Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Madu Paling Efektif

Sponsored Links

Merawat kesehatan wajah dan kulit membutuhkan beberapa metode atau cara dari yang sederhana hingga kompleks. Banyak wanita bahkan pria menggunakan cara perawatan wajah dengan biaya cukup tinggi. Perlu diketahui bahwa banyak gangguan kulit wajah sering muncul seiring dengan bertambahnya usia, salah satunya adalah munculnya flek hitam. Mungkin Anda pernah melihat atau mengalami munculnya flek hitam di usia 30an. Ternyata hal tersebut bisa menandakan bahwa kulit kurang mendapat asupan nutrisi atau perawatan. (Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam , Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah)

Memang kulit wajah dengan flek hitam tidak seperti pada umumnya dan cenderung mengganggu penampilan, tetapi siapa sangka jika ada beberapa cara untuk menghilangkannya. Sebelum masuk ke pembahasannya, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui apa saja penyebab dari munculnya flek hitam pada wajah.

Baca Juga:

Penyebab Munculnya Flek Hitam

1. Sering Terpapar Sinar Matahari

Penyebab paling banyak dari munculnya flek hitam pada wajah adalah terlalu lama terpapar sinar matahari. Sinar matahari dengan intensitas tinggi yang langsung mengena ke kulit wajah bisa membuat elastisitas kulit dan kandungan kalogen pada kulit berkurang hingga terjadi flek hitam. Penggunaan tabir surya bisa jadi satu solusi agar kulit wajah tidak muncul flek hitam. (Baca Juga: Cara Mencegah Penuaan Dini , Penyebab Kulit Hitam)

Tidak hanya menggunakan tabir surya yang mengandung SPV tinggi, memperhatikan intensitas paparan sinar matahari juga sangat penting, seperti menggunakan payung atau tidak terlalu lama saat beraktivitas di luar ruangan. (Baca Juga: Cara Mencegah Kerutan di Wajah , Cara Merawat Kulit agar Tidak Kusam)

2. Efek Kosmetika

Penggunaan kosmetik secara berlebihan bisa menjadi satu penyebab munculnya flek hitam pada wajah. Kini sudah banyak beredar kosmetik dengan kandungan zat pewarna atau bahan-bahan berbahaya yang bisa memunculkan efek fotosintesitivitas. Efek dari fotosintesitivitas membuat kulit wajah menjadi sangat sentisif terhadap paparan sinar matahari. (Baca Juga: Bahaya Penggunaan Kosmetik Yang Berlebihan , Bahaya Kandungan Paraben pada Kosmetik)

Tidak hanya kosmetik saja, pada produk parfum juga menyebabkan efek kurang baik bagi kulit. Jika terus terpapar kandungan kimia maka akan terjadi pigmentasi yang menyebabkan munculnya noda hitam pada wajah. (Baca Juga: Bahan Kosmetik yang Berbahaya , Cara Menghilangkan Noda Hitam Di Wajah)

sponsored links

3. Terpapar Polusi

Selain bahan kosmetik dan parfum, terlalu sering terpapar polusi udara juga bisa membuat noda hitam pada wajah. Munculnya flek hitam terjadi karena produksi antioksidan pada kulit sehingga melepas melanin kulit. Rata-rata orang yang bertempat tinggal di kota besar lebih cepat muncul noda hitam karena tingkat polusi yang tinggi. Perlu upaya pencegahan untuk mencegah terjadinya noda hitam pada wajah dengan melakukan perawatan. (Baca Juga: Penyebab Rambut Bercabang dan Rusak , Penyebab Rambut Apek)

4. Sering Menggaruk Kulit

Kebiasaan menggaruk kulit wajah pada saat gatal membuat kerusakan pada lapisan luar kulit menjadi lebih cepat. Rusaknya lapisan melanin sebagai pertahanan kulit bisa membuat iritasi pada kulit. Biasanya kebiasaan menggaruk terjadi pada saat tergigit nyamuk, memang dalam munculnya efek noda hitam akibat sering digaruk bisa hilang dengan sendirinya, tetapi karena sering terpapar sinar matahari membuat proses pemulihan jadi lebih lama bahkan bisa mencapai 2 tahun lamanya. (Baca Juga: Manfaat Oatmeal untuk Wajah Sensitif  , Penyebab Alergi Kulit Wajah)

