Sponsors Link

20 Perawatan Rambut Berwarna agar Tetap Sehat

Sponsored Links

Mewarnai rambut terbilang mudah, namun untuk membiarkannya terawat dengan baik, baik itu dari segi warna serta kesehatan rambut supaya tetap oke tidaklah semudah itu. Warna rambut dapat menjadi kusam seiring waktu dan rambut pun bisa jadi mulai bermasalah juga, seperti berketombe, bercabang atau patah. Untuk itulah, beberapa tips perawatan rambut berwarna di bawah ini dapat Anda coba.

(Baca juga: cara menyemir rambut)

1. Menggunakan Sampo Khusus

Pasca pewarnaan rambut, sebaiknya Anda mencoba untuk mencari produk sampo yang memang khusus untuk mencuci rambut berwarna. Pemilihan sampo di sini sangatlah penting dan karena sampo biasa, apalagi sampo anti ketombe, justru bisa berisiko memudarkan warna rambut. Hal tersebut dikarenakan adanya bahan yang lebih keras terkandung di dalam sampo anti ketombe.

2. Mengeramasi Menggunakan Air Dingin

Keramasi rambut Anda senantiasa dengan air dingin dan jangan menggunakan air hangat setelah pewarnaan rambut. Ini karena air hangat dapat mengancam memudarkan warna rambut, sementara air dingin berfungsi mengunci warna rambut pada setiap helainya dengan sempurna. Keramas memakai air panas atau air hangat juga kurang baik karena mampu malah menjadi faktor penyebab rambut rontok parah.

3. Menggunakan Dry Shampoo

Terlalu sering mengeramasi rambut yang diwarnai bakal membuat warna rambut cepat memudar, oleh karena itu rambut berwarna sebaiknya dirawat menggunakan dry shampoo. Cucilah rambut Anda dengan sampo ini di mana sampo ini bukan berbentuk cairan dan bahkan penggunaannya tidaklah dengan air. Itulah mengapa jenis sampo ini lebih dianjurkan dan bahkan jauh lebih aman untuk rambut pasca proses pewarnaan.

(Baca juga: pewarna rambut alami)

4. Menggunakan Serum Rambut

Serum rambut merupakan salah satu cara untuk merawat rambut, termasuk rambut yang sudah teraplikasi dengan zat pewarna rambut. Demi menjaga kesehatan rambut, Anda bisa menggunakan serum serutin mungkin dan mencegah rambut dari kekeringan. Ingat bahwa pasca diwarnai, rambut akan lebih rentan menjadi kering, jadi memakai atau mengaplikasikan serum adalah salah satu cara merawat rambut kering yang tepat dengan memberikan nutrisi pada rambut dan kulit kepala supaya tak kehilangan nutrisinya.

5. Rajin Memakai Kondisioner

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, kondisi rambut akan jauh lebih gampang kering sehabis diwarnai. Jadi untuk tetap membuatnya lembab dan jauh dari masalah rambut, seperti patah dan rontok juga, pakailah kondisioner secara teratur. Untuk mencegah rambut berwarna Anda dari kekeringan, lembabkan dengan produk kondisioner yang tepat.

Lakukan perawatan ini setiap sehabis keramas, baik itu dengan produk kondisioner yang bisa Anda beli di toko maupun kondisioner alami buatan sendiri. Namun biasanya, untuk produk kondisioner di luar, dalam penggunaannya tak boleh sampai mengenai kulit kepala. Rambut bisa mudah berjamur dan berketombe bila terkena kondisioner.

(Baca juga: manfaat conditioner rambut)

6. Menghindari Paparan Sinar Matahari

Warna rambut menjadi gampang rapuh dan kusam dikarenakan paparan sinar matahari yang jahat. Kalau kulit kita saja bisa dengan mudah terusak oleh sinar UV, rambut dan kulit kepala pun sama. Jadi demi merawat rambut berwarna Anda, gunakanlah topi, terutama saat harus berkegiatan di luar ruangan.

sponsored links

7. Mengenakan Shower Cap ketika Berenang

Anda suka berenang namun menjadi galau karena baru saja mewarnai rambut? Melindungi rambut Anda dengan pelindung kepala seperti shower cap akan sangat berguna karena kandungan pada air kolam renang mengandung klorin, zat yang mampu membuat air kolam menjadi jernih tapi berbahaya untuk rambut manusia. Rambut Anda warnanya dapat menjadi luntur serta kusam ketika terpapar zat tersebut.

