Sponsors Link

22 Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah Paling Alami

Sponsors Link

Bintik hitam tampaknya adalah masalah besar bagi setiap wanita karena hal tersebut dirasa kurang menunjang penampilan cantik nan sempurna. Bintik atau flek hitam memang tidak termasuk masalah yang mudah diatasi, dan telah banyak mungkin produk kosmetik yang Anda gunakan demi menutupi bintik-bintik tersebut. Kalau kosmetik saja tak bisa menghilangkannya, apa yang harus Anda perbuat?

ads

Bintik hitam bisa jadi terjadi karena jerawat yang membekas dan ini perlu upaya yang cukup besar untuk bisa menghilangkannya. Jika menggunakan produk berbahan kimia untuk mengatasinya, alih-alih kalau tidak benar bahan yang terkandung di dalamnya, wajah malah bisa semakin parah. Untuk itulah, cara menghilangkan bintik hitam di wajah seperti berikut ini adalah yang Anda paling butuhkan.

(Baca juga: cara menghilangkan flek hitam di wajah)

1. Minum Air Putih

Masalah kulit apapun, tampaknya air putih adalah bagian dari solusi cerdas, aman dan paling sehat. Ini dikarenakan bintik-bintik kulit gelap bakal hilang apabila Anda memenuhi asupan cairan dengan minum banyak air putih. Dalam sehari 8-10 gelas air putih adalah yang terbaik karena bahkan melasma pun bisa ikut hilang.

Segala yang memicu bintik-bintik tentunya bukanlah hal yang baik. Dengan minum air putih yang banyak per harinya, air inilah yang akan secara otomatis membuang racun berbahaya dari dalam tubuh. Kulit pun bakal terjauh dari yang namanya bintik, kusam, minyak ataupun kekeringan. Kelembaban akan senantiasa terjaga dan bintik bisa memudar bertahap.

2. Memakai Semangka

Flek atau bintik hitam yang membuat rasa percaya diri menurun dapat juga diatasi menggunakan buah semangka. Kaya akan air, semangka juga diketahui mengandung banyak vitamin, seperti vitamin C, vitamin A dan B.

  • Caranya: Sediakan sebuah semangka, irislah dan ambil bagian kulitnya saja. Kulit inilah yang dapat digunakan dengan cara menggosok-gosokkan ke seluruh wajah atau ke bagian yang terkena bintik saja. Tunggulah selama beberapa menit atau sampai kering agar sari semangka terserap ke kulit, barulah dibilas dengan air. Seminggu 2-3 kali saja sudah cukup untuk melakukan metode perawatan ini.

(Baca juga: cara menghilangkan flek hitam di hidung)

3. Menggunakan Cuka Sari Apel

Kalau biasanya cuka sari apel diketahui sebagai obat ampuh penurun kolesterol tinggi, kali ini bahan ini bisa digunakan sebagai obat luar. Manfaat cuka untuk rambut sudah terbukti kehebatannya dan untuk kulit berflek hitam pun bakal sama efektifnya.

  • Caranya: Sediakan cuka sari apel secukupnya yang dicampur bersama air yang jumlahnya dibuat sama. Ambil juga beberapa tetes madu sebagai campuran tambahan, barulah setelah diaduk rata Anda bisa mengoleskannya ke wajah yang berbintik-bintik. Sesudah 2-3 menit berlalu, Anda bisa membilas atau mencuci wajah dengan air bersih. Sehari sekali tapi rutin akan membuahkan hasil optimal dalam mengusir bintik-bintik hitam di wajah.

4. Memanfaatkan Minyak Vitamin E

Mungkin Anda sudah pernah dengar mengenai minyak vitamin E ini di mana kerap digunakan sebagai penyembuh luka. Vitamin E sendiri dianggap sebagai antioksidan super yang bisa menembus dermis dan mendukung produksi kolagen di dalam kulit.

