Sponsors Link

20 Cara Memutihkan Leher Paling Alami

Sponsors Link

Meski area leher tak begitu terekspos terhadap sinar matahari layaknya bagian tubuh yang lain, ada kemungkinan bahwa leher dapat menjadi gelap dikarenakan sengatan teriknya matahari. Faktor bertambahnya usia pun turut mendukung terjadinya hal ini di mana seharusnya warna kulit leher bertambah hitam. Ada juga faktor lainnya yang bisa Anda ketahui serta waspadai menjadi pemicu leher hitam, seperti:

ads
  • Kelainan genetik.
  • Diabetes
  • Kurang menjaga kebersihan diri.
  • Berkurang dan bertambahnya berat badan secara mendadak.

Ada banyak cara memutihkan leher yang hitam dan gelap secara alami tanpa Anda harus kebingungan lagi. Ketika Anda merasa bagian leher Anda terlalu gelap sehingga menurunkan rasa percaya diri, bahan-bahan di bawah ini siap menolong.

(Baca juga: tips agar kulit menjadi putih secara alami)

1. Jus Kentang

Demi memutihkan bagian leher, jus kentang dengan kandungan tinggi akan enzim catecholasenya bakal membantu Anda mendapatkan warna kulit leher sesuai yang diharapkan. Supaya kulit yang hitam lebih cerah, tentu ada beberapa teknik rahasia meramu jus kentang untuk perawatan Anda sehari-hari.

  • Caranya: Siapkan kentang secukupnya yang kemudian bisa Anda kupas serta bersihkan lebih dulu. Barulah setelah itu Anda giling kentangnya sehingga memperoleh jus kentang. Balurkan pada kulit leher Anda yang hitam dan gelap secara menyeluruh. Tunggulah kira-kira 15 menit sebelum Anda membasuh leher untuk membersihkannya menggunakan air dingin.
  • Alternatif: Jus kentang juga dapat Anda kombinasikan bersama jus lemon secukupnya. Hasil campuran inilah yang bisa Anda balurkan pada area leher yang ingin diputihkan. Tunggu 10-15 menit sebelum akhirnya boleh dibersihkan dengan air dingin. Supaya hasilnya maksimal, kiranya Anda melakukan perawatan ini setiap hari supaya juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati penyebab flek hitam dan bekas jerawat.

2. Tepung Kacang Panjang

Bila Anda hendak membersihkan dan memutihkan bagian leher secara ampuh, cobalah menggunakan scrub dari tepung kacang panjang. Pakai juga kunyit sebagai bahan kombinasi yang bakal memaksimalkan cara kerja tepung ini. Sifat antiseptik pada kunyit bakal turut membantu mengatasi segala masalah pada kulit Anda.

  • Caranya: Sediakan tepung kacang panjang sebanyak 2 sendok teh yang kemudian dicampur bersama kunyit yang telah diulek atau ditumbuk sejumput saja. Tambahkan air lalu aduklah hingga merata dan membentuk pasta. Pasta ini dapat Anda balurkan langsung ke bagian leher Anda yang berwarna gelap dan tunggu kering sekitar 20 menit. Pakai air dingin untuk membilasnya nanti.

Tambahan penting yang perlu Anda ketahui di sini adalah bahwa dengan tambahan kunyit, itu artinya akan ada bekas berwarna kuning yang ditinggalkan oleh kunyit. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah cara ini ketika Anda berada di rumah dalam waktu yang lama atau selama liburan saja.

(Baca juga: manfaat eksfoliasi wajah)

3. Kulit Jeruk

Selain menjadi cara mengatasi kulit keriput pada wajah, kulit jeruk adalah bahan yang tepat bagi Anda dalam memutihkan kulit, termasuk kulit leher. Kaya akan vitamin C, kulit ini bisa membuat leher kembali bersih dan cerah seperti yang Anda dambakan.

  • Caranya: Kulit jeruk yang sudah Anda siapkan dapat dikeringkan lebih dulu, yakni dengan cara menghindari sinar matahari langsung dan meletakkannya pada tempat yang kering nan sejuk. Setelah kering, gilinglah sampai menjadi bubuk lalu tambahkan susu bubuk yang perbandingannya adalah 1:1, lalu campur rata dengan cara mengaduknya. Setelah menjadi pasta, terapkan ke leher yang hitam selama beberapa menit, barulah Anda cuci bersih memakai air dingin.
  • Alternatif: Untuk cara lainnya, Anda bisa memarut kulit jeruk yang sudah disiapkan, namun sebelumnya Anda sudah menjadikan buah jeruknya sebagai minuman jus. Campurkan parutan kulit jeruk dengan jus jeruknya, lalu oles larutan ke area kulit secara menyeluruh dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air dingin untuk mengakhiri dan hendaknya perawatan ini dilakukan setiap hari.

