Sponsors Link

23 Cara Alami Menghilangkan Bau Badan dan Ketiak Berlebih

Sponsored Links

Bau badan jelas menjadi masalah bagi beberapa orang, baik itu laki-laki maupun perempuan dan hal inilah yang mampu membuat orang terdekat mampu menjauhi kita. Aroma yang tak sedap tersebut biasanya dikeluarkan dari lipatan ketiak dan penyebabnya bisa jadi dikarenakan bakteri yang menginvasi lapisan pori di mana keringat menutupinya.

Bau badan yang tak sedap memang masuk ke dalam kategori masalah yang parah apalagi kalau berlebihan dan bisa membuat orang-orang di sekitar kita merasa terganggu. Akhirnya, rasa percaya diri pun ikut turun, apalagi kalau sedang berkeringat. Ingat bahwa berkeringat itu tanda bahwa kita dalam keadaan yang sehat, dan kalaupun ada aroma tak sedap, coba cara alami menghilangkan bau badan di bawah ini.

(Baca juga: cara menjaga penampilan diri wanita)

1. Mengonsumsi Banyak Buah-buahan

Buah sangat penting bagi tubuh karena kaya akan serat ditambah pula dengan vitamin dan mineral yang berguna bagi kesehatan. Selain usus tak mudah terganggu, hal ini dapat memengaruhi aroma keringat supaya tidak mudah berbau. Buah-buahan yang sebaiknya Anda konsumsi dalam menghilangkan bau badan antara lain adalah jambu biji, pepaya, jeruk dan apel.

(Baca juga: cara merawat kulit sensitif)

2. Menghindari Daging Merah

Perlu diketahui bahwa daging merah adalah jenis bahan makanan yang tidak mudah untuk usus kita dalam mencernanya. Anda memerlukan waktu yang lama supaya daging dapat tercerna dengan baik, hal ini kemudian mengakibatkan zat yang menjadi sisa pada usus atau berupa racun membuat bau keringat tak sedap. Kendalikan dan hilangkan bau tak sedap tersebut dengan tidak makan daging merah.

(Baca juga: penyebab wajah terlihat tua)

3. Tidak Merokok

Menjauhi kebiasaan merokok tak hanya menjadi cara merawat wajah agar tidak kusam, tapi juga mampu menjadi cara dalam menghilangkan bau badan. Tembakau memiliki kandungan senyawa kimia yang mampu membuat asam pada keringat terpecah. Itulah mengapa keringat akan menjadi jauh lebih tak sedap. Ketika Anda sudah berhenti merokok, sudah beberapa bulan sekalipun, bau badan masih cukup sukar hilang, tapi tak ada salahnya mencoba cara ini karena merupakan cara yang sehat.

4. Menghindari Makanan Cepat Saji

Ada macam-macam senyawa yang terkandung pada makanan-makanan sejenis cepat saji atau makanan instan. Kandungan senyawa tersebut bakal membusuk pada tubuh dan menjadi terhambat proses penguraiannya. Dari situlah bau keringat yang timbul dari dalam tubuh menjadi tak sedap. Makanan-makanan yang dimaksud antara lain adalah sarden, mie instan dan makanan instan lainnya.

(Baca juga: cara menaikkan bokong yang turun)

sponsored links

5. Menghindari Kafein dan Alkohol

Minum minuman berkafein seperti teh dan kopi tentunya sudah menjadi kebiasaan tak tergantikan bagi banyak orang. Beberapa orang juga memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol yang memang dianggap biasa. Tapi kedua jenis minuman tersebut bisa menjadi pemicu timbulnya bau badan yang tidak sedap, jadi kurangi atau hindari sekalian.

6. Menghindari Rempah-rempah

Ada sebagian orang yang begitu menyukai rempah-rempah, seperti menikmati terasi, bawang putih, bawang merah, dan juga bumbu kari. Memang terasa sedap, tapi bau badan menyengat juga dapat berasal dari rempah tersebut. Supaya bau badan hilang, Anda perlu menghindari konsumsi rempah-rempah yang disebutkan barusan.

(Baca juga: cara memutihkan badan secara alami)

7. Mandi Teratur

Jarang mandi tentu saja bisa menyebabkan bau badan beraroma kurang sedap. Ini karena saat beraktivitas, keringat terus keluar dan bakteri mulai menyebar, terutama bagian tubuh yang ada lipatannya. Jika tak dibersihkan secara rutin, bakteri bisa bersarang lama pada tubuh sehingga menimbulkan bau badan. Mandilah minimal 2 kali sehari dengan sabun antibakteri.