  • Caranya: Sediakan minyak vitamin E secukupnya, bersama dengan minyak jarak dengan takaran yang kurang lebih sama. Setelah dicampur, Anda bisa oles ke area di mana bintik-bintik hitam berada. Tunggu saja beberapa waktu, kemudian Anda dapat mencuci wajah dengan air hingga bersih. Atau, Anda boleh juga menggabungkan minyak vitamin E bersama aloe vera untuk hasil yang sama optimalnya.

(Baca juga: cara menghilangkan bintik hitam di wajah dengan putih telur)

5. Memberi Proteksi dari Sinar UV

Pasti sudah bukan hal baru lagi bagi kita tentang jahatnya efek sinar UV atau paparan sinar matahari, terutama pada siang hari, terhadap kulit. Bintik-bintik hitam tidak hanya timbul sebagai akibat dari bekas jerawat, tapi juga bisa muncul karena terpapar sinar ultraviolet secara terus-menerus.

Demi perlindungan maksimal akan kulit wajah supaya bisa menghilangkan bintik-bintik tersebut, pakai tabir surya setiap harinya. Atau, bisa juga Anda memberikan proteksi dalam bentuk memakai topi atau pelindung wajah agar bintik bisa memudar. Ketika terus terpapar cahaya matahari, maka bintik dapat makin banyak, itulah mengapa Anda perlu memberikan perlindungan ekstra.

ads

6. Tidak Mengelupas Luka Terbuka

Bintik-bintik hitam dapat terjadi sebagai bekas luka, maka cobalah untuk menghindari mengutak-atik luka terbuka. Bila memiliki luka terbuka, sebelum benar-benar kering, Anda jangan coba-coba untuk mengelupasnya. Bahkan ketika sudah kering sekalipun, sebaiknya tak usah dikelupas dulu dan biarkan terkelupas sendiri seiring berjalannya waktu.

Mengelupas luka terbuka atau yang belum kering, atau bahkan yang sudah kering sekalipun, kemungkinan besar justru menimbulkan luka baru. Ini juga berpotensi untuk menjadikan kulit wajah Anda memiliki bintik-bintik hitam. Jika terjadi luka di wajah, usahakan untuk mengobatinya dan mendiamkannya saja tanpa memegang atau mengelupasnya walaupun memang terkadang tangan terasa gatal untuk melakukannya.

(Baca juga: cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun)

7. Memanfaatkan Bawang Merah

Tak banyak yang tahu bahwa bawang merah adalah bumbu dapur yang manfaatnya bisa juga diandalkan sebagai obat penghilang bintik hitam pada wajah. Jus bawang merah adalah yang paling tepat untuk Anda gunakan dan dipastikan aman serta efektif. Selain untuk memasak, Anda dapat merawat wajah dengan bahan ini.

  • Caranya: Sediakan bawang merah secukupnya yang kemudian dapat Anda blender atau parut, ambil jus atau sarinya. Ambil kapas dan celupkan ke jus tersebut untuk mengoleskan langsung ke area kulit wajah berbintik hitam. Diamkanlah sampai mengering alami. Atau, campur saja jus bawang merah 1 sendok makan beserta madu 2 sendok makan, kemudian terapkan ke area wajah selama 20 menit sebelum dibilas.

8. Memakai Madu

Sudah terbukti bahwa manfaat madu untuk masker wajah cukup banyak dan efektif, jadi tak ada salahnya Anda juga mencobanya. Kandungan antibakteri dan antibiotiknyalah yang bisa Anda dapatkan untuk menghilangkan bintik-bintik hitam yang mengganggu.

  • Caranya: Sediakan madu murni atau asli yang kemudian Anda oles ke area wajah, khususnya pada area bintik-bintik hitam berada. Madu harus ditunggu sampai kering lebih dulu sekitar 1 jam, atau tunggulah semalaman hingga esok paginya baru dibilas. Gunakan air dingin saja untuk mencuci wajah. Supaya bersih dari bintik-bintik hitam, lakukan perawatan ini setiap hari secara rutin.

