Sponsors Link

6 Manfaat Susu Untuk Rambut Kering – Kasar – Menutrisinya

Sponsored Links

Susu merupakan bahan pangan yang kaya akan nutrisi dan menyehatkan. Oleh karena itulah susu masuk ke dalam menu makanan gizi seimbang 4 sehat 5 sempurna. Susu bisa dikonsumsi oleh bayi hingga manula. Jenis susu sapi merupakan susu yang paling banyak dikonsumsi dan dimanfaatkan oleh manusia.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada susu sapi antara lain kalori, protein, lemak, kalsium, vitamin A, vitamin B2, asam amino, potassium, yodium, zat besi, tembaga, magnesium, dan seng. Susu tidak hanya dapat dikonsumsi sebagai menu sehat namun juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan tubuh, kecantikan, dan rambut. Manfaat susu yang akan kita bahas kali ini adalah manfaat susu untuk rambut. Apa saja manfaatnya? Mari kita simak dalam ulasan berikut ini!

1. Memberi kilau pada rambut

Salah satu cara menjaga penampilan diri wanita adalah dengan memperhatikan dan memberikan perawatan pada rambutnya. Rambut yang berkilau akan terlihat lebih sehat dan menunjang penampilan menjadi lebih menarik. Jika anda ingin memiliki rambut berkilau dengan perawatan secara alami, anda bisa memilih menggunakan susu yang dicampur dengan VCO (virgin coconut oil) atau minyak kelapa murni untuk merawat rambut anda. Rambut yang sehat berkilau alami akan anda dapatkan dengan pemakaian yang teratur 2 kali dalam seminggu.

2. Pengganti conditioner

Anda memiliki rambut yang sulit diatur? Selain sampo sebenarnya rambut anda memerlukan conditioner agar selalu sehat dan terjaga kondisinya dengan baik. Conditioner akan membantu anda merawat rambut agar tidak rusak. Salah satu penyebab kerusakan pada rambut adalah penataan yang terlalu sering dan menggunakan bahan kimia. Bahaya cat rambut juga bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya. Susu akan memberikan manfaat yang sama seperti produk conditioner yang dijual di pasaran. Jika anda ingin mencobanya lakukan langkah-langkah berikut:

  • Sediakan segelas susu dingin, botol semprot, dan air untuk membilas rambut.
  • Masukkan susu ke dalam botol semprot.
  • Semprotkan susu yang telah siap ke seluruh bagian rambut anda.
  • Sisirlah rambut anda menggunakan tangan untuk meratakan susu.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Bilas dengan air sampai bersih.

Dengan menggunakan susu, anda akan mendapatkan kondisi rambut yang lebih sehat dan indah. Rambut anda juga akan menjadi lebih mudah diatur. Kini menyisir rambut tidak akan membuat anda jengkel dan sebal.

sponsored links

3. Merawat rambut kering dan kasar

Rambut kering dan kasar tentu akan membuat anda tidak percaya diri. Keadaan rambut yang kering dan kasar akan membuatnya susah diatur. Anda bisa mengatasi rambut kering dan kasar dengan menggunakan masker rambut berbahan dasar susu. Cara mengatasi rambut kering dengan masker sama dengan cara menggunakan masker rambut pada umumnya. Manfaat hair mask untuk rambut akan anda dapatkan hanya dengan perawatan sendiri di rumah dengan cara yang mudah dan praktis. Selain itu, anda juga bisa langsung menggunakan susu yang dilumurkan langsung pada kulit kepala sebagai cara melembutkan rambut. Dengan susu, anda bisa mendapatkan rambut yang lembut dan halus. Saatnya ucapkan selamat tinggal pada rambut kering dan kasar.

