Sponsors Link

24 Cara Memutihkan Wajah Paling Alami

Sponsored Links

Kulit wajah putih dan cerah adalah dambaan setiap wanita, tentunya dengan demikian banyak wanita yang bersemangat mencari cara memutihkan wajah. Mulai dari cara paling sederhana dan alami hingga suntik putih pun dilakoni bagi yang benar-benar ingin memiliki wajah putih. Walau penampilan yang cantik tak bisa hanya dipatok dari kulit putih, nyatanya cara-cara berikut ini pasti menjadi inspirasi bagi banyak wanita.

(Baca juga: tips membuat kulit putih)

1. Mengonsumsi Banyak Air Putih

Mungkin ada beberapa orang yang kiranya meremehkan air putih karena minum air putih dianggap hanya sebagai solusi untuk menghindari dehidrasi. Ingat juga bahwa kulit yang kusam dan kering juga bisa disebabkan oleh kekurangan cairan yang berasal dari air putih tersebut.

Setiap harinya, manusia sangat membutuhkan mineral untuk tubuh bekerja maksimal, begitu juga dengan kulit. Mengonsumsi sekitar 8-10 gelas per harinya bakal dapat memberikan manfaat untuk kecerahan kulit. Selain dapat menjadi lebih putih dan cerah, kelihatannya pun akan semakin sehat dan lembab, jadi Anda pun tak bakal rugi.

2. Menghindari Stres

Kulit yang kusam juga bisa dikarenakan terlalu stres setiap harinya sehingga akhirnya wajah menjadi kelihatan tampak lebih hitam. Stres pun juga mampu menimbulkan jerawat, maka dari itulah, penting adanya untuk menjauhi stres dan mengambil waktu untuk mengelola stres tersebut. Baik hanya dengan berolahraga, meditasi atau mengambil liburan bisa menjadi solusi.

(Baca juga: penyebab mata panda)

3. Menghindari Rokok

Rokok adalah sumber penyakit kronis, tapi ternyata rokok juga mampu menjadi faktor penyebab kulit kusam dan kering serta keriput. Jika Anda punya kebiasaan merokok, kurangilah atau hentikan sebisa mungkin. Bagi yang tidak punya kebiasaan tersebut, tetap juga usahakan menjauhi asapnya agar kulit tidak menjadi hitam dan selalu lembab.

4. Memulai Pola Hidup Sehat dan Seimbang

Melakukan dan memulai pola hidup sehat bukan hanya untuk mereka yang ingin sembuh dari penyakit atau menurunkan berat badan serta menginginkan bentuk tubuh langsing. Anda yang mendambakan kulit wajah dan tubuh lebih putih bisa melakukan diet sehat dan seimbang. Ingat bahwa pola hidup tidak sehat dapat menjadi penyebab kulit hitam, kusam dan tidak menarik.

Makan yang teratur dengan menu 4 sehat 5 sempurna, mandi yang teratur, serta tidur yang berkualitas adalah contoh pola hidup sehat. Bila ingin memutihkan kulit, baik itu wajah maupun seluruh tubuh, cobalah untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

(Baca juga: tips agar kulit menjadi putih secara alami)

5. Membersihkan Kulit Wajah Rutin

Kulit wajah yang kusam, gelap dan kering kemungkinan disebabkan oleh kulit yang sering terpapar oleh polusi, debu, bakteri dan minyak berlebih di kulit. Anda pastinya memiliki kegiatan segudang, entah itu di dalam atau di luar ruangan. Kecil kemungkinan untuk bisa bebas dari debu, jadi Anda perlu membersihkan wajah rutin.

Pori-pori yang tersumbat oleh kotoran yang menempel dan tak segera dibersihkan itulah yang lama-lama menjadi masalah kulit mengganggu. Membersihkan kulit wajah dari riasan yang dikenakan seharian juga penting. Anda bisa menggunakan krim pembersih, toner, dan juga sabun pembersih wajah sesuai dengan tipe kulit Anda.

6. Memakai Lobak Putih

Selain dapat dijadikan cara menghilangkan bau ketiak secara alami, lobak putih rupanya bisa menjadi cara ampuh pula untuk memutihkan kulit wajah.

  • Caranya: Sediakan sayuran lobak putih, lalu bersihkan lebih dulu; jangan lupa siapkan pula minyak zaitun. Lobak yang sudah dicuci dapat Anda parut atau blender. Parutan atau lobak yang sudah dihaluskan bisa Anda campur dengan minyak zaitun secukupnya. Kemudian lanjutkan dengan membersihkan wajah menggunakan air hangat setelah ramuan tadi jadi. Wajah bersih Anda bisa dioles dengan larutan alami yang sudah Anda buat sampai merata, dan tunggulah ½ jam sebelum kemudian membilasnya menggunakan air dingin. Melakukannya rutin setiap minggu akan memberikan hasil optimal.