(Baca juga: cara alami menghilangkan bintik hitam di kaki)

9. Menggunakan Lidah Buaya

Tanaman dengan nama lain aloe vera ini mempunyai kandungan sifat penyembuhan alami yang bakal efektif menghilangkan bintik hitam. Untuk wajah bersih dengan tumbuhnya sel-sel kulit baru, Anda patut mencoba perawatan menggunakan gelnya yang mengandung polisakarida. Bahkan bekas luka pun pasti hilang dengan menggunakan bahan ini.

  • Caranya: Ambil gel atau lendir lidah buaya secukupnya yang bisa langsung Anda terapkan ke bagian wajah yang dipenuhi bintik-bintik hitam. Pijatlah secara lembut sambil mengoleskannya selama 2-3 menit. Sesudah lewat 20 menit, wajah bisa langsung Anda bilas menggunakan air bersih; penggunaan metode ini sehari 2 kali akan memberikan hasil memuaskan.

10. Memakai Pepaya

Ada enzim di dalam buah pepaya yang mampu menjadi eksfoliator atau pengangkat sel-sel kulit mati. Dari sel-sel kulit mati yang terangkat, kemudian akan ada regenerasi sel-sel kulit baru di mana ini akan menghasilkan kulit yang lebih segar dan bebas dari bintik-bintik hitam.

  • Caranya: Sediakan pepaya secukupnya, yang kemudian dapat Anda hancurkan dan haluskan sampai bentuknya hampir seperti bubur. Ramuan inilah yang perlu Anda usapkan merata ke area wajah yang memiliki bintik hitam. Boleh juga kalau Anda ingin menambahkan air perasan jeruk nipis; terapkan ke wajah dan tunggu sekitar 15 menit. Pakai air dingin untuk membilas wajah.

(Baca juga: cara menghilangkan flek hitam akibat kb suntik)

11. Memanfaatkan Minyak Cendana

Sudah banyak diketahui bahwa cendana memiliki kandungan sifat antiseptik yang juga dapat dijadikan sebagai agen anti penuaan dini. Tak banyak memang yang tahu akan manfaat dari cendana, khususnya minyak cendana untuk kulit. Tapi Anda boleh membuktikannya sekarang dengan campuran bahan lain juga.

  • Caranya: Sediakan jus lemon, air mawar, gliserin, serta cendana bubuk secukupnya yang kemudian dicampurkan bersama-sama. Campuran inilah yang bisa Anda gunakan untuk merawat kulit dengan mengoleskannya secara merata pada kulit wajah. Setelah kering, cucilah wajah dengan air dingin. Melakukan metode perawatan ini setiap hari jelas akan memberikan manfaat besar, apalagi tepat sebelum tidur dan membiarkannya semalaman.

12. Menggunakan Jus Lemon

Mengandung vitamin C yang amat kaya, jus lemon adalah pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan kulit wajah bebas bintik hitam. Sediakan buah lemon untuk memudarkan bintik hitam secara bertahap. Kandungan vitamin C-nya pun akan memutihkan serta menghaluskan wajah Anda secara alami.

  • Cara 1: Sediakan jus lemon secukupnya dan pastikan masih segar dan juga tak ketinggalan kapas bersih. Kapas tersebut dapat Anda celupkan dan usapkan ke area wajah yang dipenuhi bintik hitam secara merata. Tunggu kering dulu sebelum menggunakan air bersih untuk membilas wajah. Dalam 2 minggu, pakailah metode perawatan ini setiap hari demi hasil yang diharapkan.
  • Cara 2: Untuk Anda yang mempunyai kulit sensitif, bisa juga jus lemon dicampur bersama madu, air mawar, atau air biasa. Ini supaya tidak membuat kulit wajah Anda mudah teriritasi. Demi hasil memuaskan, lakukan perawatan dengan jus lemon ini setiap hari, namun bila tak cocok, hentikan langsung pemakaian.

