26 Penyebab Rambut Beruban dan Cara Mengatasinya Paling Ampuh

Sponsored Links

Seperti banyak orang Asia lainnya, rambut asli kita sebagai orang Indonesia berwarna hitam. Kadar melanin yang lebih tinggi daripada bangsa lainnya menyebabkan rambut kita berwarna gelap. Dengan pertambahan usia, kemampuan tubuh untuk memproduksi pigmen melanin akan menurun atau berkurang. Bila rambut sudah kekurangan melanin, maka warnanya perlahan akan memudar dari hitam , lalu abu – abu, dan lama kelamaan menjadi putih, atau yang biasa disebut uban.

Bagaimana Rambut Bisa Beruban

Melanin atau pigmen pada rambut diproduksi oleh sel melanosit yang berada dalam folikel rambut. Melanin ini akan bertahan dari berbagai kerusakan selama bertahun – tahun, sampai akhirnya melanosit tidak bisa memproduksi melanin lagi. Tanpa melanin, rambut yang baru tumbuh tidak akan berwarna hitam lagi. Perubahan warna pigmen melanin yang terdapat pada rambut terjadi karena batang rambut mengalami kekurangan asupan oksigen. Sari makanan dari ujung pembuluh darah akan dihisap oleh batang rambut. Kekurangan oksigen akan menyebabkan penyerapan sari makanan tersebut terhambat. Dengan demikian susunan rambut akan menjadi tidak bagus dan mempengaruhi melanin.

Penyebab Uban

Penyebab rambut beruban yang sangat umum adalah pertambahan usia. Karena itu seringnya uban dikaitkan dengan pertambahan kebijaksanaan dan kedewasaan. Rambut beruban memang sudah umum kita lihat pada orang yang usianya beranjak senja.  Namun tidak jarang juga kita melihat orang yang berusia muda tetapi sudah terlihat banyak uban di rambutnya. Bila itu terjadi, itu berarti uban muncul sebelum waktunya dan bisa membuat penampilan orang muda terlihat lebih tua dari usianya. Banyak faktor yang dapat menyebabkan munculnya uban di usia muda, yaitu seperti beberapa hal berikut:

1. Stres

Tanpa disadari, gangguan pikiran atau stres yang dialami seseorang akan berpengaruh kepada kondisi tubuhnya karena tekanan yang diterima. Stres akan mempengaruhi produksi melanin yang memberikan warna alami pada rambut, sehingga warna rambut bisa berubah. Uban yang dialami karena stres ini biasanya hanya bersifat sementara saja, jika penyebabnya sudah teratasi dan tekanan pikiran sudah menghilang, maka rambut akan tumbuh kembali seperti biasa.

2. Penyakit Tiroid

Selain stres, penyakit yang dialami juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut beruban di usia muda. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif dapat mempengaruhi juga kepada produksi melanin di rambut sehingga menghasilkan uban yang muncul lebih dini.

3. Kekurangan Vitamin B12

Salah satu penyebab kekurangan vitamin B12 adalah stres juga. Mengalami stres akan menguras cadangan vitamin B12 dalam tubuh,  sehingga mempercepat timbulnya uban pada rambut. Nutrisi dalam rambut berasal dari vitamin B12, seng dan tembaga, kekurangan zat – zat tersebut akan mempercepat munculnya rambut putih.

4. Kekurangan Vitamin A dan C

Kedua vitamin ini bila jumlahnya kurang dalam tubuh dapat mengurangi jumlah sel – sel yang bertugas memproduksi melanin. Maka rambut yang tumbuh tidak akan berwarna hitam, melainkan abu – abu atau putih.

5. Genetika

Uban bisa muncul sebagai akibat dari faktor keturunan, karena tubuh membawa catatan tentang susunan genetika yang diperoleh dari orang tua kita. Penyebab uban karena faktor keturunan ini sifatnya menetap dan sulit dicegah karena tumbuh sebagai pembawaan yang alami.

sponsored links

6. Merokok

Kebiasaan buruk ini akan menghasilkan produksi radikal bebas dalam tubuh perokok yang mempercepat penuaan. Penurunan tingkat melanin juga akan terjadi sebagai akibatnya. Salah satu bahan untuk merawat rambut yang mujarab adalah dengan buah anggur. Manfaat anggur untuk rambut bisa berfungsi sebagai antioksidan alami yang bisa mengatasi penyebab penuaan dini pada rambut.