5. Konsumsi Obat

Mungkin Anda tidak mengira jika mengkonsumsi obat bisa membuat kulit rusak. Beberapa jenis obat seperti pil KB dapat memicu munculnya flek hitam pada kulit. Perubahan struktur hormon setelah mengkonsumsi obat menjadi satu penyebab dari timbulnya flek hitam. Selain pil KB, ada beberapa kandungan zat kimia dalam obat yang menyebabkan munculnya noda hitam diantaranya mesantonin, minosiklin, stostatik, klorpromazine, dan difenilhidantonin. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam akibat KB Suntik )

6. Perubahan Hormon

Faktor perubahan hormon bisa jadi satu penyebab timbulnya flek hitam pada wajah. Beberapa perubahan hormone estrogen, progesterone dan Melanin Stimulating Hormone atau MSH perlu diwaspadai. Tidak hanya itu, biasanya pada kasus ibu hamil di usia trisemester ketiga juga jadi satu penyebabnya. (Baca Juga: Cara Memerahkan Puting)

7. Faktor Genetik

Terjadinya pigmentasi pada kulit ternyata bisa muncul karena faktor genetik atau keturunan. Beberapa hasil penelitian memberikan petunjuk bahwa flek muncul karena faktor keluarga yang berpotensi peluang mencapai 70%.

Dari tujuh penyebab munculnya flek hitam, ternyata ada satu tips ampuh menghilangkan flek hitam tersebut yakni menggunakan madu. Kita tahu bahwa madu sangat baik untuk menghilangkan flek dan bekas luka sekalipun. Namun, banyak orang merasakan kurangnya manfaat dari madu dari luar. Pendapat bahwa menggunakan madu bisa mengeluarkan biaya tinggi ternyata salah. (Baca Juga: Manfaat Madu untuk Perawatan Wajah)

Banyaknya produk madu palsu bisa jadi satu penyebab kenapa banyak orang meragukan teknik masker madu untuk menghilangkan flek hitam. Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu dapat Anda lakukan untuk menyamarkan atau bisa mengilangkannya secara permanen. Berikut ulasan mengenai cara menghilangkan flek hitam dengan madu: (Baca Juga: Manfaat Madu Untuk Bibir)

Sponsors Link

Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Madu

  1. Memakai Masker

Anda bisa memakai madu sebagai masker wajah dan fungsi utama dari masker adalah membersihkan wajah hingga ke pori-pori kulit. Tidak hanya itu saja, masker madu juga berfungsi untuk mencerahkan wajah, menghaluskan wajah, dan membuat wajah semakin berseri. Pada akhirnya masker madu akan membuat wajah semakin cantik. (Baca Juga: Manfaat Madu Untuk Masker Wajah)

Sifat dasar madu yang bisa menyembuhkan gangguan kesehatan dan mengandung bahan alami seperti enzim, anti bakteri, dan antioksidan sangat penting untuk meremajakan kulit dan memperbaiki sel kulit mati. Menggunakan madu sebagai bahan alami dalam menghilangkan flek hitam selama 2 sampai 3 kali seminggu dapat mengurangi gangguan kulit wajah lain seperti jerawat dan kulit berminyak.

Baca Juga:

Jadi menggunakan madu sebagai masker bisa mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Kemampuan madu dalam meregenerasi kulit bisa dibilang sangat baik, terbukti beberapa gangguan kulit seperti terbakar atau terlalu lama terkena paparan sinar matahari. (Baca Juga: Masker untuk Mengencangkan Kulit , Manfaat Madu Untuk Perawatan Rambut)

Masker madu memang terbilang cukup efektif menghilangkan flek hitam, selain melakukan berbagai perawatan dengan harga tinggi. Meskipun banyak orang merasa kurang memuaskan tetapi khasiat madu sebagai masker lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping seperti menggunakan obat. (Baca Juga: Cara Merawat Kulit agar Putih , Obat Pemutih Selangkangan)

Jika Anda memiliki masalah seputar flek hitam di wajah, jangan khawatir karena dengan melakukan perawatan masker madu bisa memberikan efek dan manfaat baik bagi kesehatan serta peremajaan kulit secara murah, mudah, dan aman. Tidak ada salahnya mencoba teknik masker madu yang sudah dijamin keamanannya sejak zaman dulu. (Baca Juga: Masker untuk Kulit Kering dan Flek Hitam , Cara Menghaluskan Kulit Wajah)

Semoga dengan membaca informasi dan ulasan mengenai masker madu tersebut bisa memberikan manfaat lebih kepada Anda yang memiliki masalah pada flek hitam di wajah.

 

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 18th, November 2016 / 01:13 Oleh :
Kategori : Wajah