Sponsors Link

14 Pewarna Rambut Alami dan Tahan Alami Paling Aman dan Efektif

Sponsored Links

Untuk meningkatkan penampilan, beberapa orang mungkin memilih untuk memotong rambutnya atau menatanya dengan gaya yang berbeda dari biasanya. Namun, mewarnai rambut adalah salah satu cara juga untuk membuat seseorang tampil beda. Meski sudah banyak orang yang tahu akan bahaya cat rambut karena kandungan bahan kimia yang berisiko tinggi terhadap kesehatan, masih banyak juga yang tetap ingin mewarnai rambutnya.

Bahaya dari cat rambut berbahan kimia bila terlalu sering dipakai mampu memicu iritasi pada kulit, bahkan juga pada pernapasan. Sistem kekebalan tubuh juga dapat dipengaruhi oleh bahan-bahan yang terkandung di dalam cat rambut. Satu lagi yang kita sering dengar, yakni kanker, di mana penyakit ini pun akibat dari cat rambut.

Selalu waspada ketika hendak mengecat rambut hanya karena ingin bergaya, karena telah dinyatakan oleh NCI atau National Cancer Institute bahwa ada 5000 lebih bahan kimia yang dipakai dalam pembuatan produk cat rambut. Kabar buruknya, ada sifat karsinogenik di dalam beberapa produk tersebut di mana sifat karsinogenik ini ada pada hewan.

Memang sudah banyak produsen cat rambut yang mengupayakan agar keamanan dari produk mereka meningkat. Hanya saja, tentu hal tersebut bukan jaminan bahwa tidak ada lagi bahan kimia berbahaya yang terkandung di dalam produk-produk tersebut. Anda perlu tahu beberapa bahan kimia yang sebaiknya dijauhi pada pewarna rambut.

  • Phenylenediamine atau PPD, yaitu sebuah iritan kulit yang bakal juga mengganggu pernapasan Anda. Hal ini terbukti berbahaya karena sudah diklasifikasikan sebagai zat beracun bagi lingkungan di Uni Eropa.
  • Quaternium-15, yaitu zat atau bahan kimia pelepas formaldehida. Formaldehida ini merupakan sebuah substansi yang membawa sifat karsinogen sehingga dipastikan sangat membahayakan bagi tubuh.
  • Alkylphenol ethoxylates atau APE, yaitu zat atau bahan kimia berbahaya yang diduga mampu membuat kinerja hormon pada tubuh manusia menjadi kacau.

Tentu karena hal-hal tersebutlah dikatakan lebih baik untuk menggunakan pewarna rambut alami yang baik dan aman bagi kulit kepala dan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Berikut ini adalah beberapa solusi pewarna rambut paling efektif dan alami untuk Anda.

(Baca juga: manfaat conditioner rambut)

1. Teh Hitam

Bukan sembarang teh yang bisa Anda gunakan untuk membuat rambut Anda terwarnai secara alami, melainkan teh hitam. Khusus bagi para orang tua atau bahkan anak-anak muda yang sudah mulai tumbuh uban, teh hitam ini menjadi solusi yang afdol. Rambut akan menjadi lebih gelap tanpa memakai pewarna kimia.

Buatlah atau seduhlah teh hitam yang kemudian dapat diaplikasikan hingga merata ke seluruh rambut. Tunggulah sampai lama, karena warna rambut bakal makin gelap ketika Anda mambiarkannya semakin lama pada rambut. Jangan terburu-buru membilasnya karena Anda perlu membuat teh hitam ini benar-benar meresap sempurna.

Aplikasi pewarna rambut alami dari teh hitam ini secara berulang apabila Anda belum puas dengan sekali pengaplikasian. Dapatkan hasil memuaskan dengan beberapa kali aplikasi tidaklah masalah karena teh hitam adalah bahan yang tepat dan aman. Selalu periksa di akhir apakah intensitas warna rambut sudah seperti yang Anda mau.

  • Caranya: Buatlah larutan teh hitam yang sangat pekat dengan menggunakan sekitar 3-5 kantong teh hitam celup. Air yang perlu digunakan juga sekitar 2 gelas. Setelah itu bisa langsung Anda terapkan pada seluruh rambut yang ingin ditutup ubannya. Bisa juga Anda campurkan bersama dengan kondisioner pada proses penerapannya. Lamanya meninggalkan teh pada rambut bisa dimaksimalkan selama semalaman, atau boleh juga hanya 1 jam dan tutuplah dengan shower cap.

(Baca juga: penyebab kerusakan pada rambut)

2. Cangkang Kenari

Untuk menutup uban dan agar terlihat lebih gaya serta awet muda, Anda boleh mencoba menggunakan cangkang kenari agar seluruh uban dapat tertutup. Ada warna hitam atau gelap sempurna yang ditawarkan oleh bahan pewarna rambut aman satu ini.

