Sponsors Link

33 Cara Memutihkan Tangan Secara Alami

Sponsored Links

Mungkin Anda adalah salah satu orang yang memiliki ketidakpuasan akan warna kulit tangan Anda yang terlihat kusam. Tentunya kebanyakan para wanitalah yang menginginkan kulit yang bersih dan cerah, tak hanya pada wajah, tapi juga pada tangan. Untuk itulah, kami menyediakan sejumlah rekomendasi cara memutihkan tangan dengan bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah Anda coba.

(Baca juga: manfaat suntik kolagen)

1. Jeruk Nipis

Senyawa asam pada jeruk nipis terbilang cukup tinggi dan kandungan tersebutlah yang bisa menolong Anda untuk proses regenerasi sel-sel kulit mati. Sebagai eksfoliator, jeruk nipis mampu mengganti sel-sel kulit yang sudah mati dengan yang baru sehingga akan mampu mencerahkan kulit secara alami.

  • Caranya: Sediakan sebuah jeruk nipis segar yang bisa Anda belah menjadi 2 bagian dan keduanya dapat Anda peras ke dalam sebuang mangkuk atau gelas. Perasan tersebut lanjut Anda oles ke seluruh area tangan, tunggu sekitar 30 menit seraya memijatnya. Jangan lupa untuk membilas sampai bersih dengan menggunakan air hangat setelah itu.

2. Bengkoang

Buah yang kerap menjadi bahan utama lotion atau pelembab kulit ini memang rupanya secara alami dapat menjadi penolong bagi yang ingin memutihkan kulit, termasuk kulit tangan. Bahan yang banyak digunakan sebagai pemutih wajah ini mempunyai kandungan vitamin B tinggi sehingga khasiatnya akan terasa dari dalam.

  • Caranya: Siapkan bengkoang sesuai yang dibutuhkan saja, lalu kupaslah dan bersihkan. Bengkoang kemudian bisa diparut sampai menjadi halus. Parutan kemudian bisa diperasi hingga air berwarna putih. Air perasan perlu Anda diamkan selama semalaman hingga terbentuklah endapan. Paginya, Anda dapat memakainya sebagai masker tangan selama 30-60 menit lamanya. Cucilah tangan sampai bersih dengan air dingin untuk mengakhiri perawatan.

(Baca juga: manfaat bengkoang untuk kulit)

3. Batu Halus

Cara dengan bahan satu ini memang cukup asing, namun percaya atau tidak sebenarnya demi membuat kulit tangan menjadi putih Anda bisa menggunakan batu halus ini. Fungsi utama dari batu ini adalah sebagai eksfoliator juga yang artinya bakal mampu membuat kotoran, sel kulit mati dan sisa keringat terangkat.

  • Caranya: Sediakan 1 buah batu yang halus permukaannya supaya kulit tidak terluka saat Anda memakainya nanti. Batu harus direndam dulu selama semalam dan pastikan bahwa tidak ada kotoran yang masih tertempel. Pagi harinya, gosokkan batu perlahan saat mandi dan bisa juga tambahkan sabun. Gunakan air dingin untuk membilas dan lakukan setiap hari.

4. Jus Lemon dan Putih Telur

Perlu diketahui bahwa manfaat lemon untuk kulit cukup besar, apalagi dalam memutihkan karena adanya kandungan vitamin C yang paling bisa diandalkan untuk mencerahkan. Selain itu, putih telurnya pun menjadi sumber protein dan mineral lainnya sehingga akan membuat produksi kolagen meningkat.

  • Caranya: Sediakan lemon seperlunya yang dapat ditambahkan serta dicampurkan dengan 1 butir putih telur. Campuran harus Anda kocok lebih dulu sampai akhirnya berbuih serta warnanya memutih. Oleskan campuran yang sudah jadi ke seluruh daerah tangan Anda, biarkan setengah jam dan bilaslah sampai bersih menggunakan air hangat saja.

