Sponsors Link

10 Penyebab Kerusakan pada Rambut

Sponsors Link

Rambut indah merupakan salah satu mahkota yang selalu di dambakan setiap wanita. Halus, lembut, berkilau, wanita mana yang tidak tergiur? Banyak mereka yang rela merogoh kantong lebih dalam demi mempercantik dan merawat rambut. Anda juga tentu tidak mau bukan, memiliki rambut seperti sapu yang kaku, keras dan mudah rontok ?

ads

Banyak masalah yang di hadapi wanita tentang rambutnya. Misalnya rambut kering, rontok, kusam, bercabang, susah di atur, rapuh, kaku, dan berketombe adalah salah satu dari sekian masalah rambut. Tentu saja hal ini semakin menurunkan kepercayaan diri anda. Baik di rumah, di depan teman teman anda, ataupun di depan publik. Anda akan berusaha sekuat tenaga untuk menghilangkan masalah rambut tersebut. Atau setidaknya anda akan berusaha untuk mengurangi masalah yang sudah muncul.

Masalahnya adalah, mengapa rambut anda rusak sedangkan rambut teman teman anda tidak? Padahal anda lebih teratur dan rajin merawatnya? Apakah yang menyebabkan rambut seseorang mudah rusak tersebut? Berikut adalah ulasannya :

1. Genetik atau keturunan

Perlu ditelisik lebih jauh ketika teman dekat anda memiliki rambut yang lebih baik dari anda, padahal anda lebih telaten dan rajin merawat rambut? Salah satu alasan yang harus anda teliti adalah apakah orang tua anda memiliki kualitas gen rambut yang baik atau tidak? Mungkin iya ibu anda memiliki rambut yang indah, berkilau, dan menarik. Sayangnya dari ayah tidak. Atau dengan kata lain, ayah anda memiliki kualitas rambut yang tidak baik.

Maka ada kemungkinan besar bahwa secara genetik atau keturunan, anda mewarisi gen rambut milik ayah. Maka mau di apa apakah, kalau memang sudah tidak baik kualitas rambutnya, juga tidak baik. Kecuali anda rela merogoh kantong lebih dalam untuk melakukan perawatan. Beberapa masalah berat mengenai rambut adalah yang beruban dan botak atau mudah sekali rontok.

2. Sering terkena paparan sinar matahari

Jangan salah jika anda kerap melihat pengamen pengamen jalanan atau pengemis yang memiliki rambut merah. Apakah mereka mengecat rambutnya? Tentu saja tidak! Ini menjadi bukti bahwa paparan sinar matahari yang terlalu sering bisa memperparah kerusakan rambut. Bahkan cenderung membuat komponen rambut semakin rapuh. Beberapa masalah rambut terkait terkenanya paparan sinar matahari adalah kusam, kering, hingga sampai merusak pigmen warna rambut. Itulah mengapa kebanyakan berwarna merah. Menjadi masalah besar jika anda adalah pekerja yang sering berada di bawah paparan sinar matahari.

Maka salah satu solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan pelindung. Baik seperti penutup kepala, atau topi yang menutupi langsung dari paparan sinar matahari. Tapi perlu di perhatikan pula bahan dasar yang di gunakan topi tersebut. Usahakan tetap pada bahan yang bisa menyerap keringat.

3. Nutrisi dan vitamin yang kurang

Rambut itu juga sama dengan organ tubuh yang lain. Yakni sama sama memerlukan nutrisi, gizi, dan vitamin. Beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk kebutuhan dan kesehatan rambut adalah protein, zat besi, omega 3, zink, asam lemak, serta vitamin A. Kandungan ini mampu membuat kebutuhan rambut anda terpenuhi. Semakin banyak kandungan dan nutrisi, maka rambut semakin sehat. Jika tidak bisa memenuhi kebutuhan rambut ini, yang terjadi adalah rambut anda rusak, rontok, bercabang dan tidak terawat.

Sponsors Link

4. Terkena zat kimia yang berlebihan

Anda sering pergi ke salon? Apa saja yang anda lakukan? Apakah merebonding rambut? Melakukan catok? Pewarnaan? Jutru itulah yang menjadi alasan dan penyebab rambut anda cepat rusak. Pada dasarnya tubuh kita ini tidak akan tahan jika di masuki banyak bahan bahan kimia. Beberapa akan merusak fungsi asli rambut tersebut. Melakukan pelurusan rambut seperti rebonding memerlukan banyak zat kimia agar rambut bisa bertahan lurus dalam waktu lama. begitu pula dengan melakukan catok.

Apalagi mewarnai rambut! Pigmen asli rambut kita adalah hitam. Untuk bisa mengalahkan warna hitam ini harus di lakukan perusakan pigmen, agar hitamnya kalah dengan warna baru. Makanya sama saja kita harus merusak pigmen rambut, agar warna baru rambut bisa menempel lebih lama.

5. Adanya zat panas yang berlebihan

Apakah anda pernah memanaskan rambut? Jawabannya tentu saja tidak. Tapi jika pertanyaanya di alihkan pada : apakah anda sering mengeringkan rambut dengan menggunakan pengering rambut? Mungkin iya. Padahal hal ini sangat tidak di anjurkan. Sebab rambut kita memiliki ketegangan panas yang tidak terlalu tinggi. jika anda melakukan pengeringan rambut menggunakan alat, yang di keluarkan dari alat tersebut adalah panas. Nah dari panas inilah yang mampu mempercepat proses pengeringan rambut.