  • Caranya: Tak usah sulit-sulit, Anda dapat mencoba menghancurkan cangkang kenari, lalu dididihkan kira-kira 30 menit. Aplikasikanlah pada rambut Anda setelah didihan cangkang kenari tersebut sudah dingin dan Anda saring. Seperti pada penggunaan teh hitam, Anda perlu mendiamkannya sekitar 1 jam lebih supaya teresap sempurna, lalu bilas dengan air.

3. Jus Lemon

Bagi Anda yang menginginkan warna agak terang pada rambut, jus lemon boleh menjadi bahan yang Anda pertimbangkan. Manfaat lemon untuk rambut tak hanya untuk membuat rambut jauh dari kekeringan saja. Jus lemon pun bisa digunakan sebagai pewarna rambut yang aman tanpa efek samping.

  • Cara 1: Sediakan buah lemon secukupnya untuk kemudian Anda peras demi mendapatkan airnya. Pastikan bahwa air yang didapat setelah diperas bisa sampai 1 cangkir banyaknya, lalu pakai dengan mengaplikasikannya ke rambut hingga merata. Tunggu dan diamkan sekitar 30 menit minimal tapi juga bisa lebih sampai beberapa jam. Warna coklat muda akan dapat diperoleh; tapi karena kinerjanya cukup lambat, jangan ragu untuk mengaplikasikannya beberapa kali.
  • Cara 2: Anda bisa juga mencampurkan jus lemon dengan teh kamomil untuk efek warna rambut terang yang sama, yakni coklat muda. Seduhlah teh kamomil lebih dulu sampai mengental teksturnya, dan secangkir air perasan lemon bisa Anda tambahkan pada teh tersebut. Sesudah itu, barulah Anda aplikasikan merata pada rambut, tunggu sekitar 30 menit atau beberapa jam agar meresap lebih baik. Pengulangan pewarnaan rambut dengan cara ini dapat diulangi sampai 3 kali dalam seminggu demi warna coklat terang yang Anda dambakan dapat terlihat begitu sempurna nantinya.

(Baca juga: jenis perawatan rambut di salon)

4. Cengkih dan Kayu Manis

Untuk mendapatkan warna rambut yang cukup terang, yakni coklat muda, ada alternatif selain lemon dan juga teh kamomil seperti yang disebutkan sebelumnya. Demi penampilan dengan warna rambut lebih cerah, kombinasikan kedua bahan tersebut untuk hasil memuaskan. Tanpa harus membleaching rambut Anda, ini cara paling efektif.

  • Caranya: Sediakan bubuk cengkih dan juga bubuk kayu manis sebanyak ½ sampai 1 cangkir masing-masing, lalu dicampurkan bersama air secukupnya untuk membentuk larutan yang nantinya bisa diaplikasikan ke rambut Anda. Cairan atau larutan kombinasi kayu manis dan cengkih dapat Anda tuang ke rambut sambil Anda ratakan dan remas-remas. Tutuplah menggunakan shower cap dan tunggulah minimal 30 menit atau 1 jam. Anda bakal membutuhkan pengulangan dalam proses pengecatan ini sampai 3 kali dalam 1 minggu untuk hasil paling optimal.
sponsored links

5. Kunyit

Kalau biasanya Anda mengetahui bahwa kunyit sebagai rempah yang dijadikan sebagai obat atau bahan memasak, kini kunyit bisa Anda pakai sebagai pewarna rambut Anda secara alami. Jika ingin warna yang lebih terang dari sekadar coklat muda dan ingin mencoba warna pirang tanpa bahan kimia, kunyit adalah bahan yang paling tepat untuk bereksperimen.

Daripada harus dibleaching yang bakal membuat rusak rambut meski hasilnya nanti bakal sangat terang warnanya, kunyit jauh lebih murah dan aman. Anda tak usah bergalau-galau lagi dalam mengeluarkan kocek banyak di salon. Bahan yang biasanya digunakan sebagai pewarna kuning pada nasi kuning ini juga akan memberikan efek yang kurang lebih sama pada rambut kesayangan Anda yang ingin diwarnai tersebut.

  • Caranya: Cukup Anda siapkan kunyit yang sudah diparut sebanyak ¼ cangkir. Untuk menjadi cairan kunyit, Anda tentu perlu menambahkan air supaya larutan kunyit pekat bisa didapat. Sediakan botol spray yang sudah Anda cuci, lalu cairan kunyit siap dipindah ke botol tersebut. Untuk penerapannya, Anda bisa langsung semprotkan saja ke seluruh rambut hingga merata. Remas-remas rambut Anda secara lembut supaya peresapan cairan berjalan sempurna. Tunggu beberapa jam dan sampai rambut mengering barulah dibilas dengan air.