5. Kunyit

Rempah ini pun terkenal baik dan efektif dalam memutihkan kulit dan sudah banyak dipakai untuk mencerahkan kulit wajah. Kandungan kurkuminnya yang tinggi akan sangat terpercaya bila digunakan sebagai penjaga kesehatan kulit. Pigmen kuning pada kunyit pun ternyata bagus untuk dijadikan pemutih kulit.

  • Caranya: Rempah kunyit ini bisa Anda haluskan secukupnya yang kemudian Anda oles secara merata pada seluruh area tangan. Karena sangat efektif dalam memutihkan wajah, tentunya kunyit adalah bahan yang tepat juga untuk mencerahkan kulit tangan Anda. Setelah diaplikasikan, tunggu 10 detik sebelum akhirnya bisa Anda bilas memakai air hangat hingga bersih. Setiap hari Anda bisa coba untuk melakukan perawatan ini.

(Baca juga: manfaat masker kunyit untuk wajah)

6. Pisang, Gula dan Madu

Jika ingin membuat bahan perawatan kulit sendiri, bahan-bahan seperti pisang, madu dan gula dapat Anda ramu menjadi scrub ala rumahan. Butir-butir scrub dari gula akan mampu menjadi pengangkat sel kulit mati pada tangan Anda, jadi tak ada salahnya mencoba bahan-bahan tersebut.

  • Caranya: Siapkanlah gula pasir sebanyak 2 sendok makan, madu dan pisang sesuai dengan yang Anda butuhkan. Bahan-bahan tadi bisa Anda campur yang kemudian baru Anda boleh oles secara merata ke seluruh tangan. Cara menggosoknya, sebaiknya dengan gerakan melingkar hingga sekitar 10 detik, lalu gunakan air hangat untuk membilasnya sampai bersih.

7. Kulit Jeruk

Salah satu bahan alami lain yang bisa Anda manfaatkan adalah kulit jeruk, khususnya yang kering. Seperti kita ketahui, kulit jeruk juga mempunyai kandungan vitamin C, jadi tak hanya buahnya saja yang bisa mencerahkan kulit. Tapi, bagaimana mengeringkannya dan menggunakannya?

  • Caranya: Keringkan beberapa kulit jeruk dengan menaruhkan di tempat panas atau di bawah sinar matahari. Ketika sudah kering secara menyeluruh, lumatkan atau blender dan tambahkan susu secukupnya demi mendapatkan adonan pasta. Bersihkan tangan Anda dengan air yang kemudian bisa diaplikasikan ke kulit. Tunggu 20 menit sebelum Anda memakai air dingin untuk membilas; lakukan seminggu 3 kali untuk hasil paling maksimal.

(Baca juga: cara mengencangkan kulit wajah)

8. Mentimun

Kalau Anda sudah pernah tahu akan manfaat timun untuk wajah bisa sangat luar biasa melembabkan dan mencerahkan, maka untuk tangan pun pasti bisa. Bahkan di dalam timun pun ada efek penenang alami yang akan menyembuhkan dan meredakan kulit yang terbakar akibat sengatan sinar matahari.

  • Caranya: Setelah mengiris mentimun, irisannya bisa Anda oleskan ke area kulit tangan yang berwarna gelap. Lakukanlah selama kurang lebih 5 menit dan tinggalkan supaya kandungan timun meresap ke dalam kulit selama 10-15 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air biasa. Atau, parut timun di mana parutannya ditambahkan beberapa tetes madu dan jadikan masker tangan yang bisa dibilas sesudah aplikasi 20 menit.

9. Susu Murni

Kalau ingin cara mudah lainnya dalam memutihkan kulit tangan, susu murni adalah salah satu yang bisa diandalkan. Susu yang murni, kandungan asam laktatnya termasuk tinggi sehingga bisa mengangkat sel-sle kulit mati secara maksimal. Sifat pemutih alaminya juga bisa Anda percaya secara penuh.

