Sponsors Link

20 Cara Menghilangkan Noda Hitam Di Wajah Dengan Cepat

Sponsored Links

Noda hitam adalah masalah kulit umum yang terjadi pada orang dewasa muda. Walaupun seringkali tidak berbahaya, adanya noda hitam ini cukup mengganggu penampilan kulit. Kulit akan tampak kurang bersih dan mulus. Bentuk noda hitam ini berbeda – beda. Ada yang tampak seperti titik kecil saja, atau justru besar dan menyebar di seluruh wajah. Bahkan terkadang noda hitam di kulit wajah ini sangat sulit untuk dihilangkan.

Penyebab Noda Hitam

Noda hitam timbul pada wajah selain karena jerawat juga bisa disebabkan karena proses produksi melanin yang berlebihan di kulit. Penyebab melanin yang berlebihan ini antara lain adalah:

  • Terlalu sering terpapar sinar matahari tanpa penggunaan tabir surya.
  • Ketidak seimbangan hormon, seperti pubertas, kehamilan, penggunaan KB atau obat yang mengandung hormon.
  • Kelainan kondisi kulit
  • Penyakit pada hati

Cara Merawat Wajah Yang Memiliki Noda Hitam

Ada beberapa cara menggunakan bahan – bahan alami untuk merawat wajah yang sedang dihinggapi masalah noda hitam. Cara ini bisa digunakan bila penyebab noda hitam bukanlah masalah medis yang berkaitan dengan penyakit.

1. Jeruk Lemon

Jeruk lemon mengandung asam yang bisa memudarkan noda hitam di wajah dengan mengatasi pigmen kulit yang menghitam. Yang diperlukan hanya mengoleskan air perasan jeruk lemon ke area wajah yang bernoda hitam menggunakan kapas. Biarkan selama 20 menit saja lalu cuci wajah dengan air biasa. Lakukanlah cara ini sehari dua kali selama dua bulan agar noda hitam menghilang tanpa jejak. Ada manfaat lemon untuk rambut yang juga bisa dicoba agar rambut bebas minyak dan ketombe.

2. Aloe Vera

Aloe vera atau nama lainnya lidah buaya adalah tanaman yang sering digunakan dalam manfaat lidah buaya untuk kecantikan. Sebelumnya lidah buaya juga dikenal dengan manfaat lidah buaya untuk kulit wajah yang khasiatnya untuk menyembuhkan luka di kulit dan merawat kulit yang terbakar matahari. Caranya dengan menggosokkan gel lidah buaya segar ke noda hitam di wajah, biarkan sampai mengering atau selama satu jam. Lakukan cara ini dua kali sehari selama satu bulan dan lihat hasilnya kemudian.

3. Buttermilk

Buttermilk adalah minuman susu yang telah mengalami proses fermentasi. Telah lama digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan yang alami, buttermilk mengandung Lactic Acid yang sangat penting bagi kulit. Aplikasikan buttermilk ke kulit wajah yang bernoda dengan kapas. Tunggu beberapa menit lalu bilas. Apabila di wajah terdapat jerawat, buttermilk bisa dicampur dengan sedikit air lemon. Anda juga bisa menggunakan cara merawat wajah berminyak agar jerawatn tidak menimbulkan noda hitam lagi di kulit wajah.

4. Bawang Merah

Tidak hanya bermanfaat untuk rambut, tetapi bawang merah juga mempunyai khasiat untuk kulit. Bawang merah bisa menjadi bahan untuk memutihkan kulit karena mengandung sifat asam yang tinggi. Untuk cara menghilangkan noda hitam di wajah, gosokkan bawang merah ke noda hitam di wajah. tetapi jika tidak ingin menggosokkan bawang merah langsung, bisa diambil airnya saja sebanyak satu sendok teh  lalu campurkan dengan dua sendok teh madu. Pakai selama dua puluh menit di bagian noda hitam pada wajah. Setelah itu bersihkan dengan benar untuk menghilangkan baunya. Manfaat bawang merah untuk alis juga dapat Anda coba untuk menebalkan alis. Bawang merah juga bisa menjadi cara menghilangkan keloid secara alami dan secara cepat.

sponsored links

5. Pepaya

Semua kondisi kulit bisa dirawat dengan ramuan pepaya. Manfaat masker pepaya bagi kulit diambil dari kandungan enzimnya yang kuat membantu masalah jerawat, noda hitam dan masalah kulit lainnya. Buah pepaya segar yang dihancurkan bisa dipakaikan langsung ke kulit yang bernoda hitam. Biarkan selama kira – kira dua puluh menit. Jangan lupa untuk membersihkan wajah setelahnya dengan air. Pepaya juga bisa menjadi cara menghilangkan komedo secara alami.

