19 Cara Menghilangkan Belang di Wajah Paling Cepat dan Alami

Sponsored Links

Wajah belang memang dapat menjadi faktor penurun kualitas penampilan karena membuat kecantikan maupun ketampanan Anda berkurang. Wajah belang bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk oleh paparan sinar UV menyengat ketika berkegiatan di luar ruangan. Ada berbagai cara menghilangkan belang di wajah yang bisa Anda coba seperti yang direkomendasikan di bawah ini.

(Baca juga: manfaat timun untuk wajah)

1. Menggunakan Mentimun

Banyak orang yang sudah tahu bahwa mentimun dapat mengatasi masalah kulit, baik itu masalah kulit berminyak atau kulit kendur dan berkeriput. Bahkan untuk masalah kulit berjerawat serta belang pun mentimun dapat Anda andalkan.

  • Caranya: Sediakan sebuah mentimun beserta telur ayam sebutir saja. Mentimun perlu Anda bersihkan dan pisahkan dulu bersama kulitnya. Setelah itu, Anda bisa memblender mentimun untuk menghaluskannya. Sesudah halus, Anda dapat memasukkan putih telur ke dalamnya untuk diblender lagi agar tercampur rata. Lanjutkan dengan mengaplikasikan ramuan tersebut ke seluruh wajah, biarkan selama 25 menit agar meresap, lalu basuh menggunakan air dingin. Seminggu 3 kali adalah waktu perawatan terbaik.

2. Menggunakan Toner dari Cuka Sari Apel

Toner adalah yang biasanya digunakan sebagai pembersih sisa makeup atau kelebihan kotoran pada wajah. Untuk membuat belang di wajah pudar dan meratakan kembali warna kulit, toner yang terbuat dari cuka sari apel buatan sendiri akan memberikan khasiat maksimal. Sifat antibakterinya mampu menyeimbangkan pH kulit serta membersihkan total noda pada wajah.

  • Caranya: Sediakan cuka sari apel serta botol kaca kosong, lalu tuang sedikit cuka sari apel serta sedikit air untuk campurannya. Setelah tercampur, toner ini bisa digunakan dengan menggunakan kapas seperti biasanya Anda membersihkan wajah dengan toner biasa. Pemakaian bisa dilakukan setiap malam sebelum tidur, lalu keesokan paginya baru dicuci.

(Baca juga: manfaat jeruk lemon untuk wajah)

3. Memakai Jus Lemon

Menggunakan lemon kerap kali dijadikan sebagai cara memutihkan wajah secara alami, namun tak hanya itu saja. Jus lemon pun berkhasiat dalam mengatasi kulit wajah yang belang. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi serta asam sitrat mampu menjadi pencerah kulit dan menyehatkannya sekaligus.

  • Caranya: Cukup siapkan 1 buah lemon untuk kemudian diperas ke dalam sebuah wadah atau mangkuk, Ambil kapas dan celupkanlah ke dalamnya, lalu aplikasikan ke wajah secara merata, tapi waspadai kena mata. Setelah kering, pakai air hangat untuk membilas wajah sampai benar-benar bersih. Lanjutkan dengan memakai pelembab atau tabir surya.

4. Memanfaatkan Gula

Gula dapat diandalkan sebagai eksfoliator atau pengangkat sel-sel kulit mati atau disebut juga pengelupas kulit. Bahan satu ini tak hanya dapat menjadi pemanis tapi juga mampu Anda jadikan sebagai scrub untuk memutihkan kulit wajah secara merata dan menghilangkan belang mengganggu.

  • Caranya: Tak sulit untuk menggunakan gula ini karena Anda hanya perlu mencampur gula bersama sedikit air lalu tambahkan ke krim wajah yang biasa Anda pakai. Campurkan dengan baik dan sampai rata barulah scrub dapat Anda oles ke seluruh wajah atau bagian belangnya saja. Diamkan dulu beberapa saat atau hingga kering, lalu akhiri dengan membasuh wajah menggunakan air hangat.

(Baca juga: cara menghilangkan komedo secara alami)

sponsored links

5. Menggunakan Gandum dan Madu

Gandum juga rupanya dapat menjadi bahan yang baik untuk menghilangkan belang pada wajah secara alami. Untuk lebih ampuhnya lagi, gandum dapat Anda campurkan bersama madu asli, dan pastikan bahwa madu yang dipakai benar-benar murni untuk memperoleh khasiatnya.

