Sponsors Link

18 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering secara Alami

Sponsored Links

Jenis kulit yang kering memang agak mengganggu dan hal ini sebenarnya sama saja dengan jenis kulit berminyak apalagi yang memroduksi minyak berlebih. Bila kulit berminyak bakal lebih cenderung mudah jerawatan, kulit yang kering bakal lebih kelihatan kusam dan bahkan bertekstur kasar. Karena keringnya kulit ini jugalah tanda penuaan dini mudah muncul, seperti misalnya kerutan-kerutan pada wajah.

Masalah kulit wajah yang kering memang agaknya menjadi gangguan besar bagi para wanita terutama. Cara mengatasi kulit wajah kering sebetulnya tidaklah susah karena ada banyak langkah alami dan aman untuk Anda pertimbangkan. Sebagai solusi tepat bagi Anda yang kebingungan karena kulit kering pun tak dapat menahan air supaya lembab, di bawah ini beberapa rekomendasi cara untuk Anda.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kering pada wajah)

1. Memakai Minyak Kelapa

Minyak kelapa sebetulnya sangat baik dalam menjaga kulit kering supaya tidak terlalu kering dan tidak sampai kasar. Asam lemak di dalamnya cukup tinggi sehingga dapat menggantikan kelembaban kulit yang sudah hilang.

  • Caranya: Sediakan minyak kelapa dan ambil beberapa tetes saja setelah dihangatkan dan oles ke seluruh tubuh setiap sebelum berangkat tidur. Cucilah wajah setelah pagi hari datang. Kulit lembut dan halus serta lembab adalah hasilnya ketika Anda menggunakannya rutin setiap hari. Atau, bisa juga mengoleskannya ke seluruh wajah setiap sehabis mandi per harinya.

2. Menggunakan Yogurt

Sebagai agen pelembab kulit alami yang luar biasa, yogurt dengan kandungan antioksidan tinggi serta sifat anti inflamasi yang tinggi, kulit gatal dan kering bisa diatasi dengan yogurt ini. Asam laktat di dalamnya juga bakal mampu mengusir segala bakteri yang mengganggu dan menyebabkan rasa gatal serta kekeringan.

  • Cara 2: Ambil yogurt tawar secukupnya, lalu terapkan ke seluruh kulit wajah hingga merata sambil dipijat-pijat. Tunggulah 10 menit sebelum Anda membilas dan mencuci menggunakan sabun pembersih wajah. Sehari sekali saja cukup untuk membuat wajah kering teratasi. Nantinya, jangan kaget kalau kulit kering tiba-tiba mengelupas karena ini artinya ada proses regenerasi sel kulit baru.

(Baca juga: pelembab untuk kulit kering dan kusam)

3. Memanfaatkan Buah Pepaya

Banyak orang sudah tahu akan manfaat masker pepaya bagi kulit wajah di mana ini menjadi alasan mengapa pepaya kerap dijadikan bahan perawatan ampuh. Kandungan vitamin dan nutrisi yang tinggi di dalamnya bakal mampu membantu mengembalikan kelembaban yang sempat hilang.

  • Caranya: Sediakan buah pepaya secukupnya yang Anda dapat tumbuk halus dan dicampurkan bersama yogurt 1 setengah cangkir saja. Aduk merata dan tambahkan juga jus lemon serta madu sedikit. Sesudah tercampur dengan baik, oles saja langsung ke kulit selama 10 menit sebelum Anda mencuci wajah menggunakan air dingin; perawatan ini bakal memuaskan hasilnya kalau dilakukan sekali seminggu.

4. Memakai Minyak Zaitun

Minyak jenis ini sudah diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, kulit dan rambut. Kandungan antioksidannya begitu kaya berikut juga asam lemaknya sehingga pasti bisa mengatasi kulit wajah Anda yang mengalami kekeringan. Minyak ini juga mampu membuat kulit lebih terasa rileks.

  • Caranya: Ambil beberapa tetes saja akan minyak zaitun yang bisa kemudian dioles ke seluruh kulit wajah atau juga bersama bagian tubuh lain yang kering tipis-tipis. Lakukan kira-kira 1 ½ jam sebelum Anda mandi, dan sesudah mandi Anda dapat menerapkan pelembab kulit wajah. Ketika mengoleskannya, berikan juga pijatan-pijatan lembut dengan arah memutar pada area wajah agar nutrisi terserap sempurna.