4. Oatmeal

Kerap dikonsumsi sebagai menu sarapan para penderita penyakit jantung, oatmeal pun sebenarnya sangat bagus untuk kesehatan kulit. Bagi Anda yang ingin memutihkan bagian leher dengan mengelupas sel-sel kulit mati, oatmeal bisa dijadikan scrub alami dalam mencerahkan kulit.

  • Caranya: Buatlah pasta scrub sendiri dengan cara mencampurkan sesendok makan oatmeal bersama dengan susu bubuk dan madu secukupnya. Setelah adonan pasta terbentuk dari ketiga bahan tersebut, oleskan langsung ke daerah leher yang berwarna hitam. Diamkan kira-kira 20-30 menit lamanya sebelum akhirnya Anda boleh mencuci dengan menggunakan air hangat. Minimal seminggu 2 kali dapat Anda lakukan perawatan ini.
  • Alternatif: Ambil oatmeal sebanyak 2 sendok teh yang kemudian digiling atau ditumbuk kasar. Lalu tambahkan dengan potongan-potongan tomat kecil yang diaduk dan dicampur hingga membentuk pasta. Campuran inilah yang perlu Anda oles merata ke area kulit leher dan tunggu 20 menit. Anda masih perlu menggosok-gosokkan area leher tadi dan memijatnya perlahan sebelum Anda membilas bersih menggunakan air dingin. Supaya hasilnya maksimal, silakan mencoba metode perawatan memutihkan leher ini seminggu 2 kali saja asal rutin.

(Baca juga: cara mencerahkan kulit wajah)

5. Biji Kenari

Mungkin sebagian dari Anda ada yang belum tahu bahwa kandungan mineral dan vitamin di dalam kenari sangat tinggi dan baik untuk kesehatan kulit. Bahkan tak hanya memutihkan, biji kenari bakal berperan juga sebagai pelembab alami serta peremaja sel kulit secara efektif.

  • Caranya: Buatlah scrub dari biji kenari yang dicampurkan bersama yogurt di mana biji kenari bisa Anda hancurkan lebih dulu di dalam yogurt. Perbandingan kedua bahan sebaiknya ½ sendok teh kenari dan 2 sendok makan yogurt agar dapat membentuk adonan pasta. Pasta yang sudah jadi langsung Anda terapkan di bagian leher yang berwarna gelap sambil menggosok dan memijatnya. Tunggu beberapa menit hingga mengering lalu gunakan air dingin untuk membilas. Seminggu 2 kali saja sudah terbilang cukup untuk mendapatkan hasil terbaik dari perawatan ini.

6. Aloe Vera

Jika banyak dari kita mengetahui bahwa aloe vera atau lidah buaya berperan hanya sebagai pelembab dan penghalus kulit, ternyata tanaman ini mampu mencerahkan kulit juga. Untuk bagian leher hitam yang ingin diputihkan, aloe vera adalah salah satu bahan yang tepat. Manfaat lidah buaya untuk kecantikan pun sudah terbukti, termasuk juga memudarkan bintik hitam dan meregenerasi sel-sel kulit, jadi layak untuk Anda coba.

  • Caranya: Ambil daun tanaman aloe vera seperlunya saja di mana kemudian Anda bisa potong lalu kupas kulitnya. Ini cara termudah untuk mendapatkan bagian gel atau lendirnya. Sesudah itu, lendir bisa Anda gosok-gosokkan sambil memijat lembut. Tunggulah kira-kira 20 menit sebelum memakai air hangat sebagai pembilasnya. Apabila melakukan perawatan ini secara rutin setiap hari dan penuh dengan kekonsistenan, akan ada perubahan berarti pada kulit leher Anda yang pastinya Anda bakal sukai.

(Baca juga: cara merawat kulit berminyak)

ads

7. Kacang Almond

Cara lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan kacang almond yang siap menutrisi kulit dan memudarkan warna gelap dari leher Anda.

