Sponsors Link

6 Manfaat VCO Untuk Rambut dan Kulit Kepala Bayi

Sponsors Link

Seorang ibu yang bijak pasti akan mencemaskan segala sesuatu yang berhubungan dengan buah hatinya, apalagi untuk bayi yang masih baru lahir. Begitu pula dengan penggunaan produk kesehatan rambut bayi, Anda pasti khawatir dengan zat-zat kimia yang terkandung di dalamnya. Maka untuk merawat rambut bayi Anda pakailah dengan bahan yang alami, yaitu dengan VCO (Virgin Coconut Oil) ini. Istilah VCO (Virgin Coconut Oil) atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai minyak kelapa murni mulai dikenal sekitar tahun 2005. Hal ini bersamaan dengan semakin banyaknya penelitian yang mulai membuktikan kehebatan minyak kelapa yang memiliki banyak khasiat untuk kecantikan dan kesehatan. Sejak saat itu mulai banyak bermunculan poduk-produk minyak kelapa di pasaran yang diberi label VCO atau Virgin Coconut Oil.

ads

Beda VCO dengan Minyak Kelapa Bukan VCO

  • Minyak kelapa murni atau VCO (Virgin Coconut Oil)

VCO diproses dari santan murni, tanpa pemanasan, bahan kimia ataupun bahan lainnya. VCO terkenal khasiatnya sebagai obat yang tidak hanya dapat digunakan di luar tubuh tapi juga dapat diminum langsung.

  • Minyak goreng kelapa murni (Refined VCO)

Jenis minyak goring premium dengan kualitas ketahanan minyak sampai 3 tahun, tanpa proses bleaching dan deodoras. Proses pembuatannya menggunakan bahan kimia dan berwarna bening. Saat penggorengan asap dan baunya jauh berkurang.

  • Minyak kelapa tradisional

Minyak kelapa ini biasanya dibuat sendiri dengan proses dari santan yang dipanaskan dengan api sedang sampai keluar minyaknya dan terpisah dengan  ampas minyak. Aroma yang dihasilkan lebih harum, tetapi tidak tahan lama atau cepat bau.

  • Minyak kelapa RBD

Minyak ini berasal dari kopra yang diproses dengan 3 tahap, yaitu netralisasi, bleaching, deodorasi, untuk membuat minyak tampak bening.

Kandungan Nutrisi VCO

Nutrisi yang terkandung di dalam VCO adalah berbagai jenis asam lemak rantai menengah dengan  kadar tinggi (92%). Asam Lemak Rantai Menengah atau MCFA (Medium Chain Fatty Acid) terdiri dari asam laurat, asam kaprat, asam myristat, dan asam kaprilat. Asam laurat yaitu senyawa yang juga terkandung di dalam ASI (Air Susu Ibu). Asam laurat yang diubah menjadi monolaurin dalam tubuh merupakan makanan kaya gizi dan berfungsi untuk melindungi bayi dari bakteri, jamur ataupun virus. Selain itu asam laurat juga berguna untuk penyembuhan penyakit dan menjaga daya tahan tubuh. Sehingga VCO sangat baik dikonsumsi oleh siapa saja, tidak hanya orang dewasa tapi juga baik untuk kesehatan bayi.

Pemanfaatan VCO untuk bayi bisa untuk menjaga kesehatan tubuh bayi seperti kulit dan rambut bayi. Siapa yang tidak ingin memiliki bayi dengan kulit dan rambut yang sehat. Bahkan sejak dalam kandunganpun seorang ibu yang hamil dapat mengkonsumsi VCO ini agar saat lahirnya nanti bayi lahir dengan kulit yang bersih dan rambut yang lebat.Rambut bayi yang sehat dan lebat pastinya menjadi idaman setiap ibu. Salah satu cara menjaga kesehatan rambut bayi Anda adalah dengan menggunakan VCO ini.

(Baca juga : manfaat minyak zaitun untuk rambut anak)

Sponsors Link

Manfaat VCO Untuk Rambut Bayi

  1. Untuk merangsang pertumbuhan rambut bayi

 Pada saat bayi baru lahir terkadang rambutnya tampak sangat tipis dan pertumbuhannya lambat. Maka sering kali ibu merasa khawatir dengan kondisi rambut buah hatinya. Sehingga segala cara dicoba untuk membuat rambut bayinya cepat tumbuh. Salah satu cara alami yang patut dicoba adalah dengan menggunakan VCO. Kandungan nutrisi dalam VCO yang banyak memiliki komposisi vitamin E dan K dapat merangsang akar rambut untuk cepat tumbuh.

