Sponsors Link

4 Manfaat Masker Alpukat untuk Rambut

Sponsored Links

Apakah anda termasuk orang yang menyukai buah alpukat? Rasa daging buahnya yang manis dan gurih memang membuat banyak orang menyukainya. Namun alpukat juga memiliki rasa yang khas yang mungkin tidak disukai oleh sebagian orang yang lain. Kandungan nutrisi buah alpukat berupa lemak, protein, kalori, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, serat, air, dan vitamin A, B1, dan C.

Jika anda tidak menyukai untuk mengonsumsi karena rasanya, anda tidak perlu khawatir tidak akan bisa mendapatkan manfaat dari buah lezat ini. Anda tetap bisa mendapat manfaat buah alpukat dengan cara lain. Artikel kali ini akan membahas mengenai berbagai manfaat buah alpukat untuk rambut tanpa harus memakannya karena diolah menjadi masker. Nah, mari kita simak!

Alpukat merupakan salah satu jenis buah kaya nutrisi yang dapat memberikan beragam manfaat. Alpukat dikenal dengan lemak baiknya yang dapat menyehatkan jantung kita. Selain bermanfaat untuk kesehatan ketika dikonsumsi, buah ini kaya akan antioksidan yang baik dalam menjaga kesehatan rambut, kulit, dan wajah.

Saat ini telah banyak tersedia berbagai jenis perawatan rambut di salon.  Pergi ke salon merupakan salah satu cara menjaga penampilan diri wanita yang umum dilakukan. Namun terkadang kita tidak punya waktu atau biaya untuk selalu ke salon. Kini, anda tidak perlu risau. Anda bisa merasakan manfaat masker alpukat untuk rambut buatan sendiri, tanpa harus ke salon. Apa saja manfaatnya?

  1. Mengatasi rambut rontok

Rambut rontok merupakan masalah yang menjengkelkan. Terkadang kita sudah mencari berbagai cara mengatasi rambut rontok namun tidak juga berhasil. Sebenarnya, rambut rontok merupakan hal yang wajar karena rambut memiliki siklus yang pada masanya akan rontok dan berganti dengan rambut baru. Namun rambut rontok yang parah harus tetap diatasi jika tidak ingin mengalami penipisan rambut atau bahkan kebotakan.

Anda bisa mengenali tanda rambut rontok yang tidak sehat dengan memperhatikan jumlah helainya. Jika rambut yang jatuh lebih dari 10 helai per hari, tandanya rambut anda sudah tidak sehat. Rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya:

  • Stres
  • Efek buruk sinar matahari
  • Radikal bebas
  • Penggunaan sampo yang tidak cocok dengan kulit kepala

Terkadang kita tidak bisa mencegah terjadinya hal-hal di atas karena rutinitas sehari-hari. Banyak cara mungkin sudah anda lakukan. Tapi apakah anda sudah mencoba masker alpukat? Ya, manfaat alpukat untuk rambut rontok bisa anda dapatkan dengan menggunakan masker berbahan dasar buah alpukat sebagai perawatan rambut anda. Kandungan nutrisi alpukat mampu memperkuat akar rambut. Alpukat juga mengandung protein yang baik dalam pembentukan rambut baru sehingga anda bisa mendapatkan rambut yang lebih tebal dan bebas kerontokan.

Sponsors Link

  1. Mengatasi rambut kering

Setiap orang pasti mendambakan rambut yang indah berkilau. Keadaan rambut yang kusam dan kering membuatnya kehilangan kilau alami. Terkadang tanpa kita sadari keadaan rambut yang tadinya normal bisa menjadi lebih buruk jika kita tidak merawatnya dengan baik. Rambut yang kusam dan kering bisa disebabkan oleh beberapa hal di antaranya:

  • Kekurangan nutrisi
  • Penggunaan sampo yang tidak cocok
  • Terlalu sering terpapar sinar matahari
  • Terlalu lama berada di ruangan ber-AC

Mungkin anda sudah mencari berbagai cara mengatasi rambut kering namun belum berhasil. Manfaat hair mask untuk rambut kering bisa anda dapatkan dengan menggunakan alpukat. Masker alpukat dapat melembabkan rambut anda. Dengan masker alpukat, rambut anda pun akan kembali berkilau karena ternutrisi dengan baik. Nah, sampai di sini kita sudah tahu cara merawat rambut rontok dan kering dengan menggunakan masker alpukat. Masih ada beberapa manfaat lagi dari masker alpukat untuk rambut. Yuk, lanjutkan membaca!