  • Caranya: Susu murni pun mampu menjadi pelembab alami bagi kulit tangan Anda yang kasar. Caranya adalah dengan membersihkan dulu tangan Anda dengan air bersih, lalu celupkan kapas ke dalamnya untuk kemudian dioleskan ke kulit tangan sampai merata. Biarkan untuk meresap selama 20 menit sebelum dibilas dengan air biasa.

(Baca juga: manfaat susu untuk kulit)

sponsored links

10. Licorice

Pada licorice, ada senyawa aktif bernama glabridin yang siap untuk mengurangi produksi melanin pada kulit tangan Anda. Jadi kulit gelap dan kusam akibat paparan sinar matahari akan dapat ditangani dengan akar licorice ini. Cara penggunaannya yang mudah tak akan menjadi masalah bagi Anda.

  • Caranya: Seduh akar licorice pada air mendidih di mana setelah beberapa saat, saringlah dan celupkan kapas ke dalamnya. Oles kulit tangan Anda menggunakan kapas yang sudah dicelup tadi dan tinggalkan selama semalaman. Esok paginya, silakan untuk membilas menggunakan air biasa. Lakukan perawatan dengan cara ini serutin mungkin demi hasil yang optimal.

11. Mulberry

Solusi herbal yang oke untuk memutihkan kulit wajah serta tangan maupun kaki adalah mulberry. Zat enzim tironase yang memroduksi melanin pada kulit akan dihambat oleh kandungan baik pada mulberry ini. Efek pemutih alami pada mulberry sangat menyehatkan sehingga akan memutihkan secara alami. Tambahkan saja ekstrak mulberry ke dalam lotion yang biasa dipakai dan gunakan sehari 2 kali.

12. Kamomil

Bahan alami ajaib lainnya adalah kamomil di mana herbal ini tak hanya bisa meredakan stres saja, tapi juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Bunga kamomil atau kantong teh kamomil bisa dimanfaatkan demi mencerahkan kulit.

  • Caranya: Rebuslah bunga kamomil secukupnya dan tinggalkan sejenak untuk menunggunya dingin dalam beberapa waktu. Saringlah setelahnya dan Anda bisa merendam dan juga membilas tangan Anda dengan larutan ini. Hanya saja, Anda memang perlu berkonsultasi lebih dulu dengan dokter kulit sebelum memakai bahan ini supaya jauh lebih aman hasilnya dan mengurangi risiko efek samping.

13. Bubuk Cendana

Sebagai agen pemutih alami, bubuk cendana merupakan bahan yang terbaik juga untuk Anda andalkan ketika hendak merawat kulit. Bila ingin hasil yang maksimal dalam memutihkan kulit tangan Anda, silakan untuk menambahkan lemon. Keduanya sebagai agen pemutih akan memberikan efek yang sama alaminya bagi kulit Anda.

  • Caranya: Ambil jus atau sari dari setengah buah lemon dan tambahkan pada 4 sendok teh bubuk cendana. Jadikanlah adonan pasta dengan menambahkan air secukupnya. Aplikasikan pada area kulit yang gelap dan setelah beberapa waktu atau sampai larutannya kering di tangan Anda. Barulah setelah itu Anda bisa membilasnya menggunakan air dingin biasa sampai benar-benar bersih.

14. Lidah Buaya

Seperti yang Anda tahu, manfaat lidah buaya untuk kecantikan termasuk besar di mana tak hanya bisa melembabkan, lidah buaya juga mampu mencerahkan kulit. Untuk memutihkan tangan secara alami, cobalah untuk menggunakan lidah buaya yang berkhasiat mengatasi hiperpigmentasi. Dengan demikian, Anda dapat membuktikan sendiri bahwa kandungan gel lidah buaya pasti berhasil memudarkan kulit yang gelap.

