Sponsors Link

14 Cara Merawat Wajah Agar Tetap Segar dan Bersih Paling Mudah

Sponsored Links

Apakah anda ingin mendapatkan wajah yang selalu terlihat segar? Banyak faktor yang dapat menyebabkan wajah menjadi kusam dan terlihat tidak segar. Salah satunya adalah adanya radikal bebas dan efek dari stres dan tekanan hidup. Berbagai cara mudah bisa anda lakukan untuk mendapatkan wajah yang bersih dan selalu tampak segar. Cara-cara ini tidak harus memerlukan biaya yang besar dan proses yang rumit. Nah, apa saja caranya?

1. Olahraga Secara Teratur

Olahraga bukanlah hal yang seharusnya anda sepelekan jika ingin mendapatkan kulit yang sehat dan tampak segar. Kegiatan ini memang telah banyak dipakai sebagai cara menjaga penampilan diri wanita maupun pria. Jadi memang benar bahwa olahraga tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat, tetapi juga memberikan efek positif lainnya. Dengan olahraga secara teratur, anda bisa merasakan manfaat olahraga untuk kecantikan meski efeknya tidak akan langsung terlihat. Mengapa olahraga bisa menjadikan kulit tetap segar? Hal ini karena olahraga dapat membantu melancarkan peredaran darah di seluruh tubuh, termasuk di area wajah kita.

Berbagai pilihan jenis olahraga bisa anda lakukan. Salah satu olahraga yang cukup populer dan bisa dilakukan pria maupun wanita adalah yoga. Anda bisa berlatih sendiri ataupun dengan seorang pelatih profesional. Salah satu kelebihan dari olahraga ini adalah dapat membantu anda untuk relaksasi dan mengatur pernapasan. Yoga juga dapat dijadikan sebagai terapi untuk mengurangi tekanan dan stres. Pikiran serta perasaan yang positif tentu saja akan berpengaruh pada penampilan wajah anda. Yoga juga bukan merupakan olahraga yang berat, namun memiliki manfaat yang efektif.

2. Jangan Lupa Membersihkan Wajah Sebelum Tidur

Jika anda termasuk seorang pengguna make up yang rutin dalam keseharian anda, sudah seharusnya anda juga membersihkan sisa-sisa make up tersebut sebelum tidur. Mungkin saja anda merasa lelah karena seharian sudah beraktivitas dan menjadi malas untuk membersihkan wajah. Namun ingatlah bahwa usaha kecil anda dapat mencegah berbagai masalah wajah yang tidak diinginkan. Pilihlah pembersih wajah dengan bahan alami seperti timun atau lemon yang dapat memberikan efek segar pada wajah anda. Dengan begitu anda bisa mendapatkan manfaat timun untuk wajah atau manfaat bahan alami lainnya untuk wajah yang terlihat segar.

3. Perhatikan Pola Makan Anda

Pola makan akan menjadi salah satu penentu kondisi tubuh dan penampilan kita. Hal ini karena kita mendapatkan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dari makanan yang kita konsumsi. Nutrisi itulah yang diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap normal. Jika anda ingin mendapatkan wajah yang selalu segar, sebaiknya perbanyaklah konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. Kedua jenis makanan tersebut memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi.

Pola makan bukan hanya tentang menu apa yang kita konsumsi tetapi juga pengaturan waktu makan. Jika anda ingin mendapatkan wajah yang selalu segar, penting bagi anda untuk makan tepat waktu dan tidak melewatkan makan atau tidak makan apapun pada waktu anda seharusnya makan. Sesibuk apapun, kita pasti tetap perlu makan untuk terus mendapatkan energi yang dibutuhkan. Oleh karena itulah makanlah tepat waktu dengan menu makanan yang sehat.