Salah satu solusinya adalah jika anda memang menghendaki rambut anda kering, maka keringkanlah dengan cara alami. Anda bisa menunggu rambut anda kering dengan sendirinya selagi melakukan banyak aktivitas. Bisa juga dengan menggunakan kipas angin agar cepat kering.

6. Terlalu sering keramas

Shampo juga merupakan bahan kimia. Maka terlalu banyak menggunakan shampoo juga tidak terlalu baik untuk kesehatan rambut anda. apalagi kandungan dalam shampoo adalah zat zat yang mampu mengurangi kelembaban kulit kepala. Selain itu melakukan keramas terlalu sering bisa membuat rambut andamenjadi kering dan kusam. Meskipun lembut, tapi terlihat sedikit dan tipis. Aktivitas keramas adalah dengan menggosok gosokkan antar rambut dengan tangan. Perilaku ini tidak baik untuk kualitas rambut anda.

7. Memikirkan banyak masalah atau stress

Terlalu banyak masalah atau stress juga menjadi salah satu pemicu terjadinya kerusakan pada rambut. Biasanya di tandai dengan adanya banyak kerontokan dan muncul ketombe yang tidak bisa di kontrol. Hal ini di sebabkan karena hormon dalam tubuh anda menjadi tidak seimbang. Itulah yang menyebabkan anda stress.

Bagaimana caranya agar anda bisa reda dari stress? Salah satunya adalah dengan segera mengatasi masalah yang melingkupi anda. cari tahu apa saja yang sedang anda pikirkan. Baru kemudian cari pemecahan masalahnya. Setelah semua selesai, maka kemungkinan ketombe rambut dan kerontokan juga bisa di cegah dan di atasi.

8. Menyisir rambut dalam keadaan rambut basah

Ini menjadi salah satu kebiasaan buruk wanita. Mereka sering menyisir rambut yang masih dalam keadaan basah. Memang tampilan rambut basah yang di sisir akan terlihat rapi dan elegan. Namun tahukah anda, bahwa kebiasaan ini memiliki efek buruk?

Keadaan basah rambut membuat sel sel rambut anda dalam tahap yang belum siap. Maka ketika di sisir, tegagan akar pada rambut semakin kuat. Hal ini memudahkan rambut anda rontok. Itulah mengapa menyisir saat rambut dalam keadaan basah akan muncul kerontokan lebih banyak dari pada saat kering. Maka cara mengatasinya adalah dengan mengeringkan rambut terlebih dahulu. Baru kemudian bisa di sisir.

9. Salah langkah dalam pengeringan menggunakan handuk

ads
Secara reflek setelah keramas, anda akan langsung memegang handuk dan meletakkan di kepala. Kemudian mengeringkannya dengan cara menggosok gosokkan pada kulit kepala. Tapi ketahuilah, cara tersebut ternyata malah bisa merusak rambut anda. mengapa? Kala rambut anda basah kemudian di gosok gosokkan menggunakan handuk, kerontokan rambut juga semakin banyak. Sebab akar rambut belum siap menancap dengan kuat pada kulit kepala anda.

Menurut salah satu ahli menyebutkan bahwa cara yang efektiv untuk mengeringkan rambut adalah dengan cara di tekan tekan bagian rambut. Penekanan ini tidak sembaarang tekan, tapi perlahan lahan dari atas sampai bawah agar mampu membantu sirkulasi darah yang ada di otak. Anda bisa menggunakan handuk dalam pengaplikasian ini.

10. Kebiasaan mengucir rambut

Memang mengucir rambut dengan kepang dua atau di kucir kuda menjadi favorit untuk mengatasi rasa gerah. Apalagi dengan mengucir rambut, secara otomatis kerapian anda semakin terlihat pula. Bahkan kebanyakan orang mengucir rambut dengan tujuan kecantikan. Tapi apakah kebiasaan itu baik? Sayangnya tidak. Keadaan rambut yang di kucir terlalu lama dan sering bisa menyebabkan rambut anda dalam suasana tegang. Salah satu buktinya adalah adanya bekas kuciran saat anda melepas dan menggerai rambut anda.

Keadaan ini semakin meningkatkan masalah rambut seperti rambut patah dan rontok. Apalagi jika anda mengucirnya dalam keadaan basah. Solusinya adalah jangan mengucir rambut. Jika memang gerah, anda bisa menggunakan pita atau bandana yang melingkarkan ke seluruh kepala anda. selain itu dengan menggunakan kipas angin atau berada dalam ruangan AC. Sebab pada ruangan tersebut, rasa gerah dan panas lingkungan sudah di minimalisir.

Pentingnya Menjaga Rambut Sebelum Rusak !

Rambut menjadi bahan yang di elu elukan. Baik laki laki ataupun wanita, memang sudah menjadi keharusan untuk merawatnya. Keberadaan rambut di masa muda memang sangat mudah tumbuh dan banyak. Namun bagaimana saat nanti anda dewasa? Akankah memiliki mudah memiliki rambut yang banyak? Tentu saja tidak. Rambut merupakan salah satu sel tubuh yang harus di jaga dan di perkaya kandungan vitamin dan nutrisinya agar tetap tumbuh dengan sehat.

Merawat rambut tidak di mulai saat sudah rusak. Namun harus di awali dari sekarang. Saat ini juga. Semakin cepat, semakin segera anda memperbaiki kualitas rambut, maka semakin baik pula hasil rambut anda.

Baca juga tentang : cara membuat muka tirus – bahaya mencabut alis – cara merawat kuku

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 30th, November 2015 / 08:06 Oleh :
Kategori : Rambut