(Baca juga: masker untuk kulit kering dan flek hitam)

sponsored links

5. Menggunakan Gula Merah Halus

Bila ingin menggunakan cara lain yang tak kalah ampuh, ada juga gula merah halus yang sangat pas untuk kulit kering pada wajah Anda. Buatlah produk perawatan buatan sendiri dalam bentuk scrub dengan gula merah halus ini disertai beberapa bahan lainnya.

  • Caranya: Ambil gula merah halus sekitar 4 sendok makan, dan jangan lupa campur juga bersama minyak zaitun 2 sendok makan saja plus madu sesendok makan. Campur rata dan gosokkan scrub ini ke kulit wajah Anda secara menyeluruh. Selama beberapa menit, usap sambil memijat, baru setelah itu bersihkan dengan mencuci wajah menggunakan sabun cuci wajah.

6. Memanfaatkan Madu Murni

Sama seperti yogurt, madu adalah pelembab alami yang bakal melembabkan kulit kering pada wajah Anda. Kaya akan sifat humektan, antimikroba dan antioksidan, madu jelas sangat aman untuk membantu kulit lembut, elastis dan selalu lembab. Mineral dan vitaminnya juga dapat Anda andalkan untuk menjaga kesehatan kulit.

  • Caranya: Sediakan madu asli dan murni yang Anda bisa ambil secukupnya untuk dioles ke seluruh bagian wajah. Sesudah 10 menit, bilas atau cucilah wajah menggunakan air. Setiap hari, lebih baik Anda ulangi cara ini supaya kelembaban yang diinginkan dapat diperoleh secara cepat dan sempurna.

(Baca juga: cara merawat kulit agar tidak kusam)

7. Memakai Krim Susu

Krim susu sangat baik dalam membantu Anda mendapatkan kulit wajah lembab dengan mengeksfoliasinya. Manfaat eksfoliasi wajah sendiri adalah demi mendukung adanya pergantian sel kulit mati dengan sel-sel kulit baru yang jauh lebih sehat dan segar. Tingkat pH kulit juga bakal terjaga baik berkat sifat menenangkan krim susu ini.

  • Caranya: Siapkan krim susu 2 sendok teh yang bisa dicampur rata bersama susu 1 sendok teh susu, serta jus lemon sedikit saja. Campuran ini adalah yang Anda pakai dengan mengoleskannya ke seluruh wajah dan tunggulah beberapa menit. Bilas atau cuci wajah setelahnya; melakukan perawatan ini secara rutin setiap hari satu kali pasti membawa hasil terbaik.

8. Menghindari Jenis Sabun Tertentu

Kulit wajah yang kering biasanya dikarenakan oleh pemakaian jenis sabun yang kurang tepat. Tak semua sabun wajah itu aman dan baik untuk menjaga kelembaban wajah. Maka untuk membantu Anda memilih yang tepat, ada beberapa kriteria sabun yang seharusnya Anda coba hindari.

  • Sabun dengan kandungan alkohol tinggi, pewarna, pengawet, serta parfum buatan karena mampu dengan mudah membuat kulit makin terasa kering.
  • Sabun keras yang bersifat antiseptik atau sabun sulfur.
  • Sabun dengan kandungan banyak busa karena dapat membuat minyak alami dari wajah dapat terkikis oleh jenis sabun ini.

(Baca juga: tips membuat kulit putih)

9. Menghindari Panas Matahari

Paparan terik matahari atau sinar ultraviolet tak hanya dapat membuat kulit wajah hitam, tapi juga rusak dengan tanda-tanda kekeringan. Walaupun tabir surya tersedia untuk Anda pakai supaya dapat memberikan perlindungan bagi kulit, tetap saja Anda perlu ekstra hati-hati dalam memberikan proteksi pada kulit wajah Anda. Sebaiknya tidaklah berlama-lama berada di luar ruangan dalam keadaan super panas.

Sinar matahari yang mengenai kulit wajah secara langsung dapat menyebabkan kulit kering dan berflek hitam. Begitu buruknya sinar ultraviolet sehingga bisa membuat kulit bersisik juga. Bahkan parahnya sinar matahari dapat membuat kulit mengalami kanker. Topi, masker dan kacamata hitam adalah perlindungan tepat yang perlu Anda kenakan.