  • Caranya: Ambil tanaman lidah buaya, potong atau belah menjadi dua untuk memperoleh gelnya. Setelah gelnya Anda ambil, langsung terapkan saja ke tangan Anda yang berkulit gelap, lalu tunggu gelnya meresap selama setengah jam. Gunakan air bersih yang dingin untuk membilasnya nanti. Lakukan sehari 2 kali perawatan ini dan lihat hasilnya dalam 1 minggu.

15. Bearberry

Bearberry adalah sebuah bahan yang tak kalah ampuh dan efektif dari mulberry di mana tekstur kulit akan dapat ditingkatkan dengan bahan ini. Yang dipakai untuk merawat kulit adalah bagian ekstraknya dan Anda dapat melakukannya secara rutin setiap hari untuk hasil optimal.

  • Caranya: Tambahkan 5-10 tetes ekstrak bearberry pada lotion atau krim yang biasa Anda gunakan. Aplikasikan ke kulit tangan Anda yang tampak gelap dan lakukan rutin agar hasilnya cepat terlihat. Atau campurkan ekstrak bearberry bersama dengan air dan gliserin, ratakan ke kulit tangan Anda sebelum kemudian dibilas sampai bersih.

(Baca juga: manfaat alpukat untuk kulit)

16. Alpukat

Buah satu ini merupakan buah yang benar-benar berfungsi banyak, terutama untuk kesehatan kulit di mana memang alpukat ini tak hanya menghaluskan tapi juga mencerahkan. Supaya mendapatkan hasil maksimal, silakan untuk mengambil alpukat matang yang memang jauh lebih tinggi khasiatnya.

  • Caranya: Kerok bagian dagingnya yang kemudian bisa dilumatkan sampai bentuknya menjadi pasta. Tambahkan madu sebanyak 1 sendok makan serta susu 2 sendok makan dan aduk sampai tercampur rata. Aplikasikan campuran ini pada bagian kulit tangan yang hendak Anda rawat, tunggu sekitar 1 jam sebelum akhirnya bisa dibilas. Gunakan secara rutin supaya kulit tangan bisa dengan cepat memutih.

17. Lobak

Lobak merupakan jenis sayur yang bisa Anda coba pakai juga untuk memutihkan kulit tangan karena memang lobak memiliki kandungan pemutih alami. Cukup dengan memarut lobak yang sudah Anda siapkan atau membuatnya sebagai jus, terapkanlah langsung ke area kulit tangan. Selain kulit gelap nan kusam, bintik-bintik hitam pada kulit tangan juga bisa diatasi secara efektif.

18. Kubis

Kubis tak hanya sekadar dapat dimasak sebagai bahan sup lezat atau masakan lainnya, ekstraknya rupanya juga berkhasiat untuk memutihkan kulit tangan. Dengan tambahan lainnya, yakni sejumput bubuk kunyit serta madu secukupnya, ramuan untuk perawatan kulit tangan ini pasti bertambah mujarab dalam memutihkan.

  • Caranya: Campurkan ketiga bahan yang sudah disebutkan tersebut dengan lumpur atau tanah liat, tepung beras, atau tepung gram. Setelah sekitar 10 menit dan sudah jadi, aplikasikan langsung ke kulit tangan Anda. Tunggu mengering sebelum akhirnya bisa Anda bilas dengan air biasa. Pemakaian rutin alias setiap hari akan menjadikan kulit tampak lebih cerah secara maksimal.

(Baca juga: cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami)

19. Jamur

Mengandung vitamin D, jamur akan membantu mengatasi masalah kulit hitam yang terbakar. Tak hanya vitamin D saja, ada senyawa lain yang juga tak kalah berkhasiat, yakni kojic acid yang berfungsi memutihkan kulit secara alami. Jadi, selain bisa dimakan Anda juga bisa memakainya untuk merawat kulit yang gelap dan kusam.