Sedikit peringatan atau catatan, walau manfaat jeruk lemon untuk wajah sudah terbukti sangat besar, jangan gunakan ketika sedang ada luka di wajah. Menerapkan jus lemon pada luka terbuka hanya akan menambah iritasi semakin serius. Hindari juga beraktivitas di luar rumah, terutama di bawah sinar matahari sesudah penggunaan jus lemon ini.

(Baca juga: manfaat eksfoliasi wajah)

13. Memakai Kentang

Bila biasanya kentang dimasak dan dinikmati sebagai santapan, kali ini kentang boleh Anda jadikan bahan perawatan wajah. Hilangkan bintik-bintik hitam dengan bahan pemutih alami ini. Segala bintik, flek, atau noda yang mengganggu di wajah dapat dipudarkan hanya dengan kentang karena adanya pati serta enzim bermanfaat.

  • Cara 1: Ambil ekstrak jus kentang dari 1 buah kentang. Untuk campuran, tambahkan juga sedikit bubuk kunyit serta air jeruk secukupnya. Setelah tercampur rata, oles campuran ini ke bagian wajah yang ada flek hitamnya. Sesudah kering, Anda dapat membilasnya. Bila ingin hasilnya optimal, lakukan perawatan ini selama beberapa minggu.
  • Cara 2: Sediakan 1 buah kentang yang Anda bisa kupas, cuci bersih dan parut. Sediakan juga madu sesendok teh yang bisa dicampurkan ke dalam kentang parut tadi. Inilah ramuan yang bisa Anda gunakan sebagai masker wajah. Tunggulah kering pada wajah kira-kira 15 menit, lalu gunakan air hangat untuk membilasnya.
  • Cara 3: Siapkan kentang 1 buah dan irislah; satu irisan bulat kentang dapat Anda taruh di bagian wajah yang ada bintik-bintik hitamnya. Diamkan dan sabarlah selama beberapa menit sebelum akhirnya Anda bisa mencuci wajah menggunakan air hangat. Melakukan perawatan seperti ini secara rajin alias setiap hari akan membuahkan hasil yang menyenangkan sesuai keinginan Anda.

14. Menggunakan Jeruk Nipis

Sama seperti jeruk lemon, jeruk nipis mempunyai manfaat besar dalam menghilangkan bintik hitam atau noda mengganggu yang menurunkan rasa percaya diri. Penampilan Anda dapat kembali maksimal dengan jeruk nipis yang ukurannya kecil ini. Hanya saja, untuk wajah yang ada luka terbuka sebaiknya tidaklah diterapkan.

  • Caranya: Sederhana untuk pengaplikasiannya, karena Anda hanya membutuhkan jeruk nipis segar yang diambil sari atau jusnya. Tuang ke sebuah wadah dan sebuah kapas bersih dapat Anda celupkan. Usap-usapkanlah kapas tersebut ke kulit wajah yang hendak Anda bersihkan dari bintik hitam. Tunggu kering dulu barulah dibilas menggunakan air biasa; penggunaan rutin setiap hari lebih dianjurkan.

(Baca juga: cara menghilangkan flek hitam di kaki)

15. Memanfaatkan Buttermilk

Bagi yang belum tahu, buttermilk adalah sebuah produk samping pada pembuatan mentega yang asalnya adalah dari fermentasi krim. Cairan ini bersifat asam dengan rasa agak manis. Teksturnya sangat lembut dan kental mirip dengan yogurt serta memiliki manfaat besar dalam membuat wajah bebas bintik hitam

  • Caranya: Sediakan buttermilk sebanyak 4 sendok teh, lalu tambahkan juga jus tomat segar 2 sendok teh. Setelah kedua bahan tercampur rata, terapkanlah ke wajah sampai rata dan bilaslah menggunakan air hangat atau air dingin ketika sudah lewat dari 15 menit. Cara ini betul-betul luar biasa efektif apabila Anda menggunakannya rutin dan rajin.