3. Perhatikan Waktu Tidur yang Cukup

sponsored links
Anda sering begadang? Jika anda ingin memiliki wajah yang tetap segar, sebaiknya sebisa mungkin kurangilah atau hilangkanlah kebiasaan tersebut. Tahukah anda jika kulit wajah akan memperbaiki dirinya pada saat anda tertidur? Nah, jika anda kurang waktu tidur dalam sehari, anda bisa mendapatkan kulit wajah yang bermasalah. Bukannya segar yang didapat, justru anda bisa mengalami penuaan dini karena kekurangan waktu tidur. Waktu tidur yang baik adalah sekitar 8 jam per hari. Menjaga waktu tidur adalah salah satu cara mencegah penuaan dini sekaligus untuk cara merawat wajah agar tetap segar.

4. Kurangi Konsumsi Kopi

Jika anda adalah termasuk orang yang suka minum kopi, sah-sah saja jika anda minum kopi secara sering. Mungkin kopi bisa membantu anda berkonsentrasi saat melakukan pekerjaan atau kegiatan lainnya. Namun anda harus menguranginya jika anda ingin mendapatkan wajah yang tetap segar. konsumsi kopi yang terlalu sering dapat menyebabkan wajah menjadi kusam dan kering. Hal ini akan menyebabkan wajah kehilangan kesegarannya. Daripada minum kopi terlalu sering, lebih baik anda memperbanyak minum air mineral untuk mendapatkan wajah yang kembali segar.

5. Hindari Rokok

Rokok dapat menjadi salah satu penyebab utama rusaknya kulit wajah. Sebenarnya tidak hanya kulit wajah saja yang bisa rusak karena racun-racun yang terkandung dalam rokok. Rokok juga dapat merusak kulit tubuh dan rambut anda. Jika pun anda bukan seorang perokok aktif, anda tetap bisa terpapar asap rokok dari orang-orang sekitar anda yang merokok. Bahkan hal tersebut efeknya justru bida lebih parah karena tidak hanya terpapar asap rokok dari satu orang. Maka dari itu anda tetap perlu untuk menghindari asap rokok sebisa mungkin agar hal itu tidak berdampak pada kerusakan kulit wajah anda.

6. Gunakan Lemon

Anda pasti sudah mengetahui bahwa lemon memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Dengan menggunakan lemon, anda bisa mendapatkan wajah yang bebas minyak, bebas jerawat, dan tampak segar. Lemon mengandung banyak vitamin C dan zat antiseptik yang membantu mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Manfaat jeruk lemon untuk wajah bisa anda dapatkan dengan berbagai cara. Pertama, anda bisa menggunakan air perasan lemon untuk membersihkan wajah. Kedua, anda bisa menggosokkan seiris lemon dengan perlahan pada wajah. Ketiga, anda bisa menggunakannya sebagai campuran masker. Cara yang terakhir ini akan menjadi menyenangkan jika anda menyukai rasa asam. Anda bisa mengonsumsi air lemon untuk mendapatkan wajah yang segar.

7. Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah dengan Tangan yang Tidak Higienis

Tangan adalah bagian tubuh yang paling rawan terkena kuman dan bakteri. Ketika anda menyentuh wajah tanpa mencuci tangan, anda bisa saja memindahkan bakteri dan kuman yang ada di tangan ke kulit wajah anda sendiri. Oleh karena itulah cegahlah kebiasaan menyentuh kulit wajah dengan tangan yang tidak bersih. Mungkin terkadang anda ingin memencet jerawat atau mengelupas sel-sel kulit mati. Namun akan lebih baik jika anda melakukannya dengan bantuan dokter estetika. Dengan pergi ke dokter, anda bisa mendapatkan perawatan seperti manfaat eksfoliasi wajah serta terhindar dari bahaya facial di salon sembarangan.