(Baca juga: cara merawat wajah agar tidak kusam)

sponsored links

7. Menggunakan Yogurt

Yogurt tak hanya enak dan sehat untuk dikonsumsi, tapi nyatanya juga ampuh mencerahkan kulit wajah. Demi membuat proses pengelupasan sel kulit mati lebih cepat, manfaatkan yogurt sebagai bahan pemutih alami.

  • Caranya: Sediakan yogurt tawar sekitar 1-2 sendok makan saja. Campurkan dengan madu secukupnya yang bisa Anda aduk-aduk sampai larutan mengental dan merata. Wajah harus sudah dibersihkan dengan air hangat sebelum dioles yogurt ke seluruh area. Jadikan larutan ini sebagai masker dan tunggu sampai ½ jam. Gunakanlah air dingin untuk membersihkannya dan lakukan perawatan ini 2 kali seminggu untuk hasil maksimal.

8. Memanfaatkan Air Beras

Supaya wajah lebih putih cerah secara alami, air beras pun bisa dijadikan bahan perawatan sehari-hari. Sebetulnya bahan alami ini bukan hal baru untuk mencerahkan kulit wajah karena sudah sejak dulu digunakan oleh nenek moyang kita.

  • Caranya: Pastikan untuk menyediakan lebih dulu beras sebanyak 4 sendok makan. Beras ini kemudian Anda campur bersama air secukupnya, lalu kocoklah sampai airnya berubah warna menjadi putih hampir mirip dengan susu. Oleslah ke seluruh kulit wajah Anda sampai merata menggunakan bola kapas. Bersihkan menggunakan air dingin setelah ½ jam berlalu karena pasti sudah mengering di kulit; lakukan sehari sekali setiap hari untuk membuktikan keefektifannya.

(Baca juga: manfaat tomat untuk kulit)

9. Memakai Tomat

Seperti yang kita sudah tahu, tomat berkandungan vitamin C tinggi di mana memang tugasnya adalah tak hanya menyehatkan tapi juga memutihkan. Untuk kulit wajah gelap, tomat bisa dijadikan bahan ampuh alami dan aman untuk mencerahkannya.

  • Caranya: Sediakan tomat segar 1 buah saja dan pastikan dalam kondisi yang sudah matang. Lalu, cucilah menggunakan air bersih sebelum Anda potong menjadi 2 bagian. Potongan tersebutlah yang Anda bisa oles atau gosok-gosokkan ke seluruh wajah sampai menyeluruh. Tunggu maksimal 20 menit atau sampai kering barulah Anda membasuh menggunakan air bersih. Hasil optimal dapat dirasakan dengan pemakaian rutin 2-3 kali dalam seminggu.

10. Mengombinasikan Garam dan Lemon

Manfaat jeruk lemon untuk wajah sungguh besar karena kandungan nutrisinya yang juga tinggi. Lemon pun dikenal sebagai sumber vitamin C tinggi sehingga pasti mampu memutihkan kulit secara alami. Campuran lemon dan garam adalah ide yang cemerlang untuk cantik dan putihnya wajah Anda.

  • Caranya: Sediakan buah lemon dan juga garam, tapi untuk lemon cukup diambil ekstrak jusnya saja atau airnya dengan perbandingan 1:2. Campurkan sampai merata dengan mengaduk-aduknya, lalu Anda bisa gosok pelan-pelan ke seluruh wajah, namun hindari bagian mata. Gosokkan selama 15 detik dan pakai air bersih untuk membilas wajah hingga bersih.

(Baca juga: manfaat masker kopi)

11. Membuat Scrub dari Kopi dan Gula

Kebanyakan orang mungkin tahu bahwa kafein kurang begitu baik untuk kesehatan, tapi kafein baik untuk dijadikan sebagai eksfoliator. Kulit kusam dan gelap berpotensi dipenuhi dengan sel kulit mati, maka kafein pada kopi akan mengangkatnya.

  • Caranya: Buatlah scrub dari campuran gula dan kopi di mana Anda bisa menyiapkan kopi serta gula sesuai kebutuhan. Kopi dan gula ini kemudian bisa ditambah air hangat secukupnya untuk lalu diaduk sampai merata. Air kopinya bisa Anda nikmati, namun ampasnya dapat Anda gunakan untuk pembersih wajah alami. Scrub wajah selama 15 menit dan basuh menggunakan air biasa.