Tentu saja efeknya tak akan secepat ketika Anda di salon dengan 1 kali aplikasi saja. Setiap 2 hari sekali, Anda bisa mengulangi tata cara pewarnaan ini. Tujuan dari pengulangan tersebut adalah supaya warna terang yang Anda dambakan benar-benar bisa didapat.

(Baca juga: cara menghitamkan rambut secara alami)

6. Henna

Henna tentu sudah sangat populer dikenal sebagai pewarna rambut yang dijamin aman dan alami selain menjadi cara menebalkan rambut secara alami pada daunnya. Bubuk henna yang asalnya dari daun tanaman bernama henna ini berpigmen pewarna alami. Tak hanya untuk rambut, henna pun sudah dipakai sejak beribu-ribu tahun silam untuk mewarnai kulit maupun kuku.

Untuk efek warna rambut yang merah keoranyean, Anda bisa mendapatkannya lagi-lagi tanpa harus melalui proses bleaching yang bisa merusak rambut. Supaya tidak menjadi lebih dari apa yang diekspektasikan, lebih baik Anda mencoba lebih dulu pada ujung rambut.

  • Caranya: Apabila memang sudah yakin dengan pewarna ini, silakan sediakan bubuk henna sebanyak 1 cangkir bersama air perasan lemon sebanyak 2 gelas. Boleh juga kalau ingin menambahkan cuka 1 sendok makan supaya henna bisa mengeluarkan warna secara maksimal. Tunggu dulu sekitar 4-6 jam hingga tekstur lebih kental, barulah diaplikasikan ke rambut sambil menyisirnya. Gunakan shower cap untuk menutup rambut, lalu diamkan 2-3 jam sebelum akhirnya Anda bersihkan.

7. Kopi

Selain teh hitam, ada kopi yang juga bisa Anda andalkan ketika hendak mewarnai rambut dengan efek warna gelap atau coklat tua. Untuk memperoleh warna coklat tua atau hitam yang indah, Anda bisa menggunakan kopi.

  • Caranya: Seduhlah kopi hitam seperti biasa hingga teksturnya benar-benar kental dengan warna yang sudah pekat. Apabila ingin lebih coklat, bisa juga Anda campurkan dengan teh dengan takaran masing-masing 1 gelas (tapi dapat Anda lebihkan apabila rambut terlalu panjang). Setelah dingin, barulah larutan kopi bisa diaplikasikan ke rambut sambil meremas pelan-pelan rambut Anda. Gunakan shower cap untuk menutup rambut, tinggalkan selama ½-1 jam sebelum dibilas.

Sama seperti cara lainnya, karena saking alaminya, Anda kiranya perlu melakukan pewarnaan sebanyak 2-3 kali lagi demi hasil sempurna. Tapi pengulangan sebaiknya tidak dilakukan di hari yang sama alias di hari lain dalam waktu 1 minggu.

(Baca juga: manfaat ampas kopi untuk rambut)

8. Daun Jelatang

Daun jelatang dikenal sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh karena nutrisinya yang sangat kaya. Bahkan banyak orang menggunakannya untuk mencegah penyakit. Tumbuhan yang masih masuk dalam kategori rerumputan ini bisa Anda gunakan pula untuk menjadi lebih gaya dan tampil beda. Tak ada salahnya juga bila Anda mengombinasikannya bersama rosemary supaya rambut jauh lebih subur dan kuat.

  • Caranya: Sediakan daun jelatang secukupnya bersama dengan daun rosemary yang bisa Anda tumbuk sampai benar-benar halus. Ramuan ini kemudian dapat Anda balurkan langsung ke permukaan rambut sampai menyeluruh. Sesudah itu tunggu beberapa jam sebelum Anda basuh dengan air. Ulangi beberapa kali lagi dalam waktu 1 minggu agar rambut coklat dapat diperoleh secara sempurna.

9. Minyak Urang Aring

Untuk mewarnai rambut Anda dengan efek warna gelap atau hitam secara alami, minyak urang aring bisa Anda coba untuk gunakan. Ini juga karena urang-aring begitu terpercaya sejak dulu dalam mengatasi rambut yang penuh uban. Dari zaman nenek moyang kita, urang aring sudah sangat bermanfaat, jadi pastikan Anda juga mempertimbangkan bahan alami ini.

  • Caranya: Sangat sederhana, Anda bisa langsung mengoleskan minyak urang-aring langsung ke rambut maupun kulit kepala sambil memberi pijatan. Tunggu sekitar 1 jam lebih, barulah Anda boleh mengeramasinya agar nutrisi boleh teresap lebih dulu. Melakukan metode pewarnaan ini jelas jauh lebih aman dan hasilnya pun bakal mampu menjadikan rambut Anda hitam alami seperti yang diharapkan.

