Sponsors Link

12 Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Sendok Paling Ampuh

Sponsored Links

Kantung mata merupakan salah satu masalah yang cukup mengganggu penampilan kaum wanita. Karena kemunculan kantung mata ini, penampilan mata menjadi tidak segar dan tidak enak dilihat. Wajah juga akan mendapat imbasnya, yaitu seseorang yang mempunyai kantung mata akan selalu kelihatan letih dan capek, wajah kusam dan terlihat lebih tua. Pendeknya, mengganggu kesegaran wajah dan kecantikan wanita, padahal wanita selalu senang tampil cantik dengan mata yang cemerlang sebagai cara menjaga penampilan diri wanita.

Agar bisa mengatasi kemunculan kantung mata dengan efektif, tentunya harus diketahui dulu dengan pasti apa penyebabnya. Mengenali penyebab kantung mata juga bertujuan agar Anda tahu cara mencegahnya supaya tidak muncul kembali. Tentunya tidak nyaman bila dijuluki ‘si mata panda’ karena tidak bisa menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata kita.

Penyebab Kantung Mata

Kantung mata disebabkan oleh cairan yang menumpuk di sekitar mata sehingga membuat mata terlihat seperti berkantung dan hitam. Beberapa hal yang bisa menyebabkan penumpukan cairan tersebut dan menjadi penyebab mata panda adalah:

  • Kurang Tidur – Kekurangan jam tidur bisa menyebabkan timbulnya kantung mata karena pembuluh darah di bawah mata melebar sehingga timbul warna gelap. Waktu tidur yang hanya sebentar menyebabkan mata kurang beristirahat. Kurang tidur juga akan menyebabkan wajah menjadi pucat sehingga bayangan hitam di bawah mata akan terlihat jelas. Manfaat timun untuk mata dan wajah bisa membantu mengatasi mata yang berbayang hitam.
  • Faktor Genetik – Lingkaran hitam di mata bisa muncul karena faktor genetik. Orang yang memiliki kulit hitam dan juga keturunan Asia biasanya lebih mudah mengalami kantung mata karena faktor kandungan melanin dalam kulitnya yang lebih tinggi. Merawat kulit dengan manfaat memakai masker bengkoang setiap hari agar kulit yang lebih beresiko menjadi hitam tetap terjaga kecerahannya.
  • Tanda Penuaan – Dengan bertambahnya usia, otot dan struktur jaringan pada area sekitar mata akan mulai melemah sehingga kulit di bawah mata akan mengendur dan lemak yang ada di sekitarnya mengumpul di bawah mata. Kondisi kantung mata yang disebabkan oleh penuaan ini tidak bersifat sementara, melainkan akan terus bertambah sesuai usia. Banyak cara mencegah penuaan dini untuk mengatasi efek penuaan terhadap kulit wajah.
  • Alergi – Kantung mata bisa disebabkan oleh rinitis alergi yaitu peradangan yang terjadi di hidung akibat gejala alergi , seperti alergi dingin, alergi makanan, alergi kosmetik, alergi serbuk bunga, alergi bulu hewan dan lain – lain. Gejala alergi dapat ditandai dengan bersin – bersin dan mata berair. Peradangan di hidung akan menimbulkan kantung mata dan kulit mata yang berwarna hitam yang berasal dari pembesaran pembuluh nadi kecil di bawah mata. Pembuluh itu menekan kulit tipis di area mata yang membuat warnanya menjadi terlihat hitam.
  • Menggosok Mata – Kebiasaan menggosok mata juga dapat menyebabkan area bawah mata menjadi hitam dan berkantung. Rasa gatal yang menyebabkan kita sering menggosok mata bisa berasal dari salah satu penyebab alergi kulit wajah. Reaksi alergi pada wajah bisa berupa gatal – gatal pada mata, dan mengucek mata bisa merusak pembuluh kapiler kecil yang akan menyebabkan bengkak dan perubahan warna pada kulit di bawah mata. Juga dapat mengaktifkan melanosit (sel yang menghasilkan melanin), akibatnya pigmen di area mata menggelap.
  • Flu – Penyakit flu membuat kita bersin – bersin dan terdapat banyak lendir di hidung. Menderita sakit flu dan mengalami hidung yang tersumbat dapat menggelapkan area bawah mata, karena pembuluh nadi yang berada di area mata dan mengarah ke hidung melebar.
  • Kurang Vitamin – Pada kinerja kelenjar adrenalin, diperlukan vitamin agar kinerjanya maksimal. Kekurangan vitamin B, E, C dan K bisa menyebabkan kantung mata, karena kinerja kelenjar menjadi berkurang sehingga bawah mata menjadi hitam. Rajinlah makan buah dan menggunakan manfaat melon untuk kecantikan agar tubuh tercukupi asupan vitaminnya.
  • Dehidrasi – Pentingnya meminum air putih harus diperhatikan untuk menghindari efek yang semacam ini. Kekurangan cairan dalam tubuh akan membuat pembuluh darah di bawah mata membengkak. Minum air putih juga dapat menjadi cara menghilangkan kerutan di mata.
sponsored links
  • Merokok – Kebiasaan merokok akan menyebabkan masalah pada kecantikan, salah satunya kantung mata. Merokok akan membuat pembuluh darah mengalami penyusutan atau mengerut sehingga sirkulasi darah memburuk, aliran oksigen ke kulit berkurang dan menyebabkan kulit bawah mata tampak hitam.
  • Hormon – Perubahan hormon saat menstruasi juga memicu timbulnya kantung mata. Ketika menjelang menstruasi biasanya tubuh akan mengalami penumpukan cairan dan pembuluh darah membengkak. Kondisi lain yang juga mengalami perubahan hormon adalah kehamilan dan menopause.
  • Minum Alkohol – Selain berbahaya untuk kesehatan tubuh, alkohol juga bisa merusak kondisi kulit dan kecantikan. Alkohol bisa merusak pembuluh kapiler dan pembuluh darah, sehingga pembuluh darah menonjol pada kulit. Alkohol juga menyebabkan kulit kering dan tubuh kekurangan vitamin A yang akan membuat kondisi kulit memburuk dan mudah terlihat bayangan hitam di bawah mata.
  • Penyakit – Kelopak mata terlihat bisa juga hitam disebabkan oleh gejala penyakit, misalnya penyakit kekurangan darah atau anemia dan penyakit ginjal. Pada anemia, aliran oksigen dalam darah berkurang sehingga membuat kulit di bawah mata tampak hitam.
  • Menangis – Mata sembab ketika habis menangis adalah hal yang biasa terlihat. Keluarnya air mata turut mempengaruhi karena garam dalam air mata akan menyebabkan pembengkakan pada kelopak mata bagian bawah sehingga terlihat hitam.