12. Menggunakan Bengkoang

Bengkoang adalah salah satu jenis buah yang mengandung berbagai macam vitamin, termasuk vitamin B dan C yang paling besar. Vitamin tersebutlah yang pada umumnya dijadikan sebagai pemutih wajah dengan hasil alami, aman dan efektif.

  • Caranya: Sediakan bengkoang secukupnya untuk Anda kupas lebih dulu dan membersihkannya. Bengkoang harus Anda parut dan sarinya bisa Anda ambil. Air sari atau perasan dari bengkoang ini dapat Anda tuang ke dalam sebuah wadah, lalu Anda dapat mendiamkannya sekitar setengah jam. Endapan larutan itulah yang Anda bisa manfaatkan sebagai masker wajah; sesudah mengering, cucilah wajah menggunakan air bersih. Pakai handuk untuk mengeringkan wajah.

(Baca juga: manfaat bengkoang untuk kulit)

13. Memanfaatkan Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang juga berkandungan vitamin C tinggi di mana pastinya tak kalah dari bahan alami lainnya dalam mencerahkan wajah. Kulit wajah bakal lebih putih karena kandungan vitamin C yang Anda dapatkan dari jeruk nipis. Namun, jeruk nipis dapat cukup berisiko bagi yang memiliki kulit sensitif.

  • Caranya: Sediakan jeruk nipis 1 buah saja yang masih segar, lalu cuci dan bersihkan. Potong menjadi beberapa bagian di mana setelah itu potongannya bisa Anda gosokkan ke kulit wajah sampai menyeluruh. Tunggu kering, yakni sekitar ½ jam dan bilaslah menggunakan air hangat lalu diakhiri dengan membasuhnya memakai air dingin. Seminggu 2-3 kali adalah perawatan yang dianjurkan.

14. Memakai Putih Telur

Telur juga dapat menjadi bahan pemutih kulit yang aman tanpa efek samping, asalkan Anda ambil bagian putihnya. Selain mampu mencerahkan wajah, Anda bisa mengencangkan kulit wajah dengan bahan yang sama ini.

  • Caranya: Siapkanlah telur ayam kampung sebanyak 1 butir saja, dan jangan lupa untuk memisahkan antara putih dan kuningnya. Ambil bagian putihnya yang kemudian bisa dioles merata ke seluruh wajah yang sudah lebih dulu Anda cuci dengan air hangat. Tunggu mengering, yakni dengan mendiamkannya sekitar 15-30 menit lalu bersihkanlah menggunakan air biasa. Untuk kulit yang lebih putih, elastis dan sehat, pakailah perawatan ini setiap hari.

(Baca juga: manfaat alpukat untuk kulit)

15. Menggunakan Alpukat

Buah kaya akan manfaat ini tak hanya bisa melegakan rasa dahaga dengan dibuat sebagai minuman jus. Alpukat yang kaya nutrisi ini bisa juga dijadikan bahan perawatan wajah, terutama bagi yang ingin memutihkan kulit wajah secara aman.

  • Caranya: Sediakan setengah atau 1 buah alpukat, lalu cucilah wajah Anda menggunakan air hangat. Setelah wajah bersih, barulah Anda bisa mengoleskan daging buah alpukat sampai menyeluruh di wajah Anda. Untuk memudahkan, Anda dapat memblender atau menumbuknya lebih dulu hingga teksturnya halus. Masker bisa Anda diamkan selama 25 menit sebelum Anda menggunakan air bersih untuk membasuhnya.

16. Memakai Lidah Buaya

Sudah banyak yang tahu bahwa manfaat lidah buaya untuk kecantikan sangat besar. Tak hanya sebagai pelembab alami, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai pemutih kulit wajah. Bahkan untuk kebersihan kulit wajah Anda, lidah buaya adalah bahan tepat untuk Anda pakai.

  • Caranya: Siapkan lidah buaya beberapa potong saja dan setelah Anda cuci bersih, Anda dapat mengambil gel atau lendirnya. Bagian lendir itulah yang perlu dioles secara merata ke area wajah, lalu Anda bisa mendiamkannya sekitar 5-15 menit. Sesudah itu, bersihkanlah wajah Anda menggunakan air, keringkan menggunakan handuk yang lembut dan bersih. Lakukanlah perawatan ini sehari 2 kali, yaitu setiap pagi dan sore.

