungan madu yang kompleks. Sebenarnya, penggunaan madu dalam berbagai pemeliharaan kesehatan dan perawatan kecantikan telah ada sejak dahulu kala. Hingga kini, madu masih menjadi pilihan utama untuk perawatan harian dalam menjaga kesehatan rambut baik secara langsung maupun melalui beberapa proses.

Bahkan, manfaat madu tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa saja tetapi juga bayi. Jika bayi anda memiliki masalah tertentu pada rambut seperti kerontokan, kerusakan dan sebagainya, cobalah menggunakan madu sebagai obatnya karena manfaat madu untuk rambut bayi tidak perlu diragukan lagi.

Berikut ini manfaat madu untuk rambut bayi yang sehat :

  1. Menjaga Kelembaban Kulit Kepala Bayi

Tidak hanya orang dewasa, bayi juga dapat mengalami masalah pada rambut dan kulit kepala. Akan tetapi, anda tidak boleh asal dalam mengatasi masalah rambut dan kulit kepala tersebut karena kulit kepala bayi masih sangat sensitif, tidak seperti orang dewasa pada umumnya. Dengan kandungan yang alami serta bebas bahan kimia, madu dapat diterima dengan mudah oleh permukaan kulit kepala bayi. Oleh karena itu, mulailah perawatan kulit kepala bayi anda dengan menggunakan madu karena madu dapat menjaga kelembaban kulit kepala bayi anda. Dengan adanya unsur yang melembabkan dari madu maka rambut serta kulit kepala bayi akan lembab dan tidak kering. (Baca juga : manfaat air beras untuk rambut)

     2. Mencegah Rambut Bercabang pada Bayi

Masalah rambut lainnya yang dapat dijumpai pada bayi anda yaitu rambut bercabang. Untuk mengatasinya, anda tidak perlu repot karena adanya manfaat madu untuk rambut bayi. Adapun cara yang dapat anda tempuh yaitu dengan menggunakan madu yang dicampur putih telur. Nantinya, campuran keduanya akan difungsikan sebagai masker rambut untuk mencegah kerusakan rambut bayi akibat rambut bercabang.

Putih telur bermanfaat memberikan asupan protein bagi rambut yang tentunya sangat bagus jika dikombinasikan dengan madu dimana madu bermanfaat menjaga kelembaban alami rambut serta menguatkan akarnya agar proses penyerapan asupan nutrisi lebih mudah dilakukan. (Baca juga : penyebab rambut bercabangcara merawat rambut agar tidak bercabang)

     3. Menjaga Kesehatan Rambut Bayi

Terkadang, rambut bayi mengalami penipisan akibat kerontokan. Anda tidak perlu panik sebenarnya karena hal tersebut bisa ditangani dengan memanfaatkan madu. Kerontokon yang terjadi pada rambut bayi anda bisa jadi disebabkan rapuhnya bagian akar rambut yang disertai dengan nutrisi yang tidak bisa tersalurkan secara maksimal dan menyeluruh pada rambut.

Sponsors Link

Untuk itu, cobalah membuat campuran madu dengan teh bubuk sebanyak satu sendok serta tambahkan kayu manis. Oleskan campuran tersebut pada permukaan kulit kepala untuk memperkuat akar dan menyehatkan akar rambut bayi anda. Cara ini telah terbukti efektif dalam mengatasi masalah penipisan rambut pada bayi, di samping keamanannya terjamin serta tanpa efek samping. (Baca juga: manfaat mencuci rambut setiap hari)

     4. Menambah Kilau Rambut Bayi

Di samping rambut sehat dan kuat, rambut yang berkilau tentu idaman bagi semua orang, termasuk seorang ibu terhadap bayinya. Anda tidak perlu bersusah payah pergi ke salon agar rambut bayi anda indah dan berkilau. Di samping harganya yang menguras kantong, waktu pun akan terbuang untuk kesana kemari. Cukup dengan menggunakan madu, maka anda akan mendapatkan rambut berkilau pada rambut bayi anda. Madu bermanfaat dalam dalam mengilaukan rambut bayi setiap helainya sehingga anda perlu mencobanya.