6. Gula Batu

Mengandung Glycolic Acid, gula batu juga dapat membantu menghilangkan noda hitam pada kulit. Gosokkan sedikit gula batu pada noda hitam di wajah. Gula batu juga bisa berfungsi sebagai bahan untuk scrub sehingga bisa meratakan warna kulit dan juga merawat penyebab wajah bruntusan.

7. Tomat

Manfaat tomat untuk kulit wajah dan tubuh  yaitu bisa diminum atau dioleskan ke wajah yang bernoda menggunakan kapas. Biarkan beberapa saat lalu cuci wajah dengan air biasa. Manfaat tomat untuk wajah sangat berguna untuk perawatan kulit agar tetap bebas dari masalah seperti noda hitam, jerawat dan lain – lain.

8. Kunyit

Manfaat masker kunyit untuk kulit wajah akan membantu pudarnya noda hitam yang merusak penampilan. Siapkan satu sendok teh bubuk kunyit dan dua sendok teh susu murni. Campur kedua bahan sampai membentuk tekstur seperti pasta. Pakai pada noda hitam di wajah dan biarkan mengering, lalu cuci dengan air suam suam kuku. Perawatan ini bisa dilakukan dua kali sehari. Kunyit akan membasmi bakteri yang terdapat pada wajah, membuat wajah bersinar dan meratakan warna kulit. Kunit juga bisa menjadi tips agar kulit menjadi putih secara alami.

9. Putih Telur

Satu buah putih telur dicampur dengan satu sendok makan madu, setengah sendok teh air lemon sampai rata. Aplikasikan pada wajah menggunakan kuas untuk masker. Biarkan sekitar 15-20 menit, lalu cuci wajah dengan air. Agar bagian kuningnya tidak terbuang, manfaat kuning telur untuk wajah bisa digunakan juga menjadi masker wajah untuk mengatasi masalah jerawat dan menghaluskan kulit. Lakukan perawatan ini setiap tiga atau empat hari sekali.

10. Kentang

Manfaat kentang untuk kulit wajah bisa mendinginkan, melembabkan dan memutihkan. Parut kentang berukuran kecil, setelah sebelumnya dicuci bersih dan dikupas. Campurkan madu secukupnya. Gunakan di noda hitam pada wajah selama sekitar dua puluh menit, lalu cuci bersih dengan air. Cara ini bisa dilakukan dua kali sehari.

11. Cocoa Butter

Cocoa butter adalah lemak yang dihasilkan dari ekstrak biji tanaman kakao. Warnanya kuning pucat, sering digunakan untuk bahan pembuatan cokelat, salep, krim kulit, minyak mandi dan obat – obatan. Cara memakainya yaitu pertama – tama menggunakan gula merah untuk menggosok bagian kulit yang bernoda hitam. Gosok dengan gerakan melingkar secara lembut, kemudian cuci dengan air. Lalu pakai cocoa butter ke wajah sambil dipijat sedikit agar diserap oleh kulit, kemudian bersihkan kembali. Lakukan perawatan ini dua kali sehari. Kandungan phytochemicals dan vitamin E dalam cocoa butter akan memberi nutrisi pada kulit wajah.

12. Shea Butter

Shea butter adalah lemak yang diekstrak dari pohon African Shea dan berwarna putih atau gading. Pakai shea butter ke noda hitam dan pijat selama beberapa menit. Bisa dilakukan dua atau tiga kali sehari. Shea butter mengandung vitamin A dan E yang akan membantu memberi nutrisi pada wajah dan menghilangkan noda hitam di wajah. Shea Butter juga bisa menjadi cara merawat wajah sensitif.

13. Minyak Jarak atau Minyak Castor

Minyak jarak mempunyai salah satu manfaat menyembuhkan yang paling kuat. Pakai minyak ini di kulit wajah yang bernoda menggunakan kapas. Bisa dilakukan setiap pagi dan malam untuk membantu hilangnya noda hitam di wajah dengan cepat. Minyak jarak bisa menjadi salah satu bahan yang dipakai dalam cara menghilangkan tompel secara alami dan cara melebatkan rambut.