20. Wortel

Tahukah Anda bahwa wortel merupakan bahan yang baik juga dipakai sebagai pemutih kulit. Manfaat wortel untuk kulit termasuk besar di mana Anda bisa memakainya sebagai masker khusus tangan tanpa adanya efek samping.

  • Caranya: Kupas wortel yang kemudian Anda bersihkan dengan mencucinya menggunakan air dingin. Potonglah menjadi potongan kecil-kecil, lalu tumbuk atau lumatkan hingga membentuk pasta. Siapkan gelatin dan panaskanlah di dalam air dan matikan api ketika sudah hampir meleleh. Campurkan dengan pasta wortel dan madu serta jus lemon sedikit, lalu dinginkan di dalam kulkas 20 menit. Terapkanlah pada kulit tangan dan biarkan ½ jam sebelum dibilas dengan air segar atau air bersih.

21. Alum

Sifat pemutih alami dari alum cukup besar sehingga bisa memutihkan kulit tangan Anda secara alami dan efektif.

  • Caranya: Ambil beberapa kristal dari alum yang bisa kemudian digiling untuk membentuk bubuk. Tambahkan madu sedikit sebelum dicampur dengan baik, lalu aplikasikan pada kulit tangan yang gelap, tunggu 1 jam sampai kering. Bilas dengan air biasa setelahnya.

22. Labu

Kelihatannya labu cukup asing bila digunakan sebagai pemutih kulit, namun sebenarnya bagian sarinya bisa digunakan untuk mencerahkan kulit. Campuran jus labu dengan kuning telur serta sesendok teh susu akan menjadi larutan yang sempurna bagi perawatan kulit Anda. Aplikasikan secara rutin untuk kulit cantik, segar dan putih.

(Baca juga: cara memutihkan badan secara alami)

Sponsors Link

23. Bawang Merah

Pernah mendengar bahwa bawang merah baik untuk kulit? Anda bisa menggosokkan sepotong bawang merah mentah pada kulit tangan maupun kaki yang gelap. Bisa juga jus bawang merah dicampur bersama madu dan larutannya Anda langsung aplikasikan ke kulit tangan secara merata. Namun, cara ini tak dianjurkan bagi yang memiliki kulit sensitif.

24. Putih Telur

Jika ingin memutihkan kulit tangan sekaligus menambah elastisitasnya, Anda bisa mencoba menggunakan hasil kocokan putih telur untuk dioles ke area kulit dan menunggunya kering. Oles sambil memijatnya dan setelah itu bisa Anda bilas menggunakan air biasa. Lakukan rutin setiap hari demi hasil yang memuaskan.

25. Tepung Beras

Di dalam beras ada kandungan asam para-aminutesobenzoic yang mampu melindungi kulit tubuh karena berperan sebagai tabir surya paling alami. Anda bisa menggilingnya untuk mendapatkannya dalam bentuk bubuk atau tepung halus. Jika hendka memakainya, tambahkan susu lebih dulu dan oles pasta ke kulit selama ½ jam, barulah Anda memakai air hangat untuk membasuh kulit tangan yang diaplikasikan tadi. Seminggu, Anda bisa menggunakannya 2-3 kali.

(Baca juga: manfaat air garam untuk kulit)

26. Garam dan Cuka

Cuka merupakan agen pemutih alami, sedangkan garam berfungsi sebagai eksfoliator. Jadi, boleh Anda coba untuk merawat kulit tangan Anda supaya kelihatan lebih cerah serta sehat.

  • Caranya: Isilah bathtub dengan air hangat hingga setengahnya, lalu tambahkan sesendok teh garam batu serta ½ sendok teh cuka. Anda bisa memutihkan kulit tubuh, tangan dan kaki sekaligus dengan berendam di sana selama 10 menit. Gosok-gosokkan bagian tangan secara perlahan dengan sikat khusus yang lembut bagi kulit, setelah itu barulah bilas dengan air biasa.