  • Caranya: Demi leher lebih cantik, putih dan bersih, Anda dapat menyiapkan 5 buah kacang almond yang direndam semalaman di dalam air. Esok paginya gilinglah almond yang sudah direndam sampai berbentuk pasta. Pasta kemudian bisa Anda oles di area kulit leher yang gelap sambil dipijat-pijat dan gosok selama beberapa menit. Bilaslah memakai air dingin setelah selesai; seminggu 3 kali adalah perawatan yang dianjurkan supaya hasilnya jauh lebih baik dan maksimal seperti yang Anda harapkan.
  • Alternatif: Anda bisa menggunakan bubuk kacang almond untuk membuat adonan pasta di mana bubuk ini Anda siapkan sebanyak ½ sendok teh yang dicampur madu dengan takaran yang sama. Pasta sudah jadi, Anda bisa mengoleskannya langsung ke area leher yang gelap, baik itu bagian depan atau belakang. Tunggu ½ jam kira-kira sebelum Anda menggunakan air biasa untuk membilasnya. Lakukan cara ini sebanyak seminggu 2-4 kali saja agar hasil sempurna.

8. Minyak Almond

Selain dari kacang almond, minyak almond pun akan sama efektifnya dalam membantu memutihkan kulit leher Anda. Karena kandungan vitamin dan nutrisinya penuh, tak heran kalau minyak almond pun dapat digunakan untuk perawatan kulit dan menyehatkannya secara alami.

  • Caranya: Siapkan minyak almond dengan menghangatkannya sejenak, barulah Anda ambil beberapa tetes untuk dioleskan dan dipijatkan pada area leher. Melakukannya sebulan beberapa kali saja akan memberikan hasil paling maksimal. Tak hanya memutihkan, minyak ini berguna untuk meningkatkan peredaran darah pada daerah leher. Bahkan perannya sebagai pelembab alami pun akan membuat kulit leher senantiasa lembut, lembab, sehat dan bercahaya.

9. Baking Soda

Apabila baking soda dipercaya ampuh sebagai cara menghilangkan belang di wajah, tentunya bagi Anda yang ingin menghilangkan warna gelap di leher pun bisa mengandalkan bahan ini. Sebagai eksfoliator kulit alami, baking soda bakal mampu membersihkan kulit dan mengangkat sel kulit mati secara tuntas sehingga mencegahnya dari hiperpigmentasi.

  • Caranya: Sediakan 3 bagian baking soda dengan 1 bagian air yang kemudian Anda campur bersama demi memperoleh adonan pasta. Terapkan pasta ini ke kulit leher Anda yang hendak dicerahkan dan tunggu mengering supaya benar-benar teresap secara sempurna. Sesudah beberapa menit, pastikan Anda membilasnya sampai bersih dan paling tidak 1 minggu Anda bisa melakukan perawatan ini 2 kali saja. Kulit leher pun dijamin bakal putih secara alami dan sempurna.

(Baca juga: cara merawat wajah agar tidak kusam)

10. Pepaya

Ketika Anda ingin memutihkan bagian leher dengan cara super alami, jangan lupa bahwa Anda memiliki banyak pilihan. Salah satu pilihan yang jelas aman adalah pepaya di mana buah yang masih mentah ini dapat diramu hingga menjadi bahan pemutih kulit efektif.

  • Caranya: Pepaya yang masih mentah dapat Anda parut yang kemudian dilanjutkan dengan memerasnya menggunakan saringan atau kain halus. Supaya parutan tersebut bisa lebih gampang diperas, tambahkan sedikit air apabila diperlukan. Atau untuk memudahkan prosedur pembuatan, blender saja langsung. Setelah mendapatkan jusnya, oleskan ke bagian leher secara menyeluruh atau pada bagian yang berkulit gelap saja. Tunggu kira-kira 20 menit sebelum Anda bisa mencuci atau membilasnya dengan air biasa sampai bersih.

Masker leher satu ini lebih dianjurkan untuk dilakukan setiap hari selama 1 bulan atau lebih supaya hasilnya dapat maksimal. Sel-sel kulit baru akan dihasilkan sehingga kulit leher pun tampak cerah, segar dan jauh dari kusam.

11. Pisang

Buah satu ini benar-benar serbaguna karena tak hanya bagus untuk yang sedang menjalankan program diet, pisang pun amat membantu bagi yang sedang ingin memutihkan kulit. Cukup dengan menyediakan buah pisang serta minyak zaitun, Anda dapat memulai perawatan leher Anda.