8. Membatasi Pemakaian Hair Dryer

Hair dryer merupakan sebuah alat yang memang dapat memudahkan setiap orang ketika hendak mengeringkan rambut. Penggunaan hair dryer sangat menghemat waktu dalam mengeringkan rambut yang basah, tapi alat penata rambut ini bisa menaikkan potensi rambut menjadi kusam dan warna car rambut menjadi pudar. Kalau tidak terlalu penting atau mendesak, cobalah untuk mengeringkan rambut secara alami, alias diangin-anginkan saja supaya rambut berwarna tetap terawat dengan baik.

(Baca juga: bahaya bleaching rambut)

9. Memakai Minyak Zaitun

Pemakaian minyak zaitun bisa juga dilakukan ketika Anda ingin merawat rambut berwarna secara alami. Minyak zaitun ini terbukti mampu mempertahankan warna rambut dan menjaga supaya tetap berkilau. Bahkan minyak zaitun jugalah yang menjadi cara merawat rambut bercabang secara alami dan efektif.

Cukup ambil sedikit minyak zaitun, hangatkan di dalam sebuah wadah selama beberapa menit. Ketika sudah diangkat dan kondisinya lebih dingin, oleskan pada kulit kepala serta rambut secara menyeluruh. Saat pengaplikasian, berikan juga pijatan lembut supaya minyak bisa teresap secara sempurna sekaligus melancarkan peredaran darah pada kulit kepala. Cara tersebut juga diketahui ampuh untuk menjadikan warna rambut lebih keluar.

10. Memakai Mayones

Mayones selain bisa digunakan untuk makan sandwich atau ayam goreng, rupanya manfaatnya cukup besar untuk menjadikan rambut berwarna terjaga baik kesehatannya. Karena terkandung protein yang ada pada telur serta mengandung minyak juga, maka kulit kepala bakal senantiasa terawat dengan baik.

Setiap sehabis keramas, oleskan saja mayones pada rambut (lebih dianjurkan untuk membuat mayones sendiri ketimbang membeli yang sudah kemasan). Ratakan pada seluruh rambut menggunakan sisir yang giginya jarang. Gunakan shower cap untuk menutup rambut serta kepala, lalu pakai hair dryer untuk memberi suhu panas.

Diamkan 10-45 menit sebelum Anda mengeramasinya lagi untuk membersihkan masker mayones tersebut. Mayones adalah bahan alami yang siap membantu agar kutikula rambut terkunci sehingga mencegah warna rambut menjadi kusam maupun pudar. Rambut juga bisa lebih lembab dan kuat berkat bahan satu ini.

(Baca juga: penyebab rambut berminyak)

11. Menggunakan Cuka

Perlu diketahui bahwa cuka merupakan salah satu bahan yang juga bagus untuk rambut yang kotor. Manfaat cuka untuk rambut tak hanya sekadar menghilangkan lapisan kotoran pada permukaan rambut, tapi juga membantu supaya warna rambut yang telah dicat bisa lebih menonjol. Cara penggunaannya untuk merawat rambut pun terbilang sederhana.

Ambil secangkir cuka yang kemudian dicampur dengan 2 cangkir air sampai merata. Siapkan pula sebuah botol spray atau botol semprot seperti botol parfum. Masukkan larutan ke dalam botol tersebut dan semprotkanlah ke rambut berwarna Anda, tak usah banyak-banyak secukupnya saja. Penyemprotan dilakukan sesudah Anda memberi sampo pada rambut.

Sisirlah rambut dan tunggu sejenak sebelum melanjutkan membilasnya hingga bersih. Jangan lupa sehabis perawatan dengan cuka ini pun Anda wajib memberikan kondisioner pada rambut. Cara ini akan sangat bermanfaat untuk merawat sekaligus menguatkan rambut yang sudah diwarnai.

12. Memakai Teh Kamomil

Untuk rambut berwarna kecoklatan, silakan rebuslah 10 kantong teh kamomil di dalam ¾ cangkir air yang kemudian bisa didinginkan. Tambah dengan air perasan lemon 1 sendok teh dan tuangkan campuran pada botol semprot atau spray. Semprotkan ke rambut dan tutup rambut menggunakan shower cap atau handuk selama ½ jam; tujuannya adalah untuk membuat warna rambut terjaga dan bahkan terlihat lebih menonjol.

(Baca juga: jenis perawatan rambut di salon)

13. Memanfaatkan Bit dan Wortel

Anda mewarnai rambut dengan warna yang agak merah? Maka untuk mempertahankan warnanya, pakailah wortel untuk membuat warnanya juga kelihatan lebih keluar serta tampak cerah. Sementara itu, jus dari buah bit bisa digunakan untuk merawat rambut dengan warna merah gelap.

Caranya cukup mudah karena Anda cukup menyiapkan buah bit dan wortel untuk dibuat jus secukupnya. Masukkan jus wortel ke dalam botol semprot yang kemudian diaplikasikan secara menyeluruh ke rambut selama kurang lebih 1 jam menggunakan handuk yang sudah dihangatkan.