8. Menggunakan Rosemary

Rosemary adalah sebuah bahan alami yang mampu menjadikan pertumbuhan bakteri terhambat sehingga bau badan pun juga dapat dicegah. Ada kandungan klorofil serta menthol pada rosemary sehingga menjadikannya pas sebagai deodoran alami. Tambahkan 1 ½ cangkir rosemary kering ke dalam 4 cangkir air panas, lalu tuang ke air mandi Anda.

Berendamlah sekitar 15-20 menit untuk mendapatkan hasil sempurna. Atau bisa juga Anda mencampurkan minyak rosemary 10 tetes saja ke air sebanyak 1 ons untuk kemudian diterapkan sebagai deodoran. Namun bila sampai mengakibatkan iritasi, jangan ragu untuk menghentikan pemakaian supaya iritasi tak menjadi makin serius.

(Baca juga: cara merawat wajah agar tetap segar)

9. Memakai Jus Lemon

Ada lagi bahan alami yang pastinya Anda bisa terapkan dengan menggosokkannya ke ketiak Anda. Manfaat jeruk lemon untuk wajah sudah tak teragukan lagi jadi gunakan jusnya dan tunggu sampai mengering dengan sendirinya sebelum Anda mandi. Penggunaan sehari sekali secara rutin bisa membuat bau badan tak sedap hilang.

10. Menggunakan Cuka Sari Apel

Karena bersifat antibakteri, cuka sari apel bakal mampu mengusir bau badan dan membuat tingkat pH kulit Anda kembali seimbang. Cukup ambil kapas yang dicelup ke cuka sari apel, lalu oleskan merata ke bagian ketiak Anda. Setelah 2-3 menit, mandilah; perawatan semacam ini sangat baik dilakukan sehari 2 kali, yakni pagi dan malam sebelum tidur.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kering pada wajah)

11. Memakai Baking Soda

Sebagai penyerap keringat, baking soda sangat ampuh dan bahkan mampu menghilangkan bau badan. Campurkan baking soda dan jus lemon masing-masing 1 sendok makan dan terapkan ke ketiak atau bagian tubuh lain yang berkeringat lebih. Setelah beberapa menit bilaslah menggunakan air tanpa digosok. Barulah Anda boleh mandi; melakukannya sehari sekali setiap hari diyakini memberikan hasil memuaskan karena bakteri dapat terbunuh.

12. Menggunakan Daun Jambu Biji

Untuk mengatasi bau badan tak sedap, daun jambu biji juga sangat oke untuk dimanfaatkan, terutama yang masih segar. Tumbuklah sampai halus daun tersebut atau supaya lebih instan bisa Anda blender. Sesudah halus, terapkan ke bagian ketiak atau area tubuh lain seperti yang Anda butuhkan. Kuman penyebab bau badan bakal otomatis terbunuh secara efektif oleh kandungan antibakteri dan mineral dari daun super ini.

(Baca juga: cara menghilangkan kutil di tangan)

13. Memakai Daun Sirih

Bila biasanya daun sirih lebih dikenal sebagai pembersih area kewanitaan atau mungkin Anda mendengar tentang manfaat sirih untuk alis, daun ini bisa digunakan sebagai penghilang bau badan. Ambil beberapa lembar, tumbuk hingga halus, lalu terapkan ke bagian tubuh yang dirasa perlu mendapat eprawatan. Untuk bagian ketiak, gosokkan daun ini secara pelan-pelan selama 5 menit dan tunggu 10 menit sebelum dibasuh memakai air hangat.

14. Menggunakan Daun Kemangi

Daun yang biasa disantap sebagai lalapan ini memang baik dikonsumsi sering-sering karena selain menghilangkan bau mulut, bau badan tak sedan juga bisa diatasi. Kandungan antibakteri dan mineralnya cukup tinggi sehingga bisa Anda manfaatkan. Konsumsi bersama makanan lain pasti akan lebih sedap dan nikmat.

15. Memakai Cuka Putih

Selain cuka sari apel, cuka putih juga bisa dijadikan alternatif sebagai pembunuh bakteri atau kuman pemicu bau keringat. Siapkan kapas yang bisa ditetesi cuka putih secukupnya dan gosokkanlah kapas tersebut ke area ketiak. Menggunakannya rutin bakal memberikan hasil yang bukan main efektifnya.