  • Caranya: Sediakan gandum serta madu asli, dan tak ketinggalan juga bahan lainnya sebagai pelengkap, yakni yogurt serta kacang almond secukupnya. Campur seluruh bahan dan tambahkan air matang secukupnya juga. Setelah merata dan sudah dapat dikatakan adonan basah, terapkan ke wajah secara merata. Tunggulah kira-kira setengah jam sebelum menggunakan air hangat untuk membasuhnya bersih.

6. Memanfaatkan Madu dan Susu

Masih ada lagi kombinasi bahan alami yang secara efektif dapat membuat kulit kembali berwarna cerah tanpa belang. Madu yang dipakai sebaiknya madu murni dan asli untuk dapat merasakan manfaatnya. Susu pun bisa memutihkan kulit wajah secara sempurna, jadi sediakan juga yang original.

  • Caranya: Kedua bahan utama tersebut bisa Anda campurkan bersama masing-masing secukupnya. Aduk-aduklah sampai bentuknya mengental, lalu terapkan ke area wajah yang terkena belang atau ke seluruh wajah juga boleh. Diamkan sekitar setengah jam agar kandungan serta nutrisi dari masing-masing bahan bisa terserap ke dalam kulit wajah. Sesudah itu, bilas wajah sampai bersih dengan air hangat.

(Baca juga: tips agar kulit menjadi putih secara alami)

7. Memakai Kentang

Tampaknya sudah banyak yang tahu tentang manfaat kentang untuk kulit wajah, tak terkecuali sebagai solusi kulit belang pada wajah. Meski wajah kelihatan belang karena sinar matahari yang jahat, perawatan dengan kentang akan mengembalikan kecantikan kulit Anda.

  • Caranya: Kentang harus dipotong lebih dulu, barulah Anda gosok-gosokkan ke area yang belang atau bahkan ke seluruh wajah. Atau, supaya lebih mudah penerapannya, Anda bisa menghaluskan kentangnya lebih dulu dengan memblender atau menggilingnya; mamarutnya pun juga boleh. Oleskan kentang ke area wajah sambil memberikan pijatan ringan dan lembut. Setelah itu diamkan dulu beberapa saat barulah dibasuh menggunakan air bersih.

8. Menggunakan Kunyit

Bubuk kunyit adalah yang lebih dianjurkan untuk perawatan wajah yang belang. Kalau biasanya kunyit mungkin diketahui mampu menghilangkan bulu pada wajah, kini kunyit bisa Anda manfaatkan sebagai solusi wajah belang. Untuk kulit merata sempurna serta cerah, bubuk kunyit merupakan salah satu bahan terbaik untuk itu.

  • Caranya: Ambil bubuk kunyit secukupnya yang kemudian dapat dicampur bersama perasan jeruk nipis atau air lemon. Campur sampai merata dengan cara mengaduk-aduknya dan bentuklah pasta dengan cara tersebut. Pasta ini bisa Anda terapkan ke bagian wajah yang gelap atau belang tersebut, lalu tunggu kering. Sesudah 30 menit, basuhlah wajah dengan air bersih.

(Baca juga: cara menghilangkan bulu di wajah)

9. Memanfaatkan Tomat

Tomat pada umumnya juga diketahui sebagai bahan yang bisa mencerahkan dan mengangkat sel-sel kulit mati. Maka tak salah bila Anda memilih tomat sebagai solusi wajah belang karena kandungan baiknya dapat diandalkan untuk memutihkan wajah secara merata. Selain itu pun tomat juga akan mengencangkan kulit.

  • Caranya: Yang perlu diambil adalah bagian airnya saja atau jusnya. Tomat yang sudah disiapkan dapat dijus lebih dulu tanpa diberi tambahan pemanis apapun, termasuk gula. Jus tomat inilah yang bisa Anda terapkan ke area wajah sampai merata sambil memijat-mijatnya. Tinggalkan selama sekitar 10-15 menit sebelum akhirnya dapat Anda bilas hingga bersih; lalukan perawatan secara rutin agar maksimal hasilnya.

10. Menggunakan Pepaya Mentah

Pepaya bukanlah buah sembarangan karena manfaat masker pepaya bagi kulit wajah sendiri sudah begitu banyak diketahui. Kandungan vitamin A dapat dijumpai dengan kadar tinggi di dalamnya berikut juga antioksidan yang begitu kuat. Kemampuannya dalam mengangkat sel kulit mati dan meregenerasinyalah yang bisa diandalkan.