16. Memakai Mentimun

Selain menjadi cara merawat wajah agar tetap segar, penggunaan mentimun secara teratur juga bakal memberikan efek baik bagi yang ingin menghilangkan bintik-bintik hitam. Tingginya kandungan vitamin C, A, dan E serta kaliumnya tentu sangat bagus untuk kulit. Sifat adem dan menenangkannya juga menjadi andalan.

  • Cara 1: Sediakan mentimun segar yang kemudian diiris-iris tipis, paling tidak 1 atau 2 irisan saja. Rendamlah mentimun tersebut di dalam sebuah gelas kecil berisi air selama kira-kira 1 jam. Saringlah dulu air tersebut lalu gunakan untuk membasuh wajah secara teratur. Penggunaan setiap hari, yaitu sehari 2-3 kali lebih disarankan.
  • Cara 2: Anda juga boleh membuat masker menggunakan bahan mentimun ini, yaitu dengan melembutkannya lebih dulu, lalu oleskan ramuan ke seluruh wajah secara merata. Sesudah 20 menit, Anda bisa membilas wajah sebersih-bersihnya dari sisa ramuan mentimun. Gunakan air hangat untuk membilas; perawatan setiap hari akan membuahkan hasil yang lebih dari ekspektasi Anda.

(Baca juga: masker untuk kulit kering dan flek hitam)

17. Menggunakan Bengkoang

Supaya bintik hitam cepat hilang secara lebih aman dan alami, Anda bisa memanfaatkan bengkoang yang memang bagus dalam memutihkan kulit. Masker bengkoang adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin merawat kulit wajah dan menghilangkan segala bintik hitam. Tak salah bila bengkoang sering dijadikan bahan produk pelembab untuk kulit.

  • Caranya: Sediakan buah ini secukupnya saja lalu parut atau hancur serta haluskan hingga menjadi pasta. Pasta atau parutan bengkoang dapat Anda manfaatkan dengan cara mengoleskan atau membalurkannya ke area wajah berbintik hitam. Tunggu sekitar 15-20 menit, bilaslah kemudian memakai air bersih. 1 minggu sekali atau 2 hari sekali adalah perawatan yang dianjurkan.

18. Memanfaatkan Kunyit

Seperti yang sudah banyak kita tahu, kunyit merupakan salah satu agen pencerah kulit terbaik di mana fungsinya tak hanya mencerahkan. Kulit pun juga dapat terbebas dari noda atau bintik hitam berkat kunyit karena kunyit membantu perbaikan kerusakan kulit wajah akibat radikal bebas.

  • Caranya: Bentuklah pasta kental dari kunyit 2 sendok teh yang dicampur bersama jus lemon dan susu sedikit. Setelah tercampur rata, oleskan langsung ke area kulit yang terdapat bintik-bintik hitam. Tunggulah beberapa menit sebelum Anda membilas wajah memakai air hangat. Melakukan jenis perawatan dengan bahan tradisional ini akan mengurangi efek samping berbahaya dan meningkatkan efektivitas.

(Baca juga: manfaat totok aura wajah)

Sponsors Link

19. Menggunakan Tomat

Sama alaminya dengan bahan lain yang sudah disebutkan di atas, tomat akan memberikan efektivitas yang juga tak kalah tinggi. Untuk menghilangkan bintik hitam pada wajah yang mengurangi rasa percaya diri, Anda bisa menjadikannya masker wajah. Berkandungan vitamin C tinggi, tentunya tomat juga mampu mencerahkan kulit Anda.

