Sponsors Link

14 Cara Agar Pipi Tidak Tembem Paling Ampuh

Sponsored Links

Pipi yang tembem akan dianggap lucu pada anak – anak. Semua orang pasti akan merasa gemas dan ingin mencubitnya. Namun makna pipi yang tembem berbeda lagi bagi kaum wanita dewasa. Bagi wanita, pipi yang tiruslah yang dianggap cantik dan menunjang bentuk wajah yang sempurna. Jika memiliki pipi tembem maka akan terasa seperti mimpi buruk karena wanita tidak percaya diri dengan bentuk wajah yang terlihat besar. (Baca Juga: Cara Menjaga Penampilan Diri Wanita , Penyebab Bokong Turun)

Model – model dalam majalah pun semuanya berpipi tirus sehingga makin menguatkan kesan bahwa wanita cantik bukan wanita yang berpipi tembem. Memiliki pipi yang tembem memang akan memberikan kesan jika wajah lebih gemuk dan bulat. Bahkan walaupun badan langsing, pipi tembem itu tetap akan memberikan kesan kalau kita bertubuh gemuk bagaimanapun dandanan kita. Tidak terelakkan, pipi yang tembem akan menjadi hal pertama yang menarik perhatian orang lain pada wajah. (Baca Juga: Manfaat Mencukur Alis , Cara Make Up Natural untuk Wajah Bulat)

Penyebab Pipi Tembem

Apakah Anda termasuk wanita yang menganggap pipi tembem adalah hambatan besar untuk tampil cantik? Jika iya, maka Anda bisa menyimak beberapa penyebabnya terlebih dulu seperti berikut ini:

  • Pipi Tembem Karena Faktor Keturunan 

Bentuk wajah, kulit, tubuh dan seluruh fisik seseorang ditentukan oleh susunan genetikanya masing – masing sebagai hasil yang didapatkan dari ciri dominan dalam keluarga. Ada orang yang berpipi tembem karena bentuk wajahnya memang seperti itu secara alamiah. Jika ini yang terjadi, mengatasi pipi tembem akan menjadi sedikit sulit. Pipi tembem yang didapat dari faktor keturunan tidak bisa dihilangkan dengan cara biasa. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Keloid)

  • Pipi Tembem Karena Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan bisa terlihat dari  membesarnya ukuran dari anggota tubuh seperti pinggang, perut dan pipi. Lemak di badan yang merupakan hasil dari berat badan yang berlebih bisa mewujud dalam bentuk pipi yang tembem. Maka dari itu secara otomatis pipi juga akan menjadi tempat berkumpulnya minyak dan lemak hingga bisa terlihat tembem. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Lemak Diperut)

  • Pipi Tembem Karena Merokok dan Minum Alkohol

Pipi bisa menjadi tembem karena banyak memakan makanan berlemak atau cepat saji seperti telah disebutkan di atas. Selain itu konsumsi alkohol,  merokok dan minum akan membuat kulit menjadi kendur dan  akan memiliki masalah penuaan dini serta menjadi penyebab kulit keriput di usia muda. Pipi menjadi tembem karena penumpukan kadar air di bawah kulit sebagai hasil dari kebiasaan merokok dan minum alkohol.

  • Pipi Tembem Karena Jarang Olah Raga

Seperti sudah lazim diketahui, manfaat olah raga untuk kecantikan akan membakar lemak di tubuh secara menyeluruh, termasuk pada bagian pipi. Jika malas berolah raga, bisa jadi Anda akan memiliki pipi yang tembem, karena lemak yang menumpuk di pipi.

  • Pipi Tembem Karena Kurang minum air putih

Manfaat minum air putih yang cukup salah satunya bisa memperlancar peluruhan lemak pada kulit. Jika kurang minum air putih, maka lemak di tubuh termasuk di pipi juga akan sulit untuk larut sehingga pipi jadi tampak tembem. (Baca Juga: Manfaat Air Hangat Untuk Perawatan Wajah , Tips Membuat Kulit Putih)

  • Pipi Tembem Karena Kekurangan Kalsium

Kekurangan asupan kalsium dalam tubuh bisa menyebabkan tulang pipi kurang terbentuk dengan baik sehingga menyebabkan pipi menjadi tampak tembem karena tertutup lemak. (Baca Juga: Manfaat Susu Untuk Kulit )

sponsored links

Menghilangkan Pipi Tembem

Karena kesan bahwa pipi tirus lebih menonjolkan kecantikan itulah, jika ada cara untuk membuat pipi menjadi tirus, para wanita tidak akan segan mencobanya. Memiliki pipi yang tirus sangat didambakan oleh kaum wanita. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memiliki pipi yang tirus atau paling tidak mengurangi pipi yang tembem, yaitu:

1. Menghilangkan Pipi Tembem dengan Mengunyah Permen Karet

Tahukah Anda ternyata permen karet yang biasa kita kunyah mempunyai manfaat untuk membuat tirus pipi yang tembem. Kelihatannya sepele, tapi permen karet bisa membantu gerakan senam wajah untuk membuat pipi menjadi tirus. Manfaat dari gerakan mengunyah bisa membuat rahang menjadi tirus dan menenangkan syaraf di sekitarnya. Anda cukup mengunyah permen karet beberapa kali sehari. Lakukan juga cara merawat wajah agar tidak kusam dan atasi penyebab wajah bruntusan agar wajah Anda semakin sempurna.

