11 Manfaat Pisang Untuk Rambut Rontok, Kering dan Kusam

Sponsored Links

Buah yang berwarna kuning ini sangat mudah ditemukan disini. Terkait dengan iklim kita yang tropis, buah pisang memang akan tumbuh subur di daerah yang curah hujannya merata. Selain negara kita, negara – negara yang konsumsi pisangnya tinggi adalah Afrika dan Amerika Latin. Buah pisang memiliki kandungan serat tinggi sehingga mudah dicerna dan banyak mengandung karbohidrat sebagai sumber energi, serta kandungan mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan besi, hampir seluruh kandungan pisang ini dapat diserap tubuh. Ini sebabnya buah pisang sangat disukai selain karena mudah didapatkan juga sangat baik untuk pencernaan. Dengan kandungan gizinya yang beragam, buah pisang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Dari segi perawatan kecantikan, pisang mempunyai khasiat untuk kulit dan rambut. Rambut yang tumbuh di kepala kita mempunyai kurang lebih 100 ribu helai, tumbuh sekitar 1,5 cm rata – rata panjangnya per bulan. Kekurangan gizi atau nutrisi dapat membuat pertumbuhan dan kondisi rambut bermasalah. Berbagai macam masalah yang dialami rambut Anda bisa di atasi salah satunya dengan menambah nutrisi yang berasal dari  buah pisang.

Beberapa kandungan gizi dari manfaat pisang untuk rambut bagi pertumbuhannya yang sehat, diantaranya :

1. Provitamin A atau Beta Karoten

Beta karoten biasanya ditemukan dalam sayur atau buah yang berwarna merah, kuning atau hijau. Beta karoten yang kita konsumsi akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh yang terutama berperan untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan melembutkan rambut, memperkuat akar rambut sehingga tidak mudah rontok.

(Baca juga untuk perawatan rambut lainnya: manfaat madu untuk kesehatan rambut, manfaat buah apel untuk kesehatan rambut, manfaat kulit apel untuk rambut)

2. Protein

Protein adalah zat utama yang berfungsi membangun rambut kita, karena rambut terdiri dari sekitar 98% protein. Jadi sangat penting untuk mencukupi asupan protein bagi tubuh kita dengan baik.

(Baca juga: manfaat anggur untuk rambut, manfaat air beras untuk rambut)

3. Vitamin B1 atau Tiamin

Vitamin ini sangat berpengaruh pada folikel rambut, asupan vitamin B1 dalam jumlah yang sesuai membantu menyehatkan folikel rambut sehingga pertumbuhan rambut terjaga dan tidak mudah rontok, bercabang serta kusam.

Sponsors Link

(Baca juga bahaya dari perawatan rambut ini: bahaya cat rambut, bahaya smoothing rambut, bahaya rebonding rambut)

4. Vitamin B2 atau Riboflavin

Vitamin ini berperan pada asupan darah ke kulit kepala dengan membantu pembentukan sel darah merah, sehingga kekurangan Vitamin B2 akan membuat rambut mengalami masalah seperti rambut berminyak, kusam dan rontok.

(Baca juga: manfaat almond untuk rambut, manfaat mengkudu untuk rambut, manfaat ginseng untuk rambut)

5. Vitamin B3 atau Niacin

Khasiatnya yaitu untuk meningkatkan aliran sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga asupan darah ke akar rambut memadai dan memungkinkan rambut tumbuh dengan sehat serta mendapat cukup nutrisi.

(Baca juga: cara merawat rambut agar tidak bercabang, penyebab kulit kepala gatal dan bentol, cara menghilangkan ketombe)

6. Vitamin B6 atau Pyridoxine

Dalam satu buah pisang terdapat sekitar 35% kandungan vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh. Vitamin ini fungsinya untuk membantu pertumbuhan sel – sel baru dan kelancaran sistem syaraf, sehingga berpengaruh pula dalam pertumbuhan dan regenerasi rambut yang telah rontok atau beruban.