4. Menutrisi rambut

Berbagai aktivitas sehari-hari seringkali membuat anda lupa untuk memberikan perawatan pada rambut anda. Hasilnya, tiba-tiba anda menyadari bahwa rambut anda telah bermasalah dan tidak sehat. Mungkin sebaiknya mulai sekarang anda bisa mencoba menggunakan susu untuk memberikan nutrisi pada rambut anda sehingga dapat kembali sehat. Susu, terutama susu kambing adalah bahan yang terbaik untuk mengembalikan kesehatan rambut anda. Susu juga bisa membantu anda menemukan cara merawat agar rambut tidak bercabang. Namun apabila anda kesulitan menemukan susu kambing, anda tetap bisa menggunakan susu sapi yang juga memberikan manfaat serupa.

5. Menguatkan akar rambut

Rambut rontok adalah salah satu permasalahan rambut yang menjengkelkan dan banyak dialami oleh wanita maupun pria. Berbagai jenis perawatan rambut di salon menyediakan perawatan khusus yang bertujuan untuk membantu mengatasi kerontokan. Namun jika anda tidak berniat ke salon, anda bisa memberikan perawatan sendiri pada rambut anda. Susu dapat membantu anda dalam menemukan cara mengatasi rambut rontok. Hal ini karena susu memiliki kemampuan untuk menguatkan akar rambut. Susu juga mengandung protein yang merupakan bahan utama pembentukan rambut baru sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan lebih cepat. Hasilnya, rambut anda akan semakin sehat dan lebat tanpa masalah kerontokan.

6. Menutrisi kulit kepala

Kesibukan dan rutinitas sehari-hari mengharuskan kita berinteraksi langsung dengan dunia luar dan udara terbuka. Debu, bakteri, dan jamur bisa menjadi salah satu penyebab kulit kepala gatal dan bentol. Padahal faktanya, kulit kepala adalah faktor penentu keadaan rambut. Kulit kepala yang bermasalah juga akan memberikan masalah yang lebih banyak lagi terhadap rambut. Oleh karena itulah sebaiknya kita selalu menjaga kesehatan kulit kepala. Berbagai kandungan nutrisi pada susu dapat memberikan perawatan untuk menjaga kulit kepala tetap sehat sehingga anda memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk terhindar dari berbagai masalah rambut lainnya.

Sponsors Link

7. Meluruskan rambut

Anda ingin memiliki rambut lurus alami tanpa mengkhawatirkan bahaya rebonding rambut? Cara meluruskan rambut secara alami bisa anda dapatkan dari pengguaan masker susu. Kandungan protein pada susu mampu memberikan manfaat yang satu ini. Hasil dari pelurusan rambut dengan susu mungkin tidak akan sebaik proses rebonding. Apalagi jika rambut anda adalah jenis rambut keriting atau ikal. Namun jika anda lebih memilih cara yang alami dan aman, anda tidak perlu ragu untuk mencobanya karena susu tidak akan memberikan efek samping yang berbahaya. Nutrisi susu pada rambut ikal justru akan membuatnya menjadi terlihat lebih teratur dan indah.

Cara membuat dan menggunakan masker susu untuk rambut

Setelah mengetahui berbagai manfaat susu untuk rambut, anda juga perlu mengetahui bagaimana cara membuat masker susu yang baik untuk bisa memberikan perawatan sendiri pada rambut anda. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mendapatkan masker yang tepat bagi rambut anda:

  • Siapkan setengah gelas susu murni, setengah buah pisang, 1 sendok madu dan minyak zaitun.
  • Peralatan yang digunakan adalah pisau, blender, dan mangkuk.
  • Masukkan semua bahan ke dalam blender kemudian haluskan.
  • Tuangkan pasta tersebut ke dalam mangkuk.
  • Basahi rambut anda dengan air.
  • Aplikasikan pasta pada rambut secara menyeluruh.
  • Berikan pijatan yang lembut pada kulit kepala.
  • Biarkan masker tersebut meresap dan menutrisi rambut anda.
  • Diamkan selama kurang lebih 1 jam kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Nah, cara yang sangat mudah bukan? Apakah anda tertarik untuk mencobanya? Selamat mencoba!

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 10th, June 2016 / 06:37 Oleh :
Kategori : Rambut