14. Minyak Kelapa

Minyak ini juga memiliki banyak manfaat untuk dunia kecantikan, seperti manfaat minyak kelapa untuk alis dan manfaat VCO untuk rambut bayi. Gunakan jenis Extra Virgin Coconut Oil atau yang berjenis unrefined. Aplikasikan beberapa tetes pada noda hitan di wajah dan biarkan tanpa dibilas, ulangi sebanyak dua kali sehari. Pemakaian teratur pada noda hitam tidak saja akan menghilangkannya tetapi juga mencegahnya muncul kembali karena kandungan antioksidan dalam minyak kelapa.

15. Minyak Pohon Teh

Gunakan beberapa tetes minyak pohon teh ke kapas, lalu oleskan pada wajah yang bernoda hitam. Biarkan tanpa dicuci, bisa diulangi sebanyak dua atau tiga kali sehari. Selain dari sifatnya yang mengandung anti mikroba, minyak pohon teh juga mengandung antioksidan yang bisa membantu menghilangkan noda hitam dari kulit. Sebaiknya lakukan tes alergi dulu pada kulit sebelum memakai, karena resiko memakai minyak ini bisa menjadi salah satu penyebab alergi kulit wajah.

16. Minyak Vitamin E

Minyak yang mengandung vitamin E bisa didapatkan dari kapsul vitamin E yang banyak tersedia di pasaran untuk perawatan kulit. Cara penggunaannya dengan membuka kapsul vitamin E dan memakainya di wajah yang bernoda hitam. Pijat dengan lembut sedikit dan biarkan semalaman. Vitamin E mengandung fungsi antioksidan yang bisa mengurangi noda hitam dan meratakan warna kulit. Bisa dilakukan tiap malam agar noda hitam cepat menghilang.

17. Minyak Almond

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kacang almond, salah satunya melalui minyak yang diekstrak dari tanaman ini. Salah satu manfaat almond untuk rambut adalah sebagai minyak pijat untuk memelihara kesehatan kulit kepala dan kelancaran peredaran darah pada kulit kepala. Gunakan minyak almond manis untuk keperluan perawatan kecantikan. Untuk noda hitam, teteskan minyak almond secukupnya dan pakai pada noda di kulit wajah, lalu biarkan semalaman. Perawatan ini bisa dilakukan setiap malam selama beberapa minggu sampai menunjukkan hasil yang diinginkan. Minyak almond juga bisa menjadi cara menghilangkan bibir hitam.

sponsored links

18. Minyak Argan

Produk ini sudah sering digunakan untuk perawatan kecantikan karena fungsinya dalam memberi nutrisi pada kulit dan punya khasiat menyembuhkan. Maka, minyak argan bisa membantu peremajaan kulit. Teteskan secukupnya ke telapak tangan dan pakai pada bagian wajah yang terdapat noda hitam. Pijat dengan lembut selama dua hingga empat menit lalu biarkan semalaman. Lakukan perawatan ini setiap hari sebelum tidur malam.

19. Minyak Jojoba

Minyak ini sangat bagus khasiatnya untuk menyembuhkan luka di kulit dan memberi kelembaban, juga bisa mencegah penuaan pada kulit. Campurannya yaitu tiga sendok makan minyak jojoba dan setengah sendok teh air lemon. Aduk sampai merata, lalu aplikasikan ke kulit wajah menggunakan kapas pada area yang terdapat noda. Biarkan sekitar 15-20 menit lalu cuci dengan air bersih.

20. Oatmeal

Manfaat eksfoliasi wajah bisa didapatkan dari penggunaan oatmeal. Manfaat oatmeal untuk wajah sensitif juga akan berfungsi baik untuk cara menghilangkan noda hitam di wajah, selain itu bisa mendinginkan kulit yang terbakar matahari, melembutkan dan memperbaiki kerusakan kulit. Cara menggunakannya dengan menggiling 3/4 cangkir oatmeal kering, lalu campurkan dengan 3-4 sendok makan air lemon. Gosokkan ke kulit wajah dan cuci dengan handuk halus yang dicelupkan ke dalam air hangat.

Tidak kalah pentingnya untuk mencegah noda hitam kembali muncul pada wajah, adalah memastikan asupan makanan kita selalu sehat mencukupi nutrisi kulit. Misalnya buah – buahan yang kaya anti oksidan seperti buah beri, kacang – kacangan, sayuran hijau, wortel, daging dan ikan. Kondumsi makanan sehat akan membuat kulit kita mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dan memudahkan peremajaannya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Friday 16th, September 2016 / 03:55 Oleh :
Kategori : Wajah