Sponsors Link

40 Tips Memutihkan Ketiak yang Hitam

Sponsors Link

Faktor genetik bisa saja menjadi penyebab utama mengapa ketiak bisa berwarna gelap dan hitam, namun tak hanya itu saja. Gelapnya ketiak juga berpotensi disebabkan oleh adanya deodoran yang kurang cocok dan akhirnya malah mengakibatkan iritasi dan menggelapkan warna permukaan kulitnya. Mencukur bulu ketiak, kelembaban tinggi pada ketiak saat berkeringat serta pengenaan baju yang ketat adalah faktor lainnya; jadi, apa tips memutihkan ketiak yang baik dan ampuh?

ads

(Baca juga: cara memutihkan tangan)

1. Memakai Kulit Jeruk

Kulit jeruk sama dengan buahnya yang mengandung kaya akan vitamin C dan ini artinya, kandungan antioksidan pun termasuk besar. Dengan demikian, Anda bisa memakai kulit jeruk untuk membuat kulit jauh lebih putih, terutama untuk memutihkan ketiak yang hitam karena iritasi. Kulit jeruk tinggal diparut dan oleskan langsung ke ketiak Anda.

2. Menghindari Baju Ketat

Bila salah satu penyebab dari ketiak yang hitam adalah karena pemakaian baju ketat, maka kalau Anda mempunyai kebiasaan ini sebaiknya Anda coba untuk tidak terlalu sering mengenakan baju ketat. Kulit ketiak juga perlu bernapas dengan baik, apalagi karena bagian tersebut biasanya mengeluarkan banyak keringat.

3. Mandi Teratur

Menjaga kebersihan diri dengan mandi yang teratur, yakni 2-3 kali sehari merupakan salah satu cara memutihkan ketiak paling alami. Bisa saja hitamnya ketiak Anda dipicu oleh bakteri yang menumpuk akibat jarangnya Anda membersihkan diri. Hindarilah kebiasaan jorok seperti jarang mandi yang malah otomatis membiarkan bakteri berkembang biak dengan gampangnya.

(Baca juga: tips membuat kulit putih)

4. Memakai Cendana

Tahukah Anda? Bubuk cendana termasuk bahan alami yang cukup sering dipakai untuk memasak. Namun sebetulnya kegunaannya lebih dari itu, yakni sebagai pemutih ketiak yang hitam. Cukup gunakan cendana yang dalam bentuk bubuk atau serbuk dan campurkan dengan air atau air mawar untuk diaplikasikan ke ketiak secara teratur.

5. Memanfaatkan Tepung Beras

Di dalam tepung beras, ada kandungan asam sitrat tinggi yang bisa diandalkan untuk mengusir noda hitam pada kulit. Kalau tepung beras saja efektif dalam memutihkan wajah, tangan serta kaki, Anda juga bisa mencerahkan kulit ketiak dengan bahan ini. Campur saja tepung beras dengan cuka, lalu jadikan scrub yang akan mengangkat sel-sel kulit mati pada ketiak.

6. Memakai Minyak Zaitun

Segala macam masalah kulit bisa ditangani dengan memakai minyak zaitun ini. Selain bagus untuk kesehatan tubuh, minyak zaitun juga merupakan bahan yang baik untuk memutihkan kulit. Produk perawatan kulit cukup banyak yang mengandalkan minyak zaitun karena memang efeknya yang bisa mencerahkan kulit, jadi apa salahnya untuk mencoba.

(Baca juga: tips agar kulit menjadi putih secara alami)

7. Menggunakan Batu Tawas

Batu tawas biasanya lebih sering digunakan untuk menghilangkan bau badan, namun bahan ini sebenarnya juga sangat handal dan ampuh dalam membuat kulit ketiak yang hitam menjadi cerah kembali. Batu tawas perlu direndam lebih dulu di air hangat, kemudian tunggulah sejenak sampai batu tawas larut di dalam air tersebut. Oles larutan ke ketiak yang hitam untuk memutihkan sekaligus untuk mengurangi bau tak sedap akibat keringat berlebih.

8. Memanfaatkan Kapur Sirih

Kapur sirih adalah solusi alami lainnya yang bisa Anda coba manfaatkan ketika ketiak kelihatan gelap. Campuran antara kapur sirih dengan jeruk lemon atau nipis sangatlah membantu. Larutan bisa Anda oles ke bagian yang Anda inginkan dan tunggulah kering sebelum menggunakan air hangat untuk membasuhnya sampai bersih.

9. Memakai Pepaya

Manfaat pepaya untuk kulit termasuk cukup besar dan salah satunya adalah sebagai pemutih bagian ketiak yang hitam. Buah yang biasanya untuk melancarkan buang air besar ini bisa Anda blender atau tumbuk dan kemudian dibalurkan pada ketiak secara merata. Pakailah pepaya yang sudah matang, lakukan perawatan teratur, dan lihat hasil efektifnya.