7. Makanan Tidak Sehat

Sering mengonsumsi makanan tidak sehat seperti junk food, gorengan, dan makanan tidak sehat lainnya akan menyebabkan penumpukan kolesterol dan lemak di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh kekurangan nutrisi yang diperlukan, termasuk nutrisi untuk pertumbuhan rambut.

8. Diet

Menerapkan diet yang terlalu ketat akan menyebabkan tubuh kehilangan banyak kandungan dan asupan nutrisi serta gizi. Fungsi tubuh akan banyak terganggu dan tidak berjalan dengan baik. Salah satu akibatnya adalah kekurangan nutrisi pada rambut yang akan membuat rambut tumbuh berwarna abu – abu atau putih. Rawatlah rambut dengan salah satu perawatan yang baik yaitu menggunakan manfaat daun waru untuk rambut.

9. Penggunaan Alat Penata Rambut

Menggunakan alat penata rambut dalam frekuensi yang berlebihan akan mempengaruhi kondisi akar rambut, karena panas yang berasal dari alat – alat tersebut. Manfaat catok rambut memang akan membuat rambut kita tampil bergaya, namun efek sampingnya apabila digunakan terlalu sering adalah rusaknya akar rambut yang akan menimbulkan uban. Akibat lainnya, akan menjadi penyebab rambut bercabang dan rusak.

10. Bahan Kimia

Banyak jenis perawatan rambut di salon yang bisa dilakukan, tetapi kesemuanya itu melibatkan bahan kimia dalam prosesnya. Bahaya cat rambut, bahaya rebonding rambut, dan bahaya smoothing rambut adalah karena terdapat bahan kimia dalam cat rambut, juga dalam proses smoothing dan rebonding yang biasa dilakukan kaum wanita. Terlalu mengalami perawatan rambut dengan bahan kimia bisa merusak akar rambut, dan dengan begitu juga turut merusak kemampuan rambut untuk memproduksi pigmen yang membuat rambut hitam.

11. Hormon

Kondisi hormon yang tidak seimbang juga bisa mempercepat timbulnya uban di rambut. Masalah hormon yang tidak seimbang ini bisa disebabkan kehamilan, menopause dini, atau pengobatan penyakit tertentu yang menggunakan obat mengandung hormon.

12. Kekurangan Asam Folat

Asam folat atau vitamin B9 adalah vitamin penting untuk rambut karena  berfungsi untuk pertumbuhan jaringan rambut, fungsi sel di kulit kepala dan menguatkan rambut. Uban bisa muncul karena kekurangan asam folat dalam tubuh. Rawatlah uban dengan manfaat buah apel untuk kesehatan rambut.

13. Kulit Kepala Tidak Bersih

Kondisi kulit kepala yang tidak bersih dan berketombe ternyata juga merupakan salah satu penyebab rambut beruban muncul lebih awal. Akibatnya berbagai kuman dan bakteri akan betah bersarang di rambut, sehingga mempengaruhi kinerja produksi melanin. Untuk rambut yang kotor dan berketombe, gunakan manfaat jeruk nipis untuk rambut yang bisa mengatasi masalah tersebut.

14. Sampo Yang Tidak Cocok

Pemakaian sampo yang tidak cocok dapat menyebabkan uban pada rambut kita. Zat kimia dalam sampo bisa meresap ke kulit kepala dan mempengaruhi proses produksi pigmen rambut. Sebaiknya gunakan sampo yang berbahan dasar herbal seperti urang aring untuk rambut beruban. Manfaat urang aring untuk rambut dikenal bisa menghitamkan dan menjadi cara merawat rambut agar lembut.

Vitamin Dan Mineral Untuk Rambut Beruban

Usaha untuk mengatasi rambut beruban bisa dilakukan dari dalam tubuh, yaitu dengan mamaksimalkan asupan vitamin dan mineral untuk tubuh. Zat gizi yang diperlukan tubuh untuk mengatasi uban selain vitamin yang sudah disebutkan diatas adalah:

  1. Vitamin B2 – Produksi hormon dalam tubuh adalah salah satu fungsi vitamin B2. Selain itu vitamin ini juga membantu keseimbangan sistem tubuh yang akan mempengaruhi produksi melanin pada rambut.
  2. Vitamin B5 – Vitamin ini lumayan efektif untuk mencegah rambut beruban dan dapat ditemukan dalam makanan seperti kacang – kacangan, susu, gandum, telur dan sayuran. Manfaat susu kedelai untuk kulit berguna untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan asupan vitamin B5.
  3. Vitamin B6 – Fungsi dari vitamin ini adalah untuk produksi sel darah merah yang berguna untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh termasuk kulit kepala. Konsumsi vitamin ini juga bisa manjadi cara mengatasi rambut rontok dan kering.
  4. Tembaga – Pada pembentukan melanin untuk rambut membutuhkan tembaga dalam prosesnya. Makanan yang bisa menjadi sumber dari tembaga yaitu coklat, hati sapi, biji bunga matahari, hati sapi, jamur, selai kacang dan almond.
  5. Selenium – Zat ini dibutuhkan untuk cara kerja dan produksi hormon dalam tubuh, karena bisa melawan proses penuaan dan radikal bebas. Selenium dapat ditemukan dalam makanan seperti gandum, kacang – kacangan, kismis, biji bunga matahari dan ikan mackerel.

sponsored links

Cara Mengatasi Rambut Beruban

Rambut yang beruban bisa diatasi dengan beberapa cara tradisional menggunakan bahan alami. Bahan – bahan yang dimaksud dan cara membuatnya adalah sebagai berikut:

1. Ampas Teh

Selain manfaat teh basi untuk wajah, ternyata ada juga manfaat teh untuk rambut dari ampas teh yang bisa digunakan untuk merawat rambut yang beruban. Caranya dengan mendiamkan ampas teh tersebut semalaman, lalu keesokan harinya dicampur dengan sedikit garam untuk dioleskan ke kulit kepala secara merata. Diamkan selama satu jam sebelum dikeramas dengan sampo.

2. Putih Telur

Manfaat telur untuk rambut yang diambil dari bagian putihnya adalah untuk merawat rambut yang beruban. Yang digunakan adalah telur ayam kampung. Siapkan tiga butir telur ayam kampung, lalu setengah gelas air hangat dan setengah sendok teh garam lalu campurkan dan gunakan pada kulit kepala. Diamkan selama dua jam, kemudian cuci rambut dengan sampo. Ada juga cara menghilangkan komedo dengan putih telur.

3. Yogurt

Dikenal sebagai bahan yang menjadi cara mengencangkan kulit wajah, yogurt tawar juga bisa digunakan untuk merawat rambut beruban, digabungkan dengan manfaat kopi untuk rambut. Bahannya adalah yogurt tawar, lada hitam dan kopi bubuk. Gunakan dalam jumlah yang secukupnya saja, jangan sampai berlebihan. Setelah dicampur merata, gunakan ke kulit kepala. Diamkan selama satu jam kemudian keramas.

4. Kemiri

Perawatan rambut dengan menggunakan rempah ini yang biasa dipraktekkan adalah cara menebalkan alis dengan kemiri, serta cara membuat minyak kemiri untuk rambut botak. Ternyata, tidak hanya untuk alis dan rambut botak, tetapi kemiri juga berguna untuk rambut beruban. Oleskan minyak kemiri secara rutin ke kulit kepala sebelum keramas untuk menghilangkan uban.

5. Daun Rambutan

Manfaat rambutan untuk kecantikan adalah untuk menjadi cara menghitamkan rambut secara alami. Daun rambutan mengandung sennyawa seperti tanin, saponin, dan polifenol untuk kecantikan rambut yang mampu meningkatkan produksi pigmen rambut secara alami. Caranya dengan menggunakan daun rambutan yang sudah dipetik secukupnya, lalu dicuci bersih menggunakan air. Tumbuk semuanya dan tambahkan sedikit air. Peras sampai hasil perasannya menghasilkan sari berwarna hijau, oleskan ke kulit kepala. Pijat selama lima menit, dan diamkan di kepala selama kurang lebih dua puluh lima menit. Kemudian cuci rambut dan keramas.

6. Biji Pepaya

Manfaat pepaya untuk rambut diambil dari kandungan mineral alaminya yang bisa menghilangkan uban. Siapkan biji pepaya secukupnya, lalu disangrai dan biarkan dingin. Kemudian haluskan dengan ditumbuk, campur dengan minyak kelapa sampai menjadi adonan yang mirip dengan sampo. Oleskan merata ke seluruh bagian rambut sambil dipijat perlahan. Tutup dengan handuk hangat atau shower cap selama setengah jam, lalu keramas.

Agar bisa mengatasi rambut beruban, lakukan perawatan tersebut diatas minimal dua kali seminggu. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, sebelum mengalami rambut yang beruban ada baiknya Anda menerapkan pola hidup sehat, seperti menghindari stres, biasakan makan banyak buah dan sayur, tidur cukup, hindari rokok serta alkohol untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 29th, August 2016 / 07:58 Oleh :
Kategori : Rambut