11 Penyebab Rambut Keriting dan Cara Mengatasinya

Sponsored Links

Tuhan memang menciptakan manusia beraneka ragam, ada yang diciptakan menjadi lelaki ada yang perempuan. Ada yang berkulit putih ada yang hitam ada pula sawo matang, dan juga keanekaragaman lainnya, seperti halnya dengan keanekaragaman rambut, rambut ada berbagai macam bentuk. Baik itu lurus maupun kritik atau ikal. Rambut memang mahkota dari wanita, tapi terkadang sulit sekali mengatur rambut ini. Kadang rambut keriting lebih sulit diatur ketimbang rambut yang lurus, meskipun terkadang lurus dijadikan keriting dan keriting dijadikan lurus.

Saat ini teknologi dunia memang sudah canggih, dapat merubah sesuatu sesuai dengan bentuknya. Namun tentunya tidak bertahan lama, semua akan kembali seperti semula lagi, layaknya rambut keriting, meskipun berkali-kali diluruskan akan kembali keriting lagi. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan rambut keriting ?

Rambut keriting ada beberapa penyebabnya baik itu secara alam, maupun secara genetika, banyak yang bilang rambut keriting secara genetika. Namun padahal tidak semata-mata semua karena faktor genetika.

1. Gen tricohylAayin

Gen ini merupakan gen bawaan ketika lahir, biasanya gen ini disebabkan oleh adanya pengaruh dari kedua orang tua. Orang tua yang memiliki rambut ikal atau keriting maka anak akan memiliki rambut demikian. Sebaliknya orang yang memiliki rambut lurus maka anaknya juga akan memiliki rambut yang lurus.

2. Mengkonsumsi obat-obatan

Baik mengkonsumsi obat secara berlebihan atau pun dengan dosis, obat sangat mempengaruhi semua organ tubuh, terutama pada rambut, obat-obatan mampu mempengaruhi hormon. Kondisi rambut ini menciptakan rambut yang berbagai macam, hal ini memang bukan disebabkan karena faktor genetika, namun karena faktor dari luar.

3. Rambut terlalu panjang

Rambut terlalu panjang memang cenderung akan keriting, ini disebabkan karene semakin panjang rambut, maka nutrisi yang ada dikulit kepala harus semakin panjang pula menyampaikannya untuk ujung rambut. Dengan demikian jika nutrisi pada kulit kepala tidak dapat memenuhi sesuai dengan kebutuhan rambut yang panjang rambut akan menjadi keriting atau juga kusut.

4. Folikel rambut yang asimetris

Folikel rambut sangat mempengaruhi akan terciptanya rambut, folikel yang asimetris cenderung menciptakan rambut yang ikal atau penyebab keriting keriting, sedangkan rambut yang memiliki folikel simetris akan menghasilkan rambut yang lurus. Folikel rambut ini juga merupakan bawaan dari lahir atau juga karena disebabkan oleh hormon tertentu sehingga dapat mengubah folikel menjadi simetris atau asimetris.

5. Rambut kusut

sponsored links
Rambut yang kusut sangat mempengaruhi sekali dengan keritingnya rambut. Rambut yang kusut cenderung kekurangan nutrisi dari kulit kepala hingga rambut menjadi terlihat kusut. Dengan hal ini rambut akan terlihat keriting karena rambut tidak terawat dan tidak terjaga. Kusutnya rambut akan mengesankan rambut menjadi tidak rapi dan rambut akan terlihat lebih keriting, itu sebabnya rambut kusut sangat mempengaruhi lurus keritingnya rambut.

6. Kelenjar rambut oval

Kelenjar rambut yang ada di kulit kepala pada rambut memiliki dua bentuk yaitu oval dan juga bulat. Kelenjar rambut yang oval akan menghasilkan rambut yang keriting atau ikal, sedangkan kelenjar rambut yang bundar akan menghasilkan rambut yang lurus. Dengan begitu kelenjar rambut inin sangat mempengaruhi tumbuhnya rambut karena sebenarnya kelenjar ini lah yang nantinya berfungsi untuk memberikan informasi kepada gen. Kemudian dari gen itu akan memberi informasi kepada pipa rambut, akan ditumbuhkan seperti apa rambut itu dan bagaimana rambut akan tumbuh.