Jika ingin mengetahui apa penyebab kantung mata hitam Anda, caranya mudah saja. Tekan dengan lembut kulit di bawah mata sambil diregangkan, tahan dulu sekitar 30 detik. Kalau warnanya tidak berubah, bisa saja disebabkan oleh alergi atau karena terpapar sinar UV, warna makin gelap menandakan penyebabnya adalah genetika atau penuaan, sedangkan jika warnanya berubah – ubah dan saat tangan dilepaskan warna hitamnya tidak hilang sepenuhnya, maka penyebabnya bisa jadi adalah kombinasi kelebihan pigmen dan masalah pembuluh darah.

Cara Menggunakan Sendok Untuk Menghilangkan Kantung Mata

Banyak cara untuk menghilangkan kantung mata yang mengganggu, namun tidak ada yang seunik menggunakan sendok. Sendok bisa menghilangkan kantung mata, benarkah? Ya, tidak salah, sendok memang bisa menjadi cara menghilangkan kantung mata yang kendur dan cara menghilangkan kantung mata dalam 3 hari yang ampuh. Inilah caran menghilangkan kantung mata dengan sendok yag bisa menjadi resep jitu !

1. Prinsipnya

Pertama – tama, prinsip yang bekerja disini intinya adalah menggunakan suhu dingin ke kulit sebagai cara untuk menghilangkan kantung mata. Untuk melakukan trik ini kita membutuhkan bahan yang bisa menjadi penghantar suhu yang baik, dan bahan itu adalah metal atau logam. Sendok terbuat dari logam alumunium yang bisa menghantarkan suhu dengan baik.

2. Suhu Dingin

Suhu dingin dapat mengompres pembuluh darah yang membengkak sehingga mengerut ke ukuran semula dan mendorong perbaikan sirkulasi darah. Karena itu bisa mengurangi pembengkakan dan lingkaran hitam di bawah mata.

3. Peralatan

Untuk cara menghilangkan kantung mata dengan sendok dingin, dapat menyembunyikan tanda kelelahan di wajah. Dan yang perlu disiapkan hanya dua buah sendok alumunium.