(Baca juga: manfaat pisang untuk kulit)

Sponsors Link

17. Mengombinasikan Pisang dan Madu

Pisang serta madu adalah 2 bahan alami yang berkandungan nutrisi lengkap di mana ada zat yang tubuh akan dapatkan dari keduanya. Kaya akan vitamin dan mineral, salah satu yang paling tinggi adalah kandungan vitamin C sehingga akan memutihkan kulit wajah Anda secara efektif.

  • Caranya: Sediakan pisang 1-2 buah saja lalu siapkan pula madu 1-2 sendok makan. Campurkan kedua bahan dengan mengaduknya hingga rata, setelah jadi bisa Anda oles ke seluruh wajah hingga benar-benar merata. Sebelum dibilas menggunakan air bersih, diamkanlah 20 menit, yaitu sampai masker tersebut mengering di kulit wajah Anda.

18. Memakai Susu

Susu dikenal sebagai bahan makanan penting yang dapat memberikan asupan kalsium bagi tubuh. Selain dapat mencegah osteoporosis dan masalah tulang lainnya, Anda dapat menggunakan susu sebagai bahan pemutih wajah. Perlu diketahui bahwa susu mengandung melanosit di dalamnya yang memang menjadi kandungan terpenting untuk kesehatan kulit.

Melanosit tersebut merupakan sel-sel kulit penghasil pigmen melamin dan tugas utamanya adalah sebagai pengatur warna kulit tubuh manusia. Jangan lupa juga bahwa susu kaya akan asam laktat yang bakal mencegah pigmentasi kulit secara alami. Kulit wajah akan terasa lebih lembab dan ringan ketika Anda menggunakan bahan ini serutin mungkin.

  • Caranya: Demi wajah putih berseri, sediakan susu sapi murni atau susu kambing juga boleh yang masih hangat lalu tuang ke dalam sebuah mangkuk. Siapkan handuk kecil yang bisa Anda rendam kemudian di dalam susu hangat tersebut. Peraslah handuk lalu gosok-gosokkan lembut ke kulit wajah Anda secara menyeluruh dengan mengulanginya 4-5 kali. Lebih disarankan untuk melakukan perawatan ini sebelum mandi setiap paginya.

(Baca juga: manfaat susu untuk kulit)

19. Menggunakan Kunyit

Dalam meningkatkan warna kulit, kunyit biasanya cukup sering dipakai dan kunyit jugalah yang sangat terpercaya dalam mempertahankan warna kulit. Sifat antiseptiknya juga bagus dalam menjaga kesehatan kulit, bahkan banyak orang sudah mengetahui bahwa bahan ini mampu dijadikan pemutih alami juga.

  • Caranya: Sediakan bubuk kunyit secukupnya bersama dengan krim susu, campurkanlah keduanya sehingga terbentuklah adonan pasta kental. Pasta ini bisa Anda oles ke kulit lalu Anda dapat membiarkannya mengering. Cucilah kulit wajah dengan air hangat; apabila perawatan ini dilakukan rutin, kulit putih cerah yang Anda harapkan pasti akan segera tercapai.
  • Alternatif: Anda pasti sudah tahu akan manfaat masker kunyit untuk wajah, jadi silakan membuat masker dari campuran 2 sendok teh tepung gram, sesendok teh jus lemon, serta 1½ sendok teh bubuk kunyit. Jadikan masker wajah yang bisa diaplikasikan dan ditunggu selama 20-25 menit hingga mengering. Barulah bilas dengan air bersih setelah itu.

20. Memanfaatkan Pepaya

Buah yang dagingnya berwarna oranye ini memang terkenal sebagai salah satu solusi sembelit. Tapi rupanya tak hanya baik untuk usus, pepaya juga baik untuk kulit dan dapat memutihkannya secara alami. Nutrisi di dalamya dikenal memiliki sifat pemutih alami sehingga pasti aman dipakai untuk perawatan sehari-hari.

  • Caranya: Ambil saja kulit pepaya setelah mengupas buahnya, lalu kulit bagian dalamnya itulah yang Anda bisa gosok-gosokkan ke wajah secara langsung dan merata. Tunggulah sampai kering, kemudian Anda basuh menggunakan air dingin. Selain putih, kulit akan bercahaya asalkan perawatan ini dilakukan rutin setiap hari.
  • Alternatif: Sediakan pepaya matang secukupnya, lalu campurkanlah bersama dengan secangkir jus lemon segar. Ramuan campuran ini bisa Anda oles ke seluruh leher serta wajah dan tunggulah kira-kira ½ jam sebelum Anda membilas menggunakan air dingin. Tak usah setiap hari, untuk cara alternatif ini cukup Anda lakukan seminggu sekali supaya perubahan terjadi lebih efektif.

