15 Penyebab Rambut Rontok Pada Pria di Usia Muda

Tentu ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab rambut rontok pada pria diusia muda. Tidak bisa kalian abaikan jika masalah rambut rontok bisa saja muncul saat kalian masih muda. Apalagi jika kalian mempunyai riwayat dalam keluarga yang mengalami kebotakan diusia muda. Jika kalian tidak dengan serius menjaga serta merawat rambut kalian secara rutin. Maka tidak menutup kemungkinan muncul masalah kebotakan rambut di usia muda akan semakin besar. Berikut beberapa penyebab rambut rontok pada pria diusia muda yang harus kalian ketahui. (Baca Juga: Cara Mencegah Rambut Mengembang  ,  Cara Merawat Rambut Bob )

1. Ketidakseimbangan Hormon Di Dalam Tubuh

Salah satu faktor penyebab seorang pria mengalami kerontokan hingga kebotakan diusia muda diikarena ketidak seimbangan hormon dalam tubuh. Walaupun sebenanrnya faktor ini lebih dialami oleh kaum wanita.  Apalagi saat wanita mengandung, melahirkan dan dalam proses menyusui. Seringkali terjadi perubahan hormon secara tiba-tiba. Sedangkan pada pria, perubahan hormon bisa saja terjadi karena stress terhadap pekerjaan. (Baca Juga: Manfaat Garam untuk Perawatan Rambut Berketombe , Manfaat Ginseng Untuk Rambut)

Disaat hormon tidak seimbang inilah, rambut bisa mengalami kerontokan hebat. Bahkan jika segera tidak ditangani bisa mengalami kebotakan secara perlahan. (Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Agar Tidak Rontok,  Manfaat Conditioner rambut)

2. Menderita Penyakit Tertentu

Bagi beberapa orang yang menderita penyakit tertentu mengaku pernah mengalami kerontokan yang hebat bahkan muncul gejala kebotakan. Ini bisa saja dampak dari proses penyembuhan, seperti beberapa orang yang mengaku mengalami kerontokan saat sedang terserang penyakit tifus. Tapi tidak jarang uga yang justru mengalami kerontokan saat sembuh dari tifus. Tidak hanya tifus saja, karena ada beberapa penyakit yang bisa membuat pria mengalami kerontokan rambut. (Baca Juga: Cara Merawat Rambut Rontok dan kering)

Salah satu penyakit tertentu lainnya yang menjadi penyebab kerontokan rambut pria diusia muda yaitu penyakit alopecia areata. Penyakit ini sebenarnya adalah penyakit yang menyerang daya tahan tubuh kalian. Gejala dari penyakit ini yang sangat terlihat adalah muncylnya kebotakan. Kebotakan ini biasanya sebesar koin dan bisa muncul beberapa sekaligus di kepala kalian. Jika tidak segera ditangani dan berkonsultasi dengan dokter. Maka rambut kalian akan menjadi sepenuhnya botak, penyakit ini bisa sembuh tapi ada beberapa juga yang tidak bisa disembuhkan. (Baca juga: Tips Menebalkan Rambut)

3. Sedang Menjalani Proses Pengobatan Tertentu

Saat kalian sedang menjalani pengobatan tertentu bisa saja menyebabkan terjadiya kerontokan rambut yang hebat. Salah satunya adalah jika kalian sedang menjalani pengobatan seperti kemotrapi. Kalian tentu tahu jika pengobatan ini pasti menyebabkan kerontokan hingga kebotakan. Ini dikarena radiasi yang diberikan sangatlah keras.  Selain itu jika kalian mengonsumsi vitamin secara berlebihan juga bisa menjadi salah satu faktor kerontokan pada pria diusia muda. Untuk itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi vitamin sesuai dosis serta anjuran yang diberikan. (Baca Juga : Manfaat Hair Mask Untuk Rambut , Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok)

4. Stres

Tentu kalian sering mendengar bahwa stress yang berlebihan bisa mengakibatkan kerontokan rambut pada pria. Mengingat tingkat kesetresan pria-pria yang bekerja kantoran di ibukota sangat tinggi. Tidak heran jika kalian sering melihat gejala kerontokan pada pria kantoran. Jika sudah mulai muncul gejala kerontokan yang hebat, akan lebih baik untuk segera mengatasinya sebelum terlambat. ( Baca juga : Vitamin Untuk Rambut Kering, Manfaat Santan Untuk Rambut )

5. Kekurangan Nutrisi di Dalam Tubuh

Jika kalian mnerupakan penggemar makanan cepat saji, akan lebih baik untuk segera menghilangkannya. Karena ternyata makanan cepat saji merupakan makanan yang sangat sedikit mengandung nutrisi. Jika kalian kekurangan nutrisi bisa membuat rambut menjadi rontok bahkan mengalami kebotakan. Tentu kalian tidak menginginkan hal ini terjadi bukan, selain itu bisa juga menimbulkan berbagai macam penyakit lainnya seperti darah tinggi, kolestrol bahkan penyakit jantung. (Baca juga: Manfaat Putih Telur Untuk Rambut )

6. Kekurangan Omega 3

Ternyata selain bermanfaat buat otak kalian, omega 3 sangat baik buat rambut kalian. Tentu kalian paham jika tubuh kalian tidak bisa menghasilkan omega 3 sendiri, sehingga kalian harus makan makanan yang mengandung omega 3. Kalian bisa saja mengkonsumsi vitamin, tapi sangat disarankan untuk mengkonsumsi yang alami seperti ikan tuna, ikan salmon,  kacang kenari, dan lain sebagainya. (Baca Juga :Perawatan Rambut Berwarna,Bahan Penghitam Rambut Alami)