7. Kurangnya kebersihan rambut

Rambut yang kurang bersih memang menyebabkan rambut menjadi keriting, namun keriting disini bukanlah keriting yang secara alamiah atau keriting yang memang itu tumbuhnya keriting. Namun keriting yang disebutkan disini adalah ketika rambut yang lurus lama kelamaan akan menjadi keriting. Hal inilah disebabkan karena kurang bersihnya rambut, rambut yang tidak pernah dirawat dan dijaga kebersihannya akan membuat nutrisi yang seharusnya. Diterima oleh rambut kurang sehingga rambut kurang terjaga dan akhirnya menghasilkan rambut yang terlihat keriting.

8. Sering melakukan perubahan rambut

Perubahan yang dimaksud adalah membuat rambut menjadi aneh-aneh, seperti rambut di buat menjadi kribo, rambut dibuat menjadi lurus, dan rambut dibuat menjadi ikal, gelombang dan sejenisnya. Diawal tadi memang sudah dibahas bagaimana teknologi di dunia ini sudah sangat canggih, mudah betul jika ingin mengubah rambut ini, namun memang rubahnya tersebut tidak bertahan lama.

Misalnya ketika rambut yang lurus dan di rebonding sehingga membuat rambut benar benar terlihat lebih lurus dan indah. Tapi kenyataannya di rebonding tidaklah bertahan lama, paling-paling satu tahun akan kembali seperti semula rambut tersebut. Setelah itu rambut akan di rebonding lagi dan seterusnya. Sebenarnya hal inilah yang dapat merusak rambut, rambut memang terlihat indah tapi itu hanyalah sementara.

Setelah itu rambut akan menjadi rusak dan akan terlihat tidak sehat, rambut yang tidak sehat biasanya akan cenderung terlihat kriting dan tidak rapi. Jadi lebih baik ketika memang sering mengonta ganti rambut sesuai fashionable zaman, lebih baik juga memberikan rambut nutrisi untuk kesehatan rambut tersebut

9. Kurang konsumsi air putih

Hampir semua penyebab dari segala keluhan adalah konsumsi air putih, karena air putih memang membawa banyak manfaat untuk kesehatan, baik itu kesehatan tumbuh, kesehatan organ kewanitaan dan organ pria, dan juga untuk kesehatan rambut. Tubuh yang memiliki kadar air yang cukup dengan mengkonsumsi air putih yang cukup juga akan membantu hormon dan kelenjar pada kulit kepala akan mudah bekerja, sehingga nutrisi pada rambut akan terpenuhi.

Jika nutrisi rambut terpenuhi tidaklah ada kata bahwa rambut kusut dan tidak rapi, rambut akan terlihat lebih indah dengan alami. Syaratnya adalah konsumsi air putih secara cukup minimal dua liter setiap harinya.

10. Konsumsi makanan yang tidak sehat

Seperti halnya disini adalah makanan makanan instan, karena makanan yang instan biasanya mengandung banyak bahan kimia yang berbahaya, terutama juga tidak baik untuk kelanjar yang ada pada kulit kepala, sehingga juga mempengharui tumbuhnya rambut pada kulit kepala. Jika kelenjar pada kulit kepala terganggu akibat makanna instan ini segala pertumbuhan rambut akan terhambat, seperti halnya nutrisi pada rambut, hormone atau kelenjar yang membuat rambut menjadi panjang, dan lain sebagainya.

11. Malas nyisir

Hal yang sangat spele sekali adalah malas nyisir, rambut yang jarang sekali disisir akan membuat rambut menjadi rusak dan gimbal, itulah sebabnya rambut akan terlihat keriting karena rambut menjadi tidak sehat, biasanya pula rambut yang tidak pernah disisir akan menjadi sarang tumbuhnya kutu rambut. Kelenjar minyak pada rambut yang tidak disisir juga akan sulit apabila akan masuk ke seluruh kompenen pada rambut tersebut. Hingga rambut akan terhalang nutrisinya, terutama rambut bagian bawah, rambut yang atas biasanya masih mampu mendapatkan nutrisi yang baik.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab rambut keriting. Dengan demikian rambut keriting tidak hanya disebabkan karena faktor genetika, tapi factor dari luar justru lebih banyak mempengaruhi rambut keriting. Selain itu, rambut yang keriting cenderung kusut karena folikel rambut yang oval tadi, membuat rambut menjadi keriting dalam menyampaikan informasi ke gen untuk tumbuhnya rambut akan sulit pula sampai pada rambut bagian bawah, sehingga rambut keriting pada bagian bawah akan lebih terlihat kusut dan sulit diatur. Tapi tak perlu terlalu khawatir, meskipun rambut keriting dan sulit untuk diatur ada beberapa hal yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut diantaranya adalah