Caranya : basahi rambut bayi Anda hingga lembab, lalu oleskan VCO langsung pada kulit kepala. Pijat-pijat rambut secara lembut dan perlahan, dari akar hingga ujung rambut selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu biarkan selama 30 menit. Kemudian bilas rambut dengan shampoo khusus penyubur rambut dan bersihkan dengan air hangat suam-suam kuku. Lakukan kegiatan ini tiga kali seminggu sebelum bayi memulai aktivitas mandi pagi atau sore hari.

(Baca juga : cara merawat rambut agar cepat panjangmanfaat almond untuk rambut)

  1. Untuk melebatkan rambut bayi

Asam laurat yang merupakan komponen utama yang terkandung di dalam minyak kelapa ini dapat mengikat nutrisi rambut, sehingga secara otomatis dapat melindungi akar rambut dan mencegah kerusakan rambut, sehingga rambut bayi Anda dapat tumbuh subur dan terlihat lebat.

Caranya : Sama dengan cara pertama di atas.

(Baca juga : manfaat jeruk nipis untuk rambutmanfaat cuka apel untuk rambut)

  1. Sebagai pelembut rambut bayi.

VCO juga terkenal kaya akan nutrisi seperti vitamin E, vitamin K dan zat besi. Nutrisi-nutrisi ini berguna untuk merawat rambut bayi agar lembut dan  bersinar. Selain itu karena molekul VCO kecil maka dapat masuk ke dalam batang rambut dan mempertahankn kadar protein dalam rambut sehingga membuat rambut lebih bercahaya dan sehat.

Caranya : setelah mandi dan keramas, oleskan VCO ke rambut bayi Anda secara perlahan dan merata ke seluruh bagian rambut. Kemudian rapikan dengan sisir bayi yang berbulu halus. Gunakan  VCO ini sebagai hair moisturizer alami untuk bayi Anda.

(Baca juga : cara melembutkan rambut)

  1. Untuk menghilangkan cradle cap atau kerak di kepala bayi

Cradle cap atau istilah medisnya dermatitis seboroik atau yang sering kita kenal sebagai kerak di kulit kepala bayi adalah suatu penyakit yang menyebabkan bercak bersisik tebal di daerah kulit kepala bayi. Penyakit ini disebabkan oleh peradangan kelenjar minyak kulit. VCO yang mengandung zat sebagai anti bakteri, jamur dan virus ini dapat mengobati gangguan cradle cap pada rambut bayi.

Sponsors Link

Caranya : Oleskan VCO ke kulit kepala yang terdapat keraknya dan biarkan selama 20 menit agar VCO menyerap ke dalam kulit kepala bayi. Setelah 20 menit, bersihkan cradle cap dari kulit kepala dengan menggunakan sisir bayi yang lembut hingga tidak ada yang tersisa. VCO ini dapat memudahkan kita untuk melepaskan lapisan kerak yang menempel di kulit kepala bayi.

(Baca juga : manfaat garam untuk rambut berketombe –  manfaat cuci rambut setiap hari)

  1. Mengatasi kulit kepala bayi yang kering

VCO yang memiliki kandungan anti bakteri, jamur dan virus ini dapat mengobati kulit kepala yang kering dan mengakibatkan timbulnya eksim di kulit kepala bayi. Eksim yang terdapat di kulit kepala dapat membuat kulit kepala bersisik dan menimbulkan rasa gatal yang mengganggu. VCO memiliki sifat melembabkan sehingga dapat mengatasi kulit kepala bayi yang kering sehingga tidak menimbulkan eksim di kulit kepala bayi.

Caranya : Oleskan sedikit VCO ke akar rambut secara merata dan lakukan pemijatan secara lembut dan perlahan.

(Baca juga : cara merawat rambut rontok dan keringpenyebab kulit kepala gatal dan bentol)

  1. Untuk meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala bayi.

VCO memiliki nutrisi yang berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah, karena kulit kepala menerima cukup nutrisi dan oksigen.  Dengan lancarnya sirkulasi darah di kulit kepala bayi, maka rambut bayi akan menjadi sehat dan tumbuh cepat.

Caranya : Sama dengan cara pertama, yaitu gunakan VCO di rambut sebelum bayi melakukan aktivitas mandi dan keramas di pagi atau sore hari.

(Baca juga : manfaat alkohol untuk rambutmanfaat telur untuk rambut)

VCO yang memiliki kandungan nutrisi yang lebih murni dan terkonsentrasi  berakibat proses pemeliharaan kesehatan rambut bayi juga akan lebih cepat. Bahkan sampai saat ini penggunaan VCO pada rambut bayi belum ditemukan efek sampingnya, sehingga aman digunakan untuk merawat kesehatan rambut bayi Anda secara alami. VCO bisa diperoleh di pasar swalayan, toko obat ataupun toko yang menjual VCO. Jangan lupa saat membeli untuk memperhatikan tanggal kadaluarsanya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 17th, May 2016 / 08:46 Oleh :
Kategori : Rambut