8. Perhatikan Make Up Anda

Di mana anda membeli make up? Mulai sekarang belilah make up hanya di toko-toko yang terpercaya. Hal ini agar anda dapat terhindar dari bahaya make up palsu dari bahan kosmetik yang berbahaya. Perlu anda tahu bahwa make up palsu dapat menjadi salah satu penyebab alergi kulit wajah serta berbagai masalah kulit lainnya. Make up yang tidak sesuai standar pun dapat menyebabkan wajah menjadi kusam dan kehilangan kesegarannya. Lebih baik mengeluarkan uang lebih untuk wajah tetap segar daripada harus keluar biaya yang lebih besar lagi untuk memperbaiki kulit wajah yang telah rusak.

Anda juga perlu mencari make up yang sesuai dengan tipe kulit wajah anda. Make up yang direkomendasikan teman belum tentu cocok ketika anda pakai. Perhatikan juga kandungan dan tipe kosmetik tersebut sebelum anda menggunakannya. Memakai make up yang terlalu berat untuk keseharian anda akan berisiko untuk membuat wajah menjadi kehilangan kesegarannya. Untuk lebih memastikan, anda bisa berkonsultasi dengan dokter estetika anda.

9. Konsumsi Vitamin

Jika diperlukan, anda bisa mengonsumsi kapsul vitamin untuk memastikan kebutuhan tubuh akan vitamin tercukupi. Anda juga bisa melakukan suntik vitamin c dan kolagen jika anda tidak takut melakukannya. Hanya saja, pastikan untuk melakukannya di klinik kecantikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

10. Gunakan Timun

Manfaat timun untuk mata dan wajah memang telah lama dikenal luas. Untuk mata, timun dapat membantu menghilangkan kantung mata yang kendur. Sedangkan untuk kulit wajah, timun dapat membantu anda mendapatkan wajah yang segar kembali. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengiris tipis-tipis timun secukupnya setelah dicuci bersih. Kemudian tempelkan irisan timun tersebut ke seluruh wajah anda sambil berbaring. Diamkan selama 10 menit sebelum melepasnya. Maka wajah anda akan terasa segar dan bersih kembali.

sponsored links

11. Gunakan Air Garam

Air garam dapat menjadi salah satu bahan yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan wajah yang segar. Manfaat air garam untuk wajah salah satunya adalah untuk menjaga kulit wajah terhindar dari bakteri. Anda bisa menggunakan air garam sebagai toner dengan cara memasukkannya ke dalam wadah semprotan dan anda tinggal menyemprotkannya pada seluruh wajah ketika diperlukan. Pastikan untuk menghindari area mata agar tidak perih.

12. Gunakan Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan vitamin C. Manfaat tomat untuk wajah salah satunya adalah untuk memberikan kesegaran dan mencerahkan wajah.  Anda bisa menggunakan tomat sebagai masker, menempelkan irisan tomat ke seluruh bagian wajah, atau meminumnya sebagai jus. Jika anda menggunakannya secara rutin, anda bisa mendapatkan wajah yang selalu tampak segar.

13. Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan yang baik untuk menyegarkan kulit wajah. Selain itu lidah buaya juga dapat membantu menghilangkan jerawat dan menghaluskan kulit wajah. Manfaat lidah buaya untuk kecantikan memang cukup banyak. Jika anda tidak suka dengan baunya, anda bisa menggunakan produk perawatan yang mengandung lidah buaya untuk tetap mendapatkan manfaatnya.

14. Gunakan Masker Secara Rutin

Untuk mendapatkan wajah yang tetap segar, tentu kita membutuhkan perawatan meski dengan cara yang paling sederhana. Nah, cara terakhir dari seluruh rangkaian cara merawat wajah agar tetap segar ini adalah dengan menggunakan masker secara rutin. Rutin yang seperti apa? Anda bisa menggunakan masker 2 kali dalam seminggu. Terdapat dua pilihan untuk cara ini, yaitu dengan membeli masker instan atau membuatnya sendiri secara alami. Anda bisa merasakan berbagai manfaat dari bahan-bahan alami seperti manfaat masker pepaya untuk kulit atau manfaat masker berbahan alami lainnya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 22nd, August 2016 / 05:05 Oleh :
Kategori : Wajah