  1. Melembutkan rambut

Memiliki rambut yang lembut dan mudah diatur merupakan impian banyak wanita. Terkadang penggunaan sampo dan conditioner saja tidak cukup untuk membuat rambut menjadi lebih lembut. Terlebih jika tipe rambut anda cenderung kering dan kaku. Anda bisa mencoba cara melembutkan rambut dengan menggunakan masker alpukat. Nutrisi dalam buah alpukat mampu memberikan efek lembut yang lebih baik daripada jenis masker lainnya. Kabar baiknya lagi, penggunaan masker alpukat untuk rambut yang normal sekalipun tidak akan memberikan efek samping yang berarti.

  1. Mencegah rambut bercabang

Kekurangan nutrisi dapat menjadi salah satu penyebab rambut bercabang. Selain itu, rambut bercabang dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  • Kekurangan nutrisi
  • Efek buruk sinar matahari UVA dan UVB
  • Bahaya cat rambut atau pewarnaan
  • Penggunaan hair spray terlalu sering
  • Penggunaan kosmetik berbahan kimia lainnya
  • Terlalu sering menggunakan catok
  • Rambut terlalu lama tidak dipotong

Rambut yang bercabang harus dipotong ujungnya terlebih dahulu sebelum memberikan perawatan lebih lanjut. Jika bagian rambut yang bercabang sudah dibuang, selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah memberikan perawatan agar rambut tidak kembali bercabang. Gunakanlah masker alpukat untuk mencegah rambut menjadi bercabang. Penggunaan masker buah alpukat secara teratur bisa diandalkan sebagai cara merawat agar rambut tidak bercabang.

sponsored links

Cara Membuat Masker Alpukat

  • Siapkan semua bahan: 1 buah alpukat, minyak zaitun, minyak almond, air, penumbuk atau blender, mangkuk, pengaduk, pisau. Anda bisa mengganti minyak zaitun dan minyak almond dengan madu jika selut mendapatkan kedua bahan tersebut.
  • Belah alpukat menjadi dua bagian, buang isinya.
  • Pisahkan daging buah alpukat dengan kulitnya.
  • Potong-potong daging alpukat kemudian haluskan dengan penumbuk manual atau blender.
  • Jika sudah halus, tuangkan pasta alpukat ke dalam mangkuk.
  • Masukkan minyak zaitun dan minyak almond ke dalam mangkuk kemudian aduk.

Cara Menggunakan Masker Alpukat untuk Rambut

Sekarang kita sudah tahu bagaimana cara membuat masker alpukat untuk perawatan rambut. Nah, sekarang ikutilah beberapa langkah berikut untuk mengaplikasikan masker tersebut ke rambut anda. Cara penggunaan masker rambut alpukat:

  • Basahi rambut dengan air.
  • Balurkan masker alpukat pada seluruh bagian rambut. Anda mungkin membutuhkan bantuan orang lain untuk memastikan seluruh bagian rambut terlumuri masker dengan sempurna.
  • Pijat dengan perlahan bagian kepala agar nutrisi buah alpukat dapat masuk melalui pori-pori.
  • Diamkan selama 15 hingga 20 menit.
  • Bilas rambut dengan air dan sampo seperti ketika anda keramas.

Itulah berbagai manfaat alpukat serta cara membuat dan menggunakannya sebagai masker rambut. Kesimpulan yang bisa diambil adalah, hanya dengan menggunakan masker berbahan satu jenis buah kaya manfaat ini akan membuat anda terhindar dari berbagai masalah rambut dan membuat rambut anda mendapatkan perawatan terbaik dengan cara yang alami. Gunakanlah masker tersebut secara teratur dua kali dalam seminggu. Mudah bukan? Apakah anda tertarik untuk mencobanya?

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 25th, May 2016 / 16:14 Oleh :
Kategori : Rambut