Sponsors Link

16 Cara Mengencangkan Perut Kendur dan Gelambir

Sponsored Links

Tubuh yang langsing dan kencang adalah salah satu cara menjaga penampilan diri wanita yang dianggap paling utama. Tidak semua wanita bisa memiliki tubuh impian ini. Banyak wanita selalu merasa bahwa penampilan diri dan tubuh mereka tidak sempurna, apalagi jika memiliki kulit yang tidak kencang. Salah satu hal yang paling dirasa mengganggu penampilan tubuh adalah keadaan kulit perut yang tidak kencang atau kendur, sehingga membuat garis tubuh kurang prima walaupun mengenakan busana yang bagus. Perut yang kendur akan menyulitkan pemilihan busana, apalagi jika ingin memakai busana yang menunjukkan lekukan tubuh.

Penyebab Kulit Perut Kendur

Kulit perut yang mengendur bisa terjadi karena banyak faktor, tetapi terutama karena kehilangan lemak dalam jumlah banyak dan lemahnya otot yang menyokong kulit perut. Beberapa penyebabnya adalah:

  • Melahirkan

Ketika hamil, kulit perut akan tertarik meregang untuk mendukung pertumbuhan bayi di dalam rahim kita. Peregangan kulit perut ini akan terjadi cukup banyak. Setelah melahirkan, kulit perut yang sudah meregang akan tiba – tiba mengalami pengempesan sehingga penampilannnya menjadi mengendur.

  • Diet Ekstrim

Melakukan diet ekstrim hingga kehilangan banyak berat badan juga membuat kulit perut kendur. Penyebabnya, kulit yang terbiasa menampung lemak menyusut secara tiba – tiba karena penurunan berat badan yang drastis. Bila ingin mempunyai perut yang ramping, tidak perlu diet yang berlebihan. Cobalah cara menghilangkan lemak di perut secara alami.

  • Usia

Elastisitas kulit akan berkurang dengan pertambahan usia, karena kandungan kolagen yang dapat membuat kulit tetap elastis juga berkurang secara alami. Selain itu otot perut yang biasa menopang kulit perut juga sedikit demi sedikit akan melemah.

  • Genetik

Faktor keturunan juga dapat membuat seseorang mudah mengalami kulit perut yang kendur. Hal ini terkait dengan gen yang menyusun otot di tubuh kita. Bila kita memiliki otot perut yang tidak terlalu kuat sebagai hasil bawaan lahir, perut akan mudah menjadi kendur.

Perawatan Luar Kulit

Jika ingin cara mengencangkan perut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan perawatan dari luar tubuh yang berguna untuk perawatan langsung ke daerah kulit yang kendur.

1. Minyak Kelapa

Menghilangkan kulit kendur bisa diusahakan dengan melakukan pijatan menggunakan minyak kelapa. Pemijatan ini bisa dilakukan  setidaknya empat atau lima kali seminggu. Pijatlah daerah perut dan paha dengan menggunakan minyak ini. Minyak kelapa membantu melembabkan kulit perut dan mengencangkan kulit perut yang kendur. Bagi perawatan kulit wajah, ada beberapa masker untuk mengencangkan kulit yang bisa dicoba seperti masker kubis, lemon, yoghurt dan banyak lagi.

2. Firming Lotion

Lotion yang dapat membantu mengembalikan kekencangan kulit sekarang banyak tersedia di  pasaran dengan berbagai merk. Harganya pun cukup terjangkau. Pilihlah yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda, juga pastikan kalau formulanya tidak mengandung bahan kosmetik yang berbahaya.

3. Eksfoliasi Kulit Perut

Pengelupasan sel kulit mati pada kulit perut yang mengendur juga dapat membantu pengencangannya. Manfaat garam untuk kulit salah satunya bisa digunakan untuk scrub kulit perut. Lakukan scrub ini dua atau tiga kali seminggu. Selain untuk scrub, ada juga manfaat garam untuk rambut berketombe.

sponsored links

Gaya Hidup

Gaya hidup yang sehat bisa membantu usaha kita untuk mengencangkan kembali kulit pada bagian perut yang kendur dan juga menjadi cara mengencangkan kulit leher. Beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Konsumsi Air Putih

Asupan air putih yang cukup ke dalam tubuh kita bisa memperbaiki kondisi kulit yang kehilangan elastisitasnya dan memperbaiki kelemahan otot kulit. Tidak hanya mengencangkan kulit perut, tetapi banyak minum air putih juga bisa menjadi cara mengencangkan kulit wajah pria dan cara menghilangkan kantung mata yang kendur.