  • Caranya: Supaya bisa menghilangkan belang pada wajah, pastikan Anda mengambil sisi buah pada kulitnya. Ambil kulit pepaya, lalu usap-usapkan ke wajah secara menyeluruh. Tinggalkan dulu sekitar 5 menit sebelum Anda melanjutkan perawatan dengan membilas wajah menggunakan air dingin. Bila lebih dari 5 menit, pepaya mampu membuat kulit Anda menjadi teriritasi atau kering.

(Baca juga: manfaat madu untuk masker wajah)

11. Memakai Madu

Pasti sudah menjadi rahasia umum bahwa madu tak hanya sebatas baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga untuk rambut dan kulit. Bahkan untuk menghilangkan belang pada kulit wajah yang sensitif, madu paling aman dan terjamin tanpa efek samping berbahaya.

  • Caranya: Ambil saja madu secukupnya yang kemudian dapat Anda campur dengan jus lemon sedikit, susu bubuk sedikit, serta ditambah almond bila ingin (ini opsional). Campuran yang sudah rata dan jadi dapat Anda terapkan ke kulit wajah. Tunggu saja sampai mengering dengan sendirinya, barulah Anda siapkan air hangat untuk membasuh wajah sampai bersih; ulangi setiap hari untuk hasil terbaik.

12. Menggunakan Yogurt

Yogurt memang dikenal sebagai salah satu bahan yang baik dan alami dalam memutihkan serta mengencangkan kulit. Bahkan kulit juga bisa jadi lebih halus berkat perawatan dengan yogurt tawar. Kabar baiknya, yogurt pun bisa dijadikan penghilang belang pada wajah secara efektif.

  • Caranya: Buatlah masker dari bahan yogurt ini supaya kulit lebih merata. Campurlah yogurt bersama dengan air secukupnya (biasanya 1 sendok teh). Aduk-aduk sampai tercampur seluruhnya dan terapkan ke area wajah, bahkan hingga leher. Diamkan kira-kira 30 menit, baru setelah itu Anda bisa membilas wajah; menggunakan air hangat lebih disarankan.

(Baca juga: cara mengencangkan kulit wajah)

13. Memanfaatkan Baking Soda

Soda kue tentunya tak bakal ketinggalan untuk digunakan ketika membuat kue, tapi kali ini Anda bakal menggunakannya sebagai bahan perawatan wajah yang belang. Sebagai eksfoliator alami, baking soda dapat secara aman mengatasi kulit belang. Bahkan kulit pun bakal dibuat lebih cerah dan putih tanpa kerutan dan minyak.

  • Caranya: Buatlah pasta baking soda, yaitu dengan mencampur baking soda sesendok teh dengan beberapa tetes air atau boleh juga menggunakan air mawar. Aduk-aduk untuk mencampurkan kedua bahan. Sesudah terbentuk pasta, terapkan langsung ke area wajah hingga menyeluruh dengan gerakan melingkar selama 2-3 menit. Pengaplikasian sudah selesai, Anda dapat membilas wajah menggunakan air hangat, lalu keringkan.

14. Memakai Lidah Buaya

Mungkin tidak semua kasus kulit wajah belang itu dikarenakan jahatnya paparan sinar ultraviolet ketika berada di luar ruangan. Ada beberapa kasus kulit belang disebabkan oleh penyakit kulit, namun Anda tetap bisa menghilangkannya. Penyakit dompo atau penyakit kulit lainnya yang mengakibatkan kulit belang bisa Anda atasi menggunakan aloe vera.

  • Caranya: Seperti biasa, ambil sebatang atau 2 batang daun lidah buaya yang kemudian Anda potong dan kupas untuk bisa mengambil gelnya. Anda pun bisa mengambil dagingnya, lalu usap-usapkan secara merata ke bagian wajah yang belang tersebut. Tunggu kering sekitar 20 menitan sebelum Anda boleh membasuhnya. Lakukan 2-3 kali sehari secara rutin untuk hasil optimal.