  • Caranya: Sediakan buah tomat secukupnya yang kemudian diblender sehingga teksturnya menjadi lebih halus. Setelah itu, gunakan larutan halus tomat dengan cara menerapkannya secara menyeluruh ke area wajah, atau hanya ke bagian bintik-bintik hitamnya. Tunggu beberapa menit atau hingga kering sebelum membilasnya. Menggunakannya setiap malam sebelum tidur dengan menempelkan irisan-irisan tomat pada bintik-bintik hitam di wajah juga oke asalkan dilakukan secara rutin.

20. Memakai Oatmeal

Manfaat oatmeal untuk wajah sensitif tentunya sudah tak perlu diragukan lagi, namun kali ini Anda mampu menggunakannya sebagai penghilang flek serta noda di wajah. Oatmeal bubuk sangat baik sebagai eksfoliator di mana yang jelas bakal mengangkat sel kulit mati. Kandungan saponinnya juga efektif untuk membersihkan wajah secara alami. Itu artinya, bintik hitam pun akan mudah terangkat sehingga wajah memiliki sel-sel kulit baru setelah perbaikan, bahkan kulit wajah bakal lebih lembut dan terlihat awet muda.

  • Caranya: Siapkan secangkir oatmeal yang kemudian dapat Anda giling, lalu tambahkan juga jus lemon 4 sendok makan sebagai campuran. Buatlah pasta atau scrub menggunakan kedua bahan tersebut. Setelah jadi, gosokkan ke bagian kulit wajah yang hendak Anda hilangkan bintik-bintik hitamnya. Tunggu saja sampai masker tersebut mengering barulah menggunakan air hangat untuk mencuci wajah. Apabila misalnya berantakan, tak masalah karena Anda tinggal menyiapkan kain yang sudah dibasahi air hangat untuk menyeka masker. Penggunaan seminggu 2 kali sudah terbilang cukup untuk memberikan hasil sempurna.

(Baca juga: manfaat air hangat untuk wajah)

21. Memanfaatkan Yogurt

Bahan lainnya yang bisa Anda pakai untuk menghilangkan bintik-bintik hitam adalah yogurt. Selain kemampuannya dalam melembutkan kulit wajah, Anda pun bisa mengatasi flek-flek yang mengganggu penampilan Anda.

  • Caranya: Sediakan yogurt tawar yang kemudian dapat Anda langsung terapkan ke seluruh wajah atau hanya pada area yang dipenuhi bintik serta noda hitam. Diamkan kurang lebih 20 menit untuk membuatnya mengering, lalu bersihkan menggunakan air dingin. Supaya hasil lebih maksimal, sangat dianjurkan untuk menggunakannya saat malam setiap sebelum tidur agar membiarkan nutrisinya terserap semalaman.

22. Menggunakan Almond

Untuk kulit yang lebih cerah dan bebas dari segala bintik hitam, almond yang berkandungan tinggi akan lemak sehat, vitamin E dan antioksidan akan membantu secara alami. Apapun penyebab dari munculnya bintik hitam, dengan pemakaian rutin metode perawatan menggunakan almond ini dijamin kulit wajah akan senantiasa bersih.

  • Caranya: Sediakan 10 almond yang Anda bisa rendam dulu di dalam susu sampai semalaman. Ketika keesokan harinya kulit almond telah terkelupas, langsung haluskan dengan cara menggilingnya. Campur dengan setengah sendok teh madu serta sesendok teh cendana bubuk. Pasta halus terbentuk, Anda bisa jadikan ini sebagai masker wajah. Tunggu setengah jam hingga benar-benar meresap segala nutrisinya, barulah Anda membilas wajah. Pemakaian 1-2 kali sehari akan membuat Anda memperoleh hasil yang diinginkan.

(Baca juga: prosedur chemical peeling)

Itulah cara menghilangkan bintik hitam di wajah yang cukup sederhana dan terjamin alami. Karena tanpa efek samping besar dan berbahaya, Anda layak mempertimbangkan solusi-solusi tersebut.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 03rd, September 2016 / 14:32 Oleh :
Kategori : Wajah