4. Taruh Di Dalam Freezer

Sebelumnya, taruh dua sendok ini di dalam freezer kulkas, biarkan beberapa menit agar bisa menyerap suhu dingin. Bila perlu biarkan agak lama sampai mencapai suhu dingin yang diinginkan. Setelah dingin dan siap untuk dipakai ke mata, ambil sendok dari kulkas.

5. Cara Menggunakan Sendok Dingin

Berdirilah di depan cermin, tempelkan bagian sendok yang cembung kepada kelopak mata bagian bawah. Biarkan selama beberapa saat. Lalu mulai lakukan gerakan melingkar menggunakan sendok tersebut sampai terasa dinginnya sendok mulai menghilang. Suhu dingin akan meredakan bengkak di bawah mata dan menghilangkan bayangan hitam.

sponsored links

6. Tanpa Freezer, Gunakan Air Es dan Es Batu

Jika karena sesuatu hal Anda tidak bisa atau tidak dapat menggunakan freezer, ada cara lain untuk mendinginkan sendok. Yaitu dengan merendamnya ke dalam mangkuk berisi air es dan es batu. Suhu sendok juga akan menjadi dingin sama jika dimasukkan ke freezer. Cara menghilangkan kantung mata dengan es batu juga sudah dikenal manjur. Ada pula manfaat es batu untuk alis.

Cara Mengatasi Kantung Mata Lainnya

Durasi atau lamanya waktu tidur orang dewasa dalam sehari adalah tujuh sampai delapan jam sehari, dan itu adalah waktu tidur malam yang diperlukan. Jika setiap hari Anda terbiasa tidur kurang dari jumlah itu maka kantung mata akan kembali. Usahakan tidur yang cukup sebagai cara menghilangkan kantung mata.

  1. Tinggikan Kepala Saat Tidur – Cara alami untuk menghilangkan mata panda adalah dengan menggunakan bantal yang agak tinggi ketika tidur sehingga cairan yang ada di sekitar kulit mata tidak akan menumpuk saat kita tidur. Posisi kepala yang agak tinggi berarti posisi mata yang tinggi juga, tidak memungkinkan cairan tersebut mengumpul.
  2. Gunakan Krim Mata – Karena faktor usia atau bukan, sebaiknya kita terbiasa menggunakan cream untuk menghilangkan kantung mata agar kondisi kulit bawah mata kita tetap terjaga. Krim mata akan membantu memelihara elastisitas kulit pada area tersebut sehingga mencegah lingkaran hitam yang membuat wajah tampak tua.
  3. Makanan dan Minuman Sehat – Hindari minuman bersoda, pemanis buatan atau yang mengandung kafein tinggi, karena dapat mengganggu penyerapan air dalam tubuh yang bisa berujung pada dehidrasi. Cobalah manfaat susu kedelai untuk kulit agar kondisi kulit semakin bagus. Juga manfaat edamame untuk kecantikan.
  4. Gunakan Concealer – Untuk menutupi kantung mata yang belum hilang sepenuhnya saat akan memakai make up, Anda bisa menggunakan concealer. Concealer adalah krim penyamar noda yang banyak dijual di toko kosmetik. Oleskan tipis saja ke kelopak mata bagian bawah. Pilihlah concealer yang mendekati warna kulit. Untuk bagian wajah lainnya, bisa gunakan bb cream sebagai pengganti foundation.
  5. Olahraga – Jika Anda menginginkan kulit yang sehat, maka rajinlah berolahraga. Manfaat olahraga untuk kecantikan adalah membuat peredaran darah lancar, tubuh menjadi segar dan sehat sehingga tidak cepat terlihat lelah dan mengurangi resiko memiliki mata panda.
  6. Suplemen – Konsumsilah suplemen alami yang mengandung zat besi seperti B6 dan B12 untuk memenuhi kekurangan vitamin dalam tubuh supaya kondisi kulit membaik dan peredaran darah menjadi lancar.

Walaupun bukan kantung mata, ada satu lagi penyebab mengapa mata terlihat hitam, yaitu pemakaian eyeliner. Memakai eyeliner yang tidak berbahan anti air harus hati – hati, karena dapat membuatnya luntur tanpa disadari dan membuat bagian bawah mata menjadi hitam. Anda bisa mempelajari cara memakai eyeliner agar tidak luntur supaya tidak membuat mata hitam. Juga selalu praktekkan cara merawat wajah agar tetap segar  dan cara menebalkan bulu mata untuk mendukung penampilan mata Anda.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 26th, August 2016 / 07:38 Oleh :
Kategori : Wajah