(Baca juga: manfaat lidah buaya untuk kulit)

15. Minum Air Putih

Air putih sudah terkenal baik sebagai cara mencegah kerutan di wajah karena mampu menghidrasi kulit secara luar biasa. Kulit manusia sendiri sebenarnya terdiri dari air sekitar 75 persen, jadi bila ingin kulit tanpa belang, keriput serta kering.

sponsored links

  • Caranya: Lupakan soal mengonsumsi minuman ringan, apalagi minuman bersoda dan beralkohol. Batasi minuman manis juga, dan perbanyaklah minum air putih. Anjuran paling sehat adalah minum sekitar 8-10 gelas saja per harinya. Bila ingin sedikit variasi, Anda dapat menambahkan irisan mentimun atau perasan lemon jika ingin mendapatkan kesegaran berbeda. Dijamin kulit bakal normal kembali pada warnanya.

16. Memanfaatkan Susu Mentah

Kalau sebelumnya ada rekomendasi menggunakan susu yang dikombinasikan dengan madu, Anda kali ini hanya perlu menggunakan susunya saja. Susu ini sendiri merupakan pemutih alami yang bisa melembutkan kulit juga. Susu pun merupakan bahan aman untuk menyingkirkan belang karena bekas luka, pigmentasi atau noda.

  • Caranya: Gunakanlah susu mentah atau susu yang belum mengalami proses perebusan karena khasiatnya dipercaya lebih besar. 2 sendok makan susu saja sudah sangat cukup, lalu jangan lupa terapkan ke wajah serta leher secara total memakai kapas. Diamkan dulu 20 menit agar nutrisi meresap, lalu basuh wajah dengan air hangat.

(Baca juga: manfaat susu untuk kulit)

17. Menghindari Junk Food

Kulit belang apakah hubungannya dengan junk food atau makanan sampah? Konsumsi makanan tak sehat bisa memengaruhi warna kulit yang tak merata alias belang. Ini dapat dikarenakan banyaknya kandungan bahan kimia, gula serta minyak yang tinggi di dalam setiap makanan sampah. Membatasi konsumsinya atau menghindarinya sama sekali adalah langkah bijak.

Kandungan-kandungan jahat tersebut mampu memicu produksi minyak lebih banyak yang berpotensi penyumbatan pori-pori sehingga muncul kulit yang belang. Itulah mengapa Anda perlu mulai mengonsumsi sayurah serta buah-buah segar yang penuh nutrisi. Blueberry serta salmon adalah yang paling dianjurkan karena kaya akan antioksidan yang mengatasi kompleksi kulit.

18. Rajin Berolahraga

Tentunya ada segudang manfaat olahraga untuk kecantikan, termasuk juga kecantikan kulit wajah Anda. Dalam mengatasi dan menghilangkan belang pada wajah, latihan fisik juga diperlukan. Olahraga tak hanya mampu menurunkan berat badan dan membentuk tubuh supaya lebih ideal, tapi juga dapat meregenerasi sel-sel kulit baru sehingga mampu menjaga warna kulit merata.

Tidak usah melakukan latihan yang super berat seperti yang Anda bayangkan, karena latihan atau olahraga ringan saja sudah cukup. Olahraga ringan apa saja yang dilakukan selama beberapa menit dalam sehari dan menyebabkan Anda berkeringat sudah termasuk baik. Namun setelahnya, pastikan Anda mencuci wajah secara total agar bisa mencegah adanya kotoran menyumbat pori-pori.

19. Menggunakan Buah Jeruk

Buah sitrus satu ini memang terkenal mengandung kadar vitamin C tinggi yang efektif dalam memutihkan kulit. Sifat pemutih alaminya memang menjadi andalan, namun buah jeruk juga bisa menjadi solusi untuk yang ingin menghilangkan belang di kulit wajah.

  • Caranya: Anda dapat cukup mengambil jus jeruk secukupnya dengan memerasnya. Atau, Anda juga bisa mengambil bagian kulit jeruknya saja. Kedua cara ini dapat digunakan dengan cara yang sama, yaitu dioles ke bagian wajah sampai merata dan menyeluruh. Melakukannya sebelum tidur dan membiarkannya selama semalaman jauh lebih disarankan. Esok paginya baru Anda dapat membasuh wajah; pastikan cara ini dilakukan secara teratur.

(Baca juga: manfaat jeruk nipis untuk rambut)

Itulah sejumlah cara menghilangkan belang di wajah secara tradisional dan alami yang tak akan berbahaya bagi kulit. Karena cara-cara tersebut aman, Anda dapat mencobanya kapan saja Anda merasa membutuhkan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 26th, August 2016 / 17:23 Oleh :
Kategori : Wajah