27. Minyak Kelapa

Selain dapat digunakan sebagai pelembab alami kulit, minyak kelapa juga mampu mencerahkan. Cukup dengan mencampurkan minyak kelapa sebanyak 2 sendok makan bersama dengan jus lemon beberapa tetes saja, Anda bisa langsung mengaplikasikannya ke kulit tangan menggunakan kapas. Bilas memakai air hangat sesudah 15 menit.

(Baca juga: cara merawat kulit agar putih)

28. Pepaya

Buah yang dagingnya berwarna oranye ini memiliki segudang khasiat bagi kulit. Manfaat pepaya bagi kulit dapat meningkatkan elastisitas, menunda penuaan dini dan mencerahkan kulit. Baik untuk tangan maupun kaki, Anda bisa menggunakan masker pepaya ini.

  • Caranya: Siapkan pepaya sesuai dengan kebutuhan, lalu juga tambahkan dengan madu secukupnya. Keduanya perlu Anda campur sampai terbentuk pasta, dan sehabis mandi bisa dioles merata pada seluruh kulit tangan yang berwarna gelap dan tampak kusam. Pijatlah selama 10 detik dan tunggu ½ jam sebelum menggunakan air dingin untuk membilasnya sampai bersih.

29. Air Mawar

Selain dapat digunakan untuk membilas, sebenarnya air mawar berguna untuk memutihkan kulit juga. Sediakan saja air mawar sebanyak 2 gelas yang dicampur dengan gliserin 2 sendok dan bubuk boraks 3 sendok. Larutan yang sudah jadi, bisa siap Anda terapkan pada kulit tangan dan cucilah kulit menggunakan air segar sehabis 20 menit.

30. Tomat

Seperti yang kita tahu, tomat merupakan bahan alami yang banyak digunakan untuk mencerahkan kulit wajah, jadi tentunya efektif pula untuk mencerahkan kulit tangan. Belah sebuah tomat menjadi 2 dan Anda bisa aplikasikan ke kulit tangan dengan menggosokkannya secara perlahan. Tunggulah kering sebelum akhirnya Anda bisa memakai air biasa untuk membilas.

(Baca juga: tips agar kulit menjadi putih secara alami)

31. Oatmeal

Untuk menghilangkan sel kulit mati, oatmeal adalah bahan yang sangat tepat juga, jadi otomatis kulit pun bakal lebih putih. Campuran 2 sendok makan oatmeal dengan 1 sendok makan dadih serta jus lemon akan membuat kulit tangan jauh lebih cerah dari sebelumnya. Sesudah diaplikasikan selama 15 menit, gunakan air biasa untuk membasuhnya; hasil akan terlihat dengan perawatan rutin setiap hari selama 2 minggu.

32. Almond

Selain bisa memutihkan wajah, almond bisa juga digunakan untuk kulit tangan dengan merendamnya lebih dulu semalaman dan paginya Anda lumatkan hingga menjadi pasta. Tambahkan tepung gram dan susu masing-masing sesendok teh serta beberapa tetes jus lemon. Pijatkan pasta ke kulit tangan dan bila digunakan teratur akan memberikan hasil yang maksimal

33. Kentang

Ada agen pemutih juga di dalam kentang yang siap mencerahkan kulit tangan Anda secara efektif dan bahkan ikut mengurangi pigmentasi. Irisan kentang segar bisa langsung Anda oles ke kulit dan tunggulah selama 10 menit sebelum akhirnya dicuci bersih dengan air hangat. Atau, bisa juga Anda menggunakan ekstrak jus kentang segar yang diaplikasikan secara langsung ke kulit.

(Baca juga: tips membuat kulit putih)

Itulah sejumlah cara memutihkan tangan dengan bahan alami yang bakal secara efektif mampu menjadi solusi tanpa efek samping.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 20th, November 2016 / 15:35 Oleh :
Kategori : Tubuh