2. Makan Buah Dan Sayuran

Penyebab wajah kusam bisa jadi karena kekurangan serat yang didapat dari buah dan sayuran. Buah dan sayuran mengandung banyak gizi, vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh kita. Rajin mengonsumsi buah dan sayuran dapat memperbaiki kondisi kulit. Salah satu jenis sayuran yang bisa dikonsumsi adalah edamame. Manfaat edamame untuk kecantikan adalah baik untuk konsumsi orang yang sedang ingin berdiet.

3. Konsumsi Makanan Berprotein

Agar pembentukan otot di dalam tubuh bisa berjalan dengan baik dan cepat, sebaiknya mengonsumsi makanan yang tinggi protein seperti kacang – kacangan, daging sapi, makanan laut, keju, susu dan lain – lain. Manfaat susu kedelai untuk kulit bisa menyuplai kebutuhan protein dalam tubuh kita.

Olahraga

Manfaat olahraga untuk kecantikan salah satunya ada latihan yang bisa dilakukan untuk mengencangkan kulit perut yang kendur. Sebelum melakukan latihan – latihan berikut, diwajibkan untuk melakukan pemanasan terlebih dulu supaya otot rileks. Latihan olah raga yang bisa dilakukan untuk mengencangkan otot perut yaitu berikut ini:

1. Sit Up

Latihan ini paling dikenal berguna untuk mengencangkan kulit perut yang kendur, karena berfokus pada gerakan menarik otot perut dan di sekitar perut. Caranya:

  • Baringkan tubuh dengan kedua tangan di belakang kepala.
  • Posisi kaki lurus di lantai atau lutut ditekuk. Minta bantuan orang lain untuk memegang kaki Anda agar tidak bergeser.
  • Angkat badan ke arah kaki tanpa menggerakkan tangan, lakukan selama beberapa kali angkatan selama 10 menit.

Jika Anda baru mencoba melakukan latihan sit up, hal pertama yang dirasakan adalah kesulitan untuk mengangkat badan dan mengulangi gerakannya. Namun hal itu sangat wajar karena otot belum terbiasa untuk menahan beban tubuh. Untuk awalnya, lakukan latihan sit up sebanyak 2 x 10 menit pada pagi hari.

2. Bicycle Exercise

Disebut latihan bicycle karena gerakannya mirip orang sedang bersepeda. Minimal waktu yang dibutuhkan untuk latihan ini adalah dua menit setiap hari untuk pemula. Caranya:

  • Baringkan tubuh dengan kedua tangan berada di belakang kepala.
  • Angkat lutut kanan ke arah pundak kiri, angkat kepala hingga siku kiri bertemu dengan lutut kanan. Tahan selama beberapa detik.
  • Angkat lutut kiri ke aurah pundak kanan, angkat kepala hingga siku kanan bertemu lutut kiri.Tahan juga beberapa detik.
  • Lakukan gerakan ini selama lima belas menit.

Melakukan latihan yang mirip dengan gerakan bersepeda ini juga akan mengatasi penyebab bokong turun dengan mengencangkannya.

3. Sikap Lilin

Gerakan ini dinamakan sikap lilin karena jika dilakukan dengan benar, posisi tubuh akan menyerupai lilin. Caranya:

  • Baringkan tubuh dalam posisi telentang, kedua tangan di samping tubuh.
  • Rapatkan kedua kaki kemudian angkat kedua kaki ke atas, tangan menyangga pinggul.
  • Bertumpu pada pundak untuk menjaga posisi tetap tidak berubah.
  • Tahan sikap lilin ini beberapa saat.

Seandainya Anda merasa kesulitan untuk melakukan latihan ini, Anda dapat menggunakan tembok untuk sandaran bagi kaki. Lakukan selama 10-15 menit setiap harinya pada pagi hari saat perut belum terisi makanan agar tidak merasa mual.

4. Vertical Leg Crunch

Gerakan ini menyerupai sit up, namun dengan kedua kaki dan tangan dinaikkan ke atas. Latihan ini merupakan gabungan antara sit up dan sikap lilin. Cara melakukan gerakan ini yaitu:

  • Baringkan tubuh seperti pada sikap sit up, kedua tangan di belakang kepala.
  • Rapatkan kaki dan angkat tinggi lurus ke atas.
  • Setelah kaki lurus ke atas, angkat kepala seperti ketika sit up, yaitu ke arah kaki dengan tangan tetap di belakang kepala.
  • Vertical leg crunch ini sangat efektif untuk mengencangkan otot perut. Lakukan gerakan ini selama 20 menit setiap harinya secara rutin.

Untuk perawatan kaki agar mulus dan tak bernoda, ada cara menghilangkan flek hitam di kaki yang bisa dilakukan agar menunjang kondisi kaki yang kencang setelah menguasai latihan ini.