Caranya yaitu dengan mencampurkan satu sendok madu dengan kondisioner dan gunakan sebagaimana anda menggunakan kondisioner biasanya. Alhasil, rambut bayi akan menjadi lebih sehat dan nampak makin bercahaya. (Baca juga : manfaat kulit apel untuk rambutmanfaat anggur untuk rambut)

     5. Menguatkan Rambut Bayi

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya bahwa madu bermanfaat memperkuat akar rambut. Madu dengan kandungan yang menyehatkan dan menguatkan tidak hanya menjaga kesehatan dan menampilkan keindahan rambut saja tetapi juga menguatkan setiap elemen rambut hingga akarnya. Kandungan alaminya dapat memperkuat setiap akar rambut sehingga tidak mudah rontok dan patah.

Dengan akar rambut yang kuat maka anda tidak perlu khawatir untuk membelai rambut bayi anda sehingga anda akan lebih percaya diri dengan membawa bayi anda kemanapun anda pergi. Di samping itu, rambut yang kuat juga memberikan kenyamanan kepada bayi dan juga ibu yang ingin berlama-lama dengan bayinya. (Baca juga :manfaat buah apel untuk kesehatan rambutmanfaat ginseng untuk rambut)

sponsored links

     6. Mengatasi Kulit Kepala Bersisik pada Bayi

Kulit kepala bayi anda bisa saja mengalami gangguan berupa permukaan yang bersisik. Namun, anda tidak perlu cemas karena hal ini wajar dan biasa terjadi pada bayi anda. Kondisi ini dinamakan Cradle cap dan hampir terjadi pada semua bayi. Tanda-tandanya yaitu adanya kerak yang tebal serta bersisik dengan warna kekuningan. Hal ini sebenarnya tidak berbahaya dan cara mengatasinya pun mudah.

Anda dapat memanfaatkan madu untuk membersihkannya dengan dicampurkan pada minyak bayi pada malam hari. Biarkan semalaman lalu paginya saat mandi, gunakan sampo dalam membersihkannya. Hindari penggunaan shampo penghilang ketombe atau dengan tangan untuk membersihkannya karena kulit kepalanya masih sangat sensitif dan rentan iritasi. (Baca juga : cara menghilangkan ketombemanfaat jeruk nipis untuk rambut)

     7. Menambah Ketebalan Rambut Bayi

Kebanyakan orang tua menginginkan bayinya memiliki rambut yang tidak hanya sehat tetapi juga tebal. Rambut tebal sejatinya mencerminkan kesehatan rambut dimana nutrisi rambut terpenuhi serta terserap maksimal sehingga tiap helai rambut akan memadati setiap area kulit kepala. Untuk bayi anda, sebaiknya anda tidak boleh sembarangan dalam menggunakan penebal rambut karena si bayi masih begitu sensitif. Untuk itu, gunakanlah madu sebagai penebal rambutnya yaitu dengan cara mengoleskannya pada kulit kepala.

Caranya gampang, anda hanya perlu mengoleskannya pada permukaan kulit kepala dari bayi anda. Kemudian setelah agak kering, bersihkan dengan menggunakan handuk yang basah atau anda dapat mencucinya dengan shampo bayi. Lakukan cara ini 2 sampai 3 kali seminggu. (Baca juga : manfaat cuci rambut setiap harimanfaat selederi untuk rambut)

Tips Memilih Madu untuk Perawatan Rambut Bayi

Meskipun manfaat madu untuk rambut bayi sangat besar, yang dianjurkan digunakan disini yaitu madu alami yang terbebas dari berbagai campuran kimiawi. Madu yang mengandung campuran kimiwi tentunya tidak alami dan ini sangat tidak baik untuk rambut bayi anda. Rambut bayi akan menjadi rusak karena adanya unsur kimia semacam gula yang pada umumnya menjadi campuran madu. Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan dengan lebih teliti lagi ketika sedang memilih produk madu alami dan jangan sampai terkecoh.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 02nd, June 2016 / 07:31 Oleh :
Kategori : Rambut