Sponsors Link

7 Manfaat Air Garam Untuk Wajah

Sponsored Links

Di zaman yang semakin modern dengan berbagai macam teknologi yang memiliki terobosan-terobosan baru, macam-macam metode perawatan wajah khususnya bagi kaum wanita juga semakin ikut berkembang. Tidak hanya dari metode perawatannya saja, tetapi juga menyangkut dengan alat beserta obat-obatan kimia yang memang terbukti ampuh untuk membuat wajah menjadi lebih cantik meskipun tak jarang mendatangkan efek samping. Meski demikian, banyak wanita yang justru mengabaikan efek samping tersebut.

Tahukah Anda? Sebenarnya ada salah satu metode alami yang bisa dijadikan cara untuk merawat wajah agar tetap terlihat cantik. Bahkan metode tersebut terbilang sangat mudah dengan bahan yang mudah didapatkan pula, yaitu metode perawatan wajah dengan memakai air garam. Metode atau cara ini juga dikenal dengan sebutan facial air garam.

Komposisi Sehat Air Garam

Dengan demikian, garam yang biasanya merupakan bahan pokok dalam pembuatan masakan, mulai dari sayur, kue, dan jenis makanan lainnya, ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan wajah dengan air sebagai bahan kombinasinya. Singkatnya, perawatan wajah yang dimaksud ialah menggunakan air garam. Hal ini dikarenakan kandungan yang dimiliki garam dan air (air garam) memiliki komposisi serupa dengan plasma darah, di mana kaya akan zat-zat yang dapat membuat kulit menjadi lebih sehat, termasuk pula kulit wajah. Di samping itu, metode perawatan wajah dengan menggunakan air garam ini terbilang aman dan bebas akan efek samping daripada menggunakan berbagai macam perawatan wajah lainnya yang mengandung banyak campuran senyawa kimia.

Berikut beberapa manfaat dan metode dari air garam yang bisa Anda gunakan khususnya bagi wanita dalam upaya merawat wajah agar terlihat sehat dan cantik, antara lain:

1. Toner Wajah

Manfaat air garam untuk wajah yang pertama ialah dapat dijadikan sebagai toner wajah seperti layaknya berbagai macam produk kosmetik dalam dunia kecantikan yang mengandung banyak campuran senyawa kimia. Hal ini dikarenakan kemampuan air garam yang ternyata mampu menjadi toner alami dalam upaya untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah. Yang mana, minyak berlebih biasanya akan memancing timbulnya masalah pada wajah, seperti jerawat dan komedo.

Sedemikian sehingga air garam cocok digunakan bagi Anda yang memiliki masalah wajah berminyak. Gunakanlah air garam secara rutin dan teratur setiap harinya, maka Anda akan merasakan manfaatnya, yaitu menghilangkan masalah wajah berminyak. Salah satu caranya ialah semprotkan campuran garam dan air hangat ke wajah, lalu tepuk-tepuk hingga kering.

sponsored links

2. Penghilang Jerawat Wajah

Jerawat merupakan salah satu masalah wajah yang terkadang menjadi momok, terutama bagi wanita yang ingin tampil cantik. Apalagi, jerawat selalu muncul secara mendadak tanpa mampu diprediksi sebelumnya. Air garam dapat digunakan sebagai salah satu solusi untuk menghilangkan jerawat yang muncul di wajah tersebut. Hal ini dikarenakan air garam memiliki kandungan berupa potassium (kalium) dan sulfur yang mampu membantu menjaga kadar air di dalam kulit. Sehingga akan sangat membantu dalam proses pembersihan jerawat sekaligus wajah secara menyeluruh.

Cara yang direkomendasikan ialah mencampurkan seperempat sendok garam dengan segelas air hangat. Kemudian, redamlah sebilah kapas di dalam campuran garam dan air hangat tersebut. Lalu pasangkan kapas tersebut tepat di area wajah yang terkena jerawat dan tunggu sekitar satu menit. Hal tersebut terbukti efektif untuk mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada wajah. Karena semuanya memerlukan proses, maka Anda harus mencobanya berkali-kali secara teratur, bukan hanya sekali saja.

3. Uap Wajah

Air garam juga dapat membantu untuk membuka pori-pori wajah dengan sebuah proses penguapan. Caranya ialah panaskan secangkir air garam dan arahkan uap panasnya pada wajah. Lakukanlah selama 10 menit, maka semua kotoran pada wajah akan segera hilang. Sehingga membuat wajah tampak lebih bersih dan segar. Tentunya Anda tidak hanya mencobanya sekali saja.

Selain itu, air garam yang sudah dalam keadaan hangat pasca dipanaskan juga masih bisa digunakan. Caranya ialah celupkan handuk bersih pada air hangat tersebut, lalu tutupkanlah pada wajah Anda. Diamkan selama 10 menit, baru bilas dan bersihkan dengan menggunakan air biasa.

4. Menyembuhkan Mata Bengkak

Kondisi mata bengkak pada wajah biasanya akan membuat seseorang kurang percaya diri, bukan hanya di depan umum bahkan di depan cermin sekalipun. Tenang saja, air garam ternyata mampu membantu dalam menyembuhkan mata bengkak tersebut dengan menjadikannya sebagai obat perawatan dari luar. Caranya ialah campurkan garam dan air hangat secukupnya, lalu oleskan dengan sedikit melakukan pijatan ringan pada mata yang bengkak. Anda mungkin bisa melakukan kebiasaan ini ketika sebelum tidur.

Sponsors Link

5. Facial Wajah

Garam yang memiliki tekstur sedikit kasar dapat dimanfaatkan untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati pada wajah. Caranya ialah dengan mencampurkannya dengan air dan juga tambahan minyak zaitun. Kemudian lakukanlah pijatan demi pijatan pada wajah dengan menggunakan campuran tersebut. Cara ini terbukti ampuh untuk menjadikan kulit wajah tampak lebih halus, lembut, dan berkilau secara alami apabila dilakukan secara rutin dan teratur. Bukan hanya itu saja, manfaat lain yang bisa diperoleh dari cara ini ialah mampu menghilangkan kerutan yang muncul di wajah.

6. Detoks Wajah

Ternyata air garam juga bisa digunakan untuk mendetoksifikasi segala sesuatu yang ada di wajah. Artinya, air garam juga memiliki manfaat untuk menghilangkan racun yang ada di wajah, menghilangkan sel-sel kulit mati, dan mengurangi wajah yang tampak bengkak, sehingga wajah tampak segar dan sehat. Caranya ialah basuhkan wajah Anda dengan air garam hangat, lalu diamkan selama beberapa menit. Kemudian, bersihkanlah dengan menggunakan air biasa.

7. Penghilang Stress

Salah satu fungsi atau manfaat air garam untuk wajah ialah sebagai penenang atau penghilang stress. Yang direkomendasikan dalam hal ini ialah mengoleskan air garam hangat pada wajah sebelum tidur, tunggu beberapa saat, lalu bilas dan bersihkanlah dengan air biasa. Kebiasaan tersebut akan membantu merevitalisasi kulit sehingga membuatnya lebih segar dan sehat di pagi harinya.

Itulah beberapa manfaat baik yang bisa Anda (wanita) peroleh dari menggunakan air garam sebagai perawatan wajah agar tampak lebih berkilau, bersih, segar, sehat, dan khususnya tampak cantik bagi kaum wanita. Lantas bagaimana dengan pria, bolehkan mencobanya? Tentu saja boleh agar wajah Anda (pria) juga tampak lebih bersih, segar dan sehat.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 05th, February 2016 / 09:55 Oleh :
Kategori : Wajah