(Baca juga: cara menghilangkan kerutan di dahi)

16. Menggunakan Jahe

Sebagai salah satu cara merawat rambut rontok dan kering, jahe sebenarnya memiliki manfaat lebih dari itu. Dengan mengonsumsi wedang jahe misalnya sehari sekali saja setiap harinya, terutama setiap malam, ini akan menghilangkan bau badan Anda. Jadi, daripada menggunakan bahan kimia, jahe yang merupakan bahan tradisional bisa Anda coba.

17. Menggunakan Cengkih

Bahan aman dan alami lainnya yang bisa Anda pergunakan karena bersifat antibakteri adalah cengkih. Senyawa anti-inflamasinya juga sangat tinggi sehingga dapat digunakan sebagai pencegah peradangan. Untuk menggunakannya, cukup merendamnya pada air hangat, lalu diminum seminggu 3 kali secara rutin. Air cengkih juga bagus digunakan untuk membasuh bagian tubuh yang mengeluarkan bau keringat tak sedap.

18. Memakai Daun Beluntas

Hampir mirip memang dengan daun kemangi, dan bisa dikonsumsi sebagai lalapan. Karena tumbuhnya tanaman ini liar, Anda bisa memetiknya ketika menemukannya. Asalkan masih segar, ambil beberapa lembar, lalu tumbuklah dan oles ke seluruh bagian tubuh hingga merata. Pastikan bagian-bagian lipatan pada tubuh dapat Anda oles dengan tumbukan halus daun beluntas.

(Baca juga: manfaat timun untuk mata dan wajah)

sponsored links

19. Memanfaatkan Mentimun

Manfaat timun untuk wajah memang sudah diketahui amatlah besar, begitupun untuk rambut. Namun untuk menghilangkan aroma tak sedap dari tubuh juga oke. Dengan memotongnya menjadi beberapa bagian, irisan timun dapat Anda gosokkan ke ketiak setiap setelah mandi. Bahkan dengan campuran madu, bahan ini berkhasiat sebagai pemutih alami ketiak Anda.

20. Memakai Lobak

Tak banyak yang tahu bahwa lobak pun sangat berguna dalam menghilangkan bau badan yang kurang begitu sedap. Dengan memotong 2 atau 3 lobak secara kecil-kecil, kemudian diblender untuk mendapatkan bentuk pasta, pasta inilah yang bisa Anda manfaatkan. Pasta ini bisa Anda terapkan ke bagian ketiak atau area tubuh lainnya yang membutuhkan perawatan. Ketika sudah kering barulah Anda boleh membasuhnya sampai bersih menggunakan air hangat.

21. Menggunakan Minyak Pohon Teh

Tea tree oil adalah minyak esensial yang bersifat antiseptik dan antibakteri tinggi sehingga dapat mengontrol bau badan serta keringat berlebih. Sediakan air biasa 2 sendok makan dan kemudian campurkan dengan 2 tetes saja dari minyak pohon teh. Larutan yang sudah tercampur bisa dimasukkan ke sebuah botol semprot untuk kemudian Anda pakai sebagai deodoran alami. Namun bagi yang memiliki kulit sensitif, jangan mencoba cara satu ini atau kulit dapat teriritasi.

(Baca juga: manfaat tomat untuk alis)

22. Memakai Tomat

Bersifat antiseptik, tomat pun bisa mengatasi bau badan Anda apapun penyebabnya. Lembutkan 7-8 buah tomat sampai halus dan ambil ekstrak jusnya. Jus yang banyak ini bisa Anda tambahkan ke ari mandi Anda. Selain bisa mengatasi bau badan, pori-pori bakal lebih kecil dan keringat berlebih juga dapat dikurangi. Alternatifnya, Anda bisa meminum jus tomat 2 gelas setiap harinya demi menghilangkan aroma tak enak dari tubuh.

(Baca juga: manfaat tomat untuk kulit)

23. Memanfaatkan Bunga Kecombrang

Bagi yang pernah mendengar nama bunga kecombrang dan Anda bisa dengan mudah mendapatkannya, jangan ragu untuk menggunakannya. Jenis bahan ini adalah salah satu yang terbaik karena dapat membantu membuat aroma tubuh menjadi lebih harum secara alami. Oleskan saja kuncup bunganya sampai rata ke bagian leher, lutut, lipatan lengan atau ketiak. Memakainya secara teratur bakal memberikan efek maksimal seperti yang diharapkan.

(Baca juga: cara memutihkan daerah kewanitaan)

Demikianlah cara alami menghilangkan bau badan yang bisa Anda praktikkan. Langkah-langkah sederhana ini kiranya bisa menjadi referensi membantu bagi Anda.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 06th, September 2016 / 03:21 Oleh :
Kategori : Tubuh