10. Memanfaatkan Oatmeal

Manfaat oatmeal untuk wajah sensitif memang luar biasa, tapi untuk mengatasi masalah kulit kering pun juga oke. Kekeringan pada wajah dapat diatasi dengan kandungan proteinnya. Kelembaban kulit wajah bakal mampu dikembalikan dan kesehatannya akan terjaga baik oleh sifat antioksidan dan anti inflamasinya.

  • Caranya: Ambil saja oatmeal sekitar 1 cangkir yang bisa dicampur rata bersama pisang matang yang sudah Anda tumbuk. Tambahkan pula susu secukupnya yang masih suam-suam kuku, lalu oles campuran ini ke seluruh wajah. Tunggu kira-kira 10-15 menit sebelum akhirnya Anda boleh membilasnya menggunakan air dingin. Untuk hasil optimal, sekali seminggu adalah perawatan yang dianjurkan.

(Baca juga: cara merawat wajah agar tetap segar)

11. Menghindari Rokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang mampu berpengaruh buruk terhadap kesehatan paru-paru, tapi nyatanya juga tak baik untuk kulit. Kulit yang kering juga bisa disebabkan oleh kebiasaan satu ini, entah itu sebagai perokok aktif maupun pasif. Terkena asap rokok terlalu sering sekalipun tidak merokok juga berbahaya bagi kulit.

Kelembaban kulit terbukti dapat berkurang tingkatannya oleh karena asap rokok yang mengandung bahan kimia berbahaya. Itulah yang membuat kulit mudah pecah-pecah, kusam, serta kering dan ini telah melalui penelitian di Harvard University. Cari cara segera untuk  berhenti merokok atau menjauhi para perokok agar kelenjar minyak pada kulit tetap bekerja secara maksimal.

12. Melakukan Olahraga Rutin

Percaya atau tidak, penderita kulit kering sekitar 50 persen sendiri sebetulnya yang paling jarang berolahraga. Tak banyak yang tahu akan fakta bahwa keringat yang keluar ketika berolahraga justru sangat bagus dalam melembabkan kulit. Tak hanya mengeluarkan racun, keringat juga bisa menjaga kelembaban kulit secara alami.

Kalau Anda berpikir olahraga harus yang berat-berat, tidaklah wajib seperti itu. Aktivitas fisik tersedia dalam banyak pilihan, seperti jogging, yoga, jalan santai dan sehat setiap pagi, begitu juga bersepeda sekitar 30 menit per hari saja sudah cukup bermanfaat. Ini tak hanya membuat tubuh sehat, tapi kulit wajah kering juga dapat diatasi dan dicegah menjadi lebih buruk.

(Baca juga: cara membuat muka tirus secara alami)

13. Minum Air Putih

Kelembaban tubuh didapat dari konsumsi air putih yang banyak sehingga kulit selalu dalam keadaan terhidrasi. Ini dikarenakan pada dasarnya tubuh manusia memang dipenuhi sekitar 70 persen akan cairan atau air. Bila asupan air atau cairan di dalam tubuh kurang, kulit pun bakal mengering dan mudah pecah-pecah serta bersisik.

Supaya bisa teratasi secara alami, Anda bisa mengonsumsi setiap harinya 8-10 gelas air putih demi wajah cerah, lembut dan selalu lembab. Ini setara dengan sekitar 2-3 liter air seperti yang banyak disarankan oleh banyak ahli. Bila belum terbiasa sekalipun, cobalah untuk membiasakan dengan membaginya dalam beberapa sesi.

14. Memakai Alpukat

Sudah banyak orang yang mengetahui akan manfaat alpukat untuk kulit wajah serta tubuh, jadi otomatis alpukat bisa menjadi bahan pilihan tepat bagi yang ingin mengatasi kulit wajah kering. Kaya akan antioksidan dan juga vitamin serta asam lemak, kulit yang kering bakal diperbaiki dari dalam.

