Sponsors Link

17 Bahan Penghitam Rambut Alami dan Cepat Paling Efektif

Sponsored Links

Rambut yang berwarna hitam kerap dianggap sebagai rambut yang sehat, namun ada beberapa orang yang rambutnya berwarna kemerahan atau justru cepat ubanan walaupun orang Asia dan masih berusia muda. Warna rambut yang kurang hitam bisa jadi disebabkan oleh faktor genetik, meski tidaklah selalu demikian. Faktor lainnya seperti sampo yang kurang cocok, terkena paparan sinar matahari, pemakaian gel rambut, serta rebonding juga bisa membuat rambut tidak lagi hitam alami. Lalu, apa yang menjadi solusi penghitam rambut alami?

(Baca juga: penyebab rambut beruban – cara memanjangkan rambut secara alami)

1. Lemon dan Minyak Kelapa

Keduanya bahkan telah terbukti mampu merawat kesehatan rambut, tak terkecuali menjadi peningkat pigmentasi yang mampu membuat warna rambut hitam alami. Kedua bahan bisa Anda campurkan dengan takaran yang sama masing-masing dan sesuaikan juga dengan panjang rambut. Oles larutan yang sudah jadi pada seluruh bagian rambut sambil memijat perlahan selama 5 menit agar teresap sempurna. Bilaslah menggunakan air dingin hingga bersih sempurna setelah waktu tersebut.

2. Mangga Mentah

Supaya jauh lebih efektif sebagai cara menghitamkan rambut secara alami, silakan tambahkan daun mangga yang masih segar juga.  Sediakan kedua bahan, mangga mentah dan daun mangga tersebut yang masih segar, haluskan dengan memblendernya. Tambahkan air sedikit supaya terbentuk adonan mirip pasta, kemudian oles secara langsung ke seluruh rambut. Pakai handuk untuk menutupi rambut atau kepala selama 30 menit sebelum akhirnya dibasuh menggunakan air dingin.

(Baca juga: cara merawat rambut panjang)

3. Minyak Zaitun

Pada zaman Mesir Kuno, minyak zaitun sudah sangat populer dan sangat dipercaya para puteri kerajaan untuk merawat kecantikan mereka. Bahkan Ratu Cleopatra pun diketahui menggunakan minyak zaitun ini. Telah dibuktikan oleh para ahli bahwa minyak zaitun mampu membuat rambut hitam secara alami.

Untuk merawat rambut, siapkan lebih dulu minyak zaitun secukupnya dan pastikan pula bahwa rambut dalam kondisi bersih. Oles minyak zaitun pada rambut dan juga kulit kepala hingga merata. Gunakan handuk hangat sebagai penutup kepala selama ½ jam sebelum akhirnya Anda bisa membilasnya menggunakan air dingin hingga bersih.

4. Lidah Buaya

Aloe vera merupakan sebuah tanaman yang menawarkan banyak keuntungan bagi kesehatan rambut serta kulit kepala. Penggunaan lidah buaya tidak hanya menjadi bagian dari tips menebalkan rambut, tapi lidah buaya juga sangat baik untuk membuat rambut hitam secara alami. Bahkan lidah buaya jugalah yang mampu membuat rambut lebih subur serta berkilau.

Ambil saja gel lidah buaya secukupnya untuk dioles merata pada seluruh bagian rambut, terutama bagian kulit kepala. Berikan pijatan lembut ketika proses pengolesan supaya khasiatnya bisa terserap sempurna. Tunggulah sekitar ½ jam sebelum Anda bisa membilasnya menggunakan air dingin hingga gel yang lengket pada rambut bisa bersih.

(Baca juga: manfaat aloe vera untuk rambut)

5. Daun Rambutan

Ada senyawa tanin, saponin, serta polifenol di dalam daun rambutan yang memang sangat efektif untuk membuat produksi pigmen di bagian rambut menjadi lebih banyak. Tak hanya menghitamkan, daun rambutan bisa juga mencegah kerontokan rambut secara alami. Ambil saja daun rambutan yang kondisinya masih segar untuk dipakai merawat rambut secara rutin.