(Baca juga: manfaat oatmeal untuk wajah sensitif)

21. Memakai Oatmeal

Oatmeal untuk kulit sangat besar manfaatnya karena mampu mendukung regenerasi sel-sel kulit baru. Karena regenerasi terjadi, otomatis warna kulit bisa meningkat juga. Karena kulit dapat tereksfoliasi, kulit lama yang gelap dan kering dapat terangkat. Itulah mengapa kemudian kulit bisa menjadi lebih putih sekaligus lembut dan elastis.

  • Caranya: Sediakan oatmeal 1 sendok teh saja, lalu campurkanlah bersama sejumput kunyit serta jus lemon beberapa tetes saja untuk menciptakan pasta kental. Sesudah ramuan jadi, pakailah sebagai masker dengan mengoleskannya ke wajah. Tunggu mengering sebelum Anda memakai air bersih untuk membilas wajah; melakukannya sekali sehari setiap hari akan memaksimalkan hasilnya.
  • Alternatif: Sediakan oatmeal secukupnya yang bisa Anda campur rata bersama dengan jus tomat. Campuran ini bisa Anda terapkan langsung ke wajah Anda dan membiarkannya selama 20 menit. Ketika sudah lewat 20 menit, pakai air dingin untuk membasuh wajah. Melakukannya setiap hari akan memberikan Anda hasil kulit putih nan cerah memuaskan.

22. Menggunakan Mentimun

Selain dapat merilekskan dan memberi efek adem bagi kulit, mentimun adalah bahan alami yang bisa mengikat kolagen dengan baik. Selain mengenyalkan dan mengencangkan kulit, mentimun berkhasiat memutihkannya juga. Kabar baiknya, apapun jenis kulit wajah Anda, mentimun ini bisa digunakan tanpa khawatir akan timbul efek samping.

  • Caranya: Siapkan mentimun, parutlah setelah dicuci bersih. Campurkanlah dengan madu murni secukupnya untuk membuat masker wajah. Masker ini bisa Anda oles merata tak hanya di area wajah saja, tapi juga bagian leher. Tunggulah selama 20 menit dan lanjutkan dengan membersihkan wajah dari masker memakai air dingin. Sehari 2 kali saja sudah cukup untuk melakukannya asal rutin.
  • Alternatif: Manfaat timun untuk wajah sudah tak diragukan lagi meski dengan metode lain Anda merawat kulit wajah Anda. Iris mentimun yang bisa kemudian Anda tempel-tempelkan ke area kulit gelap yang butuh untuk Anda cerahkan. Tinggalkan di sana selama beberapa menit sebelum Anda melepasnya dan membilas menggunakan air hangat. 2 kali sehari adalah perawatan yang lebih dianjurkan.

(Baca juga: manfaat timun untuk wajah)]

23. Memanfaatkan Tepung Gram

Kandungan nutrisi pada tepung gram termasuk tinggi dan sudah banyak yang membuktikan bahwa bahan ini ampuh dalam menjaga kesehatan kulit. Selain bisa mempertahankan kelembaban kulit wajah Anda dan mengurangi produksi minyak berlebih, Anda dapat memutihkan wajah dengan tepung ini juga.

  • Caranya: Sediakan tepung gram secukupnya saja lalu Anda bisa campur dengan air. Bila ada air mawar, sebaiknya menggunakan air mawar sebagai campurannya. Setelah membentuk pasta kental, oleskan pasta ini ke seluruh wajah. Lanjutkan dengan membilas wajah hingga bersih setelah masker dari tepung gram ini mengering.

24. Memakai Madu

Bila sebelumnya Anda mencampurkan madu dengan pisang, kali ini madu menjadi pemeran utamanya. Madu sendiri adalah bahan pelembab kulit alami yang juga bisa memudarkan flek hitam, bekas luka serta jerawat. Memakainya secara langsung juga efektif membuat kulit lebih cerah dan putih bersinar.

  • Caranya: Sediakan madu yang benar-benar asli dan murni, lalu oles merata ke seluruh wajah, tunggu beberapa menit. Akhiri dengan mencuci wajah menggunakan air hangat. Tujuan dari perawatan ini adalah memutihkan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga tampilan wajah Anda nanti juga akan lebih segar.

(Baca juga: manfaat madu untuk wajah)

Jadi, cara memutihkan wajah paling alami manakah yang ingin Anda coba saat ini? Semuanya terbilang efektif dan dapat Anda buktikan sendiri dengan melakukan cara-cara ini serutin mungkin selama di rumah.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 04th, October 2016 / 17:51 Oleh :
Kategori : Wajah