(Baca juga: manfaat urang aring untuk rambut)

10. Bunga Sepatu

Manfaat bunga sepatu bagi rambut tidaklah sekadar menjadikannya lebih lembut, tapi juga bisa Anda jadikan pewarna rambut untuk menutupi uban secara sempurna. Cara menyemir rambut sendiri dengan cara ini begitu mudahnya sehingga Anda tak perlu ribet.

  • Caranya: Sediakan saja beberapa tangkai dari bunga sepatu yang bisa diambil bagian kelopaknya. Jangan lupa untuk memanaskannya lebih dulu dengan minyak zaitun atau minyak kelapa sampai warna mengalami perubahan menjadi lebih gelap. Tunggu dingin sebelum diambil beberapa tetes. Oles ke rambut dan pijat kulit kepala Anda juga di pagi hari, diamkan sekitar setengah jam per harinya sebelum membilas rambut sampai bersih. Untuk rambut berwarna hitam sempurna, ulangi beberapa kali lagi bila diperlukan.

(Baca juga: manfaat daun pandan untuk wajah)

sponsored links

11. Daun Pandan

Selain menjadi pewangi alami pada makanan, daun pandan juga bisa mewarnai rambut Anda dengan efek agak kehijauan. Bagi yang ingin bereksperimen dengan pewarna rambut yang warnanya lebih unik sedikit, daun pandan boleh menjadi pilihan.

  • Caranya: Sediakan daun pandan sebanyak 7 lembar saja, potong-potong lebih dulu dengan panjang 3 cm. Jangan lupa untuk merebusnya sampai mendidih sampai air mengalami perubahan warna agak kehijauan. Anda bisa menyaringnya sebelum didiamkan selama semalaman. Esoknya bisa Anda campurkan lebih dulu air pandan bersama jus mengkudu, kemudian oles ke rambut secara merata. Menggunakannya seminggu 3 kali akan memaksimalkan hasilnya, tapi ramuan tak boleh disimpan 2 minggu lebih.

12. Buah Bit

Buah bit adalah pilihan pewarna rambut alami yang bisa Anda pertimbangkan untuk menciptakan warna coklat kemerahan pada rambut Anda. Dikarenakan kandungan antosianinnya, Anda bisa menjadikan rambut Anda tampil lebih menawan.

  • Caranya: Potong buah bit menjadi potongan-potongan dadu, lalu blenderlah sampai lembut. Saringlah demi memperoleh jus atau sari buahnya, dan kemudian bisa dicampurkan bersama bubuk henna. Inilah yang bisa Anda oles ke seluruh rambut, meninggalkannya sampai 2 jam supaya warna yang didapat benar-benar oke. Setelah itu bilas menggunakan air hangat, keringkan rambut, sudah jadi.

(Baca juga: manfaat kemiri untuk alis)

13. Kemiri

Untuk rambut hitam tanpa uban, Anda bisa mencoba menggunakan kemiri yang super aman. Bahkan dengan kemiri ini, rambut tak akan berisiko terkena kerusakan dan tak membutuhkan biaya super mahal seperti yang Anda biasa lakukan di salon.

  • Caranya: Kemiri perlu disangrai lebih dulu di awal, lalu tumbuk hingga lembut teksturnya dan mengeluarkan minyak. Minyak inilah yang boleh Anda ambil dan Anda oles serta pijat-pijat pada kulit kepala maupun seluruh rambut. Setengah jam sebelum keramas Anda bisa melakukan proses pewarnaan ini. Rambut hitam dengan kilau alami bakal dapat Anda nikmati selama beberapa minggu perawatan dan pewarnaan beberapa kali.

14. Bunga Calendula

Tinggi akan kandungan flavonoid, bunga calendula dapat Anda jadikan sebagai obat herbal ampuh bagi sejumlah masalah kesehatan. Tapi lebih dari itu, Anda dapat menjadikannya pewarna rambut untuk efek oranye kecoklatan.

  • Caranya: Bunga calendula dapat Anda tumbuk dengan kelopak bunga hibiskus. Sediakan air 2 cangkir untuk tempat perendaman kedua bahan yang sudah ditumbuk, tunggu sampai 30 menit. Cairan ini kemudian bisa diaplikasikan ke rambut dan diamkan hingga mengering sebelum bisa dibilas.

(Baca juga: penyebab rambut beruban)

Itulah 14 pewarna rambut alami paling efektif yang bisa Anda coba. Tak perlu ragu untuk mencoba salah satunya berdasarkan efek warna yang ingin diciptakan karena jauh lebih aman.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 12th, September 2016 / 00:07 Oleh :
Kategori : Rambut