7. Diet

Tentu kalian tahu jika banyak orang yang melakukan berbagai macam diet demi mendapatkan tubuh yang ideal. Tidak hanya wanita saja, karena banyak sekali pria yang mulai melakukannya. Mereka bahkan rela merogoh uang yang tidak sedikit untuk mendapatkan badan seperti model-model. Tapi tidak menutup kemungkina jika diet yang mereka lakukan salah. Sehingga justru membuat tubuh mengalami kekurangan nutrisi, hal inilah yang bisa menyebabkan pria mengalami kerontokan rambut. Jika tidak segera diperbaiki tidak menutup kemungkinan jika kalian aka mengalami kebotakan diusia muda. (Baca Juga: Cara Mencegah Rambut Bercabang dan Kering)

8. Proses Kimia

Proses kimia tentu tidak baik bagi tubuh kalian bukan? tapi banyak orang yang mengabaikannya. Apalagi setiap saat muncul trend baru mulai dari pakaian hingga rambut. Sehingga tidak heran, baik kaum wanita maupun pria berlomba-lomba mengikuti trend tersebut. Banyak pria yang rela melakukan perawatan di salon karena mengikuti trend yang ada. Mereka tidak takut untuk berganti model hingga warna rambut. Padahal proses kimia yang kalian pakai bisa merusak rambut. Dampak negatif yang paling kelihatan adalah mengalami kerontokan rambut. Jika sudah demikian sangat disarankan untuk menggunakan bahan alami seperti timun, lemon serta kopi yang bisa dijadikan sebagai masker rambut. (Baca Juga :Bahan Penghitam Rambut Alami)

9. Usia

Saat kalian bertambah umur, maka rambut kalian akan secara otomatis mengalami penipisan. Saat pria mencapai usia 30 tahun, jangan heran jika pertumbuhan rambutnya akan mulai melambat. Bahkan beberapa penelitian mengatakan bahwa folikel rambut menjadi tidak aktif. Inilah yang membuat pria  berusia 50 tahun hanya mempunyai separuh atau setengah jumlah folikel aktif di kepalanya. Jika hal ini terjadi, kalian melakukan berbagai cara perawatan rambut menjadi tidak terlalu berpengaruh lagi. (Baca Juga : Cara Membuat Masker Lidah Buaya )

10. Kekurangan Zinc (Seng)

Zat seng ternyata sangat berguna menjaga kulit kepala kalian tetap sehat. Sehingga jika kalian kekurangan zat ini, jangan heran jika kalian akan mulai mengalami kerontokan rambut. Selain itu, zat seng merupakan salah satu zat yang membantu menstabilkan hormon kalian. Untuk itu makanlah makanan yang banyak mengandung zat seng seperti gandum, buncis, tiram, daging serta hati sapi. (Baca Juga :Cara Merawat Rambut Dengan Lidah Buaya)

11. Kekurangan Zat Besi

Zat besi terbukti membantu memperlancar peredaran darah ke seluruh sel tubuh, hingga ke kulit kepala. Sehingga jika kalian kekurangan zat besi, jangan heran jika rambut kalian bisa mengalami kerontokan. Kalian bisa mendapatkan zat besi dengan mengkonsumsi makanan seperti sayur bayam, kacang-kacangan, kuning telur, daging merah, serta tiram. (Baca juga: Cara Meluruskan Rambut Ikal , Cara Menghaluskan Rambut )

12. Infeksi Bakteri dan Jamur

Selain faktor diatas, infeksi bakteri serta jamur dikulit kepala kalian bisa menjadi penyebab kerontokan rambut pria di usia muda. Ini bisa disebabkan kalian yang jarang membersihkan serta mencuci rambut kalian. Jika sudah begini, kalian harus segera berkonsultasi ke dokter atau menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobatinya sekaligus menutrisi kulit kepala. (Baca Juga : Cara Membuat Rambut Klimis ,  Manfaat Alpukat Untuk Perawatan Rambut Rontok)

14. Merokok dan minuman alkohol

Nikotin pada rokok ternyata bisa mempersempit pembuluh darah, sehingga akan menyebabkan masalah pertumbuhan rambut serta mengurangi nutrisi pada rambut kalian. Sedangkan  alkohol diketahui akan menyerap zat besi pada tubuh serta menghambat terjadinya penyerapan zinc. Alkohol juga bisa menyebabkan kalian mengalami dehidrasi serta menghalangi tubuh melakukan proses penyerapan nutrisi penting bagi tubuh. Sehingga jika kalian terlalu banyak mengkonsumsi alkohol bisa  membuat rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. (Baca Juga : Cara Mencegah Rambut Bercabang  , Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Anak)

15. Genetika

Penyebab kerontokan rambut diusia muda pada seorang pria juga bisa dikarenakan genetika. Misalnya jika didalam keluarga kalian, ada riwayat orangtua atau kakek nenek kalian mengalmi kerontokan bahkan kebotakan di usia muda. Tidak menutup kemungkinan kalian juga akan mengalami hal seperti mereka. Untuk itu, jika kalian melihat riwayat ini, mulailah menjaga kesehatan rambut serta rutin merawatnya dengan menggunakan bahan-bahan alami. (Baca Juga : Cara Mencegah Rambut Mengembang , Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Rambut Botak)