Sediakan secukupnya dan lumatkan daun rambutan dengan menumbuk atau meremasnya saja, tapi pastikan hingga hancur. Tambahkan beberapa sendok air yang kemudian diperas sampai air atau sarinya keluar. Air perasan itulah yang perlu Anda ratakan sampai ke seluruh rambut. Baru sesudah ½ jam, Anda dapat membilas atau mengeramasinya sampai bersih. Pakai kondisioner setelahnya untuk menjaga kelembaban rambut.

6. Kacang Kenari Hitam

Kenari hitam yang memiliki vitamin dan mineral tinggi ini akan membantu Anda menjadikan rambut lebih hitam alami. Walau memang agak kurang populer, namun bila Anda bisa dengan mudah memperoleh kacang kenari hitam, Anda bisa menggunakannya secara teratur. Sediakan saja kacang kenari hitam sebanyak 1 genggam.

sponsored links

Gepreklah kasar dan kacang tersebut bisa direbus menggunakan air secukupnya sampai mendidih. Tunggu sampai dingin, kemudian saringlah air rebusan kacang kenari hitam tersebut sebelum kemudian dipakai untuk membulas seluruh bagian kulit kepala dan rambut selama ½ jam. Setelah 30 menit berlalu, silakan untuk membasuh rambut atau sekalian mengeramasinya hingga bersih.

(Baca juga: manfaat teh untuk rambut)

7. Air Teh Basi

Rupanya bahan-bahan yang ada di sekeliling kita dapat dijadikan bahan alami yang bisa membuat rambut berwarna lebih hitam. Buatlah secangkir teh dan sebaiknya tidak usah diberi tambahan pemanis. Diamkan semalaman supaya memang menunggu basi, barulah keesokan paginya bisa Anda pakai untuk membasuhkan teh basi pada seluruh bagian kulit kepala maupun rambut. Diamkan 25 menit dan keramasi setelahnya.

8. Rosemary

Daun rosemary bisa Anda sediakan secukupnya yang kemudian Anda cuci lebih dulu sampai bersih. Tumbuklah daun hingga hancur dan hasil tumbukannnya bisa Anda masukkan ke dalam cangkir sampai setengah bagian. Tambahkan air secangkir banyaknya untuk lalu direbus hingga mendidih.

Air yang sudah mendidih bisa Anda diamkan dulu, sampai dingin barulah disaring. Air rebusan daun rosemary bisa Anda bilaskan pada rambut ke seluruh kulit kepala hingga merata. Pijat-pijatkan selama 5 menit agar aliran darah lancar, lalu bilas menggunakan kondisioner maupun sampo untuk mengakhiri perawatan.

9. Cokelat

Cokelat rupanya tak hanya nikmat dimakan atau diminum, cokelat merupakan bahan yang juga dapat secara alami membuat warna rambut hitam. Dikenal sebagai pewarna rambut alami, cokelat bisa Anda andalkan dengan mencampurkan cokelat bubuk bersama dengan air secukupnya untuk membentuk pasta. Oles menyeluruh ke area rambut yang sudah dibersihkan, lalu diamkan dengan menutupi kepala dengan handuk basah yang hangat.

Pastikan Anda perlu menunggu sekitar 20 menit untuk membilas masker cokelat dari rambut Anda sampai bersih. Keramasilah supaya tidak meninggalkan sisa cokelat di rambut. Gunakan kondisioner sesudahnya karena manfaat conditioner rambut akan membuat rambut senantiasa halus serta berkilau. Supaya lebih efektif, campurkan saja pasta cokelat dan sampo.

(Baca juga: cara merawat rambut berwarna)

10. Teh Hitam

Selain teh hijau, teh hitam juga sangat berguna untuk menghitamkan rambut. Seduhlah menggunakan air panas tanpa memberinya tambahan gula. Dinginkan seduhan teh, lalu tuang ke dalam mangkok. Bilaskan ke kulit kepala secara menyeluruh dan tunggu ½ jam sebelum akhirnya Anda bilas atau keramasi sampai benar-benar bersih.