14. Memakai Kopi

Rambut yang diwarnai dengan warna gelap seperti hitam atau coklat tua boleh dirawat dengan kopi. Kopi murni merupakan bahan alami peningkat warna rambut yang warnanya gelap, khususnya coklat yang agak hitam. Cara penggunaannya pun sangat mudah di mana Anda bisa mengawalinya dengan membuat kopi seperti biasa, yakni menyeduh dan mendinginkannya.

Masukkan larutan kopi ke dalam botol spray dan setelah itu bisa disemprotkan ke seluruh rambut. Gunakan sisir untuk meratakannya dan tunggulah sekitar 15-30 menit sebelum akhirnya Anda membilas atau mengeramasi rambut sampai bersih. Kopi juga bagus digunakan sebagai scrub yang biasanya adalah cara mengatasi rambut berminyak berlebihan.

(Baca juga: manfaat ampas kopi untuk rambut)

sponsored links

15. Berdiet Sehat

Untuk merawat kesehatan rambut tepat setelah diwarnai, berdiet sehat adalah rahasianya. Apa yang Anda makan tentunya berpengaruh terhadap kesehatan rambut dan memengaruhi tampilannya. Nutrisi dari hasil diet sehat mampu menyediakan energi yang akan mendukung pertumbuhan rambut lebih kuat dan jauh dari kerusakan.

Konsumsilah makanan-makanan yang kaya akan protein besi untuk menutrisi bagian kulit kepala Anda karena nutrisi tersebut bakal membangun keratin yang kuat. Protein sendiri berguna untuk memperkuat akar rambut, meningkatkan tekstur dan menstimulasi pertumbuhan rambut. Ikan, daging tanpa lemak, keju rendah lemak, putih telur, kedelai dan bayam adalah yang terbaik untuk dijadikan menu sehari-hari.

16. Suplemen untuk Rambut

Vitamin juga diperlukan oleh rambut dan ini tak hanya bisa didapat dari makanan saja, tapi juga dari suplemen. Vitamin C akan menjaga kesehatan pembuluh darah pada kulit kepala serta mendukung folikel rambut serta menyerap besi. Vitamin B atau biotion mampu menguatkan rambut sehingga tak gampang rontok. Temukan vitamin-vitamin tersebut pada suplemen serta makanan seperti sarden, kuning telur, wortel dan salmon.

17. Keramas Seminggu 2 Kali

Mengeramasi terlalu sering setelah rambut diwarnai justru akan melunturkan warnanya, jadi keramasi cukup seminggu 2 kali saja. Bila Anda khawatir akan warnanya yang cepat pudar, silakan batasi waktu keramas rutin Anda menjadi 1 minggu 2 kali di mana ini menjamin rambut tetap berwarna apik.

(Baca juga: bahaya cat rambut)

18. Menghindari Blow Dryer

Selain hair dryer, blow dryer juga hendaknya Anda hindari karena justru bisa membuat rambut menjadi lebih cepat rusak. Keringkan secara alami rambut setiap sehabis keramas. Namun bila ada urusan mendesak dan harus mengeringkan rambut segera, pakailah blow dryer dengan mengatur suhu paling dingin untuk mengeringkan.

19. Memperoleh Perawatan dari yang Profesional

Perawatan dari yang profesional tentu adalah yang terbaik untuk menjadikan rambut Anda tetap sehat sementara warna cat rambut tetap keluar secara indah. Tentu aja membutuhkan uang, waktu dan upaya yang besar untuk perawatan rambut berwarna. Ambil waktu untuk perawatan conditioning, hair spa, serta pijat kepala.

20. Touch-Up

Apabila membutuhkan sedikit touch-up atau sentuhan akhir yang menjadikan rambut tetap kelihatan menarik pasca diwarna, silakan lakukan touch-up 3-4 minggu sekali. Pakailah campuran warna yang kemudian diaplikasikan menggunakan bola kapas yang sudah dicelup pada larutan pewarna rambut, atau gunakan kuas bila ada. Ikuti petunjung proses pencucian rambut menggunakan air dingin untuk mencegah kerusakan rambut.

(Baca juga: cara merawat rambut berwarna – cara menghitamkan rambut secara alami)

Itulah 20 cara perawatan rambut berwarna yang kiranya bisa tetap menjaga penampilan warna rambut dan kesehatan rambut sendiri secara sempurna. Selamat mencoba dan kiranya bisa membantu Anda memperoleh tampilan rambut yang senantiasa indah.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 22nd, November 2016 / 03:14 Oleh :
Kategori : Rambut