(Baca juga: cara merawat kulit agar putih)

10. Menggunakan Baking Soda

Kalau baking soda saja bisa diandalkan sebagai cara menghilangkan bekas luka secara cepat, maka untuk kulit ketiak yang teriritasi dan hitam pun boleh Anda coba. Selain bisa memutihkan gigi dan memerahkan bibir, Anda bisa mencerahkan ketiak juga. Campur baking soda dengan air secukupnya, balurkan ke ketiak seminggu 2-3 kali saja.

ads

11. Memakai Minyak Kelapa

Kandungan vitamin E di dalam minyak kelapa cukup tinggi kadarnya sehingga memang sangat baik digunakan untuk merawat kulit. Untuk kulit ketiak yang gelap, oles saja minyak kelapa yang sudah Anda ambil beberapa tetes ke bagian yang hendak dicerahkan. Diamkan beberapa menit sebelum akhirnya dibilas.

12. Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi selain bisa memutihkan dan membersihkan gigi juga bisa Anda andalkan sebagai pemutih kulit ketiak. Sifatnya sebagai eksfoliator akan selalu siap untuk mengangkat sel kulit mati. Oles saja pasta gigi yang Anda sudah siapkan secukupnya ke area ketiak yang gelap. Diamkan sejenak sebelum akhirnya menggunakan air biasa untuk membasuh.

(Baca juga: cara memutihkan badan secara alami)

13. Tidak Sering-sering Mencukur Bulu Ketiak

Anda perlu tahu bahwa mencukur bulu ketiak yang terlalu sering adalah salah satu faktor yang memicu timbulnya warna hitam pada ketiak. Apabila merasakan ketidaknyamanan karena rambut di ketiak begitu cepat tumbuh, gunakan krim aman untuk mencukur, tapi tidak sering-sering. Coba lihat juga apa saja cara menghilangkan bulu ketiak secara alami dan permanen.

14. Memakai Kentang

Kentang selain nikmat ketika dimasak maupun digoreng juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Kulit ketiak yang kiranya hitam serta gelap bisa coba Anda hilangkan dengan penggunaan kentang secara rutin. Parutlah kentang atau blender dan balurkanlah pada ketiak secara menyeluruh; tunggu beberapa menit sebelum akhirnya bisa Anda bilas sampai bersih.

15. Menggunakan Mentimun

Bila manfaat timun untuk wajah saja terbilang besar, baik untuk melembutkan maupun mencerahkan, maka tak ada salahnya Anda mencoba memakainya untuk memutihkan ketiak. Untuk menggunakannya, silakan Anda memblendernya lebih dulu dan membalurkannya pada ketiak yang berwarna hitam.

(Baca juga: manfaat masker kunyit untuk wajah)

16. Memakai Kunyit

Selain dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit, kunyit merupakan rempah dengan banyak fungsi di mana memang bisa juga digunakan sebagai pemutih ketiak. Bahkan kunyit ini juga memiliki kemampuan untuk membuat iritasi kulit jauh lebih berkurang dan mampu mencerahkannya.

17. Menggunakan Yogurt dan Susu

Kesehatan kulit bisa juga dijaga dan ditingkatkan ketika Anda menggunakan yogurt serta susu secara rutin. Dalam memutihkan kulit, kombinasi kedua bahan ini sangatlah efektif; apalagi seperti kita tahu bahwa mandi susu pun dapat mengatasi masalah flek hitam. Selain memutihkan, kulit juga bakal terasa lebih kenyal dan lembut.

18. Memanfaatkan Jeruk Nipis dan Lemon

Masih ada lagi bahan alami yang bisa membuat ketiak Anda putih, yakni dengan mengoleskan jeruk lemon maupun jeruk nipis. Kalau biasanya kedua bahan ini sangat ampuh dalam memutihkan wajah, maka ini bisa menjadi alasan Anda untuk menggunakannya pada ketiak. Oles saja langsung air perasannya ke ketiak secara rutin; namun bila terasa perih karena kulit Anda sensitif, hentikan penggunaan.

(Baca juga: manfaat buah jeruk nipis untuk wajah)

19. Tidak Membiarkan Ketiak Basah dalam Waktu yang Lama

Ingat bahwa keringat bisa menjadi pemicu hitamnya warna kulit ketiak karena tingkat kelembaban yang begitu tinggi. Jadi bila misalnya berkeringat, jangan tunggu terlalu lama untuk mengganti pakaian agar ketiak tak dalam kondisi basah atau lembab dalam waktu yang lama. Sebelum mengganti pakaian pun Anda hendaknya mengelap bagian ketiak hingga kering lebih dulu.