  • Caranya: Pisang yang sudah disiapkan bisa coba Anda hancurkan lebih dulu, lalu giling hingga menyerupai jus. Tambah dengan minyak zaitun yang kemudian Anda aduk-aduk sampai merata di mana campurannya berbanding 3:1. Oles ke leher sebagai masker dan tunggulah 15 menit sebelum dibilas air biasa. Karena berkandungan antioksidan, maka sudah jelas tak hanya memutihkan tapi masker ini bakal membuat kulit leher jauh dari tanda-tanda penuaan.

12. Stroberi dan Pepaya

Berkandungan vitamin C tinggi, tentu saja stroberi adalah salah satu jenis buah yang pas untuk dijadikan pemutih alami kulit. Kombinasi antara stroberi dan pepaya sangat sempurna dengan perbandingan 2:2 atau 1:2.

  • Caranya: Ambil jus pepaya dan jus stroberi yang bisa Anda campur sampai rata. Ketika sudah tercampur, aplikasikan langsung ke bagian leher Anda untuk Anda diamkan selama 10 menit lamanya. Bilas dengan air biasa sesudah 10 menit berlalu dan lakukanlah perawatan ini serutin mungkin supaya sel kulit yang sudah mengalami kerusakan dapat diperbaiki secara lebih optimal juga.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kusam)

13. Jus Lemon

Asam sitrat di dalam jus lemon serta vitamin C-nya yang berkadar tinggi adalah yang bisa Anda andalkan dalam memutihkan kulit leher. Kandungan-kandungan baik itulah yang akan mencerahkan warna kulit sekaligus menghilangkan sel-sel kulit dengan baik.

  • Caranya: Lemon yang sudah disiapkan dapat Anda peras tanpa ditambah dengan air dan langsung oles ke bagian leher memakai kapas. Namun jika kulit Anda bertipe sensitif, silakan campur dengan air supaya efek sensitifnya dapat terminimalisir. Selama 20 menit Anda boleh membiarkannya lalu cucilah menggunakan air dingin. Manfaat lemon untuk kulit yang besar akan dapat dirasakan bila memakai cara ini secara teratur.

14. Yogurt

Leher Anda yang gelap atau berbintik-bintik hitam dapat teratasi dengan mudah dan alami hanya dengan menggunakan yogurt. Efek asam pada yogurt jugalah yang berperan penting dalam menghilangkan segala bentuk kotoran pada kulit leher Anda.

  • Caranya: Sebagai campuran yang tepat, Anda bisa menyiapkan jus lemon dnegan perbandingan yang sama untuk keduanya. Campurkan jus lemon serta yogurt secara bersama-sama dan sampai merata. Aplikasikan pada kulit leher Anda secara menyeluruh dan bilas dengan air biasa setelah 15 menit berlalu.
  • Alternatif: Yogurt pun dapat dicampurkan bersama dengan susu krim segar supaya hasilnya jauh lebih maksimal. Tak hanya memutihkan, campuran ini akan membantu menjadikan kulit leher jauh lebih elastis, lembab dan halus. Setelah jadi, oles pada kulit leher sambil memberikan pijatan lembut 5 menit lamanya. Gunakan sabun yang berasal dari susu untuk mencuci dan membilas leher beserta air hangat yang ditambah air perasan jeruk nipis.

Manapun resep perawatan dengan yogurt yang hendak Anda pilih, Anda bisa coba gunakan seminggu 2-3 kali agar hasilnya sempurna dan optimal. Anda akan merasakan sendiri kulit leher lebih kencang dan sel-sel kulit baru akan muncul karena sel kulit lama telah diangkat saat melakukan perawatan.

(Baca juga: penyebab wajah kusam)

Sponsors Link

15. Air Cucian Beras

Leher yang putih dan cerah tak sulit untuk diperoleh karena air cucian beras merupakan salah satu cara yang bisa Anda coba di rumah. Bahan dengan kandungan karbohidrat tinggi ini perlu Anda cuci lebih dulu hingga benar-benar bebas dari kutu maupun jenis serangga lainnya sebelum dipakai.

  • Caranya: Layaknya ketika hendak memasak nasi, beras perlu Anda cuci 4-5 kali. Untuk merawat kulit leher, bilasan pertamalah yang bisa Anda pakai. Gosok-gosoklah bagian kulit secara lembut dan merata. Sesudah mengering, sekitar 10 menit lamanya, Anda dapat mencuci bagian leher dengan air bersih. Lakukan setiap hari secara rutin agar hasilnya dapat maksimal.