11. Kopi

Tak diragukan lagi memang, kopi bisa juga dijadikan masker rambut, khususnya dengan tujuan menghitamkan rambut. Seduh saja kopi seperti yang biasa Anda lakukan, lalu tunggulah hingga dingin sebelum akhirnya disaring dan memisahkan air kopi dari ampasnya. Air kopi itulah yang perlu Anda gunakan untuk mencuci rambut hingga beberapa kali sebelum akhirnya Anda bisa bilas atau keramasi seperti biasa.

12. Daun Kembang Sepatu

Sediakan 15 lembar daun kembang sepatu yang tentunya masih segar, lalu cucilah bersih sebelum akhirnya Anda remas-remas sampai gelnya keluar. Sebelum menggunakannya, area rambut harus sudah bersih dulu barulah Anda bisa balurkan remasan daun pada seluruh rambut. Tunggu ½ jam dan bilas menggunakan air dingin.

(Baca juga: cara membuat rambut lembut)

13. Kelapa Hijau

Sediakan 1 buah kelapa hijau yang masih segar berikut juga garam dapur sesuai kebutuhan. Kelapa harus Anda parut lebih dulu dan halusan kelapa bisa dicampur dengan garam hingga rata. Peras kemudian untuk mendapatkan sari kelapa dan oles langsung ke seluruh rambut selama 20 menit. Gunakan air dingin untuk membilasnya hingga bersih.

sponsored links

14. Minyak Mustard

Minyak jenis ini tak boleh dikonsumsi dan hanya boleh digunakan untuk perawatan dari luar saja. Hangatkan lebih dulu minyak mustard secukupnya, sesuaikan dengan panjang pendek rambut Anda, lalu aplikasikan ke seluruh rambut serta kulit kepala. Berikan pijatan lembut sebelum kemudian dibiarkan selama 2 jam dengan menutupinya menggunakan shower cap. Barulah setelah itu Anda bilas menggunakan air biasa ketika sudah lewat 20 menit.

15. Bubuk atau Tepung Amla

Bubuk yang terbuat dari Indian gooseberries ini memang memiliki banyak manfaat, salah satunya menghitamkan rambut. Campurkan bubuk amla 2 sendok teh dengan sesendok teh minyak esensial apapun. Tambahkan pula air hangat secukupnya lalu aduk dan aplikasikan pada rambut hingga merata. Tunggu sampai 90 menit sebelum kemudian Anda boleh mencuci rambut.

(Baca juga: cara merawat rambut bercabang)

16. Biji Pepaya Hitam

Sediakan biji pepaya sebanyak 30 biji di mana kemudian harus disangrai lebih dulu tanpa harus menggunakan minyak. Sesudah kering, tumbuklah biji pepaya hitam tadi dan tambahkan dengan minyak kelapa hingga terbentuk adonan pasta. Balurkan ke seluruh rambut sambil memberi pijatan sekitar 5 menit. Tunggu 30 menit sebelum akhirnya dibersihkan atau dikeramasi.

17. Alpukat

Siapkan sebuah alpukat segar yang bisa Anda kerok dagingnya. Daging buah alpukat bisa Anda haluskan lebih dulu dan campur dengan air perasan lemon atau jeruk nipis. Aduk merata lalu balurkan pada rambut Anda sampai menyeluruh. Tutup dengan shower cap dan tunggulah selama 30 menit sebelum akhirnya menggunakan air dingin untuk membilas.

(Baca juga: cara mengatasi rambut bercabang – cara merawat rambut berjilbab)

Itulah penghitam rambut alami yang layak dicoba. Anda tertarik untuk memraktikkannya? Lakukan perawatan dengan maksimal dan rutin demi hasil paling baik.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 23rd, November 2016 / 08:15 Oleh :
Kategori : Rambut