(Baca juga: cara mengatasi rambut rontok, cara mencegah rambut rontok parah, cara merawat rambut rontok dan kering)

7.Vitamin B9 atau Asam Folat

Berperan membentuk sel darah merah yang sehat bekerja sama dengan vitamin B12. Kekurangan asam folat bisa menyebabkan masalah rambut rontok.

(Baca juga: manfaat urang aring untuk rambut)

8. Vitamin B12

Memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan sel syaraf dan prduksi sel darah merah. Dengan demikian, berpengaruh terhadap warna rambut, menguatkan akar dan mencegah uban sebelum waktunya.

(Baca juga: manfaat teh hijau untuk rambut)

9. Vitamin C

Dengan kadar antioksidan tinggi, Vitamin C sangat diperlukan oleh tubuh untuk membentengi tubuh dari radikal bebas yang bersifat merusak. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu produksi kolagen yang dapat memperkuat akar rambut.

(Baca juga: penyebab rambut bercabang, penyebab kerusakan pada rambut)

10.Vitamin D

Penyerapan kalsium dalam tubuh salah satunya dimungkinkan dengan konsumsi Vitamin D. Tidak hanya untuk kesehatan tulang, ternyata Vitamin D juga diperlukan dalam pertumbuhan rambut.  Kekurangannya bisa mempengaruhi kesehatan tubuh, akibatnya tubuh pun tidak mampu menyuplai nutrisi yang memadai yang dibutuhkan rambut kita. Akibatnya bisa menyebabkan rambut rontok, kusam,kering dan lainnya.

(Baca juga: jenis perawatan rambut di salon)

11. Vitamin E

Bermanfaat melindungi struktur sel dalam tubuh, berarti vitamin E juga mempunyai khasiat terhadap sel rambut, mencegah rontok dan memperkuat akar rambut serta juga melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala, serta mengandung antioksidan yang akan melindungi dan menjaga jaringan tubuh tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

(Baca juga: cara merawat rambut agar cepat panjang, manfaat cuci rambut setiap hari)

sponsored links

Cara Membuat Masker Rambut Dari Buah Pisang

Untuk mendapatkan manfaatnya, buah pisang dapat dijadikan masker rambut. Berikut ini beberapa cara mengolah pisang menjadi masker sesuai dengan masalah rambut yang dialami:

1. Melembutkan rambut

Campur pisang dengan alpukat dan santan secukupnya atau bisa juga dicampurkan dengan minyak almond atau minyak kelapa. Pakai di kulit kepala lalu diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan sampo.

2. Mencerahkan

Pisang dicampur dengan seperempat cangkir minyak zaitun dan satu putih telur lalu diblender. Bisa juga dengan campuran pisang, 1 sendok teh minyak biji bunga matahari, dan 1/2 sendok teh perasan jeruk nipis. Setelah memakai beberapa menit di kulit kepala lalu bilas menggunakan sampo juga.

3. Merawat rambut rontok

Campuran pisang dan yoghurt secukupnya berguna untuk mengatasi kerontokan rambut. Bilas dengan cara keramas.

4. Mengatasi Rambut Kering

Pisang dicampur madu atau minyak almond, atau campuran minyak zaitun, santan dan pisang juga bisa mengatasi masalah rambut kering.

Sebelum mempraktekkannya, harap diperhatikan bahwa sebelumnya pisang dihancurkan dulu hingga halus agar mudah mencampurnya, serta jangan membiarkan campuran terlalu lama di rambut hingga mengeras karena akan sulit dibersihkan. Setelahnya harus dibersihkan dengan menggunakan sampo. Bisa dilakukan minimal seminggu sekali, dan dengan jenis pisang apa saja. Jadi silakan mencoba ya!

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Thursday 26th, May 2016 / 07:11 Oleh :
Kategori : Rambut