2. Menghilangkan Pipi Tembem dengan Gerakan X – O

Pipi yang temben juga bisa dihilangkan dengan gerakan senam wajah. Lakukan gerakan senam wajah dengan menirukan bentuk X dan O dengan menggunakan bibir. Caranya yaitu dengan membuka bibir seperti akan mengucapkan huruf X dan dilanjutkan dengan gerakan bibir yang menyerupai huruf O. Lakukan gerakan ini berulang sebanyak beberapa kali sehari. Pipi yang lebih tirus juga bisa diimbangi dengan mengatasi penyebab wajah kusam dan penyebab wajah terlihat tua.

3. Menghilangkan Pipi Tembem dengan Membuka Mulut

Salah satu gerakan senam wajah yang lain adalah dengan menggunakan gerakan membuka mulut. Gerakan membuka mulut lebar – lebar yaitu seperti ketika mengucapkan huruf A, tahan beberapa detik lalu tutup. Anda bisa melakukan latihan ini sebanyak tiga kali sehari. Cobalah juga cara menghilangkan bruntusan di wajah dan manfaat teh basi untuk wajah sebagai alternatif perawatan wajah Anda.

4. Menghilangkan Pipi Tembem dengan Gerakan Mengangkat Pipi

Angkat pipi seperti ketikan Anda sedang tersenyum sampai pipi mendekati mata dan mata menjadi sipit. Lakukan gerakan ini sambil pejamkan mata erat – erat, tahan beberapa detik lalu lepaskan. Ulangi gerakan ini beberapa kali dalam sehari. Gerakan ini juga bisa menjadi cara mengencangkan kulit wajah agar tampak lebih muda.

5. Menghilangkan Pipi Tembem dengan Fish Lips

Gerakan ini menyerupai bibir ikan, karena itu disebut Fish Lips. Caranya dengan mengatupkan bibir dan majukan ke depan sampai menyerupai bibir ikan. Lakukan sampai bibir mengkerut, tahan beberapa detik lalu lepaskan. Anda bisa mengulangi gerakan ini juga beberapa kali dalam sehari, misalnya sepuluh kali. Cobalah juga cara mengatasi kulit kering pada wajah yang memiliki masalah dengan kulit kering.

6. Menghilangkan Pipi Tembem dengan Gerakan Meniup

Pasti Anda pernah meniup balon, bukan? Gerakan senam wajah ini juga menyerupai gerakan pipi ketika sedang meniup sebuah balon. Lakukan gerakan seperti meniup balon sampai pipi menggembung. Lakukan gerakan ini secara bergantian antara pipi kiri dan kanan. Anda juga bisa melakukan cara merawat wajah agar tetap segar dengan perawatan alami seperti manfaat air teh untuk wajah.

7. Menghilangkan Pipi Tembem dengan Gerakan Menyedot Pipi

Kebalikannya dari meniup, gerakan ini menyerupai gerakan menyedot udara dari dalam mulut. Caranya sedot udara dalam pipi sampai pipi terlihat kempot dan bibir mengerucut. Tahan selama beberapa detik, lakukan gerakan ini berulang sesuai kemampuan Anda. Pelihara juga kecantikan kulit wajah Anda dengan cara menghilangkan kerutan di wajah dan cara menghilangkan minyak di wajah.

8. Menghilangkan Pipi Tembem dengan Lion Face

Jangan dulu berpikir harus berwajah seram seperti singa untuk menghilangkan pipi yang tembem. Gerakan ini disebut wajah singa karena ekspresinya yang mengesankan demikian. Cara melakukannya yaitu dengan membuka mulut lebar – lebar dan julurkan lidah sejauh – jauhnya sampai pipi dan wajah menjadi tegang. Tahan gerakan ini sebentar, lalu Anda bisa ulangi kembali. Anda juga bisa mencoba manfaat daun pandan untuk wajah agar wajah tetap terawat.

9. Menghilangkan Pipi Tembem dengan Pijat Wajah

Pijat wajah juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan pipi tembem. Caranya, lakukan pijat wajah menggunakan dua atau tiga ujung jari tangan. Usapkan dengan gerakan melingkar di pipi. Hilangkan juga noca di wajah dengan cara menghilangkan bintik hitam di wajah menggunakan manfaat kentang untuk kulit wajah.