5. Back Up

Jenis latihan ini adalah kebalikan dari sit up, namun sama  – sama mempunyai manfaat untuk mengecilkan perut. Caranya adalah:

  • Berbaringlah dalam keadaan telungkup atau tengkurap. Tangan berada lurus ke depan.
  • Angkat badan dan tangan ke belakang bersamaan dengan kaki ke arah atas dan bawah. Luruskan leher.
  • Anda bisa melakukan back up setelah melakukan sit up diwaktu pagi atau sore hari. Setiap latihan sebaiknya dilakukan selama 2 x 10 menit.

Sebaiknya tidak hanya melakukan latihan fisik untuk menunjang penampilan, namun ketahui juga cara membuat muka tirus secara alami supaya otot yang kencang diimbangi dengan penampilan wajah yang menarik.

6. Ball Crunch

Latihan ini adalah gerakan sit up yang biasa, hanya bedanya ball crunch adalah sit up yang dilakukan di atas bola. Untuk melakukan gerakan ini Anda harus memiliki alatnya, yaitu bola besar yang biasa ada di tempat fitness atau gym.

7. Squat

Squat adalah latihan yang dilakukan dengan gerakan jongkok dan berdiri. Caranya adalah:

  • Bersiap di posisi jongkok sekitar 90 derajat. Untuk pemula, bisa menggunakan benda yang tingginya sama dengan lutut yang ditempatkan di dekat bokong sebagai panduan cara jongkok yang benar.
  • Ketika melakukan squat, posisi punggung harus tegak lurus dan jangan sampai membungkuk, bisa menyebabkan cedera.
  • Bertumpu pada tumit kaki untuk menahan beban tubuh selama squat.
  • Lakukan gerakan jongkok dengan posisi 90 derajat tadi, tangan direntangkan ke depan.
  • Angkat badan ke posisi berdiri, tangan diturunkan.

Ulangi sekitar 15 kali pada satu latihan. Jika dilakukan dengan benar, squat bisa mengencangkan daerah paha dan menjadi cara mengencangkan bokong juga.

sponsored links

8. Elliptical Trainer

Ini adalah alat fitness untuk latihan cardio yang biasa terdapat di tempat fitness. Berfungsi sebagai alat latihan yang memadukan antara latihan jalan dan menaiki tangga. Ketika menggunakan eliptical, yang bergerak tidak hanya kaki tapi juga tubuh bagian atas. alat ini juga aman dari cedera, karena ketika digunakan yang bergerak adalah alatnya sedangkan tubuh kita hanya mengikuti gerakan alat. Bisa juga dijalankan maju mundur untuk melatih otot yang berbeda dan latihan ini akan mengatasi penyebab betis besar.

9. Naik Sepeda

Olah raga yang satu ini memang dikenal bisa mengencangkan otot kaki, namun juga bisa berfungsi mengencangkan otot perut. Gerakan kaki yang mengayuh ke atas dan ke bawah juga akan mempengaruhi otot perut menjadi kencang. Kegiatan bersepeda bisa membakar banyak kalori dalam tubuh bila dilakukan minimal selama 30 menit atau setengah jam. Sebaiknya lakukan bersepeda setiap hari, namun jika tidak ada waktu bisa dilakukan tiga kali seminggu. Setelah bersepeda di luar ruangan, biasanya wajah akan menjadi kotor dan berminyak. Cara mengatasi wajah berminyak perlu dilakukan untuk mempertahankan penampilan wajah yang terpelihara.

10. Berjalan Kaki dan Jogging

Jalan kaki dan jogging adalah olahraga yang mudah dilakukan dan tidak memerlukan biaya banyak. Anda bisa melakukan ini di daerah sekitar rumah saja. Pilihlah tempat yang banyak pohon agar mendapatkan udara segar yang baik untuk pernapasan. Cara mengatasi betis besar juga bisa dilakukan dengan olah raga berjalan kaki dan jogging ini.

11. Yoga

Yoga juga dapat bermanfaat untuk cara mengencangkan perut yang kendur. Selain itu, yoga juga bisa membantu Anda menghilangkan stres, depresi, dan kecemasan berlebihan. Lakukan yoga paling sedikit dua kali seminggu dan gunakan manfaat bengkoang untuk kulit sebagai masker untuk merawat keindahan kulit setelah yoga.

Bila Anda ingin benar – benar merasakan mempunyai perut yang kencang, disarankan untuk total mencoba perawatan, gaya hidup dan olahraga yang telah disebutkan di atas. Sebab, perut kencang akan sulit diperoleh jika hanya menjalankan olahraga saja tetapi masih gemar makan makanan berlemak, misalnya. Diperlukan ketelatenan dan kesabaran untuk mengembalikan kondisi perut menjadi kencang kembali.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Monday 29th, August 2016 / 08:03 Oleh :
Kategori : Tubuh