20. Membersihkan Sisa Deodoran atau Bedak

Ketika Anda mandi, sebaiknya tidaklah asal mandi saja, tapi pastikan juga deodoran maupun bedak yang sebelumnya Anda oles pada ketiak juga dibersihkan secara total. Sisa-sisa bahan kimia dari bedak maupun deodoran yang tak dibersihkan dengan benar justru bisa menjadi penyebab utama hitamnya ketiak.

21. Tidak Menggunakan Produk Pemutih secara Sembarangan

Terkadang saking inginnya ketiak menjadi jauh lebih cerah dan putih, seseorang akan mencari produk pemutih. Namun masalahnya, produk pemutih tidak seluruhnya bisa benar-benar efektif memutihkan. Justru beberapa produk malah menjadikan ketiak yang tadinya tak bermasalah malah menghitam.

(Baca juga: cara menghilangkan belang di wajah)

Sponsors Link

22. Memakai Gula

Gula pasir atau gula merah adalah yang terbaik untuk digunakan ketika Anda hendak memutihkan ketiak. Ambil saja sesendok makan salah satu jenis gula terseut, lalu campur dengan sesendok makan minyak zaitun hingga tercampur rata. Oles pada kulit ketiak dan tunggulah sekitar 1-2 menit sebelum Anda membilasnya. Seminggu 2 kali adalah waktu perawatan yang dianjurkan untuk hasil memuaskan.

23. Memanfaatkan Lidah Buaya

Lidah buaya memang sangat besar manfaatnya bagi rambut dan kulit, bahkan juga perannya sebagai pelembab alami sekaligus pemutih. Kaya akan vitamin C, manfaat lidah buaya untuk kecantikan bisa dirasakan, yakni dengan mengambil setangkai tanaman lidah buaya dengan memotong lidah buaya sampai kecil-kecil serta ambil gelnya. Oles ke ketiak Anda dan tunggu 15 menit sebelum membasuhnya dengan air biasa. Setiap sehabis mandi, lakukan perawatan ini, yang artinya sehari perlu dilakukan 2 kali.

24. Mengonsumsi Sayur dan Buah

Berdiet dengan mengonsumsi sayur serta buah tak hanya bagus untuk menjaga organ tubuh tetap sehat. Kulit juga membutuhkan asupan nutrisi lengkap dari sayur dan buah. Konsumsilah makanan yang tepat agar ketiak bisa cepat putih, seperti kacang-kacangan, kelapa, wortel, buah naga, nanas, stroberi, tomat, dan jeruk.

25. Menggunakan Bengkoang

Cukup ambil 1 buah bengkoang dan Anda bisa mengupasnya lebih dulu sebelum kemudian diparut sampai halus. Gosokkanlah pada permukaan kulit yang hitam dan biarkan tertempel demikian sampai 15 menit lamanya. Sesudah kering, bilaslah hingga mengering. Perawatan ini bisa dilakukan setiap setelah mandi setiap hari.

(Baca juga: cara menghilangkan noda hitam di wajah)

Tips Lainnya

Ketika Anda membutuhkan cara-cara alternatif, di bawah ini ada beberapa hal juga yang perlu Anda perhatikan sekaligus ikuti.

  1. Meminimalisir pemakaian deodoran karena ini justru bisa menimbulkan peradangan di bagian ketiak.
  2. Hindarilah penggunaan metode elektrolisis ketika hendak menghilangkan bulu ketiak.
  3. Menggunakan batu apung yang bisa dibasahi lebih dulu dan digosokkan ke bagian ketiak secara lembut selama sekitar 10 menit.
  4. Memakai minyak telur.
  5. Memakai tepung gram.
  6. Memakai madu.
  7. Memakai minyak bunga matahari.
  8. Mengolesi ketiak dengan minyak vitamin E.
  9. Menggunakan saffron yang juga sanggup membasmi bakteri akibat keringat.
  10. Kombinasi pepaya dan madu.
  11. Kombinasi kunyit dan susu murni.
  12. Kombinasi mentimun dan bubuk kunyit.
  13. Kombinasi kulit jeruk dan minyak kelapa.
  14. Menghindari konsumsi pil KB.
  15. Menggunakan apel sebagai pembasmi kuman dan bakteri.

(Baca juga: cara agar bulu ketiak tidak tumbuh lagi)

Itulah sejumlah tips memutihkan ketiak ampuh yang dijamin efektif. Namun bila kulit Anda terlalu sensitif terhadap beberapa bahan yang disebutkan, carilah alternatif lain agar tak mengiritasi ketiak Anda.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 21st, November 2016 / 22:00 Oleh :
Kategori : Tubuh