Sponsors Link

Cara Mengatasi Rambut Keriting

  • Cukupi kebutuhan air putih

Sama seperti keterangan pada point kekurangan air putih tersebut, air putih memang sangat mempengharui segalanya, jadi air putih akan membuat kelenjar dan hormone pada kulit kepala lebih mudah bekerjaa dan lebih mudah pula dalama tugasnya menutrisi rambut, hingga rambut akan terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Konsumsi air putih minimal 2 liter setiap harinya tidak hanya membantu tumbuhnya rambut tapi juga mempengharui semuanya, baik itu kecantikan wajah, kelembaban bibir, kelancaran organ pencernaan, organ reproduksi dan lain sebagainya.

  • Konsumsi makanan yang dapat membantu menutrisi rambut

Seperti halnya buah buahan dan sayuran yang banyak mengandung vitamin dan juga mineral, dengan konsumsi makanan seperti itu nutrisi pada rambut jgua akan mudah untuk dipenuhi.

  • Jangan terlalu sering mengkreasikan rambut

Memang rambut yang dikreasikan akan terlihat lebih bagus dan indah namun jangan terlalu sering pula. Jika terlalu sering akan mempengaruhi kelenjar pada rambut dan proses penyampaian nutrisi pada rambut. Boleh-boleh saja mengkreasikan rambut, tapi tetap harus seimbang dalam pemberian nutrisi pada rambut, dengan banyaknya dan cukupnya nutrisi yang ada di rambut akan membuat rambut menjadi sehat. Mengkreasikan rambut biasanya akan memanasi rambut, seperti halnya ketika rambut akan diluruskan akan menggunakan catok untuk memanasinya. Padahal itu akan mematikan beberapa sel rambut yang harusnya bekerja menjaga rambut.

  • Konsultasi pada pakar rambut

Hal ini adalah hal yang paling mudah, dengan berkonsultasi pada pakar rambut, akan mendapatkan berbagai saran untuk menjaga rambut kita, dengan begitu pakar rambut kemungkinan juga akan memberikan produk apasaja yang harus digunakan untuk rambut kita, sehingga akan lebih leluasa jika ingin mengkreasikan rambut seperti apapun yang diinginkan. Nutrisi yang diberikan oleh pakar rambut juga akan membantu dalam merawat rambut tersebut.

  • Jaga kebersihan rambut

Rambut yang bersih akan menghasilkan rambut yang sehat pula, rambut yang bersih akan membuat rambut akan terlihat bagus dan indah. kebersihan rambut sangat mempengaruhi sekali akan pertumbuhan pada rambut tersebut, baik tumbuhnya rambut dan kesehatan rambut. Untuk itu apalagi sebagai seorang wanita, rambut harus benar-benar dijaga, agar dapat mempercantik dan memperindah tampilan anda.

  • Gunakan sampo atau produk rambut lainnya yang cocok

Kecocokan rambut dengan sampo juga mempengaruhi tumbuhnya rambut dan nutrisi rambut pula. Jika sampo tidak cocok biasanya akan menghasilkan ketombe. Ketombe tersebut yang akan menghalangi nutrisi untuk sampai ke bawah rambut atau ke seluruh bagian rambut. Dengan banyaknya ketombe justru juga akan mengganggu aktivitas, karena ketombe akan menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Ketombe juga membuat menjadi kurang percaya diri. Ketombe juga mengesankan rambut yang tidak bersih dan tidak terawat dengan baik.

  • Gunakan nutrisi rambut

Sekarang ini banyak sekali produk yang menawarkan nutrisi pada rambut. Bila memang dirasa perlu untuk menutrisinya bisa menggunakan produk tersebut, agar rambut tetap menjadi sehat.

Diatas sudah dibahas mengenai penyebab rambut keriting dan cara mengatasinya. Memang masih banyak penyebab dan juga cara untuk mengatasinya, tapi setidaknya semua itu hampir sama dan tidak terlalu berbeda dari apa yang dibahas diatas, yang terpenting adalah bagaimana cara menjaga rambut tetap sehat dan tidak kotor, dengan rambut tetap terjaga, tidak perlu membayar mahal untuk perawatan rambut. Merawat lebih baik dari pada mengobati, rawatlah rambut anda dengan baik.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 29th, January 2016 / 05:12 Oleh :
Kategori : Rambut