  • Cara 1: Sediakan alpukat secukupnya yang kemudian bagian dagingnya dapat Anda hancurkan sampai halus. Bentuklah pasta dan gosokkan pasta ini ke seluruh kulit wajah yang menderita kekeringan. Tunggu sekitar 10-15 menit dulu dan baru Anda mencuci wajah menggunakan air dingin. Ulangi setiap harinya sekali saja dalam sehari.
  • Cara 2: Untuk meningkatkan asupan lemak sehat di dalam tubuh Anda di mana ini otomatis bakal dapat membuat kulit menjadi lembab dan terhidrasi, minum smoothie alpukat. Setiap hari Anda dapat membuat sendiri smoothie berbahan utama buah alpukat dan langsung meminumnya. 1 gelas per hari sudah sangat cukup dan efektif.
  • Cara 3: Siapkan 1 ½ buah alpukat matang yang kemudian dapat Anda hancurkan, aduk-aduklah dalam madu sebanyak 1 ½ cangkir. Campuran ini kemudian dapat Anda oleskan ke kulit wajah Anda dan biarkan selama 15 menit. Bilas menggunakan air dingin dan untuk hasil yang optimal Anda bisa mengulanginya seminggu 2 kali secara rutin.

(Baca juga: cara menghilangkan flek hitam di wajah)

15. Menggunakan Minyak Almond

Mungkin belum banyak juga yang belum begitu tahu bahwa minyak almond sangat ampuh dalam menjaga kesehatan kulit. Untuk kulit wajah kering, Anda bisa menerapkan minyak almond yang kaya akan vitamin E. Inilah pelumas kulit yang kering di mana sifat antioksidannya sangat tinggi dan kulit pun gampang menyerapnya.

  • Caranya: Gunakan minyak almond yang sudah dihangatkan lebih dulu. Usap dan langsung pijat-pijat ringan ke wajah Anda 30 menit sebelum berangkat mandi. Sesudah mandi, ketika kulit masih agak basah, terapkan pelembab ringan ke kulit wajah. Melakukannya sehari sekali adalah cara ampuh dalam membuat kulit jauh dari kekeringan dan juga sisik.

sponsored links

16. Memanfaatkan Susu

Bersifat anti inflamasi, susu adalah bahan yang tak hanya membuat kulit wajah lebih rileks, tapi juga lembab dan jauh dari kering. Masih ada juga kandungan asam laktatnya yang akan membantu agar sel-sel kulit mati terkelupas. Dengan demikian, ada potensi untuk sel-sel kulit baru yang lebih sehat untuk terbentuk.

  • Caranya: Siapkan susu dingin dan sediakan juga kain atau handuk yang kemudian Anda rendam di dalamnya. Sesudah itu, usap-usapkan ke area wajah selama kurang lebih 1-2 menit sebelum dibiarkan selama 5-7 menit. Bersihkan wajah menggunakan kain atau handuk lainnya yang sudah Anda rendam pada air hangat. Setiap hari adalah waktu terbaik untuk perawatan ini.

(Baca juga: cara alami menghilangkan mata panda)

17. Memakai Lidah Buaya

Tak diragukan lagi manfaat lidah buaya untuk kecantikan begitu besar dan itulah alasan mengapa lidah buaya bagus untuk kulit kering. Sifat antiseptik, antijamur dan juga menenangkannya dapat secara luar biasa melawan kekeringan pada wajah Anda. Kulit yang terkelupas, bersisik, atau bahkan iritasi dapat diatasi dengan kandungan lidah buaya ini.

  • Caranya: Ambil daun segar lidah buaya yang kemudian Anda potong supaya pengambilan gelnya lebih gampang. Setelah gel dapat diambil, oles-oleskan ke area kulit kering pada wajah dan biarkan sampai 15 menit. Sesudah terasa mengering, siapkan air hangat untuk membilas wajah. Sehari 2 kali adalah perawatan yang paling tepat untuk Anda coba lakukan.

18. Mengonsumsi Asam Lemak

Menambah asupan asam lemak omega-3 sangat baik untuk tubuh dan juga kesehatan kulit wajah Anda. Selain itu, tambah juga asupan vitamin C serta magnesium dengan mengonsumsi makanan seperti kenari, biji rami, dan juga ikan salmon. Buah-buahan sitrus, sayuran berdaun hijau, serta kacang-kacangan adalah makanan-makanan yang bisa dimasukkan ke dalam diet sehat Anda.

(Baca juga: cara mencegah kerutan di wajah)

Demi memperoleh kulit lembab dan indah, Anda tak perlu susah-susah. Kulit mengelupas dan bersisik yang selama ini menjadi masalah besar bakal dapat teratasi secara alami tanpa efek samping berbahaya dengan sejumlah cara mengatasi kulit wajah kering tersebut. Selamat mencoba dan kiranya solusi tersebut menjadi referensi yang membantu.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Friday 02nd, September 2016 / 06:41 Oleh :
Kategori : Wajah