16. Bengkoang

Buah lainnya yang berfungsi memutihkan dan melembabkan kulit secara alami adalah bengkoang. Tak heran kalau bengkoang ini banyak dipakai sarinya di dalam banyak produk perawatan kulit dan pelembab. Cara penggunaan yang sederhana akan membuat Anda menyukai bahan ini juga sebagai perawatan leher berkulit hitam.

  • Caranya: Siapkan bengkoang sesuai dengan kebutuhan Anda, haluskan dengan menggiling, menumbuk atau memblendernya. Setelah halus, terapkan pada area leher seluruhnya secara merata dan tunggulah 15 menit dengan mendiamkannya. Barulah setelah lewat 15 menit Anda dapat membilas menggunakan air bersih. Melakukan metode perawatan ini secara teratur dan setiap hari akan lebih membuat hasil maksimal.

17. Garam dan Jeruk Nipis

Mengombinasikan garam dan jeruk nipis juga adalah ide yang sangat bagus. Kedua bahan ini termasuk efektif dalam memutihkan kulit yang kusam dan gelap.

  • Caranya: Jeruk nipis yang telah siap boleh Anda peras lebih dulu dan ambil air perasannya. Siapkan pula air hangat di dalam mangkuk yang kemudian bisa ditambah dengan air perasan jeruk nipis tadi serta garam secukupnya. Campurkan sampai merata lalu oles ke area leher secara menyeluruh dengan memberikan pijatan lembut supaya segala kotoran dan sel kulit mati dapat terkelupas. Lakukan setiap hari atau beberapa kali seminggu untuk hasil yang terbaik.

(Baca juga: penyebab kulit kering dan kusam)

18. Mentimun

Selain perannya yang efektif sebagai cara menghilangkan kantung mata dalam 3 hari, mentimun adalah bahan makanan kaya akan air yang bisa diandalkan untuk mencerahkan kulit.

  • Caranya: Ambil jus mentimun atau parutlah mentimun untuk dibalurkan secara merata pada area leher sambil memberikan pijatan lembut selama 10 menit. Ketika sensasi sejuk telah dirasakan, Anda mengambil waktu beberapa menit untuk mendiamkannya sebelum memakai air biasa untuk proses pembilasan.
  • Alternatif: Ada baiknya juga kalau Anda mencampur jus mentimun bersama dengan jus lemon yang perbandingannya 1:1. Gunakan kapas untuk dicelup ke larutan lalu oles ke leher sampai menyeluruh. Selama 10 menit Anda perlu mendiamkannya lebih dulu agar meresap sempurna, dan lanjutkan dengan membilas memakai air dingin.

19. Minyak Zaitun

Bahan ampuh lainnya yang tak boleh ketinggalan untuk Anda catat maupun coba adalah minyak zaitun. Memang bahan ini dikenal baik dalam melembabkan kulit, namun benarkah efektif juga untuk mencerahkan kulit, termasuk kulit leher? Anda bisa mencoba bahan ini sebagai bahan perawatan kulit sehari-hari tanpa perlu ke salon kecantikan.

  • Caranya: Sediakan beberapa tetes minyak zaitun secukupnya yang ditambah dengan jus lemon sesuai kebutuhan. Campurkan kedua bahan sampai merata sebelum akhirnya diterapkan langsung pada bagian leher yang berwarna gelap. Bilaslah dengan air biasa sesudah 20 menit berlalu karena larutan tersebut perlu ditunggu agar meresap sempurna ke dalam kulit leher.

20. Bubuk Cendana dan Air Mawar

Kombinasi berikutnya yang begitu maksimal dalam memutihkan area leher yang gelap adalah air mawar dan bubuk cendana. Perawatan dengan kedua bahan ini termasuk simpel dan sangat bermanfaat bagi Anda.

  • Caranya: Untuk memutihkan, silakan ambil sesendok teh bubuk cendana yang dicampurkan dengan air mawar secukupnya saja. Dengan demikian, saat Anda aduk merata akan terbentuk adonan pasta kental. Pasta ini perlu Anda oles merata ke bagian leher tepat sebelum Anda berangkat tidur. Esok paginya barulah Anda mencuci leher sampai bersih ketika mandi. Hendaknya lakukan perawatan ini setiap malam per harinya supaya hasilnya jauh lebih efektif.

(Baca juga: cara memutihkan wajah secara alami)

Sederet cara memutihkan leher dengan bahan-bahan super alami sudah disebutkan. Kiranya Anda mengambil waktu untuk melirik dan membacanya satu per satu. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan keinginan Anda dan semoga berhasil.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 29th, October 2016 / 06:34 Oleh :
Kategori : Tubuh