10. Menghilangkan Pipi Tembem dengan Tersenyum

Selalu tersenyum adalah cara lain untuk membuat pipi yang tembem menjadi tirus. Ini adalah cara yang mudah dan cepat untuk dilakukan. Dengan tersenyum, otot  – otot di pipi akan menjadi meregang dan bisa menghilangkan pipi yang tembem. Anda juga perlu mengetahui manfaat menthol untuk wajah yang bisa menjadi cara mengatasi wajah berminyak dan penyebab kulit berminyak saat bangun tidur.

11. Menghilangkan Pipi Tembem dengan Meregangkan Kulit Wajah

Cara lainnya lagi agar pipi tidak tembem yaitu dengan meregangkan kulit wajah dengan bantuan tangan Anda. Turunkan dagu sampai hampir mencapai dada. Kemudian tarik kulit pipi sedemikian rupa sehingga tulang pipi terlihat. Ucapkan “Ah” ketika posisi sudah benar. Tahan posisi tersebut selama beberapa lama dan Anda bisa mengulanginya tiga kali sehari. Latihan ini juga bisa menjadi cara mencegah kerutan di wajah.

12. Menghilangkan Pipi Tembem dengan Pejamkan Mata Erat – erat

Teknik ini juga cukup mudah. Anda tinggal menutup mata erat – erat dan rasakan kontraksi otot pipi di wajah. Jika otot sudah terasa berkontraksi, biarkan posisi ini selama beberapa detik dan lemaskan otot setelah sekitar sepuluh detik. Ulangi teknik ini paling tidak lima kali sehari. Kombinasikan teknik senam wajah dengan manfaat air hangat untuk wajah agar bisa mengatasi wajah yang berjerawat dan berkomedo.

Sponsors Link

13Menghilangkan Pipi Tembem dengan Meniup Udara

Latihan meniup udara ini bermanfaat untuk menghilangkan pipi tembem dan juga dagu yang bergelambir karena menarik semua otot wajah. Cara melakukannya yaitu Anda duduk tegak di kursi. Tarik kepala ke arah belakang sambil didongakkan ke atas agar otot wajah tertarik sampai Anda dapat melihat langit – langit. Tarik bibir ke atas dan lakukan gerakan meniup udara dari mulut Anda. Lanjutkan selama beberapa detik dan istirahat. Ulangi sebanyak sepuluh kali. Cobalah juga manfaat masker kopi sebagai cara menghaluskan kulit wajah.

14. Menghilangkan Pipi Tembem dengan Gerakan Rahang

Latihan ini selain bisa membuat pipi tampak tirus juga bisa memperbaiki garis rahang, dengan begitu juga bermanfaat untuk mengurangi dagu yang menumpuk. Gerakan ini meregangkan otot di sekitar pipi, rahang dan bibir. Mulailah dengan duduk atau berdiri dengan postur tegak. Lakukan gerakan seperti mengunyah dengan mulut tertutup. Tarik napas dan hembuskan.Lalu buka mulut lebar- lebar dengan lidah menekan gigi bawah Anda. Tahan selama lima detik, lalu tarik napas dan hembuskan lagi. Anda bisa ulangi gerakan ini sepuluh kali sehari. (Baca Juga: Cara Merapikan Gigi)

Cara Lain Untuk Menghilangkan Pipi Tembem

Selain senam wajah, tentunya ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mengefektifkan usaha membuat pipi tirus ini. Beberapa cara tersebut antara lain:

  1. Menurunkan berat badan
  2. Banyak minum air putih
  3. Tidur yang cukup
  4. Berolahraga
  5. Konsumsi buah dan sayur
  6. Perbanyak asupan kalsium
  7. Kurangi minuman mengandung alkohol, soda, makanan mengandung garam dan gula.
  8. Operasi
  9. Kosmetik atau teknik merias wajah

(Baca Juga: Manfaat Olahraga untuk Kecantikan , Manfaat Air Garam Untuk Wajah)

Berusaha mencari cara agar pipi tidak tembem tentu bisa dilakukan agar Anda tetap tampil cantik dan tidak terlihat gemuk, karena pipi yang tembem memang akan membuat kita terlihat bertambah berat badan beberapa kilogram walaupun badan sebenarnya tidak gemuk. Namun yang terpenting adalah jika Anda bisa mencintai dan menerima diri sendiri apa adanya, sehingga tidak perlu melakukan usaha ekstrem untuk menghilangkan pipi yang tembem dan menerima resiko yang kurang baik sebagai hasilnya. Juga perlu diingat agar melakukan gerakan senam wajah ini dengan porsi yang sewajarnya agar tidak mencederai wajah Anda.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 23rd, October 2016 